Forum Analisis Jurnal

Forum Analisis Jurnal

Jumlah balasan: 35
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Eksa Ayumi -
Nama: Eksa Ayumi
NPM: 2217011007

Berikut adalah analisis terhadap jurnal yang berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" berdasarkan pemahaman umum terhadap topik tersebut.

Pada jurnal ini dijelaskan bahwa hubungan antara pendidikan berbasis nilai-nilai Pancasila dan cara mahasiswa menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Pada mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila (PKn Pancasila) dirancang untuk memperkuat karakter bangsa melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti kemanusiaan, keadilan sosial, dan persatuan. Analisis yang dilakukan akan mengeksplorasi bagaimana pengajaran mata kuliah ini memengaruhi pola pikir mahasiswa dalam memahami dan menggunakan IPTEK secara etis, bertanggung jawab, dan relevan dengan tantangan masa kini.

Peningkatan IPTEK yang pesat membawa berbagai implikasi sosial, budaya, dan moral, yang terkadang bertentangan dengan nilai-nilai lokal dan spiritual. Oleh karena itu, jurnal ini kemungkinan menekankan pentingnya pendidikan berbasis Pancasila untuk memberikan landasan moral yang kuat bagi mahasiswa agar tidak hanya mengejar inovasi, tetapi juga mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat luas. Dengan kata lain, jurnal ini mungkin menunjukkan bahwa mata kuliah PKn Pancasila membantu mahasiswa mengembangkan pemikiran kritis yang selaras dengan nilai-nilai luhur bangsa, yang penting untuk menghadapi globalisasi tanpa kehilangan identitas nasional.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup survei, wawancara, atau analisis kualitatif terhadap dampak mata kuliah tersebut pada pemahaman mahasiswa tentang IPTEK. Dalam jurnal dijelaskan bagaimana nilai-nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, dan gotong royong dapat diintegrasikan ke dalam pemanfaatan IPTEK, baik di bidang pendidikan, ekonomi, maupun sosial.

Kesimpulan jurnal ini bahwa mata kuliah PKn Pancasila memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap tantangan IPTEK modern. Dengan pembelajaran yang berpusat pada nilai, mahasiswa lebih mampu menyeimbangkan penguasaan teknologi dengan etika dan tanggung jawab sosial, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang tidak hanya inovatif, tetapi juga bermoral dan berjiwa nasionalis.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Syahara Tharadita -

Nama :SyaharaTharadita

NPM : 2217011079

Kelas : D

Tugas Resume Jurnal Pendidikan Pancasila

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Jurnal berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" ini ditulis oleh Mursyidah Dwi Hartati, Ponoharjo, dan Mohamad Khamim, bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana mata kuliah tersebut mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Penelitian ini melibatkan 103 mahasiswa program studi Matematika di Universitas Pancasakti Tegal, dengan 40 mahasiswa terpilih sebagai responden melalui teknik pengambilan sampel proporsional cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan dianalisis menggunakan regresi sederhana dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum memiliki sikap yang baik dalam menyikapi perkembangan IPTEK, dengan skor di atas 80. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap sikap mahasiswa, yang menunjukkan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian yang kuat dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila di era modern. Penelitian ini direkomendasikan untuk mendorong institusi pendidikan agar terus mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum guna menghasilkan generasi yang cerdas dan berbudaya.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh adel istia ananta -

Nama : Adel Istia Ananta

Npm : 2217011033

Kelas : D


RESUME JURNAL

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila Di era globalisasi, banyak aspek-aspek segala aspek yang mendapat dampak dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitudipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua informasi dan komunikasi adalah faktor begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktumakin dipersempit dan waktu makin sosial budaya, pertahanan keamanan dan sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas halangan dan rintangan yang menjadikan diterima sebagai realita masa depan yang tradisional menjadi modern, secara Penyebab utama yang paling terasa pada pendidikan yang masih tradisional dulu dalam mendapatkan sumber ilmu hanya orang bisa mendapatkan buku yang pada tingkat yang lebih modern telah muncul internet yang memberikan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat dijangkau di semua kalangan Masyarakat perubahan yang begitu besar pada Khususnya masyarakat dengan budaya dan terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan. Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, Akibatnya, segala informasi yang bernilai mudah di akses oleh Masyarakat mengubah pola hidup dan pola pemikiran yang dianut Indonesia yakni Pancasila Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Jika hal tersebut dibiarkan akan dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembangbiasa dari pendiri bangsa yang mengacuini berpendapat bahwa Pancasila sebagai masyarakat Indonesia yang plural tidak oleh ideologi sekulerisme yang tidak selalu kolektif bangsa tentang posisi vital dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideology dan dasar.


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Yosua Alvin Silalahi -
Nama : Yosua Alvin Silalahi
NPM : 2217011081
Kelas : Kimia D

TUGAS ANALISIS JURNAL

Ringkasan jurnal

Latar belakang
Pada jurnal ini dilatar belakangi oleh adanya era globalisasi, globalisasi berlangsung disemua bidang kehidupan seperti ideologi, politi, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dll. Contoh paling sederhana dalam hal ini adalah pada bidang pendidikan, pada era tradisional sumber ilmu hanya didapatkan dari buku secara cetak, namun pada era globalisasi, muncul internet yang memberikan banyak informasi tentang pendidikan dan dapat dijangkau di semua kalangan masyarakat. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. jika dikaitkan dengan ideologi yang dianut Indonesia yakni pancasila. Maka akar permasalahan yang dihadapi adalah apakah nilai-nilai dalam pancasila yang selama ini menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia terpengaruh perkembangan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi
memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Hasil dan pembahasan

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Menurut responden mahasiswa perlu memiliki sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi akan adanya perbedaan ras dan agama dan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang
pendidikan Pancasila. Untuk itu Pendidikan Pancasila penting dalam kehidupan bermasyarakat dan harus ditetapkan sejak dini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam penelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial
media.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Asti Chintia Pratiwi -
Nama : Asti Chintia Pratiwi
NPM : 2217011085
Kelas : Kimia D
Mata Kuliah : Pendidikan Pancasila
TUGAS ANALISIS JURNAL

Judul Jurnal : Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi ilmu pengetahuan dan Teknologi

Latar belakang
Globalisasi memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan. Salah satu contoh sederhana terlihat dalam bidang pendidikan. Pada era tradisional, sumber pengetahuan hanya diperoleh dari buku cetak. Namun, di era globalisasi, internet telah menjadi sarana yang menyediakan beragam informasi pendidikan dan dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat. Kemajuan teknologi ini membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia, termasuk peradaban dan kebudayaannya.
Jika dikaitkan dengan ideologi Pancasila yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia, timbul pertanyaan apakah nilai-nilai Pancasila tetap kokoh menghadapi perkembangan teknologi informasi. Pesatnya perkembangan ini memudahkan masuknya pengaruh-pengaruh luar yang sering kali bertentangan dengan prinsip-prinsip Pancasila. Sebagai warisan luar biasa dari para pendiri bangsa, Pancasila mengacu pada nilai-nilai luhur yang tetap relevan. Mayoritas masyarakat Indonesia sepakat bahwa Pancasila, sebagai dasar negara sekaligus pandangan hidup yang mempersatukan bangsa yang majemuk, tidak tergantikan. Karakter Pancasila yang inklusif terhadap nilai-nilai agama menjadikannya tetap relevan, berbeda dengan ideologi sekularisme yang tidak selalu selaras dengan nilai-nilai keagamaan.

Hasil dan pembahasan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, responden memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal ini tercermin dari hasil kuesioner dengan skor rata-rata di atas 80. Para responden menilai bahwa mahasiswa perlu menjunjung sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, memiliki toleransi tinggi terhadap perbedaan ras dan agama, serta memahami pentingnya pendidikan Pancasila secara mendalam. Oleh karena itu, pendidikan Pancasila dianggap sangat penting untuk kehidupan bermasyarakat dan perlu diterapkan sejak dini.
Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa responden mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) secara positif. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang juga menunjukkan skor di atas 80. Responden memanfaatkan perkembangan Iptek untuk mempermudah proses belajar, transaksi, dan aktivitas bisnis dalam bidang perdagangan. Mereka juga menerapkan penyaringan terhadap informasi yang diterima melalui media sosial, seperti memblokir akun atau situs yang memuat konten pornografi dan kekerasan. Di samping itu, responden menunjukkan etika berkomunikasi yang baik dengan menggunakan bahasa santun saat memberikan komentar, baik di media online maupun media sosial.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Meli Mahani -

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan Pancasila mampu membentuk kepribadian mahasiswa agar tetap berpegang pada nilai-nilai Pancasila saat menghadapi arus globalisasi dan kemajuan teknologi. Sampel penelitian terdiri dari 40 mahasiswa yang diambil secara proporsional dari total populasi sebanyak 103 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan regresi sederhana untuk melihat hubungan antara mata kuliah tersebut dengan kemampuan menyikapi IPTEK.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila dan mampu menggunakan IPTEK secara positif, seperti untuk keperluan belajar, bisnis, dan komunikasi. Mereka juga menunjukkan sikap selektif terhadap informasi digital dengan memfilter konten yang berpotensi negatif, seperti pornografi dan kekerasan. Analisis statistik menunjukkan bahwa mata kuliah ini memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan mahasiswa menyikapi perkembangan IPTEK, dengan kontribusi sebesar 28,2%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Penulis jurnal merekomendasikan pentingnya penguatan pendidikan Pancasila di berbagai tingkat pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini. Selain itu, pemerintah juga diharapkan dapat meningkatkan regulasi dan filterisasi informasi di dunia maya guna mencegah pengaruh negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan langkah ini, generasi muda diharapkan dapat memanfaatkan teknologi secara bijak untuk mendukung pembangunan bangsa tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa yang berbudaya.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Septiana Septiana -
Nama : Septiana
Npm : 2217011069
Matkul : Analisis Jurnal Pertemuan 13 Pendidikan Pancasila

Latar belakang
Jurnal ini menyoroti bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era globalisasi memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Globalisasi mendorong dunia menjadi semakin terbuka dan saling terhubung, yang pada gilirannya mempercepat penyebaran informasi. Teknologi informasi, sebagai pendorong utama globalisasi, membawa pengaruh besar pada masyarakat, baik positif maupun negatif. Bagi Indonesia, yang memiliki budaya dan nilai-nilai yang tertanam kuat dalam Pancasila, tantangan terbesar adalah mempertahankan identitas nasional di tengah derasnya arus globalisasi dan pengaruh budaya asing. Latar belakang ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan yang berbasis nilai-nilai Pancasila untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi perkembangan teknologi tanpa kehilangan jati diri bangsa. Pendidikan Pancasila dianggap penting dalam memberikan panduan moral dan etika agar generasi muda dapat menyikapi perubahan dengan bijak dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap kemampuan mahasiswa dalam merespon kemajuan IPTEK.

Hasil dan Pembahasan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum memiliki sikap yang baik dalam menyikapi perkembangan IPTEK, yang terlihat dari skor kuesioner yang melebihi angka 80. Data tersebut mengindikasikan bahwa mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pemahaman yang cukup baik tentang bagaimana memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Dari analisis regresi sederhana, diperoleh persamaan regresi , yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dengan sikap mahasiswa terhadap IPTEK. Nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan bahwa pengaruh ini signifikan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 28,2% mengindikasikan bahwa 28,2% variabilitas kemampuan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan teknologi dapat dijelaskan oleh pemahaman mereka tentang Pancasila, sedangkan sisanya 71,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar cakupan penelitian.
Pembahasan hasil ini menggarisbawahi pentingnya mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam membentuk karakter generasi muda yang mampu memfilter pengaruh negatif dari luar dan tetap memegang nilai-nilai nasional. Pendidikan Pancasila membantu mahasiswa untuk tidak hanya memahami perkembangan teknologi, tetapi juga memanfaatkannya secara positif. Mereka lebih cenderung menggunakan teknologi untuk kegiatan akademis, bisnis, dan transaksi yang produktif, serta berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Hasil penelitian ini menggarisbawahi bahwa pendidikan berbasis Pancasila efektif dalam membentengi generasi muda dari pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Indonesia, sekaligus memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembangunan nasional.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Lulu miftahul Jannah -

Nama:Lulu Miftahul Jannah

NPM:2217011059

KELAS :D

TUGAS ANALISIS JURNAL

Jurnal tersebut membahas mengenai Peran mata kuliah Pancasila dalam membangun kepribadian mahasiswa,Pentingnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang pesat dan juga membahsa mengenai tantangan moral dan etika yang muncul akibat kemajuan IPTEK, seperti individualisme, hedonisme, atau dampak lingkungan.jurnal tersebut memliki tujuan Menilai sejauh mana mata kuliah ini memengaruhi pola pikir dan sikap mahasiswa terhadap IPTEK Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terkait teknologi.Isi dari jurnal tersebut yaitu Pancasila sebagai Landasan Etis dimana Pancasila dipandang sebagai pedoman moral yang mengatur penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tetap sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan keberlanjutan dan juga IPTEK dalam Perspektif Pancasila seharusnya menjadi alat untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, bukan sebagai penyebab kerusakan lingkungan atau ketimpangan sosial.

Kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal tersebut yaitu dimana Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki dampak positif terhadap cara pandang mahasiswa dalam menyikapi IPTEK.Nilai-nilai Pancasila seperti keadilan, kemanusiaan, dan keberlanjutan menjadi pedoman etis dalam penggunaan teknologi.Penekanan pada pembelajaran berbasis kasus nyata diperlukan untuk meningkatkan relevansi dan aplikasinya.


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Lina Setiawati -
Nama: Lina Setiawati
Npm: 2217011164
Tugas Analisis Jurnal

Judul: Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Globalisasi dan kemajuan teknologi memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk budaya dan pendidikan. Sebagai ideologi bangsa, Pancasila harus tetap menjadi pedoman dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Namun, nilai-nilai Pancasila dapat terkikis jika tidak ada upaya pendidikan yang terstruktur, khususnya di kalangan mahasiswa.Tujuan dari Penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap kemampuan mahasiswa menyikapi perkembangan IPTEK.

Pendidikan Pancasila sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk menyaring dampak negatif IPTEK dan tetap memegang nilai-nilai Pancasila.
Mahasiswa perlu terus mengembangkan sikap jujur, toleransi, dan nasionalisme untuk menghadapi tantangan global. Pemerintah dan institusi pendidikan perlu meningkatkan efektivitas pembelajaran Pancasila dengan metode yang relevan. Penting adanya pengawasan terhadap konten negatif dari IPTEK melalui regulasi yang ketat.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Risna Ambarita -

Nama : Risna Ambarita 

NPM : 2257011009 

Kelas : D 

Review Jurnal 

Pendahuluan 

Perkembangan teknologi hingga saat ini semakin pesat, hal itu tentunya memberikan dampak yang begitu besar terhadap dunia pendidikan khususnya masyarakat dan budaya Indonesia. Akibat atau dampak yang ditimbulkan melalui perkembangan teknologi ini tentunya memberikan hal yang positif maupun negatif. Dampak baik atau buruk yang diperoleh dari perkembangan teknologi sekarang ini bergantung pada bagaimana masyarakat menggunakan dengan bijak perkembangan teknologi khususnya bagaimana pemanfaatan teknologi ini dalam bidang pendidikan. Tentunya perkembangan teknologi ini tidak akan bisa terlepas dari Pancasila sebagai dasar atau arah kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. 

Pembahasan 

Adanya penyelenggaraan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi terhadap mahasiswa ditujukan untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui nilai-nilai dasar Pancasila, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, membimbing untuk mendapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai keutuhan kemanusiaan, dan kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa. Perkembangan IPTEK yang semakin hari semakin pesat disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang semakin berkembang di berbagai bidang. Berdasarkan analisis atau penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil kuesioner dengan skor di atas 80 mahasiswa menyatakan bahwa dengan mempunyai sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi yang akan adanya perbedaan ras dan agama serta perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang Pancasila sehingga hal tersebut sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat yang harus ditetapkan sejak dini. Oleh karena itu perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar dan berbagai aktivitas lainnya contohnya dalam transaksi dan bisnis pada bidang perdagangan. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa sangat perlu untuk menyeleksi bagaimana penggunaan teknologi yang benar atau dapat menyaring halhal buruk dari kebudayaan yang baru masuk sehingga tidak memberikan dampak buruk kepada budaya lama yang sudah ada sejak awal. Dampak baik atau buruk yang dihasilkan itu tergantung bagaimana kita masyarakat menggunakan atau memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada hingga saat ini.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Titus Owen Hutasoit -

TUGAS PENDIDIKAN PANCASILA

ANALISIS JURNAL PERTEMUAN 13

Nama : Titus Owen

Kelas : D

NPM : 2217011152

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu

Pengetahuan dan Teknologi

Globalisasi membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berkembang pesat. Kemudahan akses informasi memungkinkan masyarakat, terutama generasi muda, untuk mengadopsi nilai-nilai baru yang tidak selalu sesuai dengan budaya dan ideologi bangsa. Tantangan utama adalah bagaimana memanfaatkan IPTEK secara bijak tanpa mengorbankan nilai-nilai kebangsaan. Di sinilah peran Pendidikan Pancasila menjadi penting, karena mata kuliah ini berfungsi sebagai pedoman untuk membentuk karakter mahasiswa agar tetap berpegang pada nilai-nilai Pancasila ditengah pengaruh global. Sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian, Pendidikan Pancasila memberikan landasan filosofis, sosiologis, dan yuridis yang mendalam kepada mahasiswa. Mata kuliah ini tidak hanya mengajarkan nilai-nilai dasar seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dinamika kehidupan modern. Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat mengadopsi IPTEK sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup, sambil tetap mempertahankan identitas kebangsaan yang kokoh. Mata kuliah ini menanamkan kesadaran bahwa kemajuan IPTEK harus selalu berlandaskan pada moral dan etika bangsa.

Dalam prosesnya, Pendidikan Pancasila juga membentuk sikap mahasiswa terhadap

tantangan globalisasi. Sikap, yang merupakan hasil dari pembelajaran dan

pengalaman, berperan penting dalam menentukan bagaimana seseorang merespon

pengaruh IPTEK. Melalui fungsi-fungsi sikap, seperti fungsi pengetahuan dan fungsi

ekspresi nilai, mahasiswa diajak untuk tidak hanya memahami pentingnya IPTEK

tetapi juga menggunakannya sebagai sarana untuk mengapresiasi dan

mempromosikan nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanyamenjadi penerima pasif perkembangan teknologi, tetapi juga aktor yang mampu

memilah dampak positif dan negatifnya.

Lebih jauh, hubungan antara IPTEK dan Pancasila adalah simbiosis yang saling

mendukung. Ilmu pengetahuan memberikan dasar teoretis bagi pengembangan

teknologi, sementara Pancasila memberikan kerangka moral untuk penerapan

teknologi tersebut. Dalam era globalisasi, mahasiswa yang memahami kedua aspek ini

mampu mengintegrasikan IPTEK dengan nilai-nilai kebangsaan untuk menciptakan

solusi yang inovatif sekaligus beretika.

Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, pendidikan Pancasila harus disampaikan

dengan cara yang relevan dan kontekstual. Pendekatan yang interaktif, seperti diskusi

kelompok, tugas proyek, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dapat

membantu mahasiswa menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata.

Lingkungan akademik yang mendukung juga menjadi faktor penting dalam

membentuk sikap mahasiswa, sehingga mereka dapat menjadi individu yang kritis,

kreatif, dan bertanggung jawab.

Secara keseluruhan, mata kuliah Pendidikan Pancasila memberikan kontribusi besar

dalam membentuk generasi muda yang mampu memanfaatkan IPTEK dengan

bijaksana. Dengan sikap yang berakar pada nilai-nilai Pancasila, mahasiswa tidak hanyahanya menjadi pengguna IPTEK yang cerdas tetapi juga agen perubahan yang menjagamenjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dan keluhuran nilai-nilai kebangsaan. Melalui pendidikan ini, Indonesia dapat memanfaatkan globalisasi untuk memperkuat jati diri bangsa di tengah persaingan global.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Titus Owen Hutasoit -

TUGAS PENDIDIKAN PANCASILA

ANALISIS JURNAL PERTEMUAN 13

Nama : Titus Owen

Kelas : D

NPM : 2217011152

Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu

Pengetahuan dan Teknologi

Globalisasi membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berkembang pesat. Kemudahan akses informasi memungkinkan masyarakat, terutama generasi muda, untuk mengadopsi nilai-nilai baru yang tidak selalu sesuai dengan budaya dan ideologi bangsa. Tantangan utama adalah bagaimana memanfaatkan IPTEK secara bijak tanpa mengorbankan nilai-nilai kebangsaan. Di sinilah peran Pendidikan Pancasila menjadi penting, karena mata kuliah ini berfungsi sebagai pedoman untuk membentuk karakter mahasiswa agar tetap berpegang pada nilai-nilai Pancasila ditengah pengaruh global. Sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian, Pendidikan Pancasila memberikan landasan filosofis, sosiologis, dan yuridis yang mendalam kepada mahasiswa. Mata kuliah ini tidak hanya mengajarkan nilai-nilai dasar seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dinamika kehidupan modern. Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat mengadopsi IPTEK sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup, sambil tetap mempertahankan identitas kebangsaan yang kokoh. Mata kuliah ini menanamkan kesadaran bahwa kemajuan IPTEK harus selalu berlandaskan pada moral dan etika bangsa.

Dalam prosesnya, Pendidikan Pancasila juga membentuk sikap mahasiswa terhadap

tantangan globalisasi. Sikap, yang merupakan hasil dari pembelajaran dan

pengalaman, berperan penting dalam menentukan bagaimana seseorang merespon

pengaruh IPTEK. Melalui fungsi-fungsi sikap, seperti fungsi pengetahuan dan fungsi

ekspresi nilai, mahasiswa diajak untuk tidak hanya memahami pentingnya IPTEK

tetapi juga menggunakannya sebagai sarana untuk mengapresiasi dan

mempromosikan nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanyamenjadi penerima pasif perkembangan teknologi, tetapi juga aktor yang mampu

memilah dampak positif dan negatifnya.

Lebih jauh, hubungan antara IPTEK dan Pancasila adalah simbiosis yang saling

mendukung. Ilmu pengetahuan memberikan dasar teoretis bagi pengembangan

teknologi, sementara Pancasila memberikan kerangka moral untuk penerapan

teknologi tersebut. Dalam era globalisasi, mahasiswa yang memahami kedua aspek ini

mampu mengintegrasikan IPTEK dengan nilai-nilai kebangsaan untuk menciptakan

solusi yang inovatif sekaligus beretika.

Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, pendidikan Pancasila harus disampaikan

dengan cara yang relevan dan kontekstual. Pendekatan yang interaktif, seperti diskusi

kelompok, tugas proyek, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dapat

membantu mahasiswa menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata.

Lingkungan akademik yang mendukung juga menjadi faktor penting dalam

membentuk sikap mahasiswa, sehingga mereka dapat menjadi individu yang kritis,

kreatif, dan bertanggung jawab.

Secara keseluruhan, mata kuliah Pendidikan Pancasila memberikan kontribusi besar

dalam membentuk generasi muda yang mampu memanfaatkan IPTEK dengan

bijaksana. Dengan sikap yang berakar pada nilai-nilai Pancasila, mahasiswa tidak hanyahanya menjadi pengguna IPTEK yang cerdas tetapi juga agen perubahan yang menjagamenjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dan keluhuran nilai-nilai kebangsaan. Melalui pendidikan ini, Indonesia dapat memanfaatkan globalisasi untuk memperkuat jati diri bangsa di tengah persaingan global.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Yolanda Azyra Febra -
Reviewer: Yolanda Azyra Febra (2217011144)
Resume Jurnal: Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Jenis Jurnal: Cakrawala: Jurnal Pendidikan
Volume dan Halaman: 12 (1): 32-42
Tahun: 2018
Penulis: Mursyidah Dwi Hartati, Ponoharjo, Mohamad Khamim
Tanggal Review: 18 November 2024

I. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dengan populasi sebanyak 103 mahasiswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling, di mana 70% dari setiap kelas diambil sebagai sampel, menghasilkan 40 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi, setelah sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya dengan Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden umumnya memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Mahasiswa diharapkan dapat menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan IPTEK, dengan berpegang pada nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara untuk mendukung pembangunan nasional.


II. Pendahuluan
Di era globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Globalisasi menciptakan dunia yang semakin terbuka, namun juga membawa tantangan bagi nilai-nilai budaya lokal, termasuk Pancasila. Penelitian ini mengkaji bagaimana mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dapat membantu mahasiswa dalam menyikapi perubahan yang dibawa oleh kemajuan teknologi.


III. Materi dan Metode
Mata kuliah Pendidikan Pancasila dirancang untuk memberikan pedoman bagi mahasiswa dalam menganalisis masalah pembangunan bangsa melalui perspektif nilai-nilai Pancasila. Dasar pelaksanaan pendidikan ini meliputi:
- Dasar Filosofis: Pancasila sebagai pandangan hidup yang menghindari pertentangan ideologi.
- Dasar Sosiologis: Kebhinekaan masyarakat Indonesia yang menjadikan Pancasila sebagai ideologi pemersatu.
- Dasar Yuridis: Pancasila sebagai norma dasar negara yang tertuang dalam UUD 1945.


IV. Hasil dan Pembahasan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kepribadian Pancasila di kalangan mahasiswa berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan nilai-nilai kebangsaan di tengah arus globalisasi. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang tidak hanya memahami IPTEK tetapi juga mengintegrasikannya dengan nilai-nilai luhur Pancasila.


V. Kesimpulan
Pendidikan Pancasila memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK. Dengan pemahaman yang baik tentang nilai-nilai Pancasila, mahasiswa dapat lebih bijak dalam menyikapi tantangan globalisasi dan teknologi tanpa kehilangan identitas budaya mereka.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Windi Syafitri -
Nama : Windi Syafitri
Npm : 2217011046
Kelas : D
Tugas Analisis Jurnal
Jurnal ini berjudul ” pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK”. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai Pancasila, yang membantu mereka memanfaatkan teknologi secara positif dan bertanggung jawab. Mata kuliah tersebut berkontribusi sebesar 28,2% terhadap sikap mahasiswa dalam menghadapi perubahan IPTEK, dengan sisanya dipengaruhi faktor eksternal lainnya.
Kesimpulannya, pendidikan Pancasila berperan penting dalam membentuk sikap nasionalisme dan filter terhadap dampak negatif globalisasi. Jurnal ini merekomendasikan penguatan pengajaran Pancasila yang relevan dan kebijakan penyaringan informasi untuk menjaga nilai-nilai budaya bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Mei Linda Eka Putri -
Nama : Mei Linda Eka Putri
NPM : 2217011025
Kelas : D

Analisis Jurnal

Latar Belakang
Penelitian pada jurnal ini dilatarbelakangi oleh dampak globalisasi dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan budaya. Globalisasi mempercepat interaksi antarbangsa melalui kemajuan teknologi informasi, yang tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga tantangan berupa masuknya nilai-nilai budaya asing yang dapat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila menjadi penuntun moral dalam menghadapi tantangan global. Namun, pengaruh globalisasi dapat mengikis nilai-nilai luhur Pancasila jika tidak diimbangi dengan pemahaman dan penerapan yang baik.

Pembahasan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pengembangan kepribadian Pancasila yang baik, dengan skor kuesioner rata-rata di atas 80. Hal ini mencerminkan terbentuknya sikap yang sesuai nilai-nilai Pancasila, seperti jujur, toleransi, dan menghargai perbedaan. Mahasiswa secara umum mampu menyikapi perkembangan IPTEK dengan baik, menggunakan teknologi secara bertanggung jawab untuk belajar, berbisnis, dan berinteraksi di media sosial dengan sikap santun serta menyaring informasi yang negatif.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Trisna Sebening Purnama -

NAMA : TRISNA SEBENING PURNAMA

NPM : 2217011126

KELAS D KIMIA 2022

TUGAS PANCASILA PERTEMUAN KE-13

ANALISIS JURNAL

 

 

Jurnal yang ditulis oleh Mursyidah Dwi Hartati dan Ponoharjo, Mohamad Khamim ini mengangkat topik mengenai *Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi*. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pendidikan Pancasila terhadap sikap dan pandangan mahasiswa terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Di tengah kemajuan teknologi yang pesat, persoalan etika dan moral menjadi semakin relevan, terutama bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin masa depan. Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, sehingga mereka mampu menyikapi perubahan dunia secara bijaksana dan bertanggung jawab. Penelitian ini juga menyiratkan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk manusia yang tidak hanya terampil dalam bidang teknologi, tetapi juga memiliki orientasi moral yang jelas.

Untuk mengeksplorasi pengaruh mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain survei. Penelitian ini melibatkan mahasiswa yang terdaftar dalam mata kuliah tersebut di sebuah perguruan tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang berfokus pada pemahaman mahasiswa mengenai kaitan antara Pancasila dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Selain itu, kuesioner ini juga mengevaluasi perubahan sikap dan pandangan mahasiswa terhadap IPTEK setelah mengikuti mata kuliah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial, yang memungkinkan peneliti untuk mengukur hubungan antara pengajaran Pancasila dengan sikap mahasiswa dalam menyikapi isu-isu teknologi. Metodologi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai dampak dari pendidikan Pancasila terhadap kepribadian mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman dan sikap mahasiswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagian besar responden mengaku bahwa mata kuliah ini membantu mereka untuk lebih memahami pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi tantangan teknologi, seperti dampak sosial, etika, dan moralitas. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini cenderung lebih kritis dan memiliki pandangan yang seimbang terhadap manfaat dan potensi risiko yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi. Penulis menyarankan agar pendidikan Pancasila terus diperkuat dan diperluas penerapannya di berbagai tingkatan pendidikan, mengingat perannya yang sangat penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang tidak hanya terampil dalam sains dan teknologi, tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Dengan demikian, mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila diharapkan dapat menjadi sarana untuk menghasilkan generasi yang cerdas dan beretika dalam menghadapi perkembangan teknologi yang terus berubah.

 


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh MUHAMMAD RIZAL FERNANDO -
Nama : M Rizal Fernando
Npm : 2217011142
Kelas : D

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana mata kuliah dalam Pengembangan Kepribadian Pancasila berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa saat ini dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dengan mempunyai latar belakang adalah tantangan globalisasi yang menghadirkan dampak positif maupun negatif terhadap nilai-nilai Pancasila, terutama di kalangan generasi muda saat ini.
Indikator Penting:
Pertama=> Mahasiswa memahami pentingnya pendidikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
Kedua=>Mahasiswa memanfaatkan IPTEK secara bertanggung jawab, termasuk untuk proses pembelajaran, transaksi, dan bisnis.
Ketiga=>Terdapat usaha menyaring konten negatif, seperti memblokir situs pornografi atau konten yang bertentangan dengan nilai-nilai budaya.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Puji Lestarina Sinaga -

NAMA  : Puji Lestarina Sinaga

NPM      : 2217011116

KELAS    : D

TUGAS ANALISIS JURNAL

Jurnal ini membahas pentingnya mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Pesatnya kemajuan teknologi sering kali membawa dampak positif dan negatif, sehingga diperlukan landasan moral yang kuat untuk menyikapinya. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dianggap relevan untuk menjadi dasar dalam memanfaatkan IPTEK secara bertanggung jawab. Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkuat karakter mahasiswa agar mereka memiliki dasar moral dan etika yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti kemanusiaan, keadilan, dan persatuan.

Penelitian dalam jurnal menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner untuk mengukur pemahaman mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami nilai-nilai Pancasila dengan lebih baik, Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini menunjukkan peningkatan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila, seperti kemanusiaan, persatuan, dan keadilan sosial. Mahasiswa menjadi lebih kritis dalam menyikapi dampak perkembangan IPTEK, seperti bagaimana teknologi memengaruhi kehidupan sosial, budaya, dan lingkungan. Membantu mahasiswa untuk memanfaatkan IPTEK secara bertanggung jawab, dengan mempertimbangkan prinsip moral dan etika sesuai nilai-nilai Pancasila.


Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Diah Maya Mustika -

Nama : Diah Maya Mustika

NPM : 2217011063

Kelas : D

Tugas Analisis Jurnal

 

Pada jurnal tersebut, menyatakan bahwa penelitian ini menyoroti peran mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam membantu mahasiswa menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era globalisasi. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan melibatkan 40 mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal, yang dipilih melalui Teknik proporsional cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memiliki kepribadian Pancasila yang baik, dengan skor rata-rata tanggapan responden di atas 80. Mahasiswa mampu menyikapi perkembangan IPTEK dengan positif, antara lain memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar, seperti mengirim tugas melalui email, bertransaksi dalam perdagangan, dan mencari informasi akademik. Mereka juga menunjukkan kemampuan menyaring informasi di media sosial, memblokir konten negatif seperti pornografi dan kekerasan, serta menggunakan bahasa santun saat berinteraksi secara daring.

Melalui analisis regresi sederhana, ditemukan pengaruh signifikan mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyikapi IPTEK. Konstanta sebesar 12,525 menunjukkan bahwa meskipun tidak ada pembelajaran ini, mahasiswa tetap memiliki kemampuan dasar dalam menyikapi teknologi. Namun, koefisien regresi sebesar 0,616 menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran Pancasila sebesar 1% dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) memperkuat hubungan ini. Koefisien determinasi sebesar 28,2% menunjukkan bahwa mata kuliah ini berkontribusi sebesar itu, sementara 71,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Penelitian menyimpulkan bahwa mata kuliah ini penting untuk menjaga kepribadian berbasis Pancasila dalam menghadapi perkembangan teknologi. Dengan demikian, mahasiswa lebih mampu menyaring dampak negatif teknologi dan memanfaatkan perkembangan IPTEK secara bertanggung jawab. Penelitian juga menyarankan agar metode pembelajaran Pancasila dioptimalkan dengan pendekatan yang kreatif agar lebih menarik bagi generasi muda. Pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika, juga disarankan meningkatkan pengawasan terhadap arus informasi digital untuk menangkal pengaruh negatif seperti radikalisme dan budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Dea Agesta -
NAMA : DEA AGESTA
NPM : 2217011054
KELAS : KIMIA D

Penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila berperan signifikan dalam membantu mahasiswa menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur Pancasila, seperti toleransi, kejujuran, dan nasionalisme, meskipun kontribusinya hanya sebesar 28,2%, sehingga diperlukan pendekatan pendidikan yang lebih inovatif dan dukungan pemerintah dalam menyaring pengaruh negatif dari globalisasi melalui teknologi informasi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Talitha Salsabila Putri -
Nama : Talitha Salsabila Putri
NPM. : 2217011108
Kelas : D

Analisis dari judul jurnal : “Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan”

I. PENDAHULUAN

Globalisasi mendorong munculnya Berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap aspek-aspek pendidikan yang ada di masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi).
Globalisasi membawa dampak signifikan bagi berbagai aspek kehidupan, termasuk ideologi dan budaya. Nilai-nilai Pancasila perlu diperkuat agar mahasiswa sebagai generasi muda mampu menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi dampak globalisasi yang dapat mengikis nilai luhur. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pemahaman dan sikap yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila. Data menunjukkan skor tinggi pada berbagai indikator, seperti pentingnya pendidikan Pancasila, toleransi antarumat beragama, dan penggunaan teknologi dengan tanggung jawab. Persamaan regresi sederhana mengungkapkan bahwa variabel pengembangan kepribadian Pancasila memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan menyikapi perkembangan IPTEK dengan koefisien determinasi sebesar 28,2%.
II. Materi dan metode

Kapitalisme berakar pada faham individualisme yang menjunjung Tinggi kebebasan dan hak-hak individu; Sementara komunisme berakar pada faham Sosialisme atau kolektivisme yang lebih mengedepankan kepentingan untuk masyarakat di atas kepentingan individual. Kedua Aliran ideologi ini melahirkan sistem Kenegaraan yang berbeda. Pertentangan Ideologi ini telah menimbulkan ‘perang dingin’ yang dampaknya terasa di seluruh dunia. Namun para pendiri negara Republik Indonesia mampu melepaskan Diri dari tarikan-tarikan dua kutub ideologi dunia tersebut, dengan merumuskan pandangan dasar (philosophische Grondslag) pada sebuah konsep filosofis yang bernama Pancasila, (2) Dasar Sosiologis; Kebhinekaan atau pluralitas masyarakat bangsa Indonesia yang tinggi, dimana agama, ras, etnik, bahasa, tradisi-budaya penuh perbedaan, menyebabkan ideologi Pancasila bisa diterima sebagai ideologi pemersatu. Kemajuan teknologi diakui memberikan manfaat besar, tetapi juga menghadirkan tantangan, seperti masuknya budaya asing yang bertentangan dengan nilai Pancasila. Oleh karena itu, mahasiswa perlu dibekali dengan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila agar mampu memilah dampak positif dan negatif dari perkembangan IPTEK.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Agusta Angel Marisa -
Nama : Agusta Angel Marisa
NPM : 2217011096

Berdasarkan uraian jurnal tersebut, dibahasa mengenai perkembangan di era globalisasi yang prosesnya berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, diantaranya dimensi waktu dan ruang. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Globalisasi mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan masuknya berbagai macam pengaruh dari luar yang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila merupakan warisan luar biasa dari pendiri bangsa yang mengacu kepada nilai-nilai luhur. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan nilai-nilai luhur pancasila dalam masyarakat terkikis bahkan habis tergilas budaya barat yang berkembang. Setelah dilakukan analisa deskriptif melalui tanggapan responden, diperoleh bahwa statistika analisa deskriptif respon dalam menyikapi Kepribadian Pancasila dan Perkembangan Iptek mempunyai hasil yang baik dan dari hasil nilai koefisien regresi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap variabel menyikapi perkembangan IPTEK pada mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal dan juga 28,2 % variabel menyikapi perkembangan Iptek pada penelitian ini dapat diterangkan oleh variabel mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila sedangkan sisanya yaitu 71,8 % (100% - 28,2%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Risa Dwi Maretha -
Nama= Risa Dwi Maretha
NPM=2217011178

Jurnal ini membahas bagaimana mata kuliah Pendidikan Pancasila membantu mahasiswa menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Menurut mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini umumnya memiliki sikap positif, seperti menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab. Contohnya, mereka menggunakan teknologi untuk belajar, berbisnis, dan menyaring informasi di media sosial. Mahasiswa juga berusaha menjaga kesopanan saat berkomentar di media sosial dan memfilter konten yang tidak sesuai dengan nilai budaya dan moral bangsa.

pada pembahasan jurnal juga mengatakan bahwa mata kuliah Pendidikan Pancasila memberikan pengaruh penting terhadap cara mahasiswa menyikapi IPTEK, dengan kontribusi sebesar 28,2%. Artinya, nilai-nilai Pancasila membantu mahasiswa lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi dan menjaga moralitas di tengah pengaruh globalisasi. 

Penting nya nilai-nilai Pancasila terus diajarkan sejak dini dengan cara yang menarik. Hal ini penting agar generasi muda bisa memanfaatkan teknologi untuk hal yang bermanfaat tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Pemerintah dan sekolah sekolah juga diharapkan terus memperkuat pengajaran Pancasila untuk membentuk generasi yang bermoral dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Citra Dwi Ayuningtias -
Nama : Citra Dwi Ayuningtias
NPM : 2257011005
Kelas : D
Tugas Resume Jurnal Pertemuan 13

Jurnal ini membahas pentingnya nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dalam membentuk sikap mental mahasiswa, yang didefinisikan sebagai respons konsisten terhadap objek sosial dengan komponen kognitif, afektif, dan perilaku. Penelitian di Universitas Pancasakti Tegal menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif, melibatkan 103 mahasiswa dengan sampel 40 orang. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan Pancasila berperan penting dalam kehidupan masyarakat, dan mahasiswa perlu memahami nilai-nilai tersebut, terutama dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Mahasiswa program studi Matematika menunjukkan sikap positif terhadap Iptek dengan skor di atas 80. Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa terhadap Iptek, dengan nilai signifikansi 0,000. Koefisien determinasi (R²) sebesar 28,2% menunjukkan bahwa variasi sikap terhadap Iptek dapat dijelaskan oleh mata kuliah tersebut. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa dan menjaga kepribadian bangsa di tengah perkembangan Iptek.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Abnes Teresia Pakpahan -
Nama : Abnes Teresia Pakpahan
NPM : 2257011001
Kelas : D
ANALISIS JURNAL
Penelitian ini membahas peran mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Pancasila dalam membentuk sikap mahasiswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dengan landasan Pancasila sebagai ideologi bangsa, mahasiswa diharapkan mampu menghadapi tantangan globalisasi tanpa kehilangan nilai-nilai kebangsaan dan moral. Fokus utama jurnal ini adalah bagaimana MPK Pancasila menanamkan nilai-nilai kebijaksanaan, humanisme, dan tanggung jawab sosial yang relevan dengan penguasaan IPTEK. , tujuan utama dari mata kuliah tersebut adalah untuk mendorong mahasiswa agar memiliki perilaku yang etis dan bertanggung jawab dalam menggunakan Iptek. Selama perkuliahan, mahasiswa didorong untuk memahami bahwa setiap inovasi dalam teknologi tidak hanya memiliki manfaat, tetapi juga bisa membawa dampak negatif bagi masyarakat dan lingkungan.

Hasil menunjukkan bahwa Mahasiswa menunjukkan peningkatan kesadaran tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kemanusiaan, dan keadilan sosial, sebagai landasan etis dalam penggunaan IPTEK. MPK Pancasila mendorong mahasiswa untuk lebih kritis terhadap dampak teknologi, termasuk isu-isu seperti privasi, ketimpangan sosial, dan eksploitasi lingkungan.Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini cenderung lebih mampu merumuskan solusi berbasis nilai Pancasila dalam menghadapi permasalahan teknologi. Menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Chatrine Martasya Siburian -
Nama : Chatrine Martasya Sibrian
NPM : 2217011174
Kelas : D
ANALISIS JURNAL
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memainkan peran strategis dalam membentuk
karakter dan sikap mahasiswa terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
Penanaman nilai-nilai Pancasila yang meliputi kebersamaan, keadilan, dan kemanusiaan dijadikan
landasan dalam pembelajaran. Fokus utama jurnal ini adalah bagaimana MPK Pancasila menanamkan
nilai-nilai kebijaksanaan, humanisme, dan tanggung jawab sosial yang relevan dengan penguasaan
IPTEK. Mengidentifikasi pengaruh mata kuliah MPK Pancasila terhadap pemahaman mahasiswa tentang
hubungan antara etika, IPTEK, dan Pancasila.Mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam menerapkan
nilai-nilai Pancasila untuk menghadapi dilema moral terkait teknologi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini mempunyai
pengembangan kepribadian Pancasila yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil
kuisioner dengan skor di atas 80. Dengan pendekatan ini, mahasiswa belajar untuk menganalisis dan
mempertimbangkan dampak sosial dari penggunaan teknologi. Misalnya, penggunaan teknologi harus
memperhatikan kesejahteraan masyarakat serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dari
pengajaran Pancasila, mahasiswa diharapkan mampu menjadi individu yang cerdas tidak hanya dari segi
akademis, tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan moral. Dengan penyelenggaraan Pendidikan
Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa
untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan
bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara
Republik Indonesia.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Nesa Putri Azzahra -
Nesa Putri azzahra
2217011132


Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang
menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lain. Globalisasi aka
membawa perspektif baru tentang konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas" yang saat ini
diterima sebagai realita masa depan yang mempengaruhi budaya. Saat ini, segala aspek
kehidupan telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut
beriringan pula dengan perkembangan pendidikan dari yang tradisional menjadi modern,
secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah
globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada
aspek teknologi informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada
pendidikan yang masih tradisional dulu dalam mendapatkan sumber ilmu hanya dari
buku, hal tersebut juga masih mempunyai kendala yaitu tidak semua orang bisa
mendapatkan buku yang harganya relative mahal. Perkembangan globalisasi dan
teknologi informasi memberikan tantangan besar bagi masyarakat, termasuk dalam
menjaga nilai-nilai luhur Pancasila. Mata kuliah Pendidikan Pancasila berperan penting
dalam membekali mahasiswa agar mampu menyikapi perkembangan IPTEK tanpa
kehilangan jati diri bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mata kuliah pengembangan
kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam merespons perkembangan
IPTEK.103 mahasiswa program studi Matematika Universitas Pancasakti Tegal. 40
mahasiswa diambil dengan metode cluster random sampling. Kuesioner berbasis skala
Likert untuk mengukur pengaruh dan sikap responden terhadap IPTEK. Menggunakan
analisis deskriptif dan regresi sederhana dengan software SPSS.Hasil Penelitian
Mayoritas responden memiliki sikap positif dalam menyikapi perkembangan IPTEK
dengan skor lebih dari 80. Mata kuliah Pancasila berpengaruh signifikan terhadap sikap
mahasiswa dalam menghadapi IPTEK (R² sebesar 28,2%). Artinya, 28,2% kemampuan
menyikapi IPTEK dipengaruhi oleh Pendidikan Pancasila, sisanya dipengaruhi oleh faktor
lain.
-Pendidikan Pancasila efektif dalam membentuk sikap mahasiswa yang bertanggung
jawab dan kritis terhadap perkembangan teknologi.
-Mahasiswa menunjukkan kesadaran untuk menggunakan teknologi dengan bijak, seperti
menyaring informasi dan menghindari konten negatif.Mahasiswa Harus memegang teguh nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi budaya
global.
Pemerintah dan Institusi Pendidikan*: Disarankan untuk memperkuat pembelajaran
Pancasila melalui pendekatan yang relevan dan kontemporer.
-Pemerintah Perlu meningkatkan kontrol terhadap informasi digital untuk melindungi
generasi muda dari dampak negatif.
Jurnal ini menekankan pentingnya Pendidikan Pancasila dalam menanamkan nilai-nilai
kebangsaan untuk menghadapi tantangan IPTEK, menjadikan mahasiswa lebih siap dan
selektif dalam memanfaatkan teknologi.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Gita Agiska Yustisiana Wati -
Nama : Gita Agiska Yustisiana Wati 
NPM: 2217011029

Pada jurnal "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi". Analisis yang di dapat yaitu sebagai berikut:

Dengan di latar belakangi:
Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan.Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses,
globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.

Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan manusia dengan segala
peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar tehadap dunia pendidikan.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah
negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang.

Dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap perkembangan IPTEK menunjukkan bahwa mahasiswa menyikapi perkembangan IPTEK secara baik dan mahasiswa menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran, bisnis, dan menyaring informasi negatif.

Analisis regresi menunjukkan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mahasiswa menyikapi IPTEK.

Dan dapat di simpulkan bahwa Pendidikan Pancasila berkontribusi pada penguatan kepribadian mahasiswa dalam menghadapi tantangan IPTEK. Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan mahasiswa untuk bersikap selektif terhadap budaya asing dan informasi negatif dan Teknologi dimanfaatkan mahasiswa untuk tujuan positif, tetapi memerlukan penyaringan agar tidak berdampak buruk terhadap budaya dan nilai bangsa.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Rana Delfina -
NAMA : RANA DELFINA
NPM : 2217011037
MATKUL : PANCASILA
Globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi
informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia. Proses globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi.Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar luas ke seluruh dunia.
Ilmu Pengetahuan dan teknologi (Iptek) selalu menjadi bagian terpenting dalam mendorong perkembangan sebuah negara. Laju perkembangan iptek tersebut semakin hari semakin pesat perkembangannya disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang juga semakin berkembang di berbagai bidang.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara umum responden dalam penelitian ini dapat menyikapi perkembangan Iptek dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada indikatornya hasil kuisioner dengan skor di atas 80. menurut responden Kemajuan teknologi saat ini harus digunakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Perkembangan Iptek yang ada dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar, untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang bidang perdagangan. Responden dalam peenelitian ini akan melakukan penyaringan terhadap semua informasi yang masuk melalui media sosial, memblokir teman atau situs yang sering menampilkan konten pornografi dan kekerasan di media sosial dan menggunakan bahasa yang santun saat berkomentar terhadap suatu peristiwa baik di media online maupun di sosial media.
Kita mahasiswa sebagai generasi muda sebaiknya menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan perkembangan Iptek, serta bisa menyeleksi pengaruh buruk kebudayaan baru, sehingga budaya yang masuk tidak merugikan dan berdampak negatif kepada bangsa indonesia dan harus tetap berpegang teguh. Dan memberikan edukasi seperti seminar ataupun video pembelajaran untuk masyarakat supaya meminimalisir dampak IPTEK bagi masyarakat luas.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Abidah Ardelia -
Abidah Ardelia
2217011020

Jurnal ini memberikan analisis mendalam mengenai relevansi mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam membekali mahasiswa menghadapi tantangan perkembangan IPTEK. Penelitian ini berhasil menunjukkan hubungan signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dan kemampuan mahasiswa menyikapi perkembangan teknologi, meskipun pengaruh langsungnya hanya 28,2%. Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan karakter berbasis ideologi nasional masih memiliki dampak positif, tetapi perlu ditingkatkan dengan pendekatan yang lebih terintegrasi. Di sisi lain, temuan juga menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum sudah mampu menggunakan teknologi secara bertanggung jawab, seperti memanfaatkan internet untuk pembelajaran dan menyaring informasi negatif di media sosial. Namun, adanya faktor luar yang lebih dominan (71,8%) menunjukkan bahwa pengaruh globalisasi dan teknologi tetap menjadi tantangan besar dalam menjaga nilai-nilai Pancasila. Secara keseluruhan, jurnal ini memberikan wawasan bahwa mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila tetap relevan, tetapi membutuhkan pengemasan materi dan metode yang lebih inovatif agar mampu bersaing dengan arus modernisasi dan globalisasi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa generasi muda tetap memiliki karakter yang kuat dalam menyikapi perubahan zaman.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Aqila Salsabila -

Nama : Aqila Salsabila 

NPM : 2217011016 

MK : Pancasila 

Analisis Jurnal Penelitian berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" mengkaji pentingnya pendidikan Pancasila di era globalisasi, yang ditandai oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Globalisasi membawa dampak besar, baik positif maupun negatif, terutama pada generasi muda seperti mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah pengembangan kepribadian Pancasila terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan regresi, penelitian ini melibatkan 40 responden yang dipilih melalui proportional cluster random sampling. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki kepribadian yang baik berdasarkan nilai Pancasila, terbukti dari skor kuesioner yang tinggi (di atas 80). Analisis regresi mengungkapkan pengaruh signifikan mata kuliah ini terhadap sikap mahasiswa dalam menyikapi perkembangan IPTEK, dengan kontribusi sebesar 28,2% terhadap variabel dependen, sedangkan 71,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. 

 Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Pancasila berperan penting dalam membentuk sikap positif mahasiswa dalam menghadapi tantangan globalisasi. Oleh karena itu, disarankan agar pemerintah dan institusi pendidikan terus mengemas pembelajaran Pancasila dengan cara yang relevan dan menarik. Mahasiswa juga diharapkan tetap menjaga nilai-nilai luhur Pancasila dan mampu menyaring pengaruh negatif teknologi, agar budaya bangsa tidak tergeser oleh budaya asing. Pemerintah juga perlu meningkatkan pengawasan terhadap arus informasi, khususnya melalui internet, untuk meminimalkan dampak buruk globalisasi

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Nissa Fadila -

Nama: Nissa Fadila 

NPM : 2217011169

Kelas: D


Tugas Pendidikan Pancasila Pertemuan 13 (Analisis Jurnal)


Berdasarkan analisis jurnal yang berjudul "Pengaruh Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila dalam Menyikapi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" oleh Mursyidah Dwi Hartati dkk., perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia, termasuk masyarakat Indonesia. Dalam konteks ini, Pancasila memiliki peran penting sebagai pedoman moral dan etika dalam menyikapi perkembangan tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengembangan Kepribadian Pancasila memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi tantangan IPTEK, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa.


Mahasiswa dituntut untuk bijak memanfaatkan IPTEK, seperti untuk mendukung proses belajar dan aktivitas produktif lainnya, sembari menyaring pengaruh negatif dari budaya asing yang bertentangan dengan nilai luhur Pancasila. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pendidikan Pancasila mampu membentuk sikap mahasiswa yang jujur, toleran, dan bertanggung jawab. Nilai-nilai ini penting untuk memastikan bahwa kemajuan IPTEK tidak hanya menghasilkan manfaat material, tetapi juga selaras dengan budaya dan moral bangsa Indonesia.


Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari pendidikan Pancasila terhadap kemampuan menyikapi IPTEK, meskipun faktor lain di luar penelitian ini juga turut berperan. Oleh karena itu, penting untuk terus mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan tinggi, sehingga generasi muda mampu memanfaatkan IPTEK untuk kemajuan bangsa tanpa kehilangan identitas budaya dan moral yang telah diwariskan.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh vika oktaria -
Nama: Vika Oktaria
NPM: 2217011092
Review Jurnal

Perkembangan teknologi hingga saat ini semakin pesat, hal itu tentunya memberikan dampak yang begitu besar terhadap dunia pendidikan khususnya masyarakat dan budaya Indonesia. Akibat atau dampak yang ditimbulkan melalui perkembangan teknologi ini tentunya memberikan hal yang positif maupun negatif. Dampak baik atau buruk yang diperoleh dari perkembangan teknologi sekarang ini bergantung pada bagaimana masyarakat menggunakan dengan bijak perkembangan teknologi khususnya bagaimana pemanfaatan teknologi ini dalam bidang pendidikan. Tentunya perkembangan teknologi ini tidak akan bisa terlepas dari Pancasila sebagai dasar atau arah kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Adanya penyelenggaraan pendidikan Pancasila di perguruan tinggi terhadap mahasiswa ditujukan untuk memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui nilai-nilai dasar Pancasila, memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, membimbing untuk mendapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai keutuhan kemanusiaan, dan kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa. Perkembangan IPTEK yang semakin hari semakin pesat disebabkan adanya tuntutan dan kebutuhan manusia yang semakin berkembang di berbagai bidang. Berdasarkan analisis atau penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil kuesioner dengan skor di atas 80 mahasiswa menyatakan bahwa dengan mempunyai sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, perlu mempunyai toleransi yang tinggi yang akan adanya perbedaan ras dan agama serta perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang Pancasila sehingga hal tersebut sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat yang harus ditetapkan sejak dini. Oleh karena itu perkembangan teknologi harus dimanfaatkan untuk mempermudah proses belajar dan berbagai aktivitas lainnya contohnya dalam transaksi dan bisnis pada bidang perdagangan. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa sangat perlu untuk menyeleksi bagaimana penggunaan teknologi yang benar atau dapat menyaring halhal buruk dari kebudayaan yang baru masuk sehingga tidak memberikan dampak buruk kepada budaya lama yang sudah ada sejak awal. Dampak baik atau buruk yang dihasilkan itu tergantung bagaimana kita masyarakat menggunakan atau memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada hingga saat ini.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Jurnal

oleh Yolanda Azyra Febra -
Nama : Yolanda Azyra Febra
NPM : 2217011144

Analisis mengenai hubungan antara hukum dan etika dalam konteks politik hukum di Indonesia menunjukkan bahwa pencapaian tujuan negara, sebagaimana diatur dalam UUD 1945, harus dirumuskan dan disepakati oleh seluruh elemen bangsa. Proses ini dikenal sebagai politik hukum, yang mencakup kegiatan legislasi sebagai langkah akhir dari kebijakan publik. Dalam hal ini, etika terapan berperan penting karena memberikan panduan moral dalam perilaku manusia dalam konteks negara. Dengan demikian, hubungan antara hukum dan etika menjadi krusial untuk memastikan bahwa hukum yang dibentuk tidak hanya sah secara legal tetapi juga mencerminkan nilai-nilai moral yang diharapkan oleh masyarakat.
Lebih lanjut, analisis ini mengidentifikasi tiga dimensi utama yang menggambarkan hubungan antara hukum dan etika: substansi dan wadah, luasnya hubungan, serta motivasi individu untuk mematuhi atau melanggar norma-norma tersebut. Dimensi substansi dan wadah menunjukkan bagaimana hukum dapat berfungsi sebagai alat untuk mengatur perilaku sosial, sementara dimensi luasnya hubungan menyoroti interaksi kompleks antara berbagai kepentingan politik dalam proses legislasi. Motivasi individu untuk mematuhi atau melanggar hukum sering kali dipengaruhi oleh nilai-nilai etika yang ada dalam masyarakat, yang dapat bervariasi tergantung pada konteks budaya dan sosial.
Akhirnya, dinamika politik hukum di Indonesia sering kali dipengaruhi oleh kekuatan politik yang beragam, di mana proses pembuatan hukum tidak lepas dari pertarungan kepentingan antar partai politik. Hal ini menciptakan tantangan bagi integritas sistem hukum, karena keputusan akhir sering kali ditentukan oleh dominasi politik daripada pertimbangan etis. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang etika dalam pembuatan kebijakan agar hukum yang dihasilkan dapat mencerminkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Keterlibatan semua elemen bangsa dalam proses ini akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan negara yang adil dan berkeadilan.