བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
- Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan.
Tabikpuuun..
Selamat datang dalam perkuliahan PERILAKU ORGANISASI Kelas A
Jurusan Manajemen FEB Unila
Perkuliahan ini diasuh oleh 2 dosen:
Dr. Nova Mardiana, S.E., M.M. dan Lis Andriani, S.E., M.Si
Semoga kita semua banyak memperoleh manfaat dari perkuliahan ini dan memperoleh hasil yang maksimal.
Wassalamualaikum Wr Wb Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Tabik Puuuun....
Selamat datang di mata kuliah Perilaku Organisasi. Mata kuliah ini penting untuk dapat memahami perilaku orang-orang di dalam suatu organisasi. Buat kalian yang senang berhubungan dengan ilmu psikologi mata kuliah ini akan sedikit bersinggungan dengan bidang ilmu tersebut.
Penilaian Perkuliahan
Nilai Akhir
Huruf Mutu
Angka Mutu
Status
≥76
A
4
Lulus
71 – 75
B+
3,5
Lulus
66 – 70
B
3
Lulus
61 – 65
C+
2,5
Lulus
55 – 60
C
2
Lulus
50 – 54
D
1
Lulus
‹ 50
E
0
Tidak Lulus
Silahkan kumpulkan tugas Kelompok dan Individu disini.
RENCANA JADWAL PERKULIAHAN
Silahkan mengumpulkan lembar kerja PBL anda disini
Batas waktu sampai tanggal 14 Desember 2024
PBL PERILAKU ORGANISASI
- ད་རིས་ཀྱི་བདུན་ཕྲག
Pertemuan 1; Pendahuluan, Kontrak Kuliah, BAB 1. Apa yang dimaksud dengan Perilaku Organisasi ?
Assalamu'alaikum Warahmatullah WabarakatuhTabik Puuuun....
Selamat datang di mata kuliah Perilaku Organisasi. Mata kuliah ini penting untuk dapat memahami perilaku orang-orang di dalam suatu organisasi. Buat kalian yang senang berhubungan dengan ilmu psikologi mata kuliah ini akan sedikit bersinggungan dengan bidang ilmu tersebut.
Pada pertemuan pertama kita akan membicarakan RPS dan kontrak kuliah serta overview materi kuliah Perilaku Organisasi
RPS menggambarkan materi yang akan dibahas dalam 1 semester sedangkan kontrak kuliah berisi aturan mengikuti perkuliahan selama 1 semester.
Kami berharap kalian dapat mengikuti kuliah dengan baik dan hasil yang sempurna diakhir perkuliahan
Pada pertemuan pertama ini kita membicarakan RPS, Kontrak Kuliah dan Pengertian Perilaku Organisasi dsbnya
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 2; Bab 2. Keberagaman, Persamaan dan Inklusi dan Bab 3. Sikap dan Kepuasan Kerja
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat membedakan tiga komponen sikap, menghubungkan sikap dengan perilaku, mengidentifikasi pendekatan-pendekatan untuk mengukur kepuasan kerja. Dalam hal capaian afektif, mahasiswa diharapkan mengetahui dan dapat menerapkan sikap yang baik
Assalamualaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu keempat perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkai oleh Allah SWT. Aamiin..
Di akhir pekuliahan saya akan memberikan tugas yaTerimakasih
Assalamu'alaiku Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu kedua perkuliahan kita. Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing. Bagi yang Muslim bisa ditambahkan doa belajar setelah membaca basmalah. Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkai oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran kedua akan mendiskusikan bab Perbedaan Individu berkaitan dengan Sikap.
Mari diskusikan bab ini di forum chat dan zoom. Di akhir pekuliahan saya akan memberikan mini kuis ya
Terimakasih
Tugas Pertemuan 2
1. Jelaskan apakah ada perbedaan individu di dalam organisasi
2. jika anda sebagai seorang manajer SDM, apa yang mendasari anda untuk memilih karyawan
3. Bagaimana cara untuk mengubah perilaku individu. Jelaskan
4. Jelaskan komponen sikap
5. Apakah sikap dapat mempengaruhi kepuasan kerja
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 3; Bab 4. Emosi dan Suasana Hati dan Bab 5. Kepribadian dan Perbedaan Individu
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat membedakan emosi dan mood, mengidentifikasi sumber-sumber mood, menunjukkan dampak mood bagi karyawan. Dalam aspek afektif, mahasiswa mengetahui pentingnya mengenal mood dan emosi
Assalamu'alaiku Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu ketiga perkuliahan kita. Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing. Bagi yang Muslim bisa ditambahkan doa belajar setelah membaca basmalah. Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkai oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran kedua akan mendiskusikan bab Perbedaan Individu berkaitan dengan Emosi.
Mari diskusikan bab ini di forum chat dan zoom. Di akhir pekuliahan saya akan memberikan mini kuis ya
Terimakasih
Pahami materi ini dan diskusikan melalui zoom
Silahkan dipelajari, dipahami dan diskusikan
Silahkan menjawab pertanyaan pertanyaan berikut ini...
- Jelaskan perbedaan antara emosi dan suasana hati
- Jelaskan apakah emosi rasional dan apakah fungsi dari emosi
- Jelaskan sumber-sumber emosi dan suasana hati
- Tunjukkan pengaruh emosi pekerja terhadap para pekerja
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 4; Bab 6. Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individu
Bab 6
Assalamualaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu keempat perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkai oleh Allah SWT. Aamiin..
Di akhir pekuliahan saya akan memberikan tugas yaTerimakasih
Tujuan Pembelajaran
1. Mendefinisikan persepsi dan menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhinya.
2. Menjelaskan teori atribusi, dan mengetahui tiga penentu atribusi.
3. Mengidentifikasi jalan pintas yang individu gunakan dalam membuat penilaian mengenai orang lain.
4. Menjelaskan hubungan antara persepsi dan pengambilan keputusan.
5. Memperbandingkan model rasional oengambilan keputusan dengan rasionalitas terbatas dan intuisi.
6. Menjelaskan bias atau kesalahan keputusan yang umum.
7. Menjelaskan bagaimana perbedaan-perbedaan individu dan batasan-batasan organisasi memengaruhi pengambilan keputusan.
8. Memperbandingkan tiga kriteria keputusan etis.
9. Mendefinisikan kreativitas dan menjelaskan model tiga tahap dari kreativitas.
PERTEMUAN 4
PRESENTASI KELOMPOK 4Silahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini..
1. Definisikan persepsi dan jelaskan faktor-faktor yang memengaruhinya.
2. Jelaskan teori atribusi, dan tiga penentu atribusi.
3. Identifikasi jalan pintas yang individu gunakan dalam membuat penilaian mengenai orang lain.
4. Jelaskan hubungan antara persepsi dan pengambilan keputusan.
5. Bandingkan model rasional pengambilan keputusan dengan rasionalitas terbatas dan intuisi.
6. Jelaskan bias atau kesalahan keputusan yang umum.
7. Jelaskan bagaimana perbedaan-perbedaan individu dan batasan-batasan organisasi memengaruhi pengambilan keputusan.
8. Bandingkan tiga kriteria keputusan etis.
9. Definisikan kreativitas dan jelaskan model tiga tahap dari kreativitas.
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 5; Bab 7. Konsep Motivaasi dan Bab 8. Motivasi; Dari konsep ke Penerapan
.
Assalamualaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu keempat perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkai oleh Allah SWT. Aamiin..
Di akhir pekuliahan saya akan memberikan tugas yaTerimakasih
TUJUAN PEMBELAJARAN
BAB 7
1. Menjelaskan tiga elemen kunci dari
motivasi.
2. Membandingkan teori klasik motivasi.
3. Membandingkan teori motivasi berbasis
konten, termasuk teori
penentuan nasib sendiri, teori fokus regulasi, dan teori keterlibatan kerja.
4. Memahami perbedaan antara teori motivasi berbasis konteks: teori
penguatan dan teori pembelajaran sosial.
5. Membandingkan teori motivasi berbasis proses:
teori harapan, teori penetapan
tujuan, dan teori kemanjuran diri.
6. Menjelaskan bentuk-bentuk keadilan organisasi, termasuk keadilan distributif,
keadilan prosedural, keadilan
informasional, dan keadilan interaksional.
7. Menjelaskan bagaimana kontemporer teori motivasi saling melengkapi satu sama
lain.
BAB 8
1. Menjelaskan bagaimana model karakteristik pekerjaan (JCM) memotivasi melalui desain pekerjaan
2. Membandingkan cara utama pekerjaan dapat didesain ulang
3. Menjelaskan bagaimana pengaturan kerja alternatif yang spesifik dapat memotivasi karyawan
4. Menjelaskan bagaimana ukuran keterlibatan karyawan dapat memotivasi karuawan
5. Menjelaskan bagaimana jenis program pembayaran intrinsik dapat mempengaruhi motivasi karyawan
6. Menjelaskan bagaimana manfaat yang fleksibel dapat memotivasi karyawan
7. Mengidentifikasikan manfaat motivasi penghargaan intrinsik
1. Jelaskan tiga elemen kunci dari motivasi.
2. Bagaimana perbedaan antara teori motivasi berbasis konteks: teori penguatan dan teori pembelajaran sosial.
3. Jelaskan tentang teori motivasi berbasis proses: teori harapan, teori penetapan tujuan, dan teori kemanjuran diri.
4. Jelaskan bentuk-bentuk keadilan organisasi, termasuk keadilan distributif, keadilan prosedural, keadilan informasional, dan keadilan interaksional.
5. Jelaskan bagaimana model karakteristik pekerjaan memotivasi melalui desain pekerjaan.
6. Jelaskan bagaimana pengaturan kerja alternatif yang spesifik dapat memotivasi karyawan
7. Jelaskan bagaimana jenis program pembayaran intrinsik dapat mempengaruhi motivasi karyawan
8. Jelaskan manfaat motivasi penghargaan intrinsik.
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 6; Bab 9. Dasar-dasar Perilaku Kelompok
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu keenam perkuliahan kita. Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing. Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkai oleh Allah SWT. Aamiin..
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini
1. Jelaskan perbedaan berbagai jenis kelompok.
2. Jelaskan model keseimbangan terputus-putus dalam pengembangan kelompok.
3. Jelaskan perubahan peran dalam situasi yang berbeda.
4. Jelaskan pengaruh norma terhadap perilaku individu.
5. Jelaskan dampak perbedaan status dan ukuran terhadap kinerja kelompok.
6. Jelaskan hubungan kohesi dengan efektivitas kelompok.
7. Bandingkan kekuatan dan kelemahan pengambilan keputusan kelompok.
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 7; Bab 10. Memahami Tim Kerja
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan tiga elemen dasar motivasi, menjelaskan aplikasi motivasi seperti model karakteristik pekerjaan. Dalam aspek afektif, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana motivasi dibangun.
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu ketujuh perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Bagi yang Muslim bisa ditambahkan doa belajar setelah membaca basmallah.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkati oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran ketujuh, kita akan mendiskusikan Bab 7 dan Bab 8 dengan bahasan motivasi dasar dan aplikasi
Bab 10. Memahami Tim Kerja
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr WbResponsi pertemuan 7
Jawablah pertanyaan berikut ini...1. Analisis pertumbuhan popularitas tim dalam organisasi.
2. Bandingkan kelompok dengan tim.
3. Bandingkan 5 tipe tim.
4. Identifikasi karakteristik dari tim yang efektif.
5. Bagaimana organisasi dapat menciptakan para pemain Tim.
6. Jelaskan Kapan menggunakan para individual dan bukannya tim
Pertemuan 8; MID SEMESTER
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu kedelapan perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing. Bagi yang Muslim bisa ditambahkan doa belajar setelah membaca basmallah.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkati oleh Allah SWT. Aamiin..
Pada pertemuan ke delapan kali ini kita akan menyelenggarakan MID SEMESTER.
Silahkan menjawab pertanyaan dari soal yang diberikan
Pertemuan 9; Bab 11. Komunikasi
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi dan komunikasi di dalam organisasi, membedakan komunikasi ke bawah, ke atas dan lateral. Dalam aspek afektif, mahasiswa dapat memahami bagaimana saluran komunkasi yang baik.
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu kesembilan perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkati oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran kesembilan, kita akan mendiskusikan Bab 9. Kelompok di dalam organisasi: KOMUNIKASI
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 10. BAB 12 Kepemimpinan & BAB 13 Kekuasaan dan Politik
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kelompok dan tim. Dalam aspek afektif, mahasiswa dapat memahami pembentukan kelompok.
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu kesepuluh perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkati oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran kesepuluh, kita akan mendiskusikan
BAB 10 & BAB 11 Kelompok di dalam organisasi: kelompok dan tim
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 11; Bab 14. Konflik dan Negosiasi
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan teori kepemimpinan, membedakan teori kontingensi kepemimpinan. Dalam aspek afektif, mahasiswa dapat menerapkan beberapa aspek dalam kepemimpinan.
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu kesebelas perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkati oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran kesebelas, kita akan mendiskusikan
BAB 12. Kelompok di dalam organisasi: karakteristik pemimpin
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 12; Bab 15. Landasan Struktur Organisasi
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan landasan struktur organisasi
Submit tugas disni
Adik-adik mahasiswa...
Pembelajaran hari ini kita laksanakan melalui Vclass ya..
Kalian baca bab konflik, kemudian saya berikan evaluasi.
Waktunya saya buat bebas sd malam pukul 22.00, tapi waktu pengerjaan soalnya maksimal 2 jam (120 menit). Kalian bisa kerjakan jam berapa saja (tergantung sinyal dan kenyamanan), tapi harus dikumpulkan sebelum batas akhir.
Apapun yang terjadi lewat batas waktu tersebut tidak ditolerir ya.. semakin cepat selesai lebih baik, karena kita tidak tahu apa yang terjadi nanti kan...
Selamat bekerja... sukses dan sehat selalu ;)
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 13; Bab 16. Budaya dan Perubahan Organisasi
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat membedakan kekuasaan dan kepemimpinan, mengidentikasi taktik mempengaruhi serta sebab dan akibat salah penggunaan kekuasaan. Dalam aspek afektif, mahasiswa dapat memahami kekuasaan dan sebab-akibat kesalahan dalam penggunaan kekuasaan.
Assalamu'alaikum Wr Wb
Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan temu keduabelas perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkati oleh Allah SWT. Aamiin
Pada pembelajaran keduabelas, kita akan mendiskusikan
BAB 13. Kelompok di dalam organisasi: kekuasaaan dan politik di dalam organisasi
Submit tugas disni
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 14. BAB 17. Sistem dan Praktik SDM Bab 18. Stress dan Kesehatan dalam Organisasi
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan elemen dan karakteristik struktur organisasi
Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik budaya organisasi.
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 15. PROJECT BASED LEARNING
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mahasiswa dapat menjelaskan Kebijakan dan Praktik SDM
Mahasiswa dapat membedakan kekuatan- kekuatan perubahan serta perubahan yang direncanakan.
Dalam aspek afektif, mahasiswa dapat memahami pentingnya perubahan.
Submit tugas disni
PENUTUP
Alhamdulillah perkuliahan ini sudah selesai
Terimakasih atas semua perhatiannya...
Semoga Ilmu dan pengalaman hari ini menjadi amal ibadah
serta bermanfaat untuk kehidupan kita di masa mendatang..
Aamiin...
Sampai bertemu di perkuliahan selanjutnya..
Wassalamualaikum Wr Wb
Pertemuan 16. Ujian Akhir Semester / UAS
Ujian Akhir Semester
Jangan Lupa Berdoa