Nama : Ade Rahma Putri
NPM : 2213031029
Klasifikasi Jenis-Jenis E-Commerce Di Indonesia
Keberhasilan dalam e-commerce atau perdagangan elektronik salah satunya dapat dilihat dari dimensi keberhasilan sistem informasinya, terdapat enal dimensi yang dapat diterapkan juga pada lingkungan e-commerce yaitu:
1. Kualitas Sistem dalam lingkungan Internet
2. Kualitas Informasi dalam menangkap isu konten e-commerce
3. Kualitas layanan.
4. Penggunaan. Diukur dari kunjungan ke situs web dan navigasi dalam situs
5. Kepuasan Pengguna
6. Manfaat
Selanjutnya dapat dilihat dari bentuk-bentuk interaksi antara para pelaku bisnis, yaitu:
1. B2B (Business to Business) antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya
2. B2C (Business to Consumer) antara pelaku bisnis atau produsen dengan konsumen
3. C2C (Consumer to Consumer) antara konsumen dengan konsumen lainnya
4. C2B (Consumer to Business) antara konsumen dengan bisnis
5. B2G (Busines to Government) antara pelaku bisnis dengan pemerintah
6. G2C (Government to Consumer) interaksi antara pemerintah dengan konsumen atau masyarakat.
Klasifikasi jenis-jenis E-commerce merupakan gabungan karakteristik masyarakat Indonesia dengan jenis-jenis interaksi bisnis, yaitu:
1. Jenis Website, Listing / iklan baris semua orang dapat menggunakan secara gratis(OLX, berniaga.com) interaksinya B2B dan C2C.
2. Jenis Website, Online Marketplace (tokopedia.com, bukalapak.com, shoppe, tiktokshop) interaksinya C2C.
3. Jenis Website, Shopping Mall (blibli.com, zalora.com) interaksinya B2B dan B2C/
4. Jenis Website, Toko Online (lazada.com, bhinneka.com) interaksinya B2C
5. Jenis Website, Toko online di media sosial (Instagram, WhatsApp, Twitter, dan Facebook) interaksinya C2C.
6. Jenis Website, Jenis-Jenis website crowdsourcing dan crowdfunding (kitabisa.com, wujudkan.com) interaksinya C2B.