Forum Diskusi

Forum Diskusi

Number of replies: 35

Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Kelas : 4J
Izin Menjawab :

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Sikap demokratis adalah suatu pola perilaku seseorang yang dapat menerima perilaku orang lain dengan rasa penuh tanggung jawab tanpa tekanan dari pihak manapun
Bagaiman cara menanamkannya dilingkungan SD
Menurut saya
1. Menertibkan siswa mengikuti Upacara Bendera di hari senin
2. Melibatkan siswa dalam jumat bersih sehingga menumbuhkan jiwa membantu sesama dan bergotong royong
3. Melibatkan siswa dalam musyarah memilih perangkat kelas seperti ketua kelas, sekertaris,dan bendahara. Sehingga siswa dapat bebas berpendapat dan menerima pendapat orang lain.
4. Membagi jadwal piket kepada siswa agar siswa mempunyai rasa tanggung jawab atas tugas yang diembannya.

Beberapa hal diatas yang saya paparkan diatas dapat membentuk perilaku atau sikap siswa menjadi bertanggung jawab dan bebas berpendapat yang tentunya dengan arahan guru.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Yogi Dwi Pambudi -
Nama : Yogi Dwi Pambudi
Npm : 2113053265
Kelas : 4 J

Assalamualikum wr.wb
Izin menjawab
Jadi, civic partisipan bisa dikatakan adalah partisipasi suatu kewarganegaraan yang merupakan tujuan pembelajaran PPKN untuk mewujudkan generasi yang demokratis.
Yang mana diharapakan mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah yang lebih baik.
Nah, menurut saya cara menanamkan civic partisan disekolah dasar dengan cara memotivasi siswa agar terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu seperti kegiatan olahraga, pramuka dan ekstrakuliler lain nya, upacara bendera, yaitu berguna juga dalam proses pembelajaran guru PPKn menanamkan nilai-nilai demokratis, mengamalkan seluruh nilai nilai yang ada dipancasila

Mungkin itu yg saya tau mengenai civic partisan yang ada disekolah dasar, tentunya untuk menanamkan nilai tersebut harus perlu adanya pendamping dan peran seorang guru

Terimakasih
Wassalamualikum wr.wb
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Dinda Rahmawati -
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 2113053138
Kelas : 4J
Mohon izin menjawab

Civic participation yaitu kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.

Menurut saya cara menanamkan civic participation tersebut dalam lingkungan SD yaitu :
1. Dengan menanamkan sifat religius terhadap siswa, contohnya melalui kegiatan berdoa bersama ketika memulai dan mengakhiri pelajaran, kegiatan membaca Al-Qur'an sebelum memulai pelajaran.
2. Dengan meningkatkan rasa kepedulian siswa, contohnya dapat dilakukan dengan mengajarkan siswa untuk memelihara kebersihan, keindahan, dan kelestarian alam, seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga tanaman yang ada disekitar sekolah dll. siswa juga dapat berbagi dengan berpartisipasi memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan terhadap orang lain yang membutuhkan bantuannya.
3. Dengan menanamkan rasa tanggung jawab, contohnya dapat dilakukan dengan cara memberikan tugas kepada siswa agar mereka memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikannya, mengajarkan siswa untuk selalu meminta maaf jika melakukan kesalahan.
4. Menanamkan sifat demokratis, contohnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat mereka masing-masing, dengan begitu siswa akan terlatih untuk berani mengutarakan pendapat mereka serta dapat menghargai pendapat yang disampaikan oleh orang lain.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Alfina Damayanti -
Nama : Alfina Damayanti
NPM : 2113053274
Kelas : 4J

Civic partisipan sendiri adalah partisipasi kita sebagai warga negara Indonesia yang merupakan tujuan dari pembelajaran PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Civic partisipan harus ditanamkan sejak usia sekolah dasar. Kita sebagai calon guru dapat memberikan contoh yang sederhana kepada siswa sekolah dasar yaitu :
1. Dalam sebuah kelas diperlukan adanya ketua kelas dan perangkat kelas lainnya, guru meminta semua siswa berpartisipasi untuk melakukan pemungutan suara atau musyawarah dalam memilih calon ketua kelas yang bertanggung jawab.
2. Memakai seragam sesuai aturan yang telah ditentukan, siswa diajarkan kedisiplinan dalam hal berpakaian.
3. Dibentuknya jadwal piket, siswa akan mempunyai rasa tanggung jawab untuk membersihkan kelas karena itu adalah tugasnya.
4. Membentuk kelompok agar siswa dapat saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dan belajar untuk saling menghargai pendapat orang lain.
5. Melaksanakan upacara bendera setiap pagi, siswa belajar tentang disiplin waktu sehingga mereka bisa berangkat lebih awal dan selalu menanamkan jiwa nasionalisme.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan untuk mewujudkan generasi yang demokratis sesuai dengan tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan
Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD menurut pendapat saya siswa SD sebaiknya
1. Mengikuti upacara bendera tiap hari senin dengan khidmat contohnya jika siswa bisa menjalani upacara dengan khidmat maka ia dapat menghargai jasa para pahlawan dan juga dengan menjadi petugas upacara siswa bisa menempatkan dirinya dalam memerankan tugasnya masing-masing.
2. Mematuhi peraturan-peraturan yang ada di sekolah, hal ini mengajarkan siswa bahwa setiap lembaga atau organisasi pasti memiliki peraturan contohnya saja negara kita di Indonesia ini memiliki peraturan-peraturan untuk warga negaranya seperti undang-undang yang berlaku sekarang, karena dengan mematuhi peraturan yang ada di sekolah mempersiapkan siswa memathui aturan-aturan yang ada di negara seperti undang-undang.
3. Menanamkan dan menerapkan sikap disiplin, jujur, dan bertanggung jawab pada siswa contohnya tidak diperbolehkan untuk datang terlambat, mencontek saat mengerjakan ulangan, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dalam hal ini akan mengajarkan siswa untuk disiplin menjadi warga negara yang baik contohnya saat mereka dewasa bisa disiplin dan jujur dalam mengikuti pemilu dalam rangka memilih pemimpin, bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan.
4. Membagi jadwal piket anak dengan membagi jadwal piket anak, anak akan mengerti tugasnya dalam membersihkan kelas dan memberi pengertian jika anak melakukan tugas itu maka akan baik untuk kenyamanan mereka sendiri dalam belajar. Sama halnya dengan mematuhi aturan negara misalnya membayar pajak maka akan berbalik kepada rakyat berupa fasilitas umum untuk mempermudah urusan masyarakat.
5. Melakukan tugas diskusi kelompok agar anak mengerti untuk menyuarakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain, sama halnya seperti negara kita yang bersifat demokrasi dimana hak dijunjung tinggi dalam berpendapat.
Sebaiknya untuk menanamkan civic partisipan di sekolah perlu pendamipangan dan peran dari seorang guru.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by UMMUL NANDA RIDHOTUN -
Nama: Ummul Nanda Rodhotun
NPM: 2113053153
Kelas: 4J

Izin menjawab,
Civic partisipan adalah partisipasi suatu kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari pembelajaran PPKN untuk mewujudkan generasi yang demokratis. Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan mengajarkan peserta didik sikap saling menghargai keberagaman. Peserta didik dapat dikatakan memiliki karakter tersebut jika memiliki sikap saling menghormati dan menghargai dalam membangun sikap gotong royong, tidak membeda-bedakan teman dengan latar belakang apapun, menghargai hasil karya atau produk suku lain, dengan memberikan suatu apresiasi, mengkoleksi, memakai, atau menyanyikan.
In reply to UMMUL NANDA RIDHOTUN

Re: Forum Diskusi

by BILLY.FARIO.21 BILLY.FARIO.21 -
Nama :Billy Fario
Npm : 2163053003
Kelas : 4J

Izin menjawab :
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hakikat dari PPKn adalah memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara (civic literacy), komunikasi sosial kultural kewarganegaraan (civic engagement), kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara (civic skill and participation), penalaran kewarganegaraan (civic knowledge), dan partisipasi kewarganegaraan secara bertanggung jawab (civic participation and civic responsibility)
Menurut saya cara menanamkan civic participation tersebut dalam lingkungan SD yaitu :
A.Dengan menanamkan sifat religius terhadap siswa, contohnya melalui kegiatan berdoa bersama ketika memulai dan mengakhiri pelajaran.
B.Dibentuknya jadwal piket, siswa akan mempunyai rasa tanggung jawab untuk membersihkan kelas karena itu adalah tugasnya.
C.Menanamkan dan menerapkan sikap disiplin, jujur, dan bertanggung jawab pada siswa contohnya tidak diperbolehkan untuk datang terlambat, mencontek saat mengerjakan ulangan, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Dalam hal ini akan mengajarkan siswa untuk disiplin menjadi warga negara yang baik contohnya saat mereka dewasa bisa disiplin dan jujur dalam mengikuti pemilu dalam rangka memilih pemimpin, bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan
D.Mengikuti upacara bendera tiap hari senin dengan tertib dan mengikut Jumat bersih sehingga akan menimbulkan sikap gotong royong,kebersamaan dan cintai alam .
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by RIZKA MARANTIKA -
Nama: Rizka Marantika
NPM: 2113053053

Izin menjawab pertanyaan di atas:

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.

Menurut saya, sebaiknya untuk menanamkan civic partisipan di sekolah perlu pendampingan dan peran dari seorang guru, karena seperti yang kita ketahui pancasila merupakan sebuah landasan dasar ideologi bangsa yang harus dipahami, sehingga dapat membentuk jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun di era milenial, nilai-nilai luhur Pancasila sudah tidak lagi terjaga dengan baik, dengan begitu guru harus mendampingi dengan cara yaitu:
1. Meningkatkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada anak masa sekarang
2. Menghindarkan peserta didik dari suatu pergaulan bebas
3. Peserta didik harus dididik dengan bantuan orang tua dan lingkungan sekitar
4. Menciptakan lingkungan sekitar yang sehat dan positif
5. Memberi wawasan luas terhadap generasi milenial dan pendidikan pancasila

In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by WINIA RIYANTI NINGRUM -
Nama : Winia Riyanti Ningrum
Npm : 2153053006

Izin menjawab
Menurut saya civic participation ialah salah satu tujuan dari pembelajaran pkn di era paradigma baru demi mewujudkan generasi yang demokratis yakni dengan berpartisipasinya masyarakat dalam kegiatan kewarganegaraan dan kegiatan dilingkungan baik dikeluarga, rumah, ataupun sekolah.
Civic participian ini sangat baik diajarkan sedini mungkin karena menanamkan moral yang berjiwa sosial tinggi dan semangat berpikir kritis yang baik.

Dalam contohnya civic participation ini dilingkungan SD ialah dengan cara mengadakan pemilihan ketua kelas, wakil ketua kelas serta komponen komponen lainnya sebagai pengurus kelas. Ini merupakan versi lingkup kecil dalam melaksanakan demokrasi di lingkungan sekolah sebelum siswa melaksanakan dan ikut andil dalam melaksanakan pemilihan umum sebagai warga negara. Hal ini dapat membuat siswa merasa partisipasinya dalam memilih pengurus kelas atau dalam memberikan suara akan menjadi suatu perubahan besar karena yang sebelumnya tidak ada ketua kelas sekarang menjadi ada dikarenakan partisipasi seluruh warga kelas dalam meyuarakan pendapat.
Selanjutnya ada contoh dalam bagaimana siswa berpartisipasi dalam menjaga kebersihan didalam kelas. Dikarenakan kebersihan adalah wajib hukumnya bagi setiap penghuni kelas, sebagaimana kita sebagai masyarakat wajib hukumnya dalam menjaga bumi kita tercinta. Ini merupakan langkah awal siswa berkontribusi sebagai warga negara yang baik, sehingga civic participation sangat baik guna meningkatkan kualitas demokrasi serta warga negara yang baik.
Sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by CINDY DIAN LESTARI -
Nama : Cindy Dian Lestari
NPM : 2113053042
Kelas : 4J
Izin Menjawab :

Civic partisipan merupakan kemampuan partisipasi warga negaraan yang berupa tujuan dari PPKN dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Penerapan Civic partisipan pada siswa mampu dilakukan dengan bimbingan pendidik :

1. Mengikuti ekstrakurikuler atau organisasi seperti Pramuka yang mampu diikuti seluruh siswa sekolah dasar dengan tujuan siswa mampu bersikap tanggung jawab maupun berpartisipasi dengan sesama.
2. Menanamkan sikap demokratis misalnya pendidik mampu memberikan arahan kepada setiap siswa agar saling menghargai satu sama lain, bertoleransi atas perbedaan suku, ras, maupun agama.
3. Siswa mampu diberikan arahan melalui pematuhan tata tertib aturan sekolah misalnya dengan mengikuti acara rutin upacara sekolah, atau memakai seragam sesuai jadwal yang ditentukan.
4. Menanamkan jiwa patriotisme misalnya dengan bergotong-royong, atau menjadikan salah satu siswa menjadi ketua kelas bendahara maupun sekretaris yang memiliki tanggung jawab mementingkan kepentingan yang lain atau anggota dibandingkan kepribadian.

Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by PUTRI YASMIN AL-NAFI 21 -
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
Npm : 2163053001

Paradigma Baru pkn di Sd memiliki arti yaitu paradigma yang berarti model atau kerangka dalam berfikir berguna dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Fungsi dalam tugas pkn yaitu sebagai mengembangkan kecerdasan (Civic Intellengence), membina tanggung jawab (civic Responsibility), dan Mendorong partisipasi (Civic Participation). menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dengan cara :
1. melatih dan mengajar siswa agar berfikir lebih kritis.
2. Mengajak siswa agar turut aktif dalam melaksanakan kegiatan sekolah seperti upacara, gotong royong, piket kelas dan lain sebagainya.
3. selalu mengajak anak agar taat pada agama dan rajin beribadah.
mungkin itu saja yang dapat saya paparkan kurang lebih nya saya mohon maaf.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ALAN BUDI KUSUMA -
Nama : Alan Budi Kusuma
Npm : 2113053206

Sebelum menanamkan kita ketahui bahwa, Civic participation pada ruang lingkup Sekolah Dasar (SD) meliputi berbagai macam aktivitas yang mendorong siswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial, kegiatan di lingkungan sekolah, serta berpartisipasi dalam kegiatan yang berkaitan dengan kewarganegaraan. Civic participation dapat membantu siswa untuk memahami arti penting dari partisipasi dalam kehidupan masyarakat, serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar mereka.

Berikut adalah beberapa contoh aktivitas civic participation yang dapat dilakukan di SD:
Gotong Royong: Gotong royong adalah salah satu bentuk aktivitas civic participation yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah. Siswa dapat berpartisipasi dalam kegiatan membersihkan lingkungan sekolah, menanam pohon, dan kegiatan lainnya yang dapat memperbaiki kondisi lingkungan sekolah.
Kegiatan Sosial: Kegiatan sosial dapat diadakan di sekolah dengan melibatkan siswa untuk membantu masyarakat sekitar. Contoh kegiatan sosial yang dapat dilakukan adalah mengumpulkan dana untuk korban bencana alam, mengunjungi panti jompo atau panti asuhan untuk memberikan bantuan atau menghibur para penghuni panti.
Diskusi Kelompok: Diskusi kelompok merupakan salah satu bentuk aktivitas civic participation yang dapat diadakan di dalam kelas. Siswa dapat berpartisipasi dalam diskusi kelompok tentang isu-isu yang berkaitan dengan kewarganegaraan, seperti demokrasi, hak asasi manusia, dan lain-lain.
Melalui kegiatan civic participation di lingkungan sekolah, siswa dapat belajar untuk terlibat aktif dalam kehidupan sosial dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam masyarakat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by SHANTY OKTA ANDELIA -
Nama :Shanty Okta Andelia
Npm 2113053049
Kelas 4j

Izin menjawab pertanyaan bapak menurut saya cara menanamkan civic participan di lingkungan Sd adalah seperti melakukan upacara rutin bendera setiap hari senin,kerja bakti atau gotong royong ,adanya pembagian kerja seperti jadwa piket agar lebih tertib mereka bisa melakukan kewajiban mereka masing masing kenapa dengan demikian karena civic participan itu sebuah partisipasi untuk mencapai tujuan pembelajaran ppkn yg bisa mewujudkan generasi siswa yg baik.sekian terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129
Kelas : 4J
Izin menjawab:

Civic partisipan merupakan bentuk partisipasi yang bersifat kewarganegaraan untuk mewujudkan generasi yang demokratis, sebagai warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi demokrasi maka sangat tepat pendidikan demokrasi diterapkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa supaya generasi penerus memiliki sikap tanggung jawab dan peduli terhadap sesama. Pada siswa sekolah dasar kita dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya demokrasi tersebut kemudian alangkah baiknya kita mencontohkan kepada siswa. Berikut contoh kegiatan yang dapat membentuk sikap demokrasi pada siswa sd :

1. Religius: Setiap masuk atau keluar ruang kelas hendaknya siswa mengucapkan salam, setiap memulai dan mengakhiri pembelajaran hendaknya berdoa terlebih dahulu.

2. Disiplin : Siswa wajib mengikuti setiap kegiatan sekolah contohnya upacara bendera setiap hari senin, siswa wajib memakai seragam dan atribut sesuai aturan sekolah.

3. Sikap persatuan : Guru mengajak siswa membentuk perangkat kelas dengan cara voting bersama demi mencapai keputusan bersama.

4. Tanggung Jawab: Siswa bertanggung jawab untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru untuk dikerjakan dan dikumpulkan sesuai waktu yang diberikan.

Menanamkan sikap demokratis pada siswa sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan-kegiatan di atas, dengan demikian siswa akan terbiasa melakukannya dan tertanam sejak dini pentingnya demokratis.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by RISTA NURCAHYANI -
Nama: Rista Nurcahyani
Npm: 2113053114
Kelas: 4J

Izin menjawab,

Civic participan merupakan partisipasi kewarganegaraan yang memiliki tujuan dari pendidikan kewarganegaraan dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Civic partisipan merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

Menurut saya untuk menanamkan Civic partisian dalam lingkungan SD dapat diawali dengan menyampaikan pengertian bahwa setiap individu itu memiliki kewajiban untuk berkontribusi sebagai warga negara. Untuk anak SD, contoh yang dapat diterapkan bisa dimulai dengan bertanggungjawab atas tugas yang diberikan guru, baik tugas berupa pekerjaan rumah, maupun tugas piket. Peserta didik dapat diajak untuk ikut andil dalam bersih-bersih di sekolah dan diberi pesan-pesan bahwa di rumah juga mereka memiliki kewajiban untuk membantu orang tua.

Selain menanamkan rasa tanggung jawab, pendidik juga dapat menerapkan pembelajaran secara berkelompok agar anak dapat memiliki rasa peduli antar teman untuk mendengarkan pendapat dari anggota kelompok mereka. Hal ini juga dapat membentuk diri untuk dapat terampil dalam bekerjasama.

Ketika pendidik sudah menanamkan nilai-nilai penting itu di setiap mata pelajaran, maka dapat ditekankan kembali dalam pembelajaran PPKn guna memenuhi tujuan pembelajaran tersebut. Selain itu pendidik juga dapat menerapkan contoh seperti bagaimana ia menghormati peserta didiknya agar peserta didik juga mengerti bahwa ia harus menghormati orang lain, menghargai, dan bahkan memberikan apresiasi.

Ketika anak merasa bahwa dirinya memiliki tanggung jawab, dapat menghargai dan memberi apresiasi pada dirinya sendiri, maka sedikit demi sedikit, anak akan belajar bahwa mereka juga akan berusaha menerapkannya pada orang-orang di sekitar dan lingkungannya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by TITI ANISANTURI -
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202
Kelas : 4J

Civic participation yakni kesadaran seorang warga negara untuk berpartisipasi membangun negaranya yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Menurut saya, cara untuk menanamkan civic partisipation dalam lingkungan SD yakni :
1. Mengajak para siswa untuk membuat jadwal bergotong royong membersihkan kelas secara bergantian.
2. Melakukan pemilihan ketua kelas dan wakilnya dengan bermusyawarah bersama.
3. Mengajak para siswa untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan sekolah.
4. Melakukan pembelajaran dengan berdiskusi sehingga membuat siswa untuk turut berpartisipasi aktif dalam berpendapat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ADELIA EKA PITALOKA -
Nama : Adelia Eka Pitaloka
NPM : 2113053102
Kelas : 3J
Izin menjawab

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Dengan adanya civic participation dalam pembelajaran PKN diharapkan siswa dapat memiliki peran dan ambil bagian dalam perubahan sosial agar masyarakat lebih maju. Cara agar menanamkan civic Partisipan di SD adalah sebagai berikut:
1. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah.
2. Menaati peraturan yang sudah ditetapkan di sekolah.
3. Menanamkan rasa kepedulian dengan sesama teman.
4. Guru memberikan pengetahuan tentang pancasila kepada siswa.
5. Siswa dituntut aktif dan kreatif di sekolah.

Dalam proses belajar diharapkan guru dapat berkontribusi penuh agar proses pendidikan secara utuh dan menyeluruh terhadap pembentukan karakter individu sebagai warga negara yang cerdas dan baik.

sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by NOVITA SARI -
Nama: Novita Sari
NPM: 2113053084
Izin menjawab

Civic participation adalah misi atau tujuan dari pembelajaran PKN di SD untuk menubuhkan generasi muda yang demokratis
Civic participation, dalam pembelajaran PKN di SD dapat dilakukan atau diterapkan dengan
1. Mengajak siswa untuk peduli terhadap lingkungan sekitar
contoh ; mengajak siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan cara membuang sampah pada tempatnya, mengajak siswa untuk berpartisipasi memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan pada orang lain yang dilanda musibah. Contoh menjenguk temannya yang sedang terkena musibah misal salah satu keluarga siswa sakit dan kekurangan biaya, maka siswa dapat memberikan bantuan contoh memberikan sumbangan seikhlasnya, obat dan lain sebagainya
2. Menanamkan kepada siswa karakter demokratis yaitu menghormati pendapat dan hak orang lain tidak memaksakan kehendak dan melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan. Karakter ini dapat ditanamkan guru pada saat pengambilan keputusan pembuatan peraturan kelas dan pembuatan struktur kelas seperti pemilihan ketua wakil ketua sekretaris,bendahara, dan seksi-seksi lainnya.
3. Menanamkan karakter nasionalisme.
Partisipasi dalam menanamkan karakter nasionalisme pada siswa sekolah dasar dapat ditegakkan dengan cara Mengajak siswa untuk mencintai bahasa Indonesia dan berkomunikasi di lingkungan sekolah dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengajarkan kepada siswa tentang perjuangan-perjuangan pahlawan di Indonesia agar mereka selalu mengenang jasa para pahlawan dan tidak melupakan sejarah, dan mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam perayaan hari-hari besar seperti saat hari kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus tahun 1945, hari sumpah pemuda dan Hari pahlawan.

4. Menghargai keberagaman.
Partisipasi ini dapat ditanamkan guru dengan memberitahukan pada siswa bahwa kita adalah bangsa Indonesia bangsa yang beragam Oleh sebab itu kita tidak boleh membeda-bedakan dan harus saling menghargai dan menghormati teman. Contoh tidak membeda-bedakan teman dan menyanyikan lagu daerah saat pembukaan atau penutupan pembelajaran.
5. Kepatuhan pada aturan sosial. Partisipasi ini dapat dilakukan dengan cara menaati aturan yang ada di sekolah maupun masyarakat. Contoh siswa berangkat sekolah menggunakan pakaian rapi bersih dan lengkap, berangkat sekolah tepat waktu dan menaati semua aturan di sekolah

Itu adalah salah satu contoh bentuk Civic partisipasi yang dapat ditanamkan pada siswa pada pembelajaran PKN di SD. Dengan kegiatan-kegiatan nantinya akan menjadi akar saat siswa masuk di dunia masyarakat maupun negara dan melaksanakan kewajibannya untuk berpartisipasi sebagai warga negara.

Terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by DHEA APRIANI -
Nama : Dhea Apriani
NPM: 2113053257
Kelas : 4J

Civic partisipation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab.
Contoh cara menanamkan Civic partisipation di SD,
1. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan bakat, seperti kegiatan Pramuka, olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya
2. Mengajak siswa untuk bersikap demokratis ketika dikelas dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
3. Mengajak siswa untuk menaati peraturan yang berlaku disekolah dengan begitu siswa dapat mengamalkannya ketika di lingkungan masyarakat
4. Menanamkan pendidikan karakter disekolah seperti menjaga sopan santun, menghargai dan menghormati orang lain dan sebagainya
Dengan menanamkan Civic partisipation pada siswa SD sebagai bekal untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat. Sehingga siswa bisa menjaga kerukunan di masyarakat
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Rania Zahra -
Nama : Rania Zahra
NPM : 2113053264

Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.

Izin menyampaikan pendapat saya mengeani bagaimana cara kita menanamkan / meningkatkan civic participation dalam lingkungan SD

Jawab :
Kita bisa berupaya berupaya memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan civic participation, adapun beberapa upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa adalah terlaksananya beberapa kegiatan pengembangan bakat siswa yaitu kegiatan olahraga, pramuka yang dilaksanakan dalam waktu sekali dalam seminggu yaitu hari jum’at sore, kegiatan ekstrakurikuler, upacara berdera, juga dalam proses pembelajaran guru menanamkan nilai-nilai demokratis dengan membiasakan siswa berdiskusi dan bekerja sama, memberikan nasihat, bimbingan, arahan, memberikan suport bagi siswa untuk belajar tentang betapa pentingnya pendidikan, penggunaan metode secara bervariasi.
Pembelajaran PPKn merupakan proses pendidikan secara utuh dan menyeluruh terhadap pembentukan karakter individu sebagai warga negara yang cerdas dan baik. Pembelajaran PPKn harus diinternalisasikan secara utuh dan menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan (baik pribadi/keluarga, sekolah, masyarakat maupun bangsa dan negara) dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang cerdas dan baik, sesuai dengan nilainilai Pancasila dan UUD 1945 dalam NKRI, Pembelajaran PKn sangat berperan dalam pembentukan civic participation siswa. Melalui Pendidikan Kewarganegaraan guru menanamkan nilai-nilai demokrasi, cinta tanah air, pembentukan karakter siswa seperti tanggungjawab, tanggap dan peduli terhadap segala situasi yang sedang dialami, mengajarkan hidup rukun dengan menghargai orang lain, menghormati orang lain, dan bersikap adil tanpa membedakan antara satu dengan yang lain.

Mungkin itu saja yang dapat sampaikan, maaf jika ada salah kata dalam penulisan, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Isnawati 2113053128 -
Nama : Isnawati
Npm : 2113053128
Kelas : 4J

Izin menjawab :
Civic participation yaitu partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Contoh menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu:
1. Dengan menanamkan sikap disiplin pada diri siswa.
2. Mengajarkan siswa untuk mengikuti upacara bendera pada hari Senin dengan disiplin, dan tertib.
3. Menanamkan rasa cinta tanah air.
4. Mengajarkan kepada siswa untuk saling menghargai, serta menghormati satu sama lain.
5. Mengajarkan siswa untuk bersikap demokratis, dengan mengajak dan membentuk siswa berkelompok untuk berdiskusi, serta memberi kesempatan kepada mereka untuk menyampaikan pendapat mereka.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Eka Septiana Putri -
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085
Kelas : 4J

Izin menjawab :

Civic participation adalah kemampuan berpartisipasi dalam bernegara sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

Pada lingkungan SD civic partisipan bisa dilakukan secara sederhana dengan mengajarkan ataupun mengajak siswa untuk berkontribusi secara nyata didalam lingkungan sekolah. Adapun contoh yang bisa dilakukan dalam meningkatkan civic partisipan di lingkungan SD :
1. Mengajak siswa untuk mengikuti acara upacara bendera ataupun upacara peringatan hari pahlawan
2. Melakukan gotong royong dilingkungan sekolah bersama warga sekolah
3. Mengajak siswa untuk melakukan pemilihan ketua kelas sebagai bentuk pengenalan jiwa demokratis
4. Menanamkan jiwa religius setiap seminggu sekali dengan diadakannya kegiatan jumat rohani

Beberapa hal diatas merupakan implementasi yang dapat dilakukan dalam membentuk kesadaran diri siswa sebagai warga negara dengan cara sederhana.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249
Kelas : 4J

Civic partisipation menurut saya adalah upaya seorang guru untuk menanamkan sikap demokratis pada diri siswa.
Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk Civic partisipation
1. Mengajak siswa untuk melaksanakan upacara bendera. Dengan mengajak siswa untuk melaksanakan upacara bendera merupakan salah satu cara untuk menanamkan sikap demokratis. Melaksanakan upacara bendera menunjukkan kepada siswa salah satu cara untuk mencintai tanah air kita dan untuk mengormati dan mengenang para pahlawan yang sudah berjuang.
2. Dengan membentuk struktur kelas menggunakan sistem voting. Guru dapat menggunakan sistem voting dalam menentukan susunan pengurus kelas dengan begini guru mengenalkan yang namanya demokrasi dengan mudah kepada siswa.
3. Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu nasional merupakan salah satu cara juga yang dapat digunakan oleh guru untuk membentuk Civic partisipation.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by TRY WAHYUNING UTAMI -
Nama : Try Wahyuning Utami
NPM : 2153053041
Kelas : 4J

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menjawab:
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang digunakan untuk mewujudkan generasi muda yang demokratis sesuai dengan tujuan dari PPKn. Civic participation ini sangatlah penting untuk di ajarkan kedalam lingkungan SD, karena dengan begitu peserta didik akan terbiasa melakukan suatu kegiatan dengan cara demokrasi. Pada anak usia SD sudah diajarkan bagaimana harus bersikap demokratis atau bisa menerima keputusan atau perilaku dari orang lain untuk mencapai sebuah tujuan dengan rasa tanggung jawab, toleransi dan tanpa tekanan.
Untuk anak usia SD bisa diajarkan dari hal-hal kecil yang sering dilakukan atau ditemui oleh peserta didik di lingkungannya sehari-hari seperti:
1. Pendidik bisa mengajarkan kepada peserta didik untuk berdiskusi mengenai suatu masalah, maka peserta didik akan belajar untuk mengerti bahwa setiap orang memiliki pemikirannya masing-masing dan peserta didik juga akan menerima saran dari teman sejawat.
2. Peserta didik diikut sertakan dalam pemilihan perangkat kelas seperti ketua, wakil ketua, bendahara dan sekretaris kelas.
3. Peserta didik akan membuat jadwal piket kelas, dengan begitu akan melatih rasa tanggung jawab peserta didik saat hari piketnya tiba.
4. Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin, hal tersebut akan melatih ketertiban siswa karena siswa harus berangkat lebih awal dan menggunakan baju yang rapi bahkan saat membentuk barisan saat upacara.

Dari beberapa hal yang sudah saya sebutkan secara tidak langsung akan mampu melatih siswa menjadi peserta didik memiliki rasa tanggung jawab dan sikap demokratis sejak usia SD.

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Icha Puspita -
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010
Kelas :4J

untuk pendapat saya sendiri itu caranya dengan memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi kesadaran sebagai warga negara, mengapa karna peserta didik itu dituntut untuk berpartisipasi kewarganegaraan yang nerupakan tujuan dari mata pelajaran ppkn dan kenyataan yang terjadi dalam partisipasi siswa disekolah tergolong kurang adanya pembentukan partisipasi

contoh

1.Berdiskusi kelompok dengan teman sekelas
2. Berdiskusi dengan guru
3. memakai pakain disetiap hari dengan tepat hari dan rapih
4. menyayikan lagu indonesia raya disetiap hari senin
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by SILVY RAHMAWATI -
Nama : Silvy Rahmawati
NPM : 2113053107
Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik. Cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD menurut saya adalah dengan :
1. Mengajarkan disiplin, contohnya datang ke sekolah tepat waktu tidak terlambat, tidak berisik ketika sedang dilakukan proses belajar mengajar.
2. Menerapkan sifat religius
3. Membentuk kepengurusan kelas seperti ketua, wakil, bendahara, sekretaris
Dalam menanamkan sifat tersebut peran guru sangatlah penting
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ARDIAN TRI FANANDI -
Nama : Ardian Tri Fanandi
NPM : 2113053296
Kelas : 4J

Izin menjawab, menurut saya cara menanamkan civic participan pada siswa yaitu dengan cara membina meraka, seperti di dalam kegiatan upacara bendera yang mengajarkan kepada siswa sikap disiplin, percaya diri, dan rasa tanggungjawab.
Kegiatan bergotong royong merupakan kegiatan yang positif dapat melatih siswa meningkatkan rasa tolong menolong, dengan begitu tercipta lingkungan yang harmonis.
Dengan kegiatan berkerja kelompok dalam menyelesaikan tugas hal ini dapat melatih siswa untuk bertukar pikiran dengan baik dan di harapkan siswa dapat menghargai pendapat orang lain.

Kegiatan diatas merupakan suatu hal yang dapat dilakukan dalam membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran PKN yg bisa mewujudkan generasi penerus yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by ICA FARDILA -
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047

Izin menanggapi pertanyaan tersebut. Menurut saya, salah satu cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar tentunya melalui pendidikan yang peserta didik dapatkan setiap harinya. Melalui pembelajaran pkn misalnya, para peserta didik mendapatkan pengetahuan serta modal awal dalam berpartisipasi secara demokratis sebagai warga negara. Selain itu, peserta didik kembali di berikan pengetahuan maupun keterampilan civic partisipan secara langsung yang mereka dapatkan dari kegiatan-kegiatan di sekolah dasar.

Contoh penanaman civic partisipan yaitu melalui pemilihan ketua kelas dan pemilihan ketua kelompok belajar, disini peserta didik memberikan suara mereka untuk menentukan siapa yang akan menduduki jabatan ketua tersebut. Contoh lainnya yakni, saat pembelajaran peserta didik diharapkan selalu menanyakan apa yang belum paham pada guru. Melalui sebuah permasalahan yang mereka tanyakan tersebut nantinya peserta dapat menjadi warga negara yang memiliki partisipasi terhadap suatu permasalahan. Keterampilan tersebut akan tertanam sebagai civic partisipan dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat di masa depan.

Dapat kita lihat bahwa lingkungan sekolah disini memfasilitasi peserta didik untuk memiliki pemahaman yang benar mengenai civic partisipan dan bagaimana peranan dirinya sebagai warga negara dalam berpartisipasi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Raissa Lestari -
Nama : Raissa Lestari
NPM : 2113053237
Kelas : 4J

Pengertian sederhana mengenai civic participation sendiri adalah suatu peran atau keterlibatan kewarganegaraan atau masyarakat dalam mewujudkan suatu generasi demokratis. Karena nilai demokratis harus mulai di gerakan dan kembangkan dalam lingkungan SD agar terlatih menjadi suatu generasi yang berperan aktif dalam sikap demokratis.

Cara penanaman dan contoh yang bisa di lakukan pada lingkungan SD antara lain :
1. Diadakan nya perangkat kelas seperti ketua kelas, wakil, seketaris, bendahara, dan anggota agar terjalin kerjasama dan nilai tanggung jawab yang terlatih dalam lingkup sekolah dan kebebasan berpendapat dalam pemilihan yang dilakukan secara transparan
2. Menanamkan nilai nasionalisme dalam diri siswa antara lain mengikuti upacara bendera
3. Mengadakan diskusi kelompok untuk berlatih berani menyuarakan pendapat dan mengutamakan kebersamaan
4. Melakukan sistem piket kelas agar anak bertanggung jawab dalam kebersihan, keindahan, serta perangkat-perangkat belajar yang ada di kelas.
5. Menanamkan nilai persatuan dan keadilan terhadap anak agar anak bisa bersikap netral dan tidak cendrung membedakan antar sesama teman

Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by MIFTA ULJANNAH WIJAYA -
Nama : Mifta uljannah wijaya
Kelas : 4J
Npm : 2153053047

Jawaban :
Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

Cara menanamkan civic partisipan di lingkungan Sd adalah dengan mengajak siswa menyanyikan lagu lagu nasional serta mengajak peserta didik untuk melaksanakan upacara,memberi tahu siswa untuk menaati tertib sekolah,mengikuti pentas budaya yang dilaksanakan di sekolah.

Dari pendapat di atas hal tersebut wajib di laksanakan agar peserta didik dapat menghormati dan memiliki sikap disiplin.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by VIRDA SANI AULIA -
Nama : Virda Sani Aulia
NPM : 2113053201
Kelas : 4J

Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD

1. Dengan meningkatkan rasa kepedulian siswa, contohnya menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, saling tolong menolong dan lain lain
2. Melatih peserta didik untuk saling menghargai pendapat orang lain, dengan cara berdiskusi.
3. Mendisiplinkan siswa /i pada saat Upacara Bendera di hari senin
4. menanamkan sifat regius, dengan cara selalu mengajak peserta didik agar taat pada agama dan rajin beribadah. contoh: berdo'a sebelum belajar dan yang beragama islam untuk sholat 5 waktu.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Early sevia putri -
Nama : Early Sevia Putri
Npm : 2113053009
Kelas : 4J
Izin menjawab :

~ Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab.
~ Cara menanamkannya dalam lingkungan SD yaitu :
1. Siswa dapat mengikuti upacara bendera setiap hari Senin, sesuai ketentuan sekolah
2. Membagi tugas piket pada setiap siswa agar lebih bertanggung jawab terhadap
Tugasnya.

Dengan demikian kemampuan berpartisipasi dan bertanggung jawab sebagai siswa SD dapat terlaksana.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by AL ALAWIYAH NISSYA WATI -
Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 2113053019
Kelas : 3J


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin menjawab pak

Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu pengertian Civic Pastisipan adalah peran partisipasi masyarakat dalam mewujudkan generasi demokratis dengan tujuan dari PPKn.Terkhusus pada anak di jenjang SD dipelajari untuk dapat menerima keputusan seperti dalam musyawarah,toleransi dan lainnya untuk mendapatkan hasil atau keputusan tanpa adanya unsur keterpaksaaan.Oleh karena itu,mulai dari usia kecil terutama pada jenjang SD sudah mulai dibiasakan seorang anak untuk dapat dilibatkan dalam kegiatan kegiatan demokrasi.

Contoh untuk dapat menanamkan Civic Pastisipan :
- Seorang peserta didik mengikuti upacara bendera atau upacara besar lainnya sebagai rasa nasionalime
- Menerapkan jadwal piket harian kelas agar terlihat bersih,rapih dan nyaman ketika belajar
- Adanya pemilihan struktur kelas melalui jalan musyawarah seperti ketua kelas,sekretaris,bendahara,dan lainnya untuk dapat menerapkan nilai demokrasi melalui pemilihan amanah
- Menanamkan sifat toleransi dengan tidak membedakan antar sesama teman dengan menanamkan nilai persatuan sehingga semua anak memiliki hak dan kewajibannya yang sama
- Didalam sebuah pembelajaran seorang pendidik mengarjarkan peserta didiknya untuk dapat berdiskusi dalam
menyelesaikan sebuah permasalahan secara musyawarah agar mendapat solusi dari permasalahan

Terima kasih pak
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by SINTIA APRIANA 2113053082 -
NAMA : SINTIA APRIANA
NPM : 2113053082

izin menjawab
Menurut saya Civic Participation yaitu Partisipasi masyarakat adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.

Contoh dalam menanamkan Civic Participation dalam lingkungan SD yaitu:
1. Pemilihan perangkat kelas dimulai dari pemilihan ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan lain sebagainya.
2. Membuat jadwal piket kelas dan memberikan denda kepada siswa yang tidak melaksanakan piket, agar siswa yang mendapatkan tanggung jawab piket dihari tersebut dapat mempunyai rasa bertanggung jawab.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi

by Putri Jihanisah putrijihanisah05 -
Nama: Putri Jihanisah
NPM: 2153053036

Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah masyarakat yang lebih baik.

Dalam pembelajaran PKN, partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis dan bertanggung jawab. Cara yang dapat dilakukan yaitu:
1. Berbicara menggunakan kata sopan santun
2. Mengikuti kegiatan sekolah dengan baik
3. Mematuhi peraturan di sekolah
4. Menanamkan sikap jujur, disiplin, dan bertanggung jawab.