TUGAS

TUGAS

Number of replies: 9

dari materi yang telah diberikan sekiranya kalian sudah memiliki gambaran apa sajakah jenis media yang tepat bagi anak sekolah dasar. Oleh sebab itu hari ini ibu akan memberi tugas yaitu: silahkan klasifikasikan mana kah jenis media yang tepat bagi anak kelas rendah, mana yang tepat untk anak kelas tinggi, berikan alasannya serta kekurangan dan kelebihan dari masing masing media tersebut. 

diketik di word, dikirimkan dalam betuk PDF paling lambat 3 jam setelah pembelajaran selesai. di forum pengumpulan tugas. terimakasih.

In reply to First post

Re: TUGAS

by CINDY DIAN LESTARI -
Nama : Cindy Dian Lestari
NPM : 2113053042
Kelas : 4J

Izin menjawab, menurut saya dari beberapa materi media pembelajaran tersebut yaitu,
* Jenis media anak kelas rendah, yaitu Gerak, sikap dan perilaku seperti simulasi, bermain peran, role playing, dan lain-lain.
Alasan : karena dalam proses pembelajaran anak kelas rendah, sangat memerlukan praktik langsung sehingga mereka mampu memahami dan merealisasikan pembelajaran tersebut, dan dalam media ini juga sangat penting untuk siswa kelas rendah, karena pola pikir siswa kelas rendah belum memadai jika harus diberi materi pembelajaran saja, tanpa ada nya praktik.
Kelebihan :
-Dapat berkesan dengan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa, di samping menjadi pengalaman yang menyenangkan juga memberi pengetahuan yang melekat dalam memori otak.
-Sangat menarik bagi siswa, sehingga memungkinkan membuat kelas menjadi dinamis dan antusias.
-Membangkitkan gairah dan semangat optimisme dalam diri siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan.
-Siswa dapat terjun langsung untuk memerankan sesuatu yang akan dibahas dalam proses belajar.
Kekurangan :
-Role playing membutuhkan waktu yang relatif panjang atau banyak.
-Membutuhkan kreativitas dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun siswa dan ini tidak semua guru memilikinya.
-Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai pemeran merasa malu untuk memerankan suatu adegan tertentu.
-Jika pelaksanaan bermain peran atau role playing mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik, tapi juga berarti tujuan pembelajaran tidak tercapai.
-Tidak semua materi pelajaran bisa disajikan.
*Jenis media pembelajaran kelas tinggi, yaitu Suara yang disertai visualisasi (audio-visual) seperti tayangan televisi, film, video, dan sebagainya.
Alasan : karena dalam kelas tinggi materi pembelajaran mereka telah kompleks, sehingga media pembelajaran ini jika diterapkan mampu menarik perhatian atau menjadi pusat perhatian pada siswa tersebut, dan siswa juga mampu memahami materi dalam penerapan media ini.
Kelebihan :
-Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
-Mengajar akan lebih bervariasi, tidak sematamata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
-Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tapi juga aktifitas mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
-Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
Kekurangan :
-Media audio yang lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal, hanya mungkin dapat dipahami oleh pendengar yang mempunyai tingkat penguasaan kata dan bahasa yang baik.
-Penyajian materi melalui media audio dapat menimbulkan verbalisme bagi pendengar.
-Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
Terimakasih
In reply to First post

Re: TUGAS

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Kelas : 4J

Menurut saya media yang tepat bagi anak sekolah dasar untuk kelas rendah yaitu hal hal yang bersifat visual, materil seperti gambar, model-model, benda, contoh dan lain-lain. seperti gambar karena dengan media gambar siswa kelas rendah yang daya tangkapnya masih rendah bisa dengan jelas mengerti.
Media visual ini memiliki kelebihan mudah didapat, umumnya murah, mudah penggunannya, bisa memperjelas suatu masalah, bisa mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Kekurangan media gambar yaitu semata-mata hanya medium visual, ukuran gambar seringkali kurang tepat untuk pengajaran dalam kolompok besar, memerlukan ketersediaan sumber ketrampilan dan kejelian guru untuk dapat memanfaatkannya, hanya menekankan persepsi indra mata, ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar, memerlukan keterbatasan sumber dan ketrampilan kejelian untuk dapat memanfaatkannya.
Kemudian kelas rendah juga bisa menggunakan media gerak, sikap, dan perilaku seperti simulasi, bermain peran, role playing, dan lain-lain. Karena anak usia dini pastinya masih sangat senang bermain peran contohnya saja saya sendiri dulu sangat senang bermain dokter-dokteran, atau menjadi guru, ataupun peran menjadi ibu. Kelebihan metode bermain peran yaitu siswa melatih dirinya untuk mengingat isi bahan yang akan didramakan, terlatih untuk berinisiatif, bakat yang ada pada siswa bisa dipupuk , kerja sama, bahasa lisan siswa bisa dibina. Kekurangan metode ini yaitu sebagian besar anak yang tidak ikut drama menjadi kurang aktif, banyak memakan waktu, perlu tempat yang cukup luas, kelas lain dapat terganggu, membutuhkan ketekunan, jika drama gagal maka guru tidak bisa mengambil kesimpulan apapun.

Media yang tepat bagi anak sekolah dasar untuk kelas tinggi yaitu suara (audio) baik suara guru ataupun suara kaset, suara yang disertai visualisasi (audio-visual) seperti tayangan televisi, film, video, dan sebagainya. Dan barang cetakan seperti buku, surat kabar, majalah, jurnal, dan brosur. Dan juga peristiwa atau cerita kasus yang mengandung nilai moral. Alasannya karena anak kelas tinggi sudah bisa menggunakan pikirannya untuk berpikir dengan kritis dalam menganalisis masalah. Seperti dengan menyimak penjelasan guru atau penjelasan kaset ataupun penjelasan tayangan televisi, film, video lalu dalam media tersebut disajikan suatu masalah dan siswa diminta untuk menganalisis masalah yang diberikan guru tersebut. Misalnya siswa diminta mengambil dan menyampaikan nilai moral dari tayangan yang telah disajikan, atau siswa diberi pertanyaan mengenai hal-hal yang sudah ditayangkan.
Kelebihan media audio dan audio visual yaitu lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami oleh siswa, mengajar akan lebih bervariasi, pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa. Kekurangan kurang mampu menampilkan detail objek yang sempurna, penyajian materi dapat menimbulkan verbalisme bagi pendengar, menggunakan suara dan bahasa verbal, yang mungkin bisa dipahami oleh pendengar yang mempunyai tingkat penguasaan kata dan bahasa yang baik.
Kelebihan media audio yaitu dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pendengar, melatih mengembangkan daya imajinasi siswa, merangsang partisipasi aktif pendengar, menggugah rasa ingin tahu siswa, menyajikan laporan yang aktual. Kelebihan dari media audio yakni sifat komunikasinya satu arah, lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal, hanya mampu melayani mereka yang bisa berfikir abstrak, menimbulkan verbalisme pendengar.
In reply to First post

Re: TUGAS

by Eka Septiana Putri -
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085
Kelas : 4J

Klasifikasi jenis media yang tepat bagi anak kelas rendah dan anak kelas tinggi, serta kekurangan dan kelebihan dari masing masing media tersebut!

1. Media Pembelajaran Anak Kelas Rendah
Menurut saya media pembelajaran yang cocok anak kelas rendah yaitu media papan tulis, karena dengan papan tulis, guru dapat menulis dan menjelaskan materi pelajaran secara efektif dan efisien, sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik.
Kelebihan media papan tulis :
a. Tidak memerlukan banyak pekerjaan dan persiapan.
b. Penyajian pelajaran dapat dilakukan dengan jelas oleh guru selangkah demi selangkah dan secara sistematis.
c. Dapat menjelaskan hal-hal sesaat (misalnya untuk menjawab pertanyaan).
d. Apabila terdapat kekeliruan atau kesalahan dapat dilihat dan segera diperbaiki oleh guru secara langsung.
e. Merangsang siswa untuk dapat belajar secara efektif.
f. Siswa dapat melihat dan dapat membaca dengan jelas apa yang ditulis oleh guru di papan tulis.
g. Memotivasi siswa untuk terbiasa bekerja pada papan tulis
Kekurangan media papan tulis :
a. Guru terkadang merasa tidak tenang dalam penggunaan media tersebut.
b. Memerlukan waktu untuk penggunaan media papan tulis apabila media tersebut kotor.
c. Penggunaan media modern yang dinilai lebih efektif dan efisien seperti seperti slide, kaca terbus cahaya, film, vidio, VCD, LCD, dll.

2. Media Pembelajaran Anak Kelas Tinggi
Menurut saya untuk media pembelajaran anak kelas tinggi yang cocok seperti media audio visual berupa penampilan video/cerita bergambar dengan suara. Karna menurut saya media audio visual lebih dapat menarik minat siswa .
Kelebihan media audio visual :
a. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan katakata oleh guru. Sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga apalagi bila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran.
c. lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tapi juga aktifitas mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.
d. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
Kekurangan media pembelajaran audio visual :
a. Media audio yang lebih banyak menggunakan suara dan bahasa verbal, hanya mungkin dapat dipahami oleh pendengar yang mempunyai tingkat penguasaan kata dan bahasa yang baik.
b. Penyajian materi melalui media audio dapat menimbulkan verbalisme bagi pendengar.
c. Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.