LKPD OKE

Pengembangan LKPD SD merupakan Matakuliah Peminatan rumpun teknologi Pendidikan bagi mahasiswa yang akan menjadi guru di Sekolah Dasar. Mahasiswa wajib melanjutkan pendalaman keahlian pada skop matakuliah peminatan pengembang kurikulum. Keterampilan pengembang kurikulum di Sekolah Dasar dimulai dari analisis terhadap kurikulum yang berlaku hingga pengembangan sumber belajar demi tercapainya tujuan kurikulum. Mata Kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam menghadirkan Lembar Kerja Peserta Didik yang inovatif di SD sebagai sintesis kemampuan yang telah dimiliki dalam perkuliahan sebelumnya.


PSTI-Teknik Digital-Genap_2022/2023

  • Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
  • Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang ternyata juga bersentuhan dengan konsep digital ini.

  • Teacher: Deny Budiyanto -
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet