Posts made by 2213054009 Gita ramadona

Gita ramadona
2213054009
Menyampaikan Pesan Secara Tertulis:
1. Pahami Tujuan Anda: Sebelum Anda mulai menulis, tentukan dengan jelas tujuan pesan Anda. Apakah itu untuk memberikan informasi, meyakinkan, atau menghibur?
2. Tentukan Audiens Anda: Kenali siapa yang akan membaca pesan Anda. Ini akan membantu Anda menyesuaikan gaya, level keamanan, dan konten pesan.
3. Rencanakan Struktur Pesan: Buat kerangka atau outline pesan Anda. Ini akan membantu Anda menjaga pesan Anda terstruktur dan sistematis.
4. Mulailah dengan Pembuka yang Kuat: Dalam pembukaan, jelaskan dengan jelas apa yang akan dibahas dalam pesan Anda dan mengapa itu penting.
5. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Tepat: Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau istilah yang mungkin tidak dipahami oleh audiens. Pilih kata-kata yang sesuai dengan pesan Anda.

Menerima Pesan Secara Tertulis:
1. Perhatikan Dengan Seksama: Ketika Anda menerima pesan tertulis, baca dengan seksama. Jangan terburu-buru dalam membaca.
2. Identifikasi Tujuan Pesan: Cobalah untuk memahami apa yang penulis ingin sampaikan atau mencapai dengan pesannya.
3. Perhatikan Struktur: Identifikasi struktur pesan. Perhatikan pembukaan, pengembangan, dan kesimpulan pesan.
4. Tandai Poin Utama: Lingkari atau tandai poin-poin penting atau pesan kunci yang penulis ingin sampaikan.
5. Cari Konteks: Pastikan Anda memahami konteks pesan, terutama jika itu penting untuk interpretasi yang benar.
6. Berikan Umpan Balik dengan Bijaksana: Jika perlu memberikan tanggapan atau merespon pesan, lakukan dengan bijaksana dan pertimbangkan dengan baik.
7. Jawab dengan Jelas: Jika Anda diminta untuk merespon pesan, pastikan jawaban Anda jelas dan mengikuti struktur yang baik.
Gita ramadona
2213054009

Menyampaikan Pesan:
1. Pahami Pesan Anda: Pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda sampaikan sebelum berbicara. Buatlah poin-poin penting.
2. Kemampuan Berbicara: Berbicara dengan jelas, dengan volume suara yang sesuai, dan dikejar oleh kecepatan bicara yang wajar.
3. Pandangan Mata dan Kontak Mata: Saat berbicara, lihatlah pihak yang Anda ajak bicara. Kontak mata menciptakan hubungan dan menunjukkan ketulusan.
4. Bahasa Tubuh: Gunakan bahasa tubuh yang mendukung pesan Anda. Misalnya, senyum saat berbicara tentang sesuatu yang menyenangkan atau mengangkat alis saat ingin menekankan suatu hal.
5. Pendengaran: Dengarkan juga pihak yang Anda bicarakan. Ini membantu Anda merespons secara tepat dan menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka.

Mendengarkan Pesan:
1. Berikan Perhatian Penuh Fokuskan perhatian Anda pada pembicara. Jangan berbicara atau berpikir tentang respons Anda sebelum mereka selesai berbicara.
2. Kontak Mata: Menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan memberikan kontak mata kepada pembicara. Ini memotivasi mereka untuk terus berbicara.
3. Hindari Interupsi Jangan memotong atau menginterupsi pembicara. Biarkan mereka menyelesaikan kalimat sebelum Anda merespons.
4. Bertanya Pertanyaan Jika ada ketidakjelasan atau Anda ingin mendalami topik, tanyakan pertanyaan yang relevan.
5. Respon Empatis Tunjukkan empati dengan merespon secara bijaksana terhadap perasaan atau pengalaman yang dibagikan oleh pembicara.
6. Hindari Penilaian Cepat Jangan terlalu cepat menilai atau mengkritik. Biarkan pembicara menyelesaikan sebelum Anda mengevaluasi.
Gita ramadona
2213064009
Ada beberapa model proses komunikasi yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana informasi atau pesan dikirimkan dari satu pihak ke pihak lain. Berikut beberapa model umum proses komunikasi:
1. Model Linier (Linear Model)
- Model ini menggambarkan komunikasi sebagai aliran satu arah dari pengirim ke penerima.
- Terdiri dari tiga elemen dasar: pengirim, pesan, dan penerima.
- Tidak mempertimbangkan umpan balik dari penerima.
2. Model Interaksi (Interactive Model)
- Model ini lebih kompleks dan memasukkan umpan balik dari penerima.
- Berfokus pada komunikasi dua arah di mana pengirim dan penerima saling bertukar pesan.
- Elemen-elemen tambahan seperti konteks dan gangguan juga dimasukkan.
3. Model Transaksional (Transactional Model)
- Model ini menekankan bahwa komunikasi adalah proses timbal balik yang terjadi sepanjang waktu antara semua pihak yang terlibat.
- Pengirim dan penerima berbagi peran, dan komunikasi adalah hasil dari interaksi mereka.
- Konteks dan unsur budaya diperhitungkan secara kuat.
4. Model Komunikasi Verbal dan Non-Verbal
- Memisahkan komunikasi menjadi dua jenis: verbal (dalam bentuk kata-kata) dan non-verbal (melalui gestur, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dsb.).
- Menekankan bahwa pesan dapat disampaikan tidak hanya melalui kata-kata tetapi juga melalui ekspresi dan tindakan.
5. Model Komunikasi Massa
- Khusus untuk komunikasi massa, seperti media cetak, siaran, dan online.
- Menyatakan bahwa pesan disampaikan oleh produsen media kepada audiens yang luas.

Gita ramadona
2213054009
1.Komunikasi adalah suatu proses di mana individu atau kelompok berbagi informasi, ide, perasaan, atau pesan dengan individu atau kelompok lain melalui berbagai metode, seperti kata-kata, tindakan, ekspresi wajah, tulisan, atau media lainnya. Tujuan komunikasi adalah untuk memahami dan dipahami oleh pihak yang terlibat, sehingga pesan yang disampaikan dapat berhasil diserap dan diinterpretasikan dengan benar. Komunikasi memainkan peran penting dalam interaksi sosial, pertukaran informasi, dan pengembangan hubungan antarmanusia.

2.unsur unsur komunikasi
1. Pengirim (Sender): Individu atau entitas yang menginisiasi pesan atau informasi yang akan disampaikan.
2. Pesan (Message): Informasi atau gagasan yang hendak disampaikan oleh pengirim kepada penerima.
3. Media Komunikasi: Sarana atau cara yang digunakan untuk mengirimkan pesan, seperti kata-kata lisan, tulisan, gambar, atau teknologi digital.
4. Penerima (Receiver): Individu atau entitas yang menerima pesan yang disampaikan oleh pengirim.
5. Kode: Bahasa atau simbol yang digunakan untuk mengenkripsikan pesan sehingga dapat dipahami oleh penerima.
6. Dekode: Proses penerimaan dan interpretasi pesan oleh penerima.
7. Konteks: Situasi atau lingkungan di mana komunikasi terjadi, yang dapat mempengaruhi pemahaman pesan.
8. Umpan Balik (Feedback): Respons atau tanggapan dari penerima yang mengindikasikan apakah pesan telah dipahami atau tidak.
9. Gangguan (Noise): Faktor-faktor yang dapat mengganggu transmisi atau interpretasi pesan, seperti gangguan fisik atau perbedaan persepsi.
10. Tujuan Komunikasi: Alasan atau hasil yang ingin dicapai oleh pengirim melalui komunikasi.

B.Komunikasi memiliki beberapa fungsi penting dalam kehidupan manusia, antara lain:
1. Menginformasikan Fungsi utama komunikasi adalah menyampaikan informasi. Ini memungkinkan individu atau kelompok untuk berbagi data, fakta, dan pengetahuan dengan orang lain.
2. Ekspresi Komunikasi memungkinkan seseorang menyampaikan perasaan, emosi, dan pandangan pribadi. Ini berperan dalam ekspresi diri dan pemahaman emosi orang lain.
3. Kontrol Sosial Melalui komunikasi, norma sosial, aturan, dan etika dapat diterapkan dan dipertahankan dalam masyarakat. Ini membantu dalam menjaga keteraturan sosial.
4. Pembelajaran dan Pendidikan Komunikasi merupakan alat utama dalam proses belajar dan mengajar. Guru menyampaikan pengetahuan kepada siswa melalui komunikasi, dan siswa bertanya, berdiskusi, dan berkomunikasi untuk memahami pelajaran.

BK kls 3A 2023 -> FORUM DISKUSI -> Topik Diskusi -> Re: Topik Diskusi

by 2213054009 Gita ramadona -
Gita Ramadona
2213054009
1.karakteristik
Secara umum , anak usia dini memiliki karakteristik seperti: unik, egosentris, aktif dan energik, rasa ingin yang kuat dan antusias terhadap banyak hal, eksploratif dan berjiwa petualang, spontan, senang dan kaya akan fantasi, masih mudah frustasi,masih kurang mempertimbangkan dalam melakukan sesuatu, daya perhatian.

2.ciri perkembangan aud
Terjadinya perubahan dalam aspek fisik (perubahan tinggi dan berat badan serta organ- organ tubuh lainnya). Perubahan aspek psikis (semakin bertambahnya kosa kata dan kematangan dalam hal kognitif, mengingat dan imajinasnya).
Perubahan pada proporsi aspek fisik. Yaitu proporsi tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembangan dan pada usia remaja tubuh anak mendekati proporsi tubuh usia remaja. Pada aspek psikis (perubahan imajinasi ke realistis dan perubahan perhatian dari yang egosentris perlahan- lahan kepada kelompok teman sebaya).
Hilangnya tanda- tanda pada aspek fisik (hilangnya kelenjar thymus yang ada pada bagian dada, kelenjar pineal pada bagian bawah otak, rambut- rambut halus dan gigi susu). Sedangkan pada aspek psikis (hilangnya masa- masa mengoceh, merangkak, dan perilaku impulsive yaitu dorongan untuk bertindak sebelum berpikir).

3. prinsip perkembangan aud
1. **Progresif:** Perkembangan pendengaran adalah proses progresif yang berlangsung sepanjang hidup individu. Ini mencakup perubahan dalam kemampuan mendengar, memproses suara, dan memahami bahasa sepanjang rentang usia.

2. **Sensorimotor:** Perkembangan pendengaran berkaitan erat dengan perkembangan sensorimotor. Anak-anak belajar mendengar dan merespons suara melalui interaksi dengan lingkungan sekitar mereka.

3. **Pembelajaran Bahasa:** Pendengaran berperan penting dalam perkembangan bahasa. Anak-anak belajar bahasa dengan mendengarkan dan meniru suara-suara dan kata-kata yang mereka dengar di sekitar mereka.

4. **Pengalaman:** Pengalaman berperan penting dalam perkembangan pendengaran. Anak-anak yang terpapar pada lingkungan yang kaya akan suara dan bahasa cenderung mengalami perkembangan pendengaran yang lebih baik.

4.aspek aspek perkembangan aud
perkembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional, dan Seni

5.faktor faktor yg mempengaruhi perkembangan
Faktor Genetik atau Keturunan
Faktor Hormon
Faktor Gizi
Faktor Lingkungan
Olahraga atau Kesehata
Faktor Pendidikan