Weekly outline
Profil Mata Kuliah
Selamat datang dalam perkuliahan Pengembangan Konsep Dasar IPS, salam jumpa dan sehat selalu. Mata kuliah ini berbobot 3 sks, diampu oleh Dr. Pujiati, M.Pd. Dr. Irma Lusi Nugraheni, M.Si., dan Dr. Niki Tri Sakung, M.Pd.
Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd. Dr. Irma Lusi Nugraheni, M.Si. Dr. Nikki Trisakung, M.Pd.
Secara umum mata kuliah IPS ini membahas tentang: hakikat Konsep Dasar IPS, Pengembangan Konsep Dasar IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial, perkembangan Konsep Dasar IPS secara komprehensif dan multidimensi, Dimensi dan Struktur IPS, Tema standar IPS dalam NCSS dan kurikulum di Indonesia, Pemikiran dalam pembaruan pembelajaran IPS di era IR 4.0, sains teknologi masyarakat dalam perspektif IPS, Konsep Dasar IPS dalam konteks masyarakat Global dan multikultural, Pembelajaran IPS dan evaluasinya di era IR 4.0, Pengembangan Skills dalam IPS di era IR 4.0, IPS dalam kurikulum persekolahan dan aplikasinya.
Capaian Pembelajaran:
Pada akhir semester mahasiswa Program Pasca Sarjana UNILA yang mengambil mata kuliah ini mampu menerapkan kompetensi-kompetensi IPS pada bidangnya secara mandiri, terukur, dan bertanggungjawab.
Indikator CP
Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa PPS UNILA yang mengambil mata kuliah ini dapat:
- Mendeskripsikan hakikat Konsep Dasar IPS,
- Mendeskripsikan perbandingan Konsep Dasar IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial,
- Menganalisis perkembangan Konsep Dasar IPS secara komprehensif dan multidimensi,
- Mendeskripsikan Dimensi dan Struktur IPS,
- Mendeskripsikan Tema standar IPS dalam NCSS dan kurikulum di Indonesia,
- Menganalisis Pemikiran dalam pembaruan pembelajaran IPS di era IR 4.0,
- Mendeskripsikan sains teknologi masyarakat dalam IPS,
- Mendeskripsikan Konsep Dasar IPS dalam konteks masyarakat Global dan multikultural,
- Studi sosial tentang geosfer dan lingkungan,
- Studi sosial tentang ekonoi dan bisnis,
- Studi sosial tentang sisologi dan antropologi,
- Studi sosial tentang politik, hukum dan kewarganegaraan,
- Studi sosial tentang sejarah dan waktu,
- Studi sosial tentang masalah sosial lainnya: pendidikan, psikoligi sosial dll
- Merancang dan mengembangkan pembelajaran IPS dan evaluasinya di era IR 4.0,
- Mendeskripsikan Pengembangan Skills dalam IPS di era IR 4.0,
- Menganalisis Konsep Dasar IPS dalam kurikulum persekolahan dan aplikasinya.
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Selamat datang dan salam jumpa semoga kita sehat selalu mendapat rahmat dan hidayah allah swt.
Perkuliahan ini menerapkan pendekatan saintific. Problem Based Learning, Project based Learning dan Discovery model menjadi pilihan dalam menumbuhkembangkan proses belajar dan pembelajaran. Berbagai metode belajar (deskripsi singkat, diskusi, penugasan individual dan kelompok serta presentasi tugas) diterapkan guna mengaktifkan mahasiswa. Sebagai contoh dosen akan memberikan deskripsi singkat pada awal-awal pertemuan untuk memberi latar belakang dan kerangka berpikir mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan dan penugasan. Partisipasi aktif mahasiswa lebih diutamakan seperti kemampuan mahasiswa dalam memahami, membahas dan menyelesaikan tugas-tugas baik secara individual dan kelompok untuk kemudian menyelesaikannya di kelas sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menarik.
Daftar kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu:
1. Mempelajari hakikat Konsep Dasar IPS, Konsep Dasar IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial, Perkembangan IPS secara komprehensif dan multidimensi, Dimensi dan Struktur IPS, Tema standar IPS dalam NCSS dan kurikulum di Indonesia, Pemikiran dalam Pembaruan Pembelajaran IPS di era IR 4.0, sains teknologi masyarakat dalam IPS, Konsep Dasar IPS dalam masyarakat Global, Studi sosial masalah geosfer, ekonoi dan bisnis, antropologi, sosiologi, poilitik, hukum dan kewarganegaraan, sejarah dan waktu serta masalah pendidikan dan sosial lainnya, Merancang dan mengembangkan pembelajaran IPS dan evaluasinya di era IR 4.0, pengembangan Skills dalam IPS di era IR 4.0, Konsep Dasar IPS dalam kurikulum persekolahan dan aplikasinya secara mandiri, kemudian membuat catatan pembahasan yang nantinya akan berguna bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas makalah individu.
2. Secara aktif Berdiskusi/brainstorming bersama kelompok dan dosen.
3. Menyelesaikan anotasi tentang IPS dengan memanfaatkan ragam sumber pembelajaran minimal 20 referensi yakni dari buku, e-book dan jurnal ilmiah serta e-journal hasil penelitian terkait dengan IPS.
4. Menyelesaikan makalah individual dan kelompok yang temanya telah dipilih sebelumnya terkait dengan problematika yang terjadi di masyarakat dikaji dengan berbagai pendekatan (monodisipliner, multidisipliner dan transdisipliner) dengan analisis yang komprehensif dan tepat waktu.
5. Mempresentasikan makalah IPS yang telah disusun dengan memanfaatkan media berbasis ICT.
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
Nilai Range Status Penilaian
A ≥ 80 Lulus
B+ 75- <80 Lulus
B 70- <75 Lulus
C+ 65- <70 Lulus Bersyarat
C 55- <65 Lulus bersyarat
D 50- <55 Tidak Lulus
E <50 Tidak Lulus
Nilai akhir akan menggunakan pembobotan sebagai berikut:
Kehadiran 10%
UTS 20%
UAS 20%
Diskusi, presentasi, dan partisipasi 20%
Tugas individual dan kelompok 30%
Kriteria acuan penilaian tugas individual dan kelompok meliputi:
- Sistematika 10%
- Ketepatan isi 30%
- Relevansi 30%
- Originalitas 20%
- Sikap ilmiah, keaktifan&partisipasi 10%
RPS mata kuliah KOnsep Dasar IPS
Terlampir kontrak kuliah silakan dipelajari sebagai rambu-rambu perkuliahan dalam satu semester
Mari kita simak video motivasi belajar dari BJ. habibie berikut.
Sumber:
https://youtu.be/f8NrrAqsvTg
Silakan join sesuai dengan arahan dosen pengampu.
Silakan diunggah disini bahan presentasi (paper, slide ppt, dan rekap hasil post test).
Pertemuan 1: Hakikat IPS
Mendeskripsikan lingkup dan pengertian IPS, dasar dasar ips, tujuan ips dan peran ips
Terlampir slide ppt silakan dipelajari dan dikaji dengan membaca banyak referensi lainnya baik buku maupun jurnal nasional/internasional.
Silakan dipelajari e-book berikut.
Sumber:
https://link.springer.com/content/pdf/bfm%3A978-94-017-3391-5%2F1.pdf
Silakan dipelajari book chapter berikut.
Sumber:
https://www.pearsonhighered.com/assets/samplechapter/0/2/0/5/0205702716.pdf
Silakan dipelajari artikel berikut.
Sumber:
https://scholar.harvard.edu/lamont/files/m.lamont-v.molnar-the_study_of_boundaries.pdf



Pertemuan 2: Dimensi dan Struktur IPS
Mendeskripsikan pendekatan IPS secara disiplin sosial dan interdisiplin, serta kedudukan ips sebagai ilmu sosial maupun program pendidikan
Terlampir slide ppt sebagai bahan referensi. Jangan lupa dikembangkan lebih banyak melalui penelaahan jurnal terkini.
Silakan dipelajari jurnal berikut.
Sumber:
https://www.scielo.br/j/bar/a/fxYkHPXJhCvBpdcLrK5Vj9n/?lang=en&format=pdf
Silakan dipelajari buku berikut ini.
Sumber:
https://www.hse.ru/data/2012/11/03/1249193115/Donatella_Della_Porta_Michael_Keating_Approa.pdf
Cobalah anda kemukakan di sini di kolom komentar mengapa dimensi dan struktur pendidikan ips penting sekali untuk dipelajari? Bagaimanakah model membelajarkan masing-masing dimensi IPS dalam konteks pembelajaran ips di persekolahan baik pendidikan dasar maupun menengah dan menjadikan keempat dimensi tersebut dimiliki oleh peserta didik? Selamat belajar. Terimakasih.


Pertemuan 3: Tema dan materi standar IPS
Menganalisis materi IPS dan tema standar ips dalam kehidupan masyarakat dan tema standar ips sebagai program pendidikan
Terlampir slide ppt silakan dipelajari.
Silakan dipelajari bahan berikut
sumber: https://www.tn.gov/content/dam/tn/education/standards/ss/Social_Studies_Standards.pdf
Silakan dipelajari dengan seksama
sumber: https://www.socialstudies.org/sites/default/files/NCSSTeacherStandardsVol1-rev2004.pdf
cobalah kemukakan disini bagaimana seharusnya menyiapkan pendidik profesional di bidang pendidikan ips saat ini guna mengantisipasi perkembangan di masa mendatang? Selamat belajar. Terimakasih.

Pertemuan 4: Pengembangan IPS
Mengembangkan IPS sebagai disiplin ilmu sosial dan sebagai program pendidikan tentang masalah sosial dan langkah pengembangannya melalui berbagai metode, model dan pendekatan
Silakan didownloud bahan terlampir.
Salam pembelajar, Pada pertemuan pekan ini kita akan mempelajari tentang perkembangan Konsep Dasar IPS secara komprehensif dan multidimensi. Sejauh ini apakah yang anda ketahui tentang perkembangan konsep dasar IPS? IPS bukan hal baru bukan? Coba anda kemukakan perkembangan konsep dasar IPS yang anda ketahui hingga saat ini dalam kolom komentar. Boleh disertakan rujukan jika anda sudah membaca referensi terkait dengan topik kita ini. Kewajiban utama mahasiswa adalah membaca. Ya, membaca banyak sumber belajar. Di era digital ini kita dilimpahkan banyak data dan informasi. Kita gunakan semaksimal mungkin untuk peningkatan ilmu dan wawasan serta ketrampilan kita. Jangan sampai era robotik kita jadi robot juga. Oleh karena itu, secanggih apapun teknologi yang berkembang saat ini, peran pengguna merupakan kuncinya. Teknologi adalah alat, sedangkan manusia adalah pengguna alat. Sejauhmana keberfungsian alat tergantung dari sejauhmana optimalisasinya oleh si pengguna. Begitupula dengan kita sebagai manusia yang dibekali akal sehat dan panca indera yang sempurna oleh Tuhan Yang Maha Kuasa harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Optimalisasi potensi sangat penting dan sudah anda buktikan dengan sekarang anda duduk sebagai mahasiswa pascasarjana. Melalui studi lanjut S2 diharapkan semakin banyak kontribusinya di dalam masyarakat. Mengingat diri kita merupakan makhluk sosial, yang tidak pernah lepas dari ketergantungan kepada sesama manusia. Silakan dikemukakan disini perkembangan konsep dasar IPS, semoga anda dapat semakin mencintai IPS dan menjadi role model yang baik di masyarakat. Selamat belajar. Salam sehat selalu. Terlampir slide ppt yang bisa anda downloud untuk menambah wawasan anda. Terimakasih.




Pertemuan 5: Pengembangan keterampilan sosial
Menjelaskan ketrampilan sosial (social life skills) dan pengembangannya dalam kehidupan sehari hari
Terlampir ppt silakan dipelajari dan dikembangkan dengan membaca banyak referensi laiinya.
Silakan dibaca dan dipelajari bahan berikut
sumber: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED484258.pdf
Silakan dipelajari artikel berikut ini.
Sumber:
http://jehdnet.com/journals/jehd/Vol_6_No_1_March_2017/12.pdf
Coba kemukakan disini pandangan-pandangan anda tentang urgensi pengembangan keterampilan sosial di era 4.0 dan bagaimana seharusnya pembelajaran dikemas dalam persekolahan untuk mengantisipasi kehidupan yang semakin dinamis.
Denix adalah siswa kelas 11 di sebuah SMA negeri di kota besar. Ia dikenal pintar secara akademis, tetapi kurang aktif dalam kegiatan sosial. Dalam kelompok, Dian cenderung bekerja sendiri dan enggan berdiskusi. Suatu hari, sekolah mengadakan proyek kolaboratif antar kelas untuk membuat kegiatan sosial bertema "Peduli Lingkungan dan Sesama".
Ketika kelompok Dian mulai menyusun ide, muncul konflik pendapat. Beberapa siswa mengusulkan program bersih-bersih lingkungan, sementara yang lain ingin menggalang dana untuk anak jalanan. Dian merasa frustasi dan menyendiri, lalu memutuskan untuk menyelesaikan tugasnya sendiri, tanpa mengoordinasikan dengan tim.
Akibatnya, kelompoknya gagal menyelesaikan proyek secara utuh. Guru pembimbing menyatakan bahwa kurangnya keterampilan sosial dan kerja sama menjadi penyebab utama kegagalan proyek tersebut.
Pertanyaan:
- Apa saja faktor sosial yang mungkin memengaruhi kurangnya keterampilan sosial seperti yang dialami oleh Denix?
- Bagaimana peran empati dan komunikasi interpersonal dalam keberhasilan kerja kelompok? Jelaskan dengan contoh dari kasus di atas.
- Apa langkah konkret yang bisa dilakukan sekolah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa dalam kegiatan pembelajaran?
- Apakah etis jika seorang anggota kelompok memilih bekerja sendiri dalam proyek kolaboratif? Jelaskan dari sudut pandang tanggung jawab sosial.
- Buatlah rencana tindakan pribadi (personal action plan) selama seminggu untuk meningkatkan keterampilan sosial Anda dalam konteks kehidupan sehari-hari (keluarga, sekolah, teman, komunitas).


Pertemuan 6: Pengembangan nilai dan sikap sosial dalam kehidupan masyarakat sosial
Menganalisis nilai nilai sosial dan sikap sosial dari IPS sebagai ilmu maupun sebagai program pendidikan
Silakan dipelaajri bahan berikut
sumber: https://assets.publishing.service.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/389086/Horizon_Scanning_-_Social_Attutudes_of_Young_People_report.pdf
silakan dipelajari bahan berikut
sumber: http://www.oecd.org/education/school/43023606.pdf
Buatlah peta konsep dari kedua e-book di atas, maksimal 2 halaman ditulis tangan. Silakan diunggah disini jika sudah selesai, maksimal pekan depan.
Menurut anda mengapa saat ini generasi muda mudah sekali terdegradasi nilai-nilai sosialnya? Bagaimana pandangan dan solusi anda selaku calon-calon pengembang pendidikan ips mengenai hal ini, jika dikaitkan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih mengapa berbanding terbalik dengan moralitas warga dunia saat ini?
Pertemuan 7: Pengembangan kompetensi pengetahuan sosial
Menganalisis materi dan sumber IPS dari berbagai bentuk dan fasilitas baik secara virtual (internet), pengalaman, dan realitas kehidupan sosial
Silakan dipelajari bahan berikut ini
Silakan dipelajari artikel berikut
sumber:https://www.casel.org/wp-content/uploads/2016/08/PDF-3-Durlak-Weissberg-Dymnicki-Taylor-_-Schellinger-2011-Meta-analysis.pdf
Silakan diamati kondisi di lokasi anda masing-masing, cobalah anda analisis perkembangan masyarakat dalam konteks pengetahuan sosial dan kompetensi serta perubahan perilakunya dalam pengambilan keputusan. laporkan dalam bentuk paper singkat maksimal 5 halaman font times new roman 12, spasi 1,5. DIlarang copi paste, jika menggunakan referensi silakan dicantumkan sumbernya. Selamat belajar.
Tulislah disini satu kata terkait topik pekan ini. Tidak boleh sama dengan teman-teman yang lain.
Pertemuan 8: UJIAN TENGAH SEMESTER
Salam pembelajar,
Terlampir soal Ujian Tengah Semester (Takehome Exam). Silakan dikerjakan dan diunggah jawaban Anda sesuai petunjuk. Selamat mengerjakan, yakinlah dengan kemampuan Anda sendiri. Semoga sukses.
Pertemuan 9: Studi sosial tema geosfer dan lingkungan
Menganalisis fenomena geosfer dan persebarannya di muka bumi
Terlampir slide ppt, silakan dipelajari
Silakan dibaca book chapter berikut.
Sumber:
http://www.uvm.edu/~gpetrucc/courses/chem196/Textbooks/Manahan%20-%20Fundamentals%20of%20Environmental%20Chemistry/1491Ch17.pdf
Silakan dipelajari buku berikut ini.
Sumber:
https://www.coreknowledge.org/wp-content/uploads/2019/09/CKSci_G5EarthSystems_TG.pdf
Silakan dipelajari buku berikut ini.
Sumber:
gbp.net/download/18.1b8ae20512db692f2a680007761/1376383137895/IGBP_ExecSummary_eng.pdf
Buatlah ringkasan isi buku di atas, maksimal 2 halaman ditulis tangan, maksimal upload disini pekan depan.
Cobalah anda amati fenomena alam dalam satu dasawarsa terakhir, silakan anda analsis korelasi antara manusia dan perubahan fenomena alam. Seberapa besar pengaruh manusia dalam menjaga eksistensi alam bagi generasi mendatang.
Pertemuan 10: Studi sosial tema ekonomi dan bisnis
Menganalisis fenomena ekonomi dan bisnis kaitannya dengan kehidupan sosial manusia dan upaya pemenuhan kebutuhan manusia dan kelangkaan serta solusinya di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0
Silakan dipelajari slide terlampir
Silakan dipelajari e book berikut ini.
Sumber:
https://www.un.org/development/desa/en/wp-content/uploads/2020/07/RECOVER_BETTER_0722-1.pdf
Silakan dipelajari juga artikel berikut ini.
Sumber:
https://www.shs-conferences.org/articles/shsconf/pdf/2018/16/shsconf_icpse2018_01003.pdf
Ekonomi digital merubah ekonomi global, memungkinkan industri kecil menjadi industri multinasional mikro dengan elastisitas dan dinamika yang mereka miliki. Hal ini memberi kesempatan yang lebih tinggi bagi para pemula untuk terlahir secara global, digitalisasi mendorong persaingan karena memungkinkan model bisnis yang inovatif dan memungkinkan perusahaan untuk meningkat dengan cepat. Puluhan juta perusahaan kecil dan menengah di seluruh dunia telah berubah menjadi eksportir dan bergabung dengan pasar e-commerce, dan bisa bersaing dengan perusahaan multinasional terbesar. (sumber: https://www.ristekbrin.go.id/kolom-opini/persaingan-di-era-globalisasi-dan-ekonomi-digital/)
Cobalah anda kemukakan disini mengapa perkembangan ipteks tidak pernah lepas dari sektor ekonomi? Seberapa penting manusa perlu adaptasi dalam modernisasi ekonomi dan bagaimana upaya manusia agar tetap survive dalam kehidupan yang sangat dinamis dan tidak tergerus dalam digitalisasi ekonomi yang sangat pesat saat ini. Selanjutnya sebagai calon pengembang ips, bagaimana seharusnya pembelajaran ips dirancang agar peserta didik mampu memahami kondisi saat ini dan yang akan datang dalam konteks perubahan mikro dan makro ekonomi tersebut. Silakan dielaborasi dengan analisis yg komprehensif dari berbagai sumber.
Tulislah satu paragraf terkait dengan topik pekan ini, maksimal 250 kata, tidak boleh sama dengan teman anda.
Pertemuan 11: Studi sosial tema/ konsep sosiologi dan antropologi
Menganalisis fenomena sosial, budaya dan interaksinya dalam kehidupan masyarakat society 5.0
Silakan dipelajari
Silakan dipelajari artikel berikut ini.
Sumber:
https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/K-12-2019-0858/full/pdf?title=society-50-balancing-of-industry-40-economic-advancement-and-social-problems
Silakan dipelajari artikel berikut.
Sumber:
https://www.businessperspectives.org/images/pdf/applications/publishing/templates/article/assets/12946/PPM_2019_04_Melnyk.pdf
Silakan dipelajari artikel berikut ini.
Sumber:
https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf
Cobalah kemukakan disini bagaiman fenomena globaliisasi dan upaya menanamkan budaya lokal untuk membangkitkan rasa kebangsaan Indonesia.
Tuliskan disini summary jurnal-jurnal di atas maksimal 300 kata dalam versi anda masing-masing, tidak boleh copy paste dari naskah, atau copy dari internet/teman. Waktu upload sd hari sabtu pukul 20.00wib.
Pertemuan 12: Studi sosial tema politik, hukum, dan kewarganegaraan
Menganalisis tentang masalah sosial berkenaan politik, hukum dan kewarganegaraan dalam kontek pendidikan ips.
Silakan dipelajari artikel terlampir
Silakan dipelajari book chapter berikut.
Sumber:
https://www.oecd.org/education/innovation-education/37425694.pdf
Silakan didiskusikan disini bersama rekan anda, bagaimanakah upaya menumbuhkan karakter yang baik dalam konteks transmisi kewarganegaraan yang baik mengingat saat ini perkembangan globalisiasi telah menggerus moralitas generasi muda.
Di sebuah daerah pemilihan dalam pemilu legislatif terakhir, angka partisipasi pemilih muda (usia 17–25 tahun) hanya mencapai 45%, jauh di bawah target nasional. Selain itu, muncul laporan dari media lokal dan LSM mengenai praktik politik uang oleh beberapa calon legislatif (caleg), terutama di wilayah pedesaan.
Salah satu caleg terpilih bahkan diketahui memberikan bantuan sembako dan uang tunai kepada warga saat masa kampanye, namun lolos dari jerat hukum karena sulitnya pembuktian dan lemahnya pengawasan oleh Bawaslu daerah.
Sementara itu, di sekolah-sekolah menengah atas di daerah tersebut, pendidikan kewarganegaraan dan IPS masih bersifat hafalan dan belum membahas isu-isu aktual tentang demokrasi, hukum, dan politik. Banyak siswa merasa tidak paham pentingnya menggunakan hak suara secara kritis dan bertanggung jawab.
Pertanyaan:
- Analisislah bagaimana hubungan antara rendahnya partisipasi politik generasi muda dengan kurang optimalnya pendidikan kewarganegaraan dan IPS di sekolah!
- Jelaskan dampak jangka panjang dari pembiaran praktik politik uang terhadap kualitas demokrasi dan penegakan hukum di Indonesia!
- Tinjau kasus di atas dari tiga perspektif ilmu sosial (politik, hukum, dan kewarganegaraan). Bagaimana seharusnya ketiga bidang ini saling bersinergi untuk menyelesaikan masalah tersebut?
- Usulkan sebuah program berbasis sekolah yang dapat meningkatkan kesadaran politik dan hukum siswa sebagai warga negara aktif dan kritis. Jelaskan unsur kurikulum, metode pembelajaran, dan strategi evaluasinya!
Buatlah ringkasan pembahasan materi pekan ini, maksimal 250 kata, tidak boleh sama dengan rekan-rekan anda.
- This week
Pertemuan 13: Studi sosial tema masalah sosial tentang peristiwa sejarah dan nasionalisme
Menganalisis permasalahan sosial berkaitan dengan persitiwa sejarah dan nasionalisme dalam konteks perubahan, waktu dan keberlanjutan.
Silakan dipelajari artikel berikut
Silakan dipelaajri buku berikut.
Sumber:
https://www.icps.cat/archivos/WorkingPapers/WP_I_164.pdf?noga=1
Silakan dipelajari buku berikut.
Sumber:
https://pubs.iied.org/sites/default/files/pdfs/migrate/G02507.pdf
Silakan dibuat peta konsep dari e-book di atas dalam satu halaman folio.
Deskripsikan disini keterkaitan manusia dengan ruang dan waktu dan bagaimanakah strategi pembelajaran ips dirancang agar peserta didik mampu memahami jati dirinya dan mampu berpikir kesejarahan dalam konteks manusia seutuhnya.
Pertemuan 14: Studi sosial tema masalah sosial lainnya (pendidikan, psikologi, agama, dll)
Menganalisis permasalahan sosial di masyarakat untuk membentuk warga negara yang baik dan mampu mengambil keputusan yang tepat
Silakan dipelajari artikel berikut
Silakan dipelaajri buku berikut.
Sumber:
https://www.corteidh.or.cr/tablas/r26541.pdf
Cobalah diskusikan bersama rekan anda keterkaitan agama dan manusia dalam konteks bermasyarakat. Kemudian bagaimana hubungan psikologis yang harus dibangun antar sesama pemeluk agama dalam menguatkan kebangsaan Indonesia. Sebagai calon pengembang ips, bagaimana pula pembelajaran dirancang agar terdapat harmonisasi kehidupan di masyarakat dan mewujudkan generasi unggul sebagaimana tercantum dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003.
Cobalah anda buat video presentasi online individu (dalam versi youtube) durasi maksimal 15 menit terkait dengan Pembelajaran IPS di era new normal kaitannya dengan pembentukan SDM Unggul Indonesia 2045. Link diserahkan maksimal pekan depan.
Pertemuan 15. Presentasi dan penyerahan tugas akhir
Silakan dikirim disini tugas anotasi bilbliografi ips
- Silakan diserahkan disini link video presentasi yang sudah anda buat.
Pertemuan 16: UJIAN AKHIR SEMESTER