Weekly outline
PEMBELAJARAN PKN SD 2022
Mata kuliah pembelajaran PKn SD termasuk dalam kelompok Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK). Mata kuliah ini menyajikan kajian-kajian secara teori dan praktek yang berhubungan dengan pengembangan pembelajaran PKn SD dan pengaplikasiannya dalam proses belajar mengajar. Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu menguasai dan mengembangkan pembelajaran PKn. Selain itu, Mata kuliah PPKn SD merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PPKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PPKn di SD sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa di SD.
Pertemuan 1
Tulis nama dan npm
Silahkan disaksikan.
Silahkan dibaca untuk RPS
Silahkan di baca sebagai buku panduan pembelajaran dalam satu semseter kedepan, mudah mudahan dapat menambah wawasan bagi kalian semua. materi yang ada didalam buku akan dipakai selain dalam proses perkuliahan juga dalam pelaksanaan evaluasi perkuliahan kita.
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini.wasallam.
Topik 2 Paradigma Baru PKn SD
Tulis Nama dan NPM
Silahkan dipelajari.
Silahkan dibaca untuk materi bab 1
Simaklah penjelasan dari dosen Universitas Kanjuruhan Malang berikut ini.
Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini.wasallam.
Pertemuan 2
Assalamuallaikum wr.wb.
Selamat datang diperkuliahan online dengan ibu, hari ini rangkaian perkuliahan adalah mengisi absensi perkuliahan, membaca materi tentang paradigma baru pembelajaran PKN SD yang ibu berikan dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di forum yang telah ibu sediakan. terimakasih selamat mengikuti perkuliahan, jika ada soal atau tugas di dalam ppt atau video maka tidak perlu dikerjakan terimakasih.
TOPIK 3 : PENGERTIAN NILAI, MORAL DAN NORMA DALAM PEMBELAJARAN PKN SD
Tulis nama, npm, dan kota tempat kalian mengakses perkuliahan.
contoh:dayu 1234 bandar lampung
Silahkan dibaca
Video ini di pergunakan sebagai wahana tambahan pemahaman kalian mengenai materi pengertian nilai, norma, dan moral pembelajaran PKN SD.
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
TOPIK 4: ANALISIS MATERI PKN SD
SILAHKAN TULIS NAMA DAN NPM KALIAN
Silahkan dipahami
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
Pertemuan 3
ASSALAMUALLAIKUM WR.WB
Salam sehat dan salam jumpa kembali anak anakku dimanapun kalian berada, hari ini ibu akan melanjutkan materi ke 3 untuk pertemuan kita yang ke 3 ini, seperti telah anda baca sebelumnya di kontrak perkuliahan bahwasannya materi kita pada minggu lalu yaituNILAI, MORAL DAN NORMA Dalam PKN SD. maka hari ini ibu akan melanjutkan tentang teori belajar dalam pembalajaran PKN SD serta . Selamat mengikuti perkuliahan hari ini, terimakasih.
TOPIK 5: PKN SEBAGAI PENDIDIKAN NILAI DAN MORAL
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
Terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan dengan ibu hari ini, sampai bertemu minggu depan, tetap jaga kesehatan. terimakasih, wassalam.
TOPIK KE 6: TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PKN SD
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
5. Dikumpulkan dalam bentuk word/PDF
1. Berikan analisa mu mengenai mengapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran2. Menurut kalian teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, jelaskan.
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
Berikan analisa mu mengenai perbedaan antar teori belajar dan teori pembelajaran, jelaskan dengan memberikan contoh.
pertemuan empat
assalamuallaikum wr.wb
tabik pun....
senang sekali hari ini kita dapat bertemu lagi dalam perkuliahan daring kita di pertemuan ke 4 topik ke tujuh ini, mudah mudahan kalian tetap sehat dan diberi semnagat dalam mengikuti perkuliahan walaupun tugas buanyaaakkk tapi harus tetap dihadapi ya... tantangan perkuliahan semakin tinggi semester maka akan semakin kencang ujiannya...
baikalh,, kita akan melanjutkan topik ketujuh ini, silahkan diikuti dengan serius dan fokus...
topik 7: pengertian strategi pembelajaran PKN SD
terimakasih hari ini kalian telah mengikuti perkuliahan dengan saya, semoga ilmu yang saya berikan hari ini dapat bermanfaat, selamat mengerjakan tugas, dan sampai bertemu lagi minggu depan, wassalam.
TOPIK 8: METODE PEMBELAJARAN PKN SD
assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
selamat datang di perkuliahan topik 8 hari ini. tetap semangat dan lanjutkan perkuliahan hari ini...
terimakasih hari ini kalian telah mengikuti perkuliahan dengan saya, semoga ilmu yang saya berikan hari ini dapat bermanfaat, selamat mengerjakan tugas, dan sampai bertemu lagi minggu depan, wassalam.
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
5. Durasi Video bebas
6. Bagi yang terlambat maka akan mendapatkan tugas tambahan di dalam videonya.
buatlah video perkenalan diri mu sebagai seorang guru di dalam kelas dan kamu akan memulai kegiataan belajar pada hari itu(apersepsi) serta anda mengisi absensi dan menjelaskan sedikit materi/ulasan materi saja, diakhir berikan tugas.terimakasih ya telah mengikuti perkuliahan, walaupun jenuh karena banyak tugas tapi kalian tetap semangat menyelesaikannya dengan sebaik mungkin..ibu apresiasi hal tersebut.. terus berjuang ya.. supaya nanti ketika praktik didpn kelas di sekolah tidak malu, janggung dan grogi lagi..hehehe...
semangat semua dan tetap jaga kesehatan ya...wasalam....
pertemuan 5
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun....
senang sekali ibu dapat kembali berjumpa dengan kalian semua dalam virtula class hari ini, semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat walafiat.. tabik pun...
anak anakku hari ini ibu akan melanjutkan materi kita masih dengan jusul materi tentang model dalam pembelajaran PKN SD. , selamat mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini. pelajari dengan sungguh sungguh dan kerjakan lah tugas dengan sebaik baiknya. terimakasih....
TOPIK 9: Model pembelajaran
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini dengan baiak, semoga ilmu yang didapt berkah dan tetap jaga kesehatan, sampai bertemu minggu depan, wassalam, tabik pun.....
TOPIK 10: MODEL PEMBELAJARAN PKN
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun..
mahasiswaku hari ini kita akan melanjutkan materi masih seputra model pembelajaran..jika kemarin kita membahas tentang model pembelajaran secara umum. maka hari ini saya akan membahan model pembelajaran yang sering sekali dipakai pada saat materi ke PKN an berlangsung di tingkat sekolah dasar. silahkan dismika baik baik ya....
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini dengan baiak, semoga ilmu yang didapt berkah dan tetap jaga kesehatan, sampai bertemu minggu depan, wassalam, tabik pun.....
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 4 hari setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
5. Dikumpulkan dalam bentul link GDRIVE dari masing masing orang kepada ketua kelas
6. Di gabungkan menjadi 1 gdrive atau bisa juga link tersebut di pindahkan ke dalam word yang berisi link dari teman teman satu kelas.
7. Kirim tugas ke email dayurikaperdana090787@gmail.com.
BUATLAH MIND MAPPING TENTANG.1. STRATEGI PEMBELAJARAN PKN SD
2. METODE PEMBELAJARAN PKN SD
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 5 hari setelah tugas dibagikan pukul 15.00
4. Tugas ini bersifat individu
5. Skenario kegiatan ( tulis dalam word berisi: nama, npm, model yang dipakai, materi/topik/tema yang dipakai, langkah langkah dalam model pembelajaran yang akan di presentasikan
6. video dibuat dan di share di akun youtube ibu (jangan aneh2 ya digunakan dengan sebijak mungkin). email: dayuilkom17@gmail.com. PW: PancasilaDayuIlkom17
7. uat untk perkelas(tugas ketua kelas/wakil kelas: tulis nama, npm dan juga judul video di dalam youtube nya, untuk mempermudah ibu mengoreksi. kumpulkan dalam bentuk word. dan dikirim ke wa pribadi ibu.
Memprakterkan model pembelajaran (mengajar dengan menggunakan salah satu model pembelajaran), dengan cara memilih salah satu model yang dapat diterapkan di tingkat anak sekolah dasar. dalam bentuk video pembelajaran ya...kalau bisa ada peserta didik, tidak sungguhan anak SD pun tidak apa2.. durasi waktu silahkan saja kalian yang tentukan.
pertemuan enam
topik 11. model pembelajaran tematik
assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
anak anakku hari ini kita akan melajutkan perkuliahan dengan materi selanjutnya yaitu model pembelajaran tematik. selamat mengikuti perkuliahan hari ini. terimakasih.
terimakasih hari ini kalian telah mengikuti perkuliahan dengan saya, semoga ilmu yang saya berikan hari ini dapat bermanfaat, selamat mengerjakan tugas, dan sampai bertemu lagi minggu depan, wassalam.
topik 12: model pembelajaran tematik kelas rendah
Assalamuallaikum wr. wb
tabik pun...
mahasiswaku sekalian saat ini ibu akan melanjutkan materi tentang model pembelajaran temati dikelas rendah selamat mengikuti perkuliahan hari ini. jangan lupa tersenyum ...
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini....sampai bertemu lagi minggu depan, salam sehat.jangan lupa mengucap hamdalah....
PERTEMUAN TUJUH
topik 13: model pembelajaran tematik kelas tinggi
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
senang sekali hari ini ibu dapat kembali bertemu dengan kalian melalui perkuliahan daring vclass kita, kita akan melanjutkan perkuliahan silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dengan baik dan penuh tanggung jawab. yok semngat yok...pasti kuat hehehe...
terimakasih atas perhatiannya sampai bertemu lagi minggu depan selamat melanjutkan tugas tetap jaga kesehatan, wassalam.
topik 14: media pembelajaran PKN SD
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
apakabar mahasiswaku sekalian.. yok semangat kita melanjutkan perkuliahan hari ini dengan materi yang berbeda yaitu media pembelajaran PKN SD. selamat melaksanakan perkuliahan.
terimakasih atas perhatiannya sampai bertemu lagi minggu depan selamat belajar dan tetap jaga kesehatan, wassalam.
TATA TERBIT PRETEST
1. Simak baik-baik video pembelajaran diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
TUGAS1. sebutkan model model pembelajaran yang tepat untuk kelas tinggi
2. dampak bagi peserta didik jika diterapkan beberapa model pembelajaran tematik tersebut?
3. klasifikasikan lah model pembelajaran untuk kelas rendah dan untuk kelas tinggi?
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
5. Tugas dikumpulkan dalam bentuk PDF
Silahkan klasifikasikan mana kah jenis media yang tepat bagi anak kelas rendah, mana yang tepat untk anak kelas tinggi, berikan alasannya serta kekurangan dan kelebihan dari masing masing media tersebut.
PERTEMUAN SEMBILAN
topik 17: lanjutan materi tentang media pembelajaran (lembar kerja berbasis digital)
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan masih tentang media pembelajaran tetapi ini adalah sebagai media kreatifitas guru. dan seorang guru wajib membuat media ini. untuk lebih lengkapnya silahkan kalian pelajari materi berikut ini , terimakasih.
terimakasih atas perhatiannya hari ini, semoga kita selalu diberi kesehatan, selamat mengerjakan tugas. sampai bertemu minggu yang akan datang.
topik 18 : media pembelajaran kelas rendah
Assalamuallaikum, wr.wb.
Tabik pun...
apakabar mahasiswaku sekalian hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan dengan materi media pembelajaran kelas rendah, selamat mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini.
terimakasih atas perhatiannya hari ini, semoga kita selalu diberi kesehatan, selamat mengerjakan tugas. sampai bertemu minggu yang akan datang.
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat kelompok (11 kelompok)
5. Tugas dikumpulkan dalam bentuk WORD kemudian dimasukkan kedalam aplikasi Flip HTML 5
6. Link dikumpulkan perkelas oleh ketua kelas di email ibu dan di wa pribadi ibu.
lembar kerja berbasis digital (di peruntukan bagi calon guru/mahasiswa PGSD agar memudahkan mengajarkan nilai dan moral dalam pembelajaran)
tata cara:
judul :
1. PENGERTIAN KONSEP, NILAI, MORAL, DAN NORMA DI SD
2. TEORI BELAJAR
3. TEORI PEMBELAJARAN PKN SD
4. STRATEGI PEMBELAJARAN PKN SD
5. METODE PEMBELAJARAN PKN SD
7. MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
8. MEDIA PEMBELAJARAN PKN SD
9. METODE, MEDIA, MODEL PEMBELAJARAN KELAS RENDAH
10. METODE, MEDIA, MODEL PEMBELAJARAN KELAS TINGGI
11. PENILAIAN PEMBELAJARAN PKN SD12. MENYUSUN DAN MENGEMBANGKAN RPP SD
rincian yang harus ada di dalam lembar kerja berbasis digital
1. cover, kata pengantar dan daftar isi
2. berisi tujuan, kompetensi/materi yang ingin dicapai setelah mereka mengisi LKMBD, petunjuk pengerjaan lembar kerja, serta estimasi waktu
3. ada isu/permasalahan/pernyataan/materi yang akan di jadikan bahan dalam soal soal yang akan kalian berikan
4.tugas/soal soalnya
5. berikan rubrik penilaian dan skor penilaian
6. daftar pustaka
PERTEMUAN DUABELAS
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan untuk materi selanjutnya, silahkan ikuti perkuliahan dengan baik dan sampai tuntas, jangan lupa tugas di kumpulkan. terimakasih.
topik 23: penilaian pembelajaran PKN SD
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini, tetap jaga kesehatan jangan lupa kumpulkan tugas tepat pada waktunya, sampai jumpa lagi, wassalam.
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
mahasiswa sekalian hari ini kita akan melanjutkan materi yang baru, silahkan di pelajari dengan baik, terimakasih
Topik 24: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
terimakasih telah mengikuti rangkaian perkuliahan hari ini, tetap jaga kesehatan jangan lupa kumpulkan tugas tepat pada waktunya, sampai jumpa lagi, wassalam.
PERTEMUAN TIGABELAS
Assalamuallaikum wr.wb
Tabik pun....
selamat datang kembali anak anakku diperkuliahan hari ini, silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dan hari ini sedikit berbeda dimana kita akan melaksanakan latihan secara berkala agar anda mampu dan bisa membuat Rencana Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah Dasar. terimakasih atas perhatiannya.
Topik 25 : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini dengan baik, tetap jaga kesehatan dan sampai bertemu lagi minggu depan.
Assalamualaikum wr.wb
tabik pun...
baiklah hari ini kita akan melanjutkan tugas kemarin, masih tentang proses pembuatan RPP versi kalian sendiri dan tidak boleh sama persis dengan orang lain.
TOPIK 26: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini dengan baik, tetap jaga kesehatan dan sampai bertemu lagi minggu depan.
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
5. Tugas ditulis tangan lalu di pdfkan dengan ukuran maksimal 50 mb
membuat RPP dimulai dari :
1. membuat identitas
sekolah, kelas/semester, tem/sub tema, alokasi waktu2. menuliskan:
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian dan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan pendekatan pembelajaran (rincian dari kegiatan pembelajaran), media, alat dan sumber pembelajaran.
NOTE: MATERI NYA TENTANG PPKN, TIDAK BOLEH MENJIPLAK PERSIS PUNYA ORANG LAIN, jika terlambat maka tidak usah mengumpulkan sama sekali dan sampai bertemu di pertemuan 14 topik 27. terimakasih.
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Kerjakan soal dengan benar
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
5. Tugas dikumpulkan dalam bentuk pdf tulis tangan dengan ukuran maksimal 50 mb
jika kemarin kalian membuat identitas sampai dengan sumber belajar maka hari ini kalian akan melanjutkan, tidak usah ganti kertas silahkan saja di gabungkan dengan kertas klaian kemarin agar terkondisi menjadi satu, rapih dan runtut sesuai dengan tata urutan RPP yang sebenarnya. silahkan kalian belajar melanjutkan membuat RPP dimulai dari :
1. langkah langkan pembelajaran
(karena masih belajar maka kita peruntukkan RPP ini hanya untuk satu kali pertemuan saja)
pendahuluan, kegiatan inti dan penutup (haur kalian jelaskan secara rinci dan jangan lupa berikan alokasi waktunya masing masing kegiatan tersebut.
2. penilaian:
jenis/teknik penilaian, bentuk instrumen dan instrumen, pedoman penskoran
NOTE: MATERI NYA TENTANG PPKN, TIDAK BOLEH MENJIPLAK PERSIS PUNYA ORANG LAIN, , jika terlambat maka tidak usah mengumpulkan sama sekali dan sampai bertemu di pertemuan 14 topik 27. terimakasih.
PERTEMUAN EMPATBELAS
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga materi yang ibu berikan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. sampai bertemu minggu depan, wassalam.
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun...
Apakabar mahasiswa sekalian, kita berjumpa lagi hari dan mudah mudahan kalian tetap sehat, tetap semangat dan tegar dalam menghadapi perkuliahan yang banyak sekali tugas nya ini,, hehehe.... baiklah silahkan ikuti rangkaian perkuliahan..
TOPIK 28: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga materi yang ibu berikan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. sampai bertemu minggu depan, wassalam.
TATA TERBIT PRETEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Kerjakan soal dengan benar
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
buatlah video pembejaran tanpa membaca teks sama skali tentang :materi rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan menujukkan bukti RPP buatan kalian dan juga dijelaskan dalam video tersebut. video saya tunggu dikumpul kan paling lambat 3 jam setelah matakuliah ini berakhir, maksimal kapasitas video 50 MB, jika terlambat lebih baik tidak usah mengumpulkan dan dilarang absen akhir, terimaaksih atas perhatiannya, selamat mengerjakan tugas.
NOTE: JIKA SUSAH DALAM MENUMPULKAN VIDEO BISA BERUPA GDRIVE ATAU LINK YOUTUBE DARI MASING MASING ORANG.
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Kerjakan soal dengan benar
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 4 hari setelah tugas ini diberikan, misal ketika tugas ini diberikan dihari rabu maka anda mengumpulkan dihari senin, batas maksimal pukul 09.00 wib pagi hari
4. Tugas ini bersifat individu
5. Tugas dikumpulkan dalam bentuk video dengan link drive
buatlah video pembejaran Yang isi nya merupakan simulasi kegiatan belajar mengajar dengan menerapakan isi dari RPP yang telah kalian buat.
Durasi video saya bebaskan, yang terpenting masing2 point yang tertera di dalam RPP kalian, telah kalian praktikkan dalam video, sebaiknya menggunakan peserta didik baik sungguhan maupun settingan aja, agar terkesan pembelajaran nya seolah nyata, siapkan pula media ajar agar jauh lebih menarik. video dibuat semenarik mungkin, diupload di youtube atau dengan GDRIVE agar memudahkan ibu dalam mengoreksi.
PERTEMUAN LIMA BELAS
Assalamuallaikum wr.wb
tabik pun....
Mahasiswaku sekalian kita akan melanjutkan pertemuan hari ini dengan melaksanakan perkuliahan pengayaan mengingat bahwa kita akan melaksanakan UAS , oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan saya ingin mengetahui sejauh mana anda memahami tentang materi materi yang telah di berikan . selamat melanjutkan perkuliahan ...
tetap semangat teriamakasih.
TOPIK 29 dan 30 : PENGAYAAN
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga materi yang ibu berikan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. silahkan pelajari kembali materi materi yang sudah ibu berikan mulai dari hakikat pancasila sampai dengan materi hari ini sebagai bahan persiapan pelaksaan ujian akhir semester, tetap jaga kesehatan agar dapat melaksanakan UAS dengan baik, sampai bertemu lagi.
PERTEMUAN ENAM BELAS
Assalamuallaikum wr.wb
anak anakku semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat, selamat mengikuti ujian akhir semester hari semoga nilainya sesuai dengan harapakan kalian semua, ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat, dan ingat tetap jaga kesehatan, jika selama satu semester ibu banyak sekali kesalahan, kehilafan dan kekuranagn ibu mohon maaf, terimakasih atas kerajasamanya selama ini, sampai bertemu lagi dilain waktu.
alhamdulillah selesai sudah perkuliahan kita satu semester ini, masih banyak kekurangan tentunya dalam pelaksaan perkuliahan dalam jaringan ini, semoga bisa dimaklumi, dan terimakasih atas kerjasama nya selama satu semester ini,semoga nilai akhir yang didapatkan sesuai dengan harapan kalian semua dan yang paling utama adalah kalian sebagai pemuda Indonesia calon penerus bangsa harus tetap mempertahankan dasar negara dan menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari kalian, jadilah pemuda yang memiliki semangat nasionalis, cintailah negara mu, berbaktilah pada negaramu, sampai bertemua dilain waktu. wassalamuallaikum wr.wb.