forum diskusi

forum diskusi

Number of replies: 34

menurut pendapat kalian, megapa di sekolh dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik, berikan juga pendapat mu tentang keunggulan dan kekurangan dari model pembelajaran tematik ini?

In reply to First post

Re: forum diskusi

by UMMUL NANDA RIDHOTUN -
Ummul Nanda Ridhotun (2113053153)

Menurut saya, karena pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

Keunggulan pembelajaran tematik. 1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit. 2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.

Kekurangan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RISTA NURCAHYANI -
Rista Nurcahyani
2113053114

Model pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang melibatkan beberapa pelajaran (bahkan lintas rumpun mata pelajaran) yang diikat dalam tema-tema tertentu. Keunggulan dari pembelajaran tematik, siswa diharapkan dapat belajar dan bermain dengan kreativitas yang tinggi. Sebab, dalam pembelajaran tematik, belajar tidak semata-mata mendorong siswa untuk mengetahui (learning to know), tetapi belajar juga untuk melakukan (learning to do), untuk menjadi (learning to be), dan untuk hidup bersama (learning to live together). sedangkan kekurangannya, apa bila siswa kurang memahami salah satu konsep maka tidak akan terjadi keselarasan dalam pencapaian pembelajaran. sehingga guru diharapkan merancang pembelajaran sebaik mungkin agar memaksimalkan capaian pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SILVY RAHMAWATI -
Nama : Silvy Rahmawati
Npm : 2113053107

Menurut saya, karena pembelajaran tematik Memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh sehingga penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat. Karena Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
Keunggulan pembelajaran tematik. 1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit. 2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran. Kekurangan dari pembelajaran tematik yaitu Pembelajaran menjadi lebih kompleks. Pendidik dituntut mempersiapkan diri lebih supaya dapat menjalankan metode dengan baik. Persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama. Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak.
In reply to SILVY RAHMAWATI

Re: forum diskusi

by BILLY.FARIO.21 BILLY.FARIO.21 -
Nama : Billy Fario
Npm : 2163053003

Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung, dan dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mereka pelajari. Melalui pengalaman langsung, siswa akan memahami konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pembelajaran tematik juga berkaitan dengan psikologi perkembangan, karena isi materi didasarkan atau disesuaikan pada tahapan tumbuh kembang siswa, psikologi belajar juga diperlukan, karena pembelajaran psikologi juga bermanfaat.
Keunggulan pembelajaran tematik. 1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit. 2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.
sedangkan kekurangannya, apa bila siswa kurang memahami salah satu konsep maka tidak akan terjadi keselarasan dalam pencapaian pembelajaran. sehingga guru diharapkan merancang pembelajaran sebaik mungkin agar memaksimalkan capaian pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Isnawati 2113053128 -
Nama : Isnawati
Npm : 2113053128

Izin menjawab pak.
Menurut saya megapa di sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik yaitu karena pada pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa/peserta didik. Dimana pembelajaran tematik ini peseta didik itu dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Jadi dengan pembelajaran tematik dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam setiap pembelajaran berlangsung.

Untuk keunggulan nya
1. Pembelajaran tematik ini menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
2. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
3. Hasil belajar akan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
4. Menumbuhkan keterampilan social, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

Kekurangan
1. Dalam pembelajaran tematik ini guru dituntut untuk memiliki keterampilan yang tinggi.
2. Serta pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Raissa Lestari -
Raissa Lestari
2113053237

Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang dikemas menjadi 1 kesatuan yang bisa disebut tematik. Pembelajaran ini mengusahakan mengintegrasikan pengetahuan,kreativitas,dan kemahiran dengan menggunakan tema.

Tema disini dikaitkan dengan beberapa mata pelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan memberikan pengalaman. Karena konsep tematik melakukan pembelajaran dengan mempelajari konsep melalui pengalaman langsung yang dihubungan dengan konsep lain yang sudah dipahami siswa. Hal ini menguntungkan siswa SD dalam belajar karena mengutamakan kreatifitas, pengalaman, dan kebutuhan siswa

Kelebihan :
1. Hasil belajar tematik lebih bertahan lama karena berkesan dan bermakna
2. Mengembangkan keterampilan berfikir peserta didik sesuai dengan persoalan yang dihadapi
3. Menyenangkan siswa karena pembelajaran melihat aspek minat bakat serta kebutuhan siswa

Kekurangan :
1. Guru yang kurang menguasai materi dan tidak kreatif
2. Tidak menggunakan metode yang inovatif
3. Ada beberapa kendala ekstra dalam perancangan pembelajaran baik dari rpp,rubrik,dan matrik tematik
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Kelas : 4J
Izin menjawab

Menurut pendapat saya pembaruan ke model pembelajaran tematik adalah untuk bisa mengintegrasikan beberapa pembelajaran ke dalam satu kali pembelajaran, dengan model pembelajaran tematik ini kita bisa menggabungkan atau menghubungkan dan bisa mengerti bahwa segala macam materi mata pelajaran itu berhubungan dalam kehidupan sehari-hari contohnya saja menggambar bangunan itu kan merupakan seni termasuk ke dalam seni budaya tetapi bisa juga panjangnya diukur menggunakan penggaris dan bisa dihutung luasnya nah itu termasuk pembelajaran matematika jadi itulah integrasi antara seni budaya dan matematika

Pembelajaran tematik ini memiliki kelebihan yaitu menyenangkan, mengembangkan ketrampilan berpikir, mengembangkan kemampuan kerja sama, mempunyai sikap toleransi, dan waktu yang digunakan lebih efisien karena menggabungkan beberapa pelajaran.

Pembelajaran tematik ini kelemahan apabila guru bisa saja kurang menguasai secara mendalam pembelajaran penjabaran tema dalam pembelajaran tematik, jika runtutan pembelajaran kurang inovatif maka standar kompetensi dan kompetensi dasar tidak akan tercapai karena siswa juga akan bosan dan sulit menyerap materi pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Rania Zahra -
Rania Zahra (2113053264)
Karna pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Selain itu juga, memudahkan peserta didik untuk memahami materi/konsep secara utuh sehingga penguasaan konsep akan semakin baik dan meningkat.

Keunggulan / kelebihan model pembelajaran tematik :
1). Banyak materi-materi yang tertuang dalam beberapa mapel mempunyai keterkaitan konsep, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyeluruh; mempelajari sebuah topik secara mendalam dari berbagai segi.
2). Siswa mudah memusatkan perhatian karena beberapa mapel dikemas dalam satu tema yang sama.
3). Siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mapel dalam tema yang sama.
4). Pembelajaran tematik melatih anak untuk semakin banyak membuat hubungan beberapa mapel, sehingga mereka mampu memproses informasi dengan cara yang sesuai daya pikirnya, dan memungkinkan berkembangnya jaringan konsep.
5). Menghemat waktu karena beberapa mapel dikemas dalam satu tema dan disajikan secara terpadu dalam alokasi pertemuan-pertemuan yang direncanakan. Waktu yang lain dapat digunakan untuk pemantapan, pengayaan, pembinaan keterampilan dan remidial.

Kelemahan model pembelajaran tematik
1). Aspek guru, guru harus berwawasan luas, memilki integritas tinggi, keterampilan metodologis yang handal, rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengemas dan mengembangkan materi
2). Aspek peserta didik, pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
3). Aspek sarana dan sumber pembelajaran, pembelajaran tematik memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan bervariasi, mungkin juga fasilitas internet
4). Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi
5). Aspek penilaian, pembelajaran tematik membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh.
6). Aspek suasana pembelajaran, pembelajaran terpadu cenderung mengutamakan salah satu bidang kajian dan tenggelamnya bidang kajian lain, tergantung pada latar belakang pendidikan gurunya.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Alfina Damayanti -
Alfina Damayanti (2113053274)

Karena pembelajaran tematik di SD sangat penting peranannya. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Peserta didik diharapkan akan menerapkan konsep yang diperolehnya dalam kegiatan belajarnya sambil melakukannya secara riil atau menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu kelebihan dari pembelajaran tematik SD yaitu dapat menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran. Akan tetapi, pembelajaran tematik SD mempunyai kelemahan, kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by PUTRI YASMIN AL-NAFI 21 -
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
NPM : 2163053001
Kelas : 4J

menurut saya sekolah menerapkan pembelajaran tematik karena pada Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Pembelajaran tematik secara efektif akan membantu menciptakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk melihat dan membangun konsep- konsep yang saling berkaitan.

keunggulan dari pembelajaran tematik yaitu :
1. Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit.
2.Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran,
3.Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
4. Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama;
5. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.

kelemahan dari pembelajaran tematik yaitu :
1.perencanaan pembelajaran tematik yang memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak mulai dari penyusunan matriks tematik, jaring laba laba, program semester, silabus dan RPP yang dibuat dalam satu semester;
2. tidak mengikuti materi yang diajarkan kecuali matematika dalam 1 semester;dan
3.menyiapkan media perlu disesuaikan dengan pemilihan tema
4. terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Early sevia putri -
Early Sevia Putri (2113053009)

Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa.

Keunggulan pembelajaran tematik :
1) Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit.
2) Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.

embelajaran menjadi lebih kompleks. Pendidik dituntut mempersiapkan diri lebih supaya dapat menjalankan metode dengan baik. Persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama. Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Kelas : 4J
Izin menjawab
Megapa di sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik karena pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Guru juga dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajarinya.
Keunggulan
Pembelajaran tematik melatih anak untuk semakin banyak membuat hubungan beberapa mapel, siswa dapat mengakitkan hubungan antar mata pelajarannya dalam kehidupan sehari hari, sehingga mereka mampu memproses informasi dengan cara yang sesuai daya pikirnya, dan memungkinkan berkembangnya jaringan konsep.
Kekurangan
pembelajaran tematik menuntut kemampuan belajar peserta didik yang relative baik, baik dalam kemampuan akademik maupun kreatifitasnya, karena model pembelajaran tematik menekankan pada kemampuan analitis, kemampuan asosiatif, kemampuan eksplorasi dan elaborative.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by WINIA RIYANTI NINGRUM -
Winia Riyanti Ningrum
2153053006

menurut saya pembelajaran model tematik ini diterapkan agar menyatupadukan isi kurikulum secara satu kesatuan yang utuh dengan cara menggabungkan beberapa pelajaran dalam satu kali pertemuan tatap muka. Sehingga dalam satu tema terdapat beberapa pelajaranyang akan dipelajari namun dikemas dalam sebuah judul tema. keunggualan dari model pembelajaran tematik adalah siswa menjadi lebih mudah memahami materi karena lebih berkesan, guru dapat menghemat waktu karena dalam satu pertemuan sudah bisa mempelajari 2 sampai 3 mata pelaajaran. kekurangannya adalah guru harus dituntut merangkum segla mata pelajaran menjadi satu kesatuan yang padu sehingga mungkin akan menjadi hal yang baru bagi yang belum pernah.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Yogi Dwi Pambudi -
Nama : Yogi Dwi Pambudi
Npm : 2113053265

Menurut saya, pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung, dan dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mereka pelajari. Melalui pengalaman langsung, siswa akan memahami konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pembelajaran tematik juga berkaitan dengan psikologi perkembangan, karena isi materi didasarkan atau disesuaikan pada tahapan tumbuh kembang siswa, psikologi belajar juga diperlukan, karena pembelajaran psikologi juga bermanfaat.
Kelebihan dari pembelajaran tematik yaitu, Pengalaman dan proses belajar akan selalu dikaitkan dengan tingkat perkembangan siswa, kegiatan yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, semua kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar akan diingat lebih lama, serta dapat meningkatkan ketrampilan berfikir siswa. Sedangkan salah satu kekurangan pembelajaran tematik yaitu tidak semua kompetensi dasar dapat dipadukan
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ADELIA EKA PITALOKA -
Nama : Adelia Eka Pitaloka
Npm : 2113053102

Menurut saya kenapa di SD menggunakan tematik dikarenakan dalam jenjang sekolah dasar pembelajaran harus berpedoman pada tahapan tumbuh kembang siswa maka dari tematik digunakan agar pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, berfikir kritis, dan memiliki penalaran yang luas. Dengan tematik siswa akan berpatisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat secara langsung mendapatkan sebuah pengalaman serta mengembangkan pengetahuan yang didapatkannya.
Kelebihan pembelajaran tematik :
1. Waktu hasil belajar siswa akan bertahan lebih lama karena pembelajaran lebih berkesan dan bermakna
2. Pembelajaran tematik menekankan kerja sama antar siswa akan mengembangkan keterampilan sosial
3. Melalui pembelajaran tematik akan menumbuhkan sikap toleransi kepada orang lain
4. Pembelajaran tematik menampilkan aktivitas nyata yang sesuai dengan kehidupan para siswa
5. Dapat mengembangkan keterampilan berfikir yang tepat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi

Kekurangan pembelajaran tematik :
1. Guru harus menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan tema
2. Perencanaan pembelajaran yang harus dipersiapkan dengan waktu yang lama
3. Materi yang disajikan tidak berurutan
In reply to First post

Re: forum diskusi

by TRY WAHYUNING UTAMI -
Nama : Try Wahyuning Utami
NPM: 2153053041

Menurut pendapat saya pengguna model pembelajaran tematik tentunya sudah dipertimbangkan dari berbagai sisi oleh pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman daripada konsep secara bermakna bagi peserta didik. Pada pembelajaran tematik ini juga peserta didik diharapkan bisa lebih aktif, kreatif dan berpikir kritis dalam melakukan pembelajaran.

Kelebihan daripada pembelajaran tematik ini sendiri adalah dimana model pembelajaran tematik ini akan melatih peserta didik agar bisa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan melatih peserta didik untuk bisa meningkatkan kreativitas diri misalnya dengan kegiatan projects.
Kekurangan dari model pembelajaran tematik adalah dimana pendidik yang harus bisa menguasai materi secara meluas dan pendidik juga harus bisa lebih kreatif dalam menyampaikan materi agar tidak terjadi ketidakselarasan antar tema yang akan disampaikan atau dibahas dalam pembelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by SHANTY OKTA ANDELIA -
Nama Shanty Okta Andelia
Npm 2113053049
Izin menjawab
Jadi mengapa sekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik karena menurut saya pembelajaran tematik itu bisa meningkatkan pemahaman konsep anak secara bermakna dan jelas pada pembelajaran tematik juga peserta didik dituntut biar bisa menjadi lebih aktif dan kreatif sehingga bisa mengembangkan kereaktifan anak atau peserta didik sehingga dalam pembelajaran mereka semangat dalam belajar serta pembelajaran tersebut bisa berpusat pada mereka jadi tidak guru yang sangat aktif melainkan siswanya.
Keunggulan pembelajaran ini adalah bisa mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran yang disajikan karena di dalam mata pelajaran ini disatukan di dalam satu mata pelajaran sehingga memudahkan anak untuk memahaminya.
Kekurangannya adalah pembelajaran tematik ini terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal misalnya seorang guru kelas kurang menguasai materinya secara mendalam sehingga guru tersebut akan sulit mengaitkan tema yang diberikan dengan materi ke peserta didik sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by CINDY DIAN LESTARI -
Nama : Cindy Dian Lestari
NPM : 2113053042

Izin menjawab,
Di sekolah dasar memakai pembelajaran tematik karena beberapa kompetensi dasar dan indikator serta mata pelajaran terdapat penghematan karena adanya tumpang tindih materi sehingga dapat dikurangi, Pembelajaran terpadu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa, menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian, siswa dapat memahami konsep-konsep tersebut secara utuh,Pembelajaran terpadu bersifat luwes (fleksibel).
Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
Menurut saya Kelebihan :
1. Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak (berpikir secara holistik dari hal-hal yang nyata atau konkret)
2. Menyenangkan, karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak (belajar sambil bermain yang diintergrasaikan melalui berbagai metode yang digunakan pada proses pembelajaran)
3. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna (melalui pembelajaran berbasis konstruktivis)
4. Mengembangkan keterampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
5. Menumbuhkan keterampilan sosial dalam berkerja sama (melalui pembelajaran dengan cooperative learning)
6. Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain (siswa diposisikan aktif pada pembelajaran berbasis konstruktivis dengan metode diskusi, tanya jawab, peresentasi, dan lain-lain)
7. Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang ditemui (pada proses pembelajaran siswa dihadapkan pada permasalahan-permasalahan nyata dalam kehidupan)
Kekurangan :
a. Menuntut peran guru yang memiliki pengetahuan dan wawasan luas, kreatifitas tinggi,keterampilan, kepercayaan diri dan etos akademik yang tinggi, dan berani untuk mengemas dan mengembangkan materi.
b. Dalam pengembangan kreatifitas akademik, menuntut kemampuan belajar siswa yang baik dalam aspek intelegensi.
c. Pembelajaran tematik memerlukan sarana dan sumberinformasi yang cukup banyak dan berguna untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan.
d. Memerlukan jenis kurikulum yang terbuka untuk pengembangannya.
e. Pembelajaran tematik memerlukan system penilaian dan pengukuran ( obyek, indikator, dan prosedur ) yang terpadu.
f. Pembelajaran tematik tidak mengutamakan salah satu atau lebih mata pelajaran dalam proses pembelajarannya.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249

Menurut pendapat saya, penggunaan model pembelajaran tematik di sekolah dasar dikarenakan kurikulum yang sedang berjalan, pada kurikulum 2013 yang diterapkan pada beberapa tahun lalu hingga saat ini mengharuskan pembelajaran di sekolah dasar menggunakan tema dengan menyatukan beberapa mata pelajaran yang mirip. Kemudian dengan model pembelaran tematik juga dapat menambah pemahaman siswa tentang materi ataupun konsep yang sedang di pelajari, dengan metode tematik juga siswa tidak hanya mengerti teori tetapi juga mendapatkan pembelajaran yang bermakna.

Menurut pendapat saya kelebihan dari model tematik ini siswa dapat dengan cepat memahami beberapa mata pelajaran dalam satu pembelajaran karena pada pembelajaran tematik menyatukan beberapa mata pelajaran yang memiliki satu konsep sehingga siswa dapat mengaitkan ataupun mengetahui hubungan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya yang memiliki satu konsep.

menurut pendapat saya, kekurangan dari model pembelajaran tematik ini terletak pada pemahaman siswa, dimana tematik ini kan menggabungkan beberapa mata pelajaran yang memiliki konsep sama ke satu tema sehingga siswa itu dituntut untuk mengerti dan paham semua mata pelajaran tersebut dengan waktu yang singkat dengan begitu ditakutkan siswa belum paham dengan betul mata pelajar pertama kemudian sudah disambung dengan mata pelajaran selanjutnya sehingga ditakutkan siswa terburu buru dalam memahami materi yang diajarkan.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Icha Puspita -
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010

menurut saya pembelajaran tematik ini sesuai kurikulum 2013, karna pembelajaran tematik ini mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melaui pengalaman suatu proses yang meningkatkan informasi dengan strategi pembelajaran siswa itu sendiri.

- keunggulan
- Menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran.

- kekurangan
Aspek kurikulum, kurikulum harus luwes, berorientasi pada pencapaian ketuntasan pemahaman peserta didik, bukan pada pencapaian target penyampaian materi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by TITI ANISANTURI -
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202
Kelas : 4J

Izin memberikan pendapat. Menurut saya, alasan mengapa saat ini di sekolah dasar menggunakan pembelajaran tematik adalah karena pembelajaran tematik ini menggabungkan beberapa disiplin ilmu seperti bahasa Indonesia, pkn, ips, ipa, matematika, dan lainnya yang saling berkaitan ke dalam satu pokok permasalahan yang disebut sebagai tema pembelajaran dan disajikan secara kontekstual permasalahan sehari-hari siswa. Sehingga model pembelajaran ini diharapkan dapat membuat siswa lebih paham akan ilmu yang diajarkan serta dapat bermakna dalam kehidupan sehari-harinya.
Untuk keunggulan dari model pembelajaran tematik ini adalah disiplin ilmu yang diintegrasikan ke dalam satu topik tertentu. Dimana hal ini memungkinkan siswa untuk melihat keterkaitan antara berbagai konsep dan membantu mereka dalam memahami konteks yang lebih luas. Sedangkan kekurangan dari model pembelajaran ini adalah diperlukannya waktu persiapan yang lebih banyak karena guru perlu merancang unit pembelajaran yang terintegrasi dengan tema tertentu.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahanpahaman kata-kata. Terima kasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129
Kelas : 4J

Menurut saya karena tematik menekankan pembelajaran menggunakan keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif, sehingga siswa akan menemukan pengalaman secara langsung dan terlatih dengan sendirinya untuk mendapatkan pengetahuan. Adapun kelebihan tematik yaitu materi tersaji secara lebih ringkas karena materi yang diajarkan tergabung dalam satu tema. Sedangkan kekurangan tematik yaitu pengetahuan guru kelas dituntut untuk bisa menguasai setiap tema pembelajaran dan siswa harus memahami beberapa materi dalam satu tema.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ARDIAN TRI FANANDI -
Ardian Tri Fanandi
2113053296

Pembelajaran tematik sebagai suatu pendekatan belajar mengajar yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Pengalaman bermakna maksudnya anak memahami konsep – konsep yang telah mereka pelajari yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya.

Kelebihan metode kegiatan ini yang berlangsung selama proses pembelajaran, yaitu memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermakna dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, menumbuhkan keterampilan berpikir dan social dalam diri siswa, menyajikan konsep pembelajaran yang nyata dan dekat dengan kehidupan siswa. Selain itu juga dapat membangun kerja sama yang baik antar guru dan siswa dalam merumuskan kegiatan pembelajaran, sehingga akan lebih bermakna dan meninggalkan kesan yang lebih mendalam dalam diri siswa.

Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Di samping itu, jika skenario pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah narasi yang kering tanpa makna.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by VIRDA SANI AULIA -
nama : Virda Sani Aulia
NPM : 2113053201
Kelas : 4J

mengenai mengapa di sekolh dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik, dan pendapat saya tentang keunggulan dan kekurangan dari model pembelajaran tematik ini
yaitu mengingat kembali Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. oleh karna itu di pembelajaran tematik ini siswa dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. jadi pembelajaran Tematik ini diterapkan di SD (Sekolah Dasar) sebab untuk menumbuhkan pemahaman siswa atas konsep yang dipelajari serta kreativitasannya dalam memaknai pembelajaran tingkat tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir anak.

Untuk kelebihannya sendiir dalam pembelajaran tematik ini menyajikan aktivitas yg bersifat nyata tepat dengan persoalan yg dihadapi dalam lingkungan siswa, Memberikan pengalaman & aktivitas belajar mengajar yg relevan dgn tingkat perkembangan & kepentingan siswa, mengembangkan keterampilan berfikir anak didik cocok dgn persoalan yg dihadapi, dan Pengalaman serta kegiatan belajar peserta didik akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak.
untuk kekurangannnya atau kelemahannya sendiri pembelajaran tematik ini terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal.
pendidik dituntut mempersiapkan diri lebih supaya dapat menjalankan metode dengan baik. Persiapan yang dilakukan pendidik lebih lama. Menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak, pembelajaran menjadi lebih kompleks, jadi pendidik harus disarankan untuk kerja team work dari para guru SD tiap jenjang untuk membuat perencanaan hingga pelaksanaan, karena guru dituntut untuk memiliki keterampilan yang tinggi.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: forum diskusi

by RIZKA MARANTIKA -
Nama: Rizka Marantika
Kelas: 2113053053
Kelas: 4J

Seperti yang kita ketahui model tematik ini merupakan sebuah pembelajaran yang yang dikemas menjadi satu dalam tematik ini. Menurut saya, dengan menggunakan model pembelajaran ini, itu dapat lebih mudah untuk meningkatkan berpikir siswa karena pembelajaran nya berpusat pada siswa dan dituntut aktif serta berpikir kritis.

Untuk keunggulan pembelajaran tematik, sebagai berikut:
Dapat mengurangi overlapping antara berbagai mata pelajaran, karena mata pelajaran disajikan dalam satu unit, menghemat pelaksanaan pembelajaran terutama dari segi waktu, karena pembelajaran tematik dilaksanakan secara terpadu antara beberapa mata pelajaran, dan hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna karena mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik sesuai dengan persoalan yang dihadapi.

Untuk kekurangan pembelajaran tematik, sebagai berikut:
Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Di samping itu, jika skenario pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah narasi yang kering tanpa makna.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Putri Jihanisah putrijihanisah05 -
Nama: Putri Jihanisah
NPM: 2153053036

Menurut saya, pada pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran tematik. Kelebihan dari pembelajaran tematik yaitu:
1. Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.

2. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.

3. Hasil belajar akan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.

4. Menumbuhkan keterampilan social, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.

Setiap kelebihan ada juga kekurangan, kekurangan dari pembelajaran tematik yaitu:
1. Guru dituntut untuk memiliki keterampilan yang tinggi.

2. Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Dinda Rahmawati -
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 2113053138
Kelas : 4J
Izin menjawab

Menurut saya karena karakteristik peserta didik sekolah dasar yang masih memandang sesuatu secara holistik (menyeluruh), mereka belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu. Jadi, Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa tersebut. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.

Menurut saya kelebihan dari pembelajaran tematik ini, yaitu kegiatan yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik. Selain itu, pembelajaran ini dapat menghemat waktu karena beberapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema dan disajikan secara terpadu dalam waktu yang sama.
Sedangkan kekurangan dari pembelajaran tematik ini menurut saya terlalu menuntut penyediaan alat, bahan, sarana, dan prasarana dari berbagai mata pelajaran secara serentak. Sehingga hal tersebut dapat menyusahkan seorang pendidik dalam penyediaan sarana dan prasarana tersebut. Selain itu, guru juga dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran yang ada dalam satu tema tersebut.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by NOVITA SARI -
Nama : Novita Sari
NPM : 2113053084

Izin menjawab
Sekolah dasar menggunakan model pembelajaran tematik karena diterapkannya Kurikulum 2013 (K-13) di Indonesia, pembelajaran tematik menjadi pendekatan pembelajaran yang dianjurkan untuk diimplementasikan pada tingkat pendidikan awal (Sekolah dasar).
Model pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa.
Ada beberapa keunggulan model tematik untuk siswa sekolah dasar diantaranya
1.Pembelajaran tematik mempermudah anak untuk memusatkan perhatian pada satu tema yang telah ditentukan. 2.Membuat pemahaman anak tentang materi yang disampaikan juga lebih mendalam, sebab antar mata pelajaran masih dalam satu tema
3.Lebih menghemat waktu, karena pembelajaran dikemas dalam satu tema
4.Peserta didik dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi beberapa mata pelajaran dalam tema yang sama.
Adapun kekurangan dari model pembelajaran tematik menurut pendapat saya adalah.
1.Waktu setiap pembelajaran yang relatif singkat, sehingga siswa kurang fokus dalam mempelajari materi yang dipelajari.
2. Siswa dituntut harus menguasai beberapa pembelajaran dalam satu waktu.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ICA FARDILA -
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047

Model pembelajaran tematik adalah model belajar mengajar terpadu yang menerapkan tema untuk menghubungkan topik yang berbeda dan menyuguhkan pengalaman yang berkesan kepada siswa. Menurut saya, pembelajaran disekolah dasar saat ini menggunakan model pembelajaran tematik dikarenakan model pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan dan keaktifan siswa dalam belajar serta siswa mendapatkan pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Jika kita melihat pada model pembelajaran sebelumnya, model tersebut masih banyak yang terpusat pada pendidik dan kurang mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran serta dalam mata pembelajarannyapun banyak yang tepisah sehingga kurang membuat peserta didik mendapat pengalaman secara langsung dan mandiri. Maka dari itu model ini digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada pada model pembelajaran sebelumnya.

Keunggulan dari model pembelajaran tematik ini yakni model ini menyenangkan karena bertolak dari minat dari kebutuhan siswa, pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa, hasil belajar siswa juga akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna serta model ini menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain. 

Kekurangan dari model pembelajaran ini yakni pada model ini guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi dan tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat. 

Terimakasih.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by MIFTA ULJANNAH WIJAYA -
Nama : Mifta uljannah wijaya
Npm : 2153053047

Tanggapan :
Menurut saya sistem pembelajaran tematik bagus untuk di terapkan pada sekolah dasar, karna pada sistem pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, serta menuntut peserta didik agar lebih aktif dan dapat berpikir kritis dalam proses pembelajaran karna tujuan dari tematik sendiri adalah proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tematik pun memudahkan siswa untuk memahami konsep dan materi secara utuh sehingga penguasaan semakin baik dan meningkat, pembelajaran ini efektif dan mampu menciptakan kesempatan luas bagi siswa untuk membangun konsep yg berkaitan, namun kelemahan dari tematik adalah apa bila dilakukan oleh guru tunggal dimana seorang tenaga pendidik kurang mampu menguasai penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran akan sulit dikaitkan temanya, jadi menurut saya kita sebagai calon tenaga pendidik harus mau belajar dan mempelajari segala hal agar tidak terjadi kurangnya penguasaan materi.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by AL ALAWIYAH NISSYA WATI -
Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 2113053019

Menurut pendapat saya mengapa di SD menggunakan model pembelajaran tematik dikarenakan untuk dapat mengkaitkan beberapa mata pelajaran pada satu tema sehingga memberikan kemudahan dan pemahaman yang mudah dimengerti oleh siswa sebagai gagasan pokok terhadap suatu pembelajaran yang efektif.
Sehingga dapat melatih kecerdasan dan keaktifan siswa serta kreatif dalam mengikuti pembelajaran.

Keunggulan model pembelajaran tematik adalah kita dapat memusatkana atau menyatukan suatu tema dalam banyak mata pelajaran yang mendidik siswa untuk mempelajari pengetahuan,mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran dalam tema yang sama, memahami materi pelajaran lebih mendalam secara efektif,serta menghemat waktu, tenaga dan sarana serta biaya pembelajaran, disamping menyederhanakan langkah-langkah pembelajaran.

Kelemahan model tematik terjadi ketika pemahaman siswa menggabung pembelajaran sulit dimengerti antara satu pelajaran dengan lainnya dikarenakan waktu yang singkat yang dilakukan oleh guru. Contoh seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by ALAN BUDI KUSUMA -
Nama : Alan Budi Kusuma
Npm : 2113053206

Ditinjau dari pengertiannya, pembelajaran adalah pengembangan pengetahuan, keterampilan, atau sikap baru pada saat seseorang individu berinteraksi dengan informasi dan lingkungan. “Pembelajaran merupakan pendekatan belajar yang memberi ruang kepada anak untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar.”

“Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraa” Depdiknas. Selanjutnya menurut Kunandar, “Tema merupakan alat atau wadah untuk mengedepankan berbagai konsep kepada anak didik secara utuh.” Dalam pembelajaran, tema diberikan dengan maksud menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh, memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik dan membuat pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar mengajar. Jadi, pembelajaran tematik adalah pembelajatan terpadu yang menggunakan tema sebagai pemersatu materi yang terdapat di dalam beberapa mata pelajaran dan diberikan dalam satu kali tatap muka.
Tema tersebut diharapkan akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya: 1) peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu, 2) Peserta didik mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama; 3) pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan; 4) kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengkaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik; 5) Peserta didik lebih mampu merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas; 6) Peserta didik mampu lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran lain; 7) guru dapat menghemat waktu karena mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkaan sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.

Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran Tematik

A. Pembelajaran tematik mempunyai kelebihan yakni:
1. Menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik.
2. Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
3. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
4. Mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
5. Menumbuhkan keterampilan sosial melalui kerja sama
6. Memiliki sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
7. Menyajikan kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam lingkungan peserta didik.

B.Selain kelebihan di atas pembelajaran tematik memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal. Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Di samping itu, jika skenario pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah narasi yang kering tanpa makna.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by DHEA APRIANI -
Nama : Dhea Apriani
NPM : 2113053257
Kelas : 4J

Sekolah dasar menggunakan model pembelajaran tematik karena pada model ini melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model ini menuntut siswa untuk aktif di kelas dan berfikir kritis, serta memudahkan siswa dalam memahami konsep materi pelajaran dengan melihat hubungan-hubungan yang bermakna. seperti dalam pelajaran PKN materi hak dan kewajiban, yang mana materi ini bisa berhubungan dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, IPS, dan sebagainya.

Kelebihan dari model pembelajaran tematik ini adalah siswa dapat mendapatkan pengalaman belajar yang relevan, kegiatan disesuaikan dengan minat dan bakat siswa, siswa dapat lebih mudah memahami konsep materi karena melihat dari keterkaitan antar mata pelajaran, pembelajaran menjadi utuh dan tidak terpisah-pisah

Kekurangan dari model pembelajaran tematik adalah guru harus berwawasan luas, keterampilan yang baik, percaya diri tinggi dan berani mengemas materi. kemudian model pembelajaran tematik menuntuk siswa dalam bidnag akademik dan keterampilannya. sarana dan sumber belajar memerlukan bahan bacaan dan sumber yang banya dan bervariasi, pembelajaran cenderung mengutamakan salah satu bidang materi dan melewatkan bidang materi lainnya tergantung pada guru yang mengajar.
In reply to First post

Re: forum diskusi

by Eka Septiana Putri -
Eka Septiana Putri
Npm 2113053085

Menurut saya pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Dengan pembelajaran tematik diharapkan siswa lebih dapat merasakan pengalaman belajar yang diperoleh, berpasipasi aktif serta membentuk pengetahuan hasil dari peserta didik itu sendiri.

Keunggulan pembelajaran tematik antara lain :
1. Disusun secara terpadu sehingga diharapkan lebih menghemat waktu pembelajaran.
2. Pembelajaran terpadu/tematik dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir dan social anak.
3. Pengalaman belajar siswa lebih relevan.

Kekurangan pembelajaran tematik :
1. Siswa diharuskan memahami semua mata pelajaran dalam 1 tema yang dirasa sulit untuk dikuasai.
2. Keterbatasan pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengajarkan lagu anak-anak sesuai tema.
3. Bahan ajar yang tersedia masih menggunakan pendekatan mata pelajaran sehingga menyulitkan guru memadukan materi sesuai tema.