Layanan Dasar Bimbingan
•Layanan dasar bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada seluruh peserta didik melalui kegiatan yang dapat dilakukan secara klasikal atau kelompok dan disajikan secara sistematis dalam rangka mengembangkan perilaku jangka panjang sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan peserta didik.
•Membantu semua konseli agar memperoleh perkembangan yang normal, memiliki mental yang sehat, dan memperoleh keterampilan hidup.
Pelayanan Responsif
•Pelayanan responsif adalah pemberian bantuan kepada peserta didik yang menghadapi kebutuhan dan masalah dan memerlukan pertolongan segera pertolongan segera supaya tidak menimbulkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangannya.
•Pelayanan responsif bertujuan mengintervensi masalah-masalah atau kepedulian pribadi peserta didik yang muncul segera dan dirasakan saat itu, berkenaan dengan masalah pribadi-sosial, karier, dan atau masalah pengembangan pendidikan.
Sistem Perencanaan Individual
•Pelayanan perencanaan individual merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada peserta didik agar mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya.
•Bertujuan untuk :
•Mempersiapkan diri seorang individu untuk mengikuti pendidikan lanjutan dan mengembangkan kemampuan sosial-pribadi.
•Menganalisis kekuatan dan kelemahan peserta didik.
•Mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan peserta didik.
Dukungan Sistem
Pengertian
Kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan, memelihara serta meningkatkan program bimbingan.
Fungsi
Menurut Cronbach dan Stufflebeam, evaluasi program adalah upaya menyediakan informasi untuk disampaikan kepada pengambil keputusan. Penilaian yang diberikan terletak pada kondisi suatu program tertentu dengan menggunakan standar dan kriteria evaluasi program yang ada didalam kerangka kerja program BK komprehensif.
Umpan balik membantu guru dlm membuat keputusan terhadap isi program untuk dipertahankan, dikembangkan/dihapuskan.
Langkah dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Bimbingan Perkembangan
1. Merumuskan pertanyaan
2. Menetapkan sasaran evaluasi
3. Pelaksanaan evaluasi
4. Mengkaji tingkat keberhasilan pelaksanaan program
5. Pengambilan keputusan
6. Melakukan pertimbangan kontekstual
7. Merumuskan rekomendasi
8. Melaksanakan tindak lanjut
•Layanan dasar bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada seluruh peserta didik melalui kegiatan yang dapat dilakukan secara klasikal atau kelompok dan disajikan secara sistematis dalam rangka mengembangkan perilaku jangka panjang sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan peserta didik.
•Membantu semua konseli agar memperoleh perkembangan yang normal, memiliki mental yang sehat, dan memperoleh keterampilan hidup.
Pelayanan Responsif
•Pelayanan responsif adalah pemberian bantuan kepada peserta didik yang menghadapi kebutuhan dan masalah dan memerlukan pertolongan segera pertolongan segera supaya tidak menimbulkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangannya.
•Pelayanan responsif bertujuan mengintervensi masalah-masalah atau kepedulian pribadi peserta didik yang muncul segera dan dirasakan saat itu, berkenaan dengan masalah pribadi-sosial, karier, dan atau masalah pengembangan pendidikan.
Sistem Perencanaan Individual
•Pelayanan perencanaan individual merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada peserta didik agar mampu merumuskan dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan masa depan berdasarkan pemahaman akan kelebihan dan kekurangan dirinya, serta pemahaman akan peluang dan kesempatan yang tersedia di lingkungannya.
•Bertujuan untuk :
•Mempersiapkan diri seorang individu untuk mengikuti pendidikan lanjutan dan mengembangkan kemampuan sosial-pribadi.
•Menganalisis kekuatan dan kelemahan peserta didik.
•Mengambil keputusan yang merefleksikan perencanaan peserta didik.
Dukungan Sistem
Pengertian
Kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan, memelihara serta meningkatkan program bimbingan.
Fungsi
Menurut Cronbach dan Stufflebeam, evaluasi program adalah upaya menyediakan informasi untuk disampaikan kepada pengambil keputusan. Penilaian yang diberikan terletak pada kondisi suatu program tertentu dengan menggunakan standar dan kriteria evaluasi program yang ada didalam kerangka kerja program BK komprehensif.
Umpan balik membantu guru dlm membuat keputusan terhadap isi program untuk dipertahankan, dikembangkan/dihapuskan.
Langkah dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Bimbingan Perkembangan
1. Merumuskan pertanyaan
2. Menetapkan sasaran evaluasi
3. Pelaksanaan evaluasi
4. Mengkaji tingkat keberhasilan pelaksanaan program
5. Pengambilan keputusan
6. Melakukan pertimbangan kontekstual
7. Merumuskan rekomendasi
8. Melaksanakan tindak lanjut