Silakan telaah kurikulum tingkat SMA (boleh kelas X, XI, ataupun XII) dengan mata pelajaran disesuaikan dengan program studi/jurusan Anda. Silakan Anda identifikasi level berpikir HOTS (C4 = menganalisis, C5 = mengevaluasi, C6 = mengkreasi) dari masing-masing KD dari kurikulum yang Anda telaah tersebut.
Tugas-1
Egi Dia Ekayani 1913022002, izin mengirimkan jawaban Pak. Serta menambahkan, bahwa
Dimensi proses berpikir dalam Taksonomi Bloom oleh Anderson & Krathwohl (2001), terdiri atas kemampuan:
- mengetahui (knowing-C1),
- memahami (understanding-C2),
- menerapkan (aplying-C3),
- menganalisis (analyzing-C4),
- mengevaluasi (evaluating-C5), dan
- mengkreasi (creating-C6).
Soal-soal HOTS pada umumnya mengukur kemampuan pada ranah:
- menganalisis (analyzing-C4),
- mengevaluasi (evaluating-C5), dan
- mengkreasi (creating-C6).
Pada pemilihan KKO untuk merumuskan indikator soal HOTS, hendaknya tidak terjebak pada pengelompokkan KKO. Sebagai contoh kata kerja ‘menentukan’ pada Taksonomi Bloom ada pada ranah C2 dan C3. Dalam konteks penulisan soal-soal HOTS, kata kerja ‘menentukan’ bisa jadi ada pada ranah C5 (mengevaluasi) apabila untuk menentukan keputusan didahului dengan proses berpikir menganalisis informasi yang disajikan pada stimulus lalu peserta didik diminta menentukan keputusan yang terbaik. Bahkan kata kerja ‘menentukan’ bisa digolongkan C6 (mengkreasi) bila pertanyaan menuntut kemampuan menyusun strategi pemecahan masalah baru. Jadi, ranah kata kerja operasional (KKO) sangat dipengaruhi oleh proses berpikir apa yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
NPM : 1913022037
Izin mengirimkan file tugas pak
Cindy May (1913022056) izin mengirimkan tugas 1 terkait identifikasi level berpikir dari KD Mapel Fisika Kelas XI pada Kurikulum 2013, Pak. Terima kasih.
Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS (1913022044) izin mengirimkan tugas 1 mengenai mengidentifikasi level berpikir pada masing-masing Kompetensi Dasar dari kurikulum yang ditelaah. Kurikulum yang ditelaah ini berpedoman pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 khususnya pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X. Terimakasih Pak.
Nama : Meli Kurnia Wati
NPM : 1913022003
Izin megumpulkan tugas 1 pengembangan CBT
Izin mengirimkan Tugas 1 pak
Izin mengirimkan Tugas 1 mengenai Identifikasi Level Berpikir Kompetensi Dasar pada Kurikulum Fisika Tingkat SMA, Pak. Terima kasih Pak.
Revina Rosa (1913022028)
Izin mengirimkan tugas 1 pak, mengenai Identifikasi Level Berpikir Kompetensi Dasar pada Kurikulum Fisika Tingkat SMA
Terima kasih Pak
Izin mengirimkan tugas 1 yakni mengidentifikasi level berpikir pada masing-masing Kompetensi Dasar dari kurikulum yang ditelaah. Dimana kurikulum yang ditelaah berpedoman pada PERMENDIKBUD Nomor 37 Tahun 2018 khususnya pada Kelas XI Mata Pelajaran Fisika.
Izin mengirimkan revisi tugas 1 mengenai mengidentifikasi level berpikir pada masing-masing Kompetensi Dasar dari kurikulum yang ditelaah. Dimana kurikulum yang ditelaah berpedoman pada PERMENDIKBUD Nomor 37 Tahun 2018 khususnya pada Kelas XI Mata Pelajaran Fisika.
Terima kasih, Bu, Pak.
NPM : 1913022008
Izin megumpulkan tugas 1 pengembangan CBT
izin mengirimkan tugas pak
Izin menyampaikan dan mengumpulkan hasil kerjaan dari menelaah kurikulum tingkat SMA .
Sebagaimana yang kita ketahui soal-soal HOTS pada umumnya mengukur kemampuan pada ranah:
-Menganalisis (analyzing-C4),
-Mengevaluasi (evaluating-C5), dan
-Mengkreasi (creating-C6).
izin mengirimkan tugas 1 yang telah direvisi pak, bu.
Izin mengirimkan tugas 1 terkait identifikasi level berpikir Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Fisika Kelas X pada Kurikulum 2013, Pak. Terima kasih, Pak.
Rizky Isnani 1913022018
Izin mengirimkan tugas, Pak.
NPM : 1913022033
Izin mengirimkan file Tugas 1 pak,
1913022026 - M. Bachri Maulana
Izin mengirimkan tugas 1 MK. Pengembangan CBT, pak.
Andri Kurnia Safitri (1913022048)
Izin mengumpulkan tugas-1 mengenai identifikasi level berpikir mata pelajaran fisika SMA pak.
Rizqi Marya Ulfah (1913022024)
Izin mengumpulkan file tugas pak