TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
TATA TERBIT POST TEST
1. Bacalah baik-baik materi diatas
2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri
3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan
4. Tugas ini bersifat individu
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 211305338
Kelas : 4J
Teori pembelajaran adalah preskriptif dan teori belajar adalah deskriptif. Preskriptif karena tujuan utama teori pembelajaran adalah menerapkan metode pembelajaran yang optimal, sedangkan deskriptif karena tujuan utama teori belajar adalah menjelaskan proses belajar. Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar, contohnya saat memberikan materi pembelajaran, guru harus menerangkannya dengan jelas serta menarik agar peserta didik mampu memahaminya, sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Sedangkan teori pembelajaran sebaliknya, teori ini menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar, contohnya saat ketika guru mencontohkan kepada peserta didik untuk selalu membuang sampah di tempatnya, maka otomatis peserta didik akan mengikuti apa yang dilakukan oleh guru sebagai teladannya. Teori belajar Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar) sedangkan teori pembelajaran Mengungkapkan hubungan antara kegiatan pembelajaran dengan proses proses psikologi dalam diri si belajar.
Terima kasih
Nama : Alan Budi Kusuma
Npm : 2113053206
Teori belajar dan teori pembelajaran adalah dua konsep yang saling terkait namun memiliki perbedaan.Teori belajar mencakup konsep dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman atau interaksi dengan lingkungan. Teori pembelajaran membahas tentang bagaimana otak dan pikiran seseorang bekerja untuk memproses informasi dan mengubah perilaku mereka sebagai hasil dari pengalaman belajar.
Sementara itu, teori pembelajaran mengacu pada bagaimana seseorang dibimbing atau dibimbing untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu. Pembelajaran Teori membahas tentang bagaimana guru atau fasilitator mengatur pengalaman belajar sehingga peserta didik dapat menguasai materi dengan lebih efektif.Secara umum, teori pembelajaran membahas tentang proses dan mekanisme yang terlibat dalam pembelajaran, sedangkan teori pembelajaran membahas tentang strategi dan teknik yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran. Namun, keduanya saling terkait karena teori pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip teori belajar untuk memastikan bahwa peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara efektif dan efisien.
Berikut adalah beberapa contoh perbedaan antara teori belajar dan teori pembelajaran:
1. Tujuan
- Teori belajar bertujuan untuk menjelaskan bagaimana seseorang memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman atau interaksi dengan lingkungan.
- Pembelajaran Teori bertujuan untuk membantu guru atau fasilitator memfasilitasi pembelajaran peserta didik dengan lebih efektif.
2. Fokus
- Teori belajar berfokus pada proses dan mekanisme yang terlibat dalam belajar, seperti bagaimana informasi diproses dan disimpan di otak, dan bagaimana perilaku seseorang berubah sebagai hasil dari pengalaman belajar.
- Teori pembelajaran berfokus pada strategi dan teknik yang dapat digunakan oleh guru atau fasilitator untuk membantu peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu, seperti penggunaan media atau metode pengajaran yang berbeda.
3. Aspek
- Teori belajar mencakup aspek psikologis, saraf, dan kognitif yang terkait dengan belajar.
- Teori pembelajaran mencakup aspek sosial, psikologis, dan kontekstual yang terkait dengan pembelajaran di kelas atau lingkungan pembelajaran.
4. Penerapan
- Teori belajar dapat diterapkan pada berbagai konteks dan situasi, seperti belajar mandiri atau dalam konteks kelompok.
- Pembelajaran Teori lebih fokus pada penerapan dalam konteks pembelajaran formal, seperti di sekolah atau kelas.
5. Hasil
- Tujuan akhir teori pembelajaran adalah untuk menghasilkan perubahan perilaku dan pemahaman yang berkelanjutan dalam jangka panjang.
- Tujuan pembelajaran akhir teori adalah untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik, seperti memahami konsep tertentu atau menguasai keterampilan tertentu.