1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
1. apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran tematik?
2. apa sajakah macam macam model pembelajaran tematik?
3. tujuan dari model pembelajaran tematik adalah?
Nama : Alan Budi Kusuma
NPMÂ Â : 2113053206
Izin menjawab kuis apersepsi yang telah diberikan.Â
1. Pembelajaran tematik yaitu suatu model pembelajaran di mana beberapa mata pelajaran atau kompetensi dasar yang berkaitan digabungkan dalam satu topik atau tema tertentu yang menarik dan bermakna bagi peserta didik. Dalam pembelajaran tematik, peserta didik tidak hanya mempelajari satu mata pelajaran secara terpisah, tetapi juga mempelajari bagaimana berbagai konsep dan keterampilan terkait dapat diintegrasikan dan diaplikasikan dalam situasi kehidupan nyata.
2. a)Â Model Pembelajaran Tematik Terpadu
Model ini mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema. Siswa akan mempelajari topik tertentu dari sudut pandang yang berbeda, seperti sains, matematika, dan bahasa Inggris. Misalnya, tema tentang lingkungan dapat mencakup topik sains tentang hewan dan tumbuhan, matematika tentang pengukuran, dan bahasa Inggris tentang membaca dan menulis deskripsi tentang alam.
b) Model Pembelajaran Tematik Kontekstual
Model ini menekankan pada penggunaan situasi atau konteks yang nyata sebagai dasar pembelajaran. Siswa akan belajar dari pengalaman nyata yang mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kunjungan ke tempat wisata, pameran, atau seminar. Misalnya, jika tema adalah kesehatan, siswa dapat mengunjungi puskesmas atau rumah sakit untuk mempelajari tentang kesehatan.
c)Model Pembelajaran Tematik Inkuiri
Model ini mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Siswa ditantang untuk menemukan informasi sendiri melalui eksplorasi dan penemuan yang dilakukan dalam pembelajaran. Siswa akan diberi masalah atau pertanyaan dan mereka harus mencari jawabannya sendiri. Misalnya, jika tema adalah lingkungan, siswa dapat diminta untuk meneliti dan menemukan solusi untuk masalah lingkungan yang ada di wilayah mereka.
d) Model Pembelajaran Tematik Proyek
Model ini menekankan pada pengerjaan proyek yang kompleks dan substansial sebagai metode pembelajaran. Siswa diberikan tugas untuk membuat proyek yang terkait dengan tema tertentu, seperti membuat video dokumenter tentang lingkungan. Dalam membuat proyek, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran dan mengembangkan keterampilan seperti kerja tim, kreativitas, dan keterampilan teknologi.
e) Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Masalah
Model ini menggabungkan pembelajaran tematik dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Siswa diajak untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan tema tertentu, seperti mencari solusi untuk masalah lingkungan. Dalam mengatasi masalah tersebut, siswa akan mempelajari berbagai mata pelajaran dan mengembangkan keterampilan seperti analisis, penalaran, dan kerja tim.
3. Tujuan model pembelajaran tematik adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik melalui pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu topik atau tema tertentu. Beberapa tujuan dari model pembelajaran tematik antara lain:Â Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan topik atau tema yang dipelajari. Meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep dalam berbagai mata pelajaran melalui pendekatan interdisipliner. Membantu peserta didik untuk memahami hubungan antara konsep-konsep yang dipelajari dalam berbagai mata pelajaran. Meningkatkan minat peserta didik dalam belajar dan memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Mendorong peserta didik untuk berpikir secara holistik dan terintegrasi dalam memecahkan masalah. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun gagasan dan menyampaikan informasi secara efektif.