Tugas-1

Tugas-1

Number of replies: 26

Silakan telaah kurikulum tingkat SMA (boleh kelas X, XI, ataupun XII) dengan mata pelajaran disesuaikan dengan program studi/jurusan Anda. Silakan Anda identifikasi level berpikir HOTS (C4 = menganalisis, C5 = mengevaluasi, C6 = mengkreasi) dari masing-masing KD dari kurikulum yang Anda telaah tersebut.

In reply to First post

Re: Tugas-1

by Egi Dia Ekayani (1913022002) -

Egi Dia Ekayani 1913022002, izin mengirimkan jawaban Pak. Serta menambahkan, bahwa 

Dimensi proses berpikir dalam Taksonomi Bloom oleh Anderson & Krathwohl (2001), terdiri atas kemampuan:

  1. mengetahui (knowing-C1),
  2. memahami (understanding-C2),
  3. menerapkan (aplying-C3),
  4. menganalisis (analyzing-C4),
  5. mengevaluasi (evaluating-C5), dan
  6. mengkreasi (creating-C6).

Soal-soal HOTS pada umumnya mengukur kemampuan pada ranah:

  1. menganalisis (analyzing-C4),
  2. mengevaluasi (evaluating-C5), dan
  3. mengkreasi (creating-C6).

Pada pemilihan KKO untuk merumuskan indikator soal HOTS, hendaknya tidak terjebak pada pengelompokkan KKO. Sebagai contoh kata kerja ‘menentukan’ pada Taksonomi Bloom ada pada ranah C2 dan C3. Dalam konteks penulisan soal-soal HOTS, kata kerja ‘menentukan’ bisa jadi ada pada ranah C5 (mengevaluasi) apabila untuk menentukan keputusan didahului dengan proses berpikir menganalisis informasi yang disajikan pada stimulus lalu peserta didik diminta menentukan keputusan yang terbaik. Bahkan kata kerja ‘menentukan’ bisa digolongkan C6 (mengkreasi) bila pertanyaan menuntut kemampuan menyusun strategi pemecahan masalah baru. Jadi, ranah kata kerja operasional (KKO) sangat dipengaruhi oleh proses berpikir apa yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

In reply to First post

Re: Tugas-1

by Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS 1913022044 -

Galuh Octarina Kusuma Wardhani HS (1913022044) izin mengirimkan tugas 1 mengenai mengidentifikasi level berpikir pada masing-masing Kompetensi Dasar dari kurikulum yang ditelaah. Kurikulum yang ditelaah ini berpedoman pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 khususnya pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X. Terimakasih Pak.

In reply to First post

Re: Tugas-1

by Anisa Pramita 1913022016 -
Anisa Pramita (1913022016)

Izin mengirimkan tugas 1 yakni mengidentifikasi level berpikir pada masing-masing Kompetensi Dasar dari kurikulum yang ditelaah. Dimana kurikulum yang ditelaah berpedoman pada PERMENDIKBUD Nomor 37 Tahun 2018 khususnya pada Kelas XI Mata Pelajaran Fisika. 

Terima kasih, Pak.
In reply to Anisa Pramita 1913022016

Re: Tugas-1

by Anisa Pramita 1913022016 -
Anisa Pramita (1913022016)

Izin mengirimkan revisi tugas 1 mengenai mengidentifikasi level berpikir pada masing-masing Kompetensi Dasar dari kurikulum yang ditelaah. Dimana kurikulum yang ditelaah berpedoman pada PERMENDIKBUD Nomor 37 Tahun 2018 khususnya pada Kelas XI Mata Pelajaran Fisika.

Terima kasih, Bu, Pak.
In reply to First post

Re: Tugas-1

by Intan Khasana 1913022010 -
Intan Khasana 1913022010.

Izin menyampaikan dan mengumpulkan hasil kerjaan dari menelaah kurikulum tingkat SMA .

Sebagaimana yang kita ketahui soal-soal HOTS pada umumnya mengukur kemampuan pada ranah:
-Menganalisis (analyzing-C4),
-Mengevaluasi (evaluating-C5), dan
-Mengkreasi (creating-C6).

Pada pemilihan KKO untuk merumuskan indikator soal HOTS, hendaknya tidak terjebak pada pengelompokkan KKO. Sebagai contoh dalam konteks penulisan soal-soal HOTS, kata kerja ‘menentukan’ bisa jadi ada pada ranah C5 (mengevaluasi) apabila untuk menentukan keputusan didahului dengan proses berpikir menganalisis informasi yang disajikan pada stimulus lalu peserta didik diminta menentukan keputusan yang terbaik. Bahkan kata kerja ‘menentukan’ bisa digolongkan C6 (mengkreasi) bila pertanyaan menuntut kemampuan menyusun strategi pemecahan masalah baru.
In reply to First post

Re: Tugas-1

by Zulfani Nadia Agustina -
Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Selamat siang Bapak. Saya Zulfani Nadia Agustina (1913022036), izin mengunggah file tugas 1 telaah kurikulum tingkat SMA kelas X pada mata pelajaran fisika. Terima kasih, Pak.