Posts made by ADE RAHMA PUTRI 2213031029

EC0MMERCE A2526 -> Summary journal

by ADE RAHMA PUTRI 2213031029 -
Nama : Ade Rahma Putri
NPM : 2213031029

Klasifikasi Jenis-Jenis E-Commerce Di Indonesia
Keberhasilan dalam e-commerce atau perdagangan elektronik salah satunya dapat dilihat dari dimensi keberhasilan sistem informasinya, terdapat enal dimensi yang dapat diterapkan juga pada lingkungan e-commerce yaitu:
1. Kualitas Sistem dalam lingkungan Internet
2. Kualitas Informasi dalam menangkap isu konten e-commerce
3. Kualitas layanan.
4. Penggunaan. Diukur dari kunjungan ke situs web dan navigasi dalam situs
5. Kepuasan Pengguna
6. Manfaat
Selanjutnya dapat dilihat dari bentuk-bentuk interaksi antara para pelaku bisnis, yaitu:
1. B2B (Business to Business) antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya
2. B2C (Business to Consumer) antara pelaku bisnis atau produsen dengan konsumen
3. C2C (Consumer to Consumer) antara konsumen dengan konsumen lainnya
4. C2B (Consumer to Business) antara konsumen dengan bisnis
5. B2G (Busines to Government) antara pelaku bisnis dengan pemerintah
6. G2C (Government to Consumer) interaksi antara pemerintah dengan konsumen atau masyarakat.
Klasifikasi jenis-jenis E-commerce merupakan gabungan karakteristik masyarakat Indonesia dengan jenis-jenis interaksi bisnis, yaitu:
1. Jenis Website, Listing / iklan baris semua orang dapat menggunakan secara gratis(OLX, berniaga.com) interaksinya B2B dan C2C.
2. Jenis Website, Online Marketplace (tokopedia.com, bukalapak.com, shoppe, tiktokshop) interaksinya C2C.
3. Jenis Website, Shopping Mall (blibli.com, zalora.com) interaksinya B2B dan B2C/
4. Jenis Website, Toko Online (lazada.com, bhinneka.com) interaksinya B2C
5. Jenis Website, Toko online di media sosial (Instagram, WhatsApp, Twitter, dan Facebook) interaksinya C2C.
6. Jenis Website, Jenis-Jenis website crowdsourcing dan crowdfunding (kitabisa.com, wujudkan.com) interaksinya C2B.

EC0MMERCE A2526 -> Tugas Individu

by ADE RAHMA PUTRI 2213031029 -
Ade Rahma Putri
2213031029

Strategi digital marketing untuk produk “lumpia ubi ungu” yang akan digunakan, sebagai berikut:
1. Identitas/Branding
Saya akan membuat logo dengan warna ungu khas ubi ungu dengan tagline yang menarik “lumer dalam setiap gigitan”. Berfokus pada citra produk yang modern dan tentunya aesthetic untuk menarik customer.
2. Konten Media Sosial (Instagram, Whatsapp, dan Tiktok)
Membuat konten berbentuk video singkat atau reels yang menampilkan produk lumpia yang lumer saat digigit dengan pencahayaan yang aesthetic. Mengunggah secara konsisten 3–4 kali per minggu.
3. Starategi SEO & Marketplace
Optimalkan deskripsi produk di marketplace (Shopee dan Tiktok) dengan kata kunci seperti “lumpia ubi ungu lumer”, “cemilan kekinian”, “cemilan viral”. Cantumkan foto produk berkualitas tinggi, ulasan pelanggan, dan promosi waktu terbatas.
4. Evaluasi
Pantau performa postingan, waktu tayang terbaik, dan umpan balik pelanggan untuk memperbaiki konten dan strategi promosi selanjutnya.