བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།

  • Profil Mata Kuliah

    Selamat datang dalam perkuliahan Pengembangan Konsep Dasar IPS, salam jumpa dan sehat selalu. Mata kuliah ini berbobot 3 sks, diampu oleh Dr. Pujiati, M.Pd.  Dr. Irma Lusi Nugraheni, M.Si., dan Dr. Niki Tri Sakung, M.Pd.

                                                   

          Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd.      Dr. Irma Lusi Nugraheni, M.Si.           Dr. Nikki Trisakung, M.Pd.

    Secara umum mata kuliah IPS ini membahas tentang: hakikat Konsep Dasar IPS, Pengembangan Konsep Dasar IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial, perkembangan Konsep Dasar IPS secara komprehensif dan multidimensi, Dimensi dan Struktur IPS, Tema standar IPS dalam NCSS dan kurikulum di Indonesia, Pemikiran dalam pembaruan pembelajaran IPS di era IR 4.0, sains teknologi masyarakat dalam perspektif IPS, Konsep Dasar IPS dalam konteks masyarakat Global dan multikultural, Pembelajaran IPS dan evaluasinya di era IR 4.0, Pengembangan Skills dalam IPS di era IR 4.0, IPS dalam kurikulum persekolahan dan aplikasinya.

    Capaian Pembelajaran:

    Pada akhir semester mahasiswa Program Pasca Sarjana UNILA yang mengambil mata kuliah ini mampu menerapkan kompetensi-kompetensi IPS pada bidangnya secara mandiri, terukur, dan bertanggungjawab.

    Indikator CP

     Pada akhir perkuliahan ini, mahasiswa PPS UNILA yang mengambil mata kuliah ini dapat:

    1. Mendeskripsikan  hakikat Konsep Dasar IPS,
    2. Mendeskripsikan perbandingan Konsep Dasar IPS dan Ilmu-Ilmu Sosial,
    3. Menganalisis perkembangan Konsep Dasar IPS secara komprehensif dan multidimensi,
    4. Mendeskripsikan Dimensi dan Struktur IPS,
    5. Mendeskripsikan Tema standar IPS dalam NCSS dan kurikulum di Indonesia,
    6. Menganalisis Pemikiran dalam pembaruan pembelajaran IPS di era IR 4.0,
    7. Mendeskripsikan  sains teknologi masyarakat dalam IPS,
    8. Mendeskripsikan Konsep Dasar IPS dalam konteks masyarakat Global dan multikultural,
    9. Studi sosial tentang geosfer dan lingkungan,
    10. Studi sosial tentang ekonoi dan bisnis,
    11. Studi sosial tentang sisologi dan antropologi,
    12. Studi sosial tentang politik, hukum dan kewarganegaraan,
    13. Studi sosial tentang sejarah dan waktu,
    14. Studi sosial tentang masalah sosial lainnya: pendidikan, psikoligi sosial dll
    15. Merancang dan mengembangkan pembelajaran IPS dan evaluasinya di era IR 4.0,
    16. Mendeskripsikan Pengembangan Skills dalam IPS di era IR 4.0,
    17. Menganalisis Konsep Dasar  IPS dalam kurikulum persekolahan dan aplikasinya.






    • Rencana Pembelajraan Semester (RPS) ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
    • Kontrak kuliah ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
  • Pertemuan 1: Hakikat IPS

    Mendeskripsikan lingkup dan pengertian IPS, dasar dasar ips, tujuan ips dan peran ips

  • Pertemuan 2: Dimensi dan Struktur IPS

    Mendeskripsikan pendekatan IPS secara disiplin sosial dan interdisiplin, serta kedudukan ips sebagai ilmu sosial maupun program pendidikan

  • Pertemuan 3: Tema dan materi standar IPS

    Menganalisis materi IPS dan tema standar ips dalam kehidupan masyarakat dan tema standar ips sebagai program pendidikan

  • Pertemuan 4: Pengembangan IPS

    Mengembangkan IPS sebagai disiplin ilmu sosial dan sebagai program pendidikan tentang masalah sosial dan langkah pengembangannya melalui berbagai metode, model dan pendekatan 

    • Slide ppt ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
  • Pertemuan 5: Pengembangan keterampilan sosial

    Menjelaskan ketrampilan sosial (social life skills) dan pengembangannya dalam kehidupan sehari hari

    • Slide ppt ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
    • e-book: Teaching Social Skills ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
    • e-journal ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
  • Pertemuan 6: Pengembangan nilai dan sikap sosial dalam kehidupan masyarakat sosial

    Menganalisis  nilai nilai sosial dan sikap sosial dari IPS sebagai ilmu maupun sebagai program pendidikan

    • e-book ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
    • e-book ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
  • Pertemuan 7: Pengembangan kompetensi pengetahuan sosial

    Menganalisis  materi dan sumber IPS dari berbagai bentuk dan fasilitas baik secara virtual (internet), pengalaman, dan realitas kehidupan sosial

  • Pertemuan 8: UJIAN TENGAH SEMESTER

  • Pertemuan 9: Studi sosial tema geosfer dan lingkungan

    Menganalisis  fenomena geosfer dan persebarannya di muka bumi

  • Pertemuan 10: Studi sosial tema ekonomi dan bisnis

    Menganalisis fenomena ekonomi dan bisnis  kaitannya dengan kehidupan sosial manusia dan upaya pemenuhan  kebutuhan manusia dan kelangkaan serta solusinya di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0

    • Slide ppt ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
    • e-journal ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
  • Pertemuan 11: Studi sosial tema/ konsep sosiologi dan antropologi

    Menganalisis fenomena sosial, budaya dan interaksinya dalam kehidupan masyarakat society 5.0

  • Pertemuan 12: Studi sosial tema politik, hukum, dan kewarganegaraan

    Menganalisis tentang masalah sosial berkenaan politik, hukum dan kewarganegaraan dalam kontek pendidikan ips.

  • ད་རིས་ཀྱི་བདུན་ཕྲག

    Pertemuan 13: Studi sosial tema masalah sosial tentang peristiwa sejarah dan nasionalisme

    Menganalisis permasalahan sosial berkaitan dengan persitiwa sejarah dan nasionalisme dalam konteks perubahan, waktu dan keberlanjutan.

  • Pertemuan 14: Studi sosial tema masalah sosial lainnya (pendidikan, psikologi, agama, dll)

    Menganalisis permasalahan sosial di masyarakat untuk membentuk warga negara yang baik dan mampu mengambil keputusan yang tepat

  • Pertemuan 15. Presentasi dan penyerahan tugas akhir

  • Pertemuan 16: UJIAN AKHIR SEMESTER