Ringkasan Mingguan
Umum
Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Undang Rosyidin, M.Pd. Rahmawati, S.P.d., M.Pd.
NIP 197708082006042001 NIP 1960030111985031003 NIK 231804890716201
Salam Pembelajar,
Selamat datang diperkuliahan metodologi penelitian pendidikan ekonomi.
Mata kuliah ini berbobot 3 sks.
Kemampuan metodologi penelitian sangat diperlukan bagi mahasiswa sarjana untuk dapat menyusun skripsi sebagai tugas akhir dalam penyelesaian studinya. Kemampuan metodologi penelitian juga sangat diperlukan sebagai sarana untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas manusia dan kesejahteraan bangsa. Mata kuliah metodologi penelitian ini menawarkan kepada mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian sesuai dengan prosedur penelitian ilmiah dan penyusunan laporan penelitian dalam bentuk karya ilmiah .
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkankemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian, khususnya tentang masalah-masalah pendidikan dan ilmu pengetahuan sosial. Lingkup pembahasan meliputi: masalah dalam penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, fungsi kerangka teoritis, kerangka pikir, hipotesis penelitian, desain penelitian, teknik sampling, instrumen penelitian, analisis data, dan teknik penulisan penelitian.
Setelah menyesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian yang nantinya di jadikan sebagai tugas akhir penulisan skripsi secara mandiri, terukur, dan bertanggungjawab.
Pada akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu:
- Menjelaskan tentang konsep penelitian ilmiah
- Menjelaskan langkah-langkah atau prosedur penelitian
- Menjelaskan tentang rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian
- Menjelaskan fungsi teoritis, kerangka pikir, dan hipotesis
- Menghubungkan kerangka teoritis, kerangka pikir, dan hipotesis dengan benar
- Menjelaskan berbagai macam teknik sampling, desain penelitian, instrument penelitian dan persyaratannya
- Menentukan teknik sampling, desain penelitian, dan instrument penelitian yang benar
- Menjelaskan macam-macam skala pengukuran dan penelitian
- Menentukan analisis data untuk pengujian hipotesis sesuai dengan skala pengukuran yang benar
Pengalaman belajar pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan pembelajaran pedagogi yang mengapresiasi kegiatan belajar mengajar interaktif. Pembelajaran diberikan dalam bentuk diskusi interaktif, dan latihan serta penugasan terbimbing serta mandiri. Tujuan penggunaan metode yang bervariasi dalam pembelajaran untuk mendorong munculnya curiosity, kontribusi, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran melalui ragam aktivitas belajar baik di kelas maupun di perpustakaan. Mahasiswa dituntut berperan aktif untuk memahami topik yang dibahas. Karena itu mahasiswa diwajibkan membaca dan mengkaji materi sebelumnya.
Daftar kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu:
Memilih dan mengkaji minimal 5 journal nasional & internasional sesuai bidang yang diminati;
Membuat ringkasan dari minimal 5 journal yang telah dipilih;
Menentukan topik penelitian yang diminati;
Merumuskan masalah dan hipotesis penelitian;
Memilih dan merancang metodologi penelitian;
Menyusun proposal penelitian;
Menyusun buku proposal penelitian; dikirimkan bukti cek plagiasi proposal mellaui uji turnitin maksimal 25%.
Menyusun bahan & slide presentasi proposal penelitian maksimal 10 slide.
Presentasi proposal penelitian.
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
A ≥ 76
B+ 71-75
B 66-70
C+ 61-65
C 56-60
D 51-55
E ≤50
Identitas Diri Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd.
1
Nama Lengkap (dengan gelar)
Dr. Pujiati,S.Pd.,M.Pd.
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Jabatan Fungsional
Lektor
4
NIP/NIK/Identitaslainnya
197708082006042001
5
NIDN
0008087706
6
Tempat,Tanggal Lahir
Tanjungkarang, 8 Agustus 1977
7
E-mail
pujiati@fkip.unila.ac.id
8
Nomor Telepon/ HP
08127953584
9
Alamat Kantor
Jl. Prof. Sumantri Brojonegoro No.1 Gedong Meneng Bandar Lampung
10
NomorTelepon/Faks
0721-704626/0721704626
12
NomorTelepon/Faks
08127953584
13
Mata Kuliah yang Diampu
- Akuntansi Keuangan Menengah
- Pemeriksaan Akuntansi
- Koperasi dan UKM
- Akuntansi Sektor Publik
- Evaluasi Pembelajaran Ekonomi
- Kurikulum dan Pembelajaran Ekonomi
- Pengembangan Kurikulum
- Konsep Dasar Pendidikan IPS
- Studi Sosial Masalah Ekonomi dan KWU
- Ekonomi Pendidikan
- Metodologi Penelitian Pendidikan Ekonomi
- Ecopedagogy dalam IPS
Riwayat Pendidikan
Keterangan
S-1
S-2
S-3
Nama Perguruan Tinggi
Universitas Lampung
Universitas Lampung
Universitas Pendidikan Indonesia
BidangIlmu
Pendidikan Ekonomi
Teknologi Pendidikan
Pendidikan IPS
Tahun Masuk-Lulus
1996-2000
2002-2006
2009-2013
Judul Skripsi/ Tesis/ Disertasi
Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Kejar Paket di Desa Bumi Jaya Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara
Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Pengantar Akuntansi untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi
Pengaruh Kualitas Pembelajaran, Iklim Akademik, Konsep Diri, dan Kompetensi Akuntansi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di beberapa LPTK di Provinsi Lampung)
Profil Prof. Dr. Undang Rosydin, M.Pd.NIP
NIDN
Tempat, Tanggal Lahir
Jabatan Akademik
Email: 19600301 198503 1 003
: 0001036012
: Ciamis, 1 Maret 1960
: Guru Besar
: undangros@yahoo.comPENDIDIKAN
S1 Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia
S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri YogyakartaMATA KULIAH YANG DIAMPU
– Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis HOTS
– Pengembangan Supervisi Pembelajaran Matematika
– Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran MatematikaTerlampir kontrak perkuliahan, silakan dipelajari dan menjadi rambu-rambu dalam perkuliahan metodologi penelitian pendidikan selama satu semester ke depan.
Terlampir Rencana Pembelajaran Semester
Belajar dari seekor elang.
Link youtube:
KELOMPOK DISKUSI
Silakan diupload disini bahan presentasi kelompoknya paling telat H-1 sebelum diskusi kelas berjalan.
Silakan join sesuai jadwal dan arahan dosen pengampu.
Pertemuan 1
Salam pembelajar,
Apa kabar? Pada pertemuan 1 ini kita akan membahas tentang konsep penelitian ilmiah. Adakah diantara kalian yang sudah mengetahui tentang konsep penelitian ilmiah?
Untuk memudahkan anda bisa mempelajari slide terlampir berikut ini.
Silakan dipelajari slide berikut ini.
Silakan dipelajari buku induk metodologi peneltiian berikut ini.
Sumber: http://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitative-and-Mixed-Methods-Approaches.pdf
Pertemuan 2
Salam Pembelajar,
Bertemu kembali di pertemuan kedua perkuliahan daring kita yaitu dengan topik langkah-langkah atau prosedur penelitian. Pemahaman terkait dengan langkah-langkah penelitian ini sangat penting dan menentukan dalam penyelesaian tugas akhir yaitu skripsi. Sehingga anda hendaknya bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya. Setiap langkah berkaitan dengan langkah berikutnya. Sebuah penelitian merupakan satu kesatuan sehingga antara langkah satu dengan yang lain tidak bisa dipisahkan. Apakah kalian ada yang sudah mengetahui tentang langkah-langkah penelitian? COba anda tuliskan disini ya langkah-langkah penelitian itu terdiri dari apa saja sertakan nama dan NPM nya.
Cobalah anda diskusikan bahan terlampir bersama rekan-rekan anda disini.
Silakan dipelajari slide berikut ini.
Pertemuan 3
Salam pembelajar,
Pada pertemuan ini kita masih membahas topik yang sama dengan pertemuan kedua. Namun kita akan lebih memperjelasnya dengan penugasan mandiri. Pada pekan ini anda diminta untuk mencari 1 jurnal nasional/internasional terkait dengan pendidikan ekonomi. Kemudian anda telaah jurnal tersebut. Selanjutnya, anda identifikasi langkah-langkah penelitian yang telah terimplementasi dalam jurnal yang anda baca tersebut dan berikan argumentasii anda yang sudah dielaborasi dengan sumber-sumber lain baik dari buku maupun jurnal. Silakan ditulis dalam folio bergaris hasil tugas anda dan diupload disini, maksimal 2 halaman. jangan lupa tuliskan nama dan NPM nya. Untuk link jurnal yg anda baca silakan bisa disampaikan di sini juga ya supaya saya bisa mengecek artikel yang anda baca tersebut. Terimakasih. Selamat Belajar.
Silakan dikirim kesini tugas yang sudah anda selesaikan terkait dengan telaah langkah-langkah penelitian yang terimplementasi dalam jurnal yang anda baca,
Pertemuan 4
Salam pembelajar,
Semoga senantiasa sehat dan semangat dalam menimba ilmu.
Pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian. Apakah kalian sudah pernah ada pengalaman penelitian? kira-kira apa sajakah yang harus dipertimbangkan dalam mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian? Silakan anda pelajari slide terlampir. Selanjutnya tugas anda adalah belajar mengidientifikasi dan merumuskan masalah penelitian. Silakan dipilih topik yang paling anda sukai untuk diteliti di bidang pendidikan ekonomi. Jika sudah memilih topik, anda bisa tentukan masalahnya yang paling up to date untuk dikaji saat ini. Silakan ditulis dalam folio bergaris, dan dikirimkan ke sini ya...paling telat pukul 22.00wib. Rancanganmasalah penelitian tidak boleh sama antara satu dengan yg lainnya. Tidak diperkenankan copy paste dari internet. Dianjurkan menuliskan referensi acuannya baik buku/jurnal.Selamat belajar.
silakan dipelajari slide berikut
Silakan dikirim kesini rancangan masalah penelitian anda
Silakan diakses dan pelajari book chapter berikut dengan baik, karena jika anda tidak membaca book chapter ini dengan baik, anda tidak akan bisa melanjutkan menyelesaikan menu summary.
Sumber:
- Buatlah summary isi book chapter di atas, minimal 500 kata.
Seorang mahasiswa program studi pendidikan Ekonomi ingin meneliti pengaruh penggunaan media digital interaktif terhadap motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring. Namun, ia merasa bingung dalam menyusun langkah-langkah penelitian yang sistematis. Ia juga tidak yakin apakah akan menggunakan pendekatan kualitatif atau kuantitatif, serta bagaimana menyusun instrumen penelitiannya.
Sebagai calon peneliti, Anda diminta untuk menganalisis situasi tersebut dan membantu menyusun prosedur penelitian yang tepat, mulai dari identifikasi masalah hingga penyusunan laporan penelitian.
Pertanyaan:
- Analisislah pendekatan penelitian yang paling sesuai untuk kasus tersebut! Jelaskan alasan Anda.
- Sebutkan dan jelaskan secara sistematis langkah-langkah/prosedur penelitian yang perlu dilakukan oleh mahasiswa tersebut.
- Identifikasi potensi masalah dalam pelaksanaan penelitian tersebut dan berikan solusi atas masalah tersebut.
- Jelaskan bagaimana instrumen penelitian dapat disusun dan diuji kevalidannya dalam penelitian ini.
Pertemuan 5
Salam pembelajar,
Kali ini kita akan mempelajari tentang masalah, variabel, dan paradigma penelitian. Setelah mempelajari materi ini anda diharapkan mamu untuk merumuskan masalah, menentukan variabel dan membuat paradigma penelitian berdasarkan rumusan masalah yang telah ditentukan.
Terlampir slide ppt yang bisa dipelajari oleh anda. Silakan dibaca juga referensi lainnya utnuk menambah wawasan termasuk jurnal karena banyak membaca akan memudahkan kita untuk memahami sesuatu dan juga memudahkan kita menulis ide-ide segar untuk penelitian maupun lainnya.
Selamat belajar
Silakan dipelajari ya...jika ada hal-hal yang tidak dfahami bisa didiskusikan bersama dalam forum diskusi.
Silakan dituliskan disini mengapa perlu seorang peneliti memahami masalah, variabel dan paradigma penelitian, dan silakan rekan-rekan saling memberikan tanggapan boleh disertakan rujukannya.
Tulislah disini summary isi jurnal di atas maksimal 300 kata. Tidak boleh sama dengan teman.
Sebuah universitas mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru dalam tiga tahun terakhir, meskipun telah melakukan promosi besar-besaran melalui media sosial, pameran pendidikan, dan kerja sama dengan sekolah-sekolah menengah atas. Rektor meminta tim peneliti internal universitas untuk menyelidiki penyebab penurunan tersebut dan memberikan rekomendasi strategis ke depan.
Pertanyaan untuk Mahasiswa:
- Identifikasi masalah penelitian yang relevan dari kasus di atas.
- Jelaskan minimal dua variabel yang dapat dikaji dalam penelitian ini. Sebutkan jenis variabelnya (independen, dependen, atau lainnya).
- Tentukan paradigma penelitian yang paling tepat untuk mengkaji kasus tersebut (positivisme, interpretif, atau kritis). Jelaskan alasan pemilihan paradigma tersebut.
- Buat satu rumusan masalah dan satu pertanyaan penelitian berdasarkan kasus di atas.
Pertemuan 6
Salam pembelajar,
Apa kabar semuanya? kali ini kita akan mempelajari tentang landasan teori, kerangka pikir dan hipotesis. Apakah kalian sudah ada yang mengetahuinya? coba tuliskan disini apa yang anda ketahui tentang teori, kerangka pikir dan hipotesis? adakah hubungan antara ketiganya?
Terlampir slide ppt sebagai pembuka wawasan dan pemantik diskusi.
selamat belajar semoga senantiasa dimudahkan dalam menimba ilmu. Aamiin
silakan dipelajari slide terlampir berikut ini.
Silakan diakses dan pelajari e-journal berikut ini:
Sumber:
https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1198682.pdf
Tulislah disini summary isi jurnal di aats maksimal 300 kata tidak boleh sama dengan teman.
Susunlah landasan teori, kerangka pikir, dan hipotesis rancangan penelitian anda. Silakan diunggah disini.
Seorang mahasiswa ingin meneliti pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa di masa pascapandemi COVID-19. Ia berpendapat bahwa sistem pembelajaran daring masih digunakan secara luas, namun efektivitasnya belum sepenuhnya dipahami. Mahasiswa tersebut belum memahami bagaimana menyusun landasan teori, kerangka pikir, dan hipotesis secara sistematis.
Pertanyaan:
1. Identifikasi teori-teori apa saja yang relevan untuk dijadikan landasan teori dalam penelitian tersebut.
2. Susun kerangka pikir yang logis dan sistematis berdasarkan hubungan antar variabel dalam kasus di atas.
3. Berdasarkan kerangka pikir tersebut, rumuskan hipotesis penelitian yang dapat diuji secara ilmiah.Sebuah perusahaan startup mengalami fluktuasi kinerja karyawan dalam dua tahun terakhir. Seorang mahasiswa manajemen ingin meneliti pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, karena ia menduga bahwa perubahan gaya kepemimpinan berdampak langsung pada motivasi dan produktivitas.
Namun, ia belum yakin bagaimana merancang penelitian tersebut secara teoritis.
Pertanyaan:
- Teori apa saja yang bisa digunakan untuk menyusun landasan teori dari permasalahan ini?
- Buatlah kerangka pikir yang menunjukkan hubungan antara gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan.
- Rumuskan hipotesis yang dapat diuji dari kerangka pikir tersebut.
- Pekan ini
Pertemuan 7
Salam pembelajar,
Semoga senantiasa sehat dalam lindungan Alloh SWT.
Pertemuan ini kita akan mempelajari tentang Populasi dan Sampel.
Apakah kalian ada yg sudah mengetahui tentang populasi dan sampel? Apa kira-kira perbedaan antara populasi dan sampel?
Terlampir file materi yang bisa anda pelajari untuk membuka wawasan. Selamat belajar.
silakan dipelajari slide berikut
Silakan dipelajari e book berikut ini.
SIlakan dirancang populasi dan sampel dari rancangan penelitian anda. Unggahlah hasil rancangan populasi dan sampel anda disini.
Ujian Tengah Semester
Salam pembelajar,
Terlampir soal Ujian Tengah Semester. Silakan dikerjakan dan diunggah jawaban Anda sesuai petunjuk. Selamat mengerjakan, yakinlah dengan kemampuanmu sendiri. Semoga sukses.
Pertemuan 9
Salam pembelajar,
Pertemuan kali ini kita akan mempelaajri tentang populasid an sampel serta teknik sampling. Apakah kalian ada yang sudah mengetahui tentang populasi dan sampel serta teknik sampling? JIka anda sudah mengetahuinya dari berbagai buku yang sudah dibaca, silakan dikemukakan disini ya sehingga kalian bisa berbagi pengalaman.
Silakan dipelaajri slide terlampir sebagai pembuka wawasan, namun anad akan lebih banyak mendapatkan informasi jika dilengkapi dengan membaca referensi terkait baik dari buku maupun jurnal.
Terlampir book chapter tentang Konsep Sampel dan Teknik Sampling yang bersumber dari website pustaka.ut.ac.id
Silakan dibaca, dipelajari dengan baik untuk menambah pemahaman Anda tentang topik hari ini, dan juga dalam upaya menyusun rancangan sampel dari usulan penelitian Anda.
Berdasarkan pengalaman dan referensi yang anda baca, silakan dikemukakan disini pengertian populasi dan sampel serta apa saja yang harus diperhatikan oleh seorang peneliti jika akan menentukan populasi dan sampel.
Rancanglah populasi dan sampel serta teknik sampling yang dipilih dari rencana penelitian yang akan anda laksanakan. batas unggah tugas 2 November 2024 pukul 22.00wib.
Pertemuan 10
Salam pembelajar,
Untuk pertemuan kali ini masih akan memperdalam tentang populasi dan sampel. Pendalaman topik kita melalui penugasan mandiri.
Bacalah book chapter berikut:
Sumber:
https://uca.edu/psychology/files/2013/08/Ch7-Sampling-Techniques.pdfTerlampir book chapter terkait dengan Konsep Dasar teori Sampling, silakan dipelajari dengan baik semoga bisa membantu memudahkan pemahaman Anda tentang teknik sampling.
Sumber: pustaka.ut.ac.id
Silakan dibaca juga jurnal berikut.
Sumber:
http://medcraveonline.com/BBIJ/BBIJ-05-00149.pdf
Seorang peneliti pendidikan ingin mengetahui efektivitas metode pembelajaran hybrid (gabungan daring dan luring) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di seluruh SMA negeri di Provinsi Jawa Barat. Karena jumlah SMA negeri sangat banyak dan tersebar di berbagai kota dan kabupaten, peneliti memutuskan untuk mengambil sampel sebagai subjek penelitiannya.
Namun, peneliti menghadapi beberapa tantangan:
- Terdapat 600 SMA negeri di Provinsi Jawa Barat, tersebar di 27 kota/kabupaten.
- Kondisi sosial, ekonomi, dan infrastruktur digital tiap daerah berbeda.
- Jumlah siswa kelas XI bervariasi di setiap sekolah.
- Tidak semua sekolah menerapkan pembelajaran hybrid secara konsisten.
Pertanyaan:
- Identifikasilah populasi dan sampel dalam kasus tersebut. Jelaskan alasannya!
- Menurut Anda, teknik sampling mana yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini? Jelaskan alasan pemilihan teknik tersebut, dan bagaimana cara menerapkannya dalam konteks ini!
- Jika peneliti hanya mengambil sampel dari sekolah-sekolah di kota besar seperti Bandung dan Bekasi saja, apa potensi kelemahan dari pendekatan ini terhadap validitas hasil penelitian?
Pertemuan 11
Salam pembelajar,
Pada pertemuan ini kita akan mempelaajri tentang skala pengukuran daalam penelitian. Apa ada yang sudah mengetahui tentang skala pengukuran?
silakan dipelajari slide berikut
- Terlampir book chapter, judulnya Konsep Dasar Pengumpulan dan Penyajian Data. Di dalamnya juga termasuk pemaparan tentang Skala Pengukuran. Silakan dipelajari book chapter tersebut dengan baik semoga bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan tentang kajian pekan ini.
Sumber: pustaka.ut.ac.id
MODUL 1 (ut.ac.id) Apa yang anda ketahui tentang skala pengukuran dalam penelitian? silakan dikemukakan disini, tentang rancangan data penelitian Anda dan skala pengukurannya.
Seorang mahasiswa sedang melakukan penelitian tentang tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di universitas. Ia menyusun kuesioner dengan beberapa item berikut:
- Usia responden (dalam tahun): ________
- Jenis
kelamin:
a. Laki-laki
b. Perempuan - Tingkat
kepuasan terhadap pelayanan dosen pembimbing akademik:
a. Sangat tidak puas
b. Tidak puas
c. Netral
d. Puas
e. Sangat puas - Jumlah mata kuliah yang diambil semester ini: ________
- Urutkan aspek berikut berdasarkan prioritas Anda dalam memilih universitas (1 = paling penting, 5 = paling tidak penting):
- Akreditasi
- Fasilitas
- Biaya kuliah
- Lokasi
- Rekomendasi teman/keluarga
Pertanyaan:
1. Identifikasi jenis skala pengukuran (nominal, ordinal, interval, atau rasio) yang digunakan untuk setiap item dalam kuesioner di atas. Jelaskan alasan Anda!
2. Apakah seluruh data dari kuesioner di atas dapat dianalisis menggunakan statistik parametrik? Mengapa demikian?
3. Seandainya peneliti ingin mengetahui hubungan antara kepuasan layanan akademik dan jumlah mata kuliah yang diambil, metode analisis apa yang paling tepat? Jelaskan alasan pemilihan metode tersebut.
Pertemuan 12
Slam pembelajar,
Semoga sehat selalu,
Materi pada hari ini adalah Teknik pengumpulan data dan Analisis data untuk pengujian hipotesis sesuai dengan skala pengukuran dengan benar. Apakah ada yang sudah mengetahui tentang hal ini?
Silakan dipelajari bahan berikut
silakan dipelajari slide berikut
Coba kemukakan disini mengapa seorang peneliti harus bisa menentukan teknik pengumpulan data yang sesuai? Adakah keterkaitan antara teknik pengumpulan data dengan masalah penelitian dan tujuan yang hendak dicapai dalam sebuah penelitian?
Seorang peneliti ingin meneliti pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di sekolah menengah atas negeri di kota X. Ia berencana menggunakan pendekatan kuantitatif dan ingin memperoleh data dari sebanyak mungkin responden agar hasil penelitiannya bisa digeneralisasi.
Peneliti merancang angket untuk diisi oleh para guru, yang terdiri dari dua bagian utama:
- Bagian A: Data demografis (usia, jenis kelamin, lama mengajar, tingkat pendidikan)
- Bagian B: Pernyataan-pernyataan tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dan tingkat motivasi kerja guru, diukur menggunakan skala Likert 1–5.
Setelah mengumpulkan data dari 120 guru, peneliti ingin mengetahui:
- Apakah ada pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja?
- Apakah ada perbedaan motivasi kerja berdasarkan tingkat pendidikan guru?
Pertanyaan:
1. Evaluasilah apakah teknik pengumpulan data yang digunakan sudah sesuai dengan pendekatan kuantitatif. Jelaskan alasan Anda!
2. Apa kelebihan dan kelemahan menggunakan angket dalam penelitian ini?
3. Teknik analisis statistik apa yang paling tepat untuk menjawab dua tujuan penelitian di atas? Jelaskan alasan Anda!
4. Apa saja potensi bias atau masalah validitas yang mungkin timbul dari metode pengumpulan data ini, dan bagaimana cara mengatasinya?Silakan dirancang teknik pengumpulan data penelitian anda, dan diupload kesini maksimal pukul 22.00wib..
Pertemuan 13
Salam pembelajar,
Pada pertemuan 13 dan 14 anda akan menyelesaikan tugas project pembuatan rancangan penelitian pendidikan ekonomi. Silakan dimanfaatkan waktu yang ada untuk melaksanakan observasi dan menulis rancangan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam kontrak kuliah. Rancangan terbaik penelitian akan direkomendasikan untuk skripsi/ tugas akhir anda dalam penyelesaian studi di program studi pendidikan ekonomi. Selamat mengerjakan tugas. Jika ada yang tidak difahami bisa berkomunikasi via gwa mata kuliah. Terimakasih.
Pertemuan 14
Silakan dilaporkan disini perkembangan tugas project penyusunan rancangan penelitian saudara.
Pertemuan 15
Silakan dikirimkan disini tugas project rancangan penelitian saudara, sertakan link presentasi anda yang sudah diunggah di youtube.
Ujian Akhir Semester