Posts made by Desta Bulan Cahyarani_ 2218011023

Nama : Desta Bulan Cahyarani
NPM : 2218011023

PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT ILMU DAN IMPLIKASI TERHADAP PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Pancasila sebagai filsafat ilmu berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai landasan dalam proses berpengetahuan. Pancasila digunakan sebagai dasar dalam melakukan pemikiran yang sedalam-dalamnya, sehingga ilmu tidak sekedar dikembangkan untuk mencari kebenaran dan keingintahuan, namun juga mampu mewujudkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mendasarkan pada pancasila sebagai filsafat ilmu, maka pengembangan ilmu mampu memberikan kebahagiaan kepada manusia secara lahir batin tidak hanya di dunia, namun juga di akhirat. Selain itu, dengan pancasila, maka masyarakat mampu menyelesaikan permasalahan secara rasional dengan argumentasi dan wawasan yang universal, serta kritis.

Implikasi sila-sila dalam Pengembangan IPTEK

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Makna dari Ketuhanan Yang Maha Esa sendiri yakni adanya keyakinan terhadap Tuhan YME sebagai pencipta alam semesta. dengan ini, maka pengembangan Ilmu pengetahuan harus sesuai dengan nilai ketuhanan yang religius. Sebab manusia sesuai dengan sila ke-1 harus menjadi makhluk yang religius. Dengan demikian, manusia menyadari batas kemampuannya dalam berpikir dan hal-hal di luar batas kemampuan berpikir manusia dikembalikan pada ajaran dari Tuhan. Hal ini menyebabkan terjadinya keseimbangan antara rasional dan irasional dalam pengembangan ilmu di Indonesia. yang berarti pula bahwa manusia tidak menjadi pusat pengembangan pengetahuan, namun Tuhan dan alam semesta yang diciptakan oleh Tuhan.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Makna dari kemanusiaan yakni manusia merupakan makhluk yang memiliki akal sehingga memiliki martabat. Mochtar dalam (Syarifuddin, 2018) menyatakan bahwa kemanusiaan mengandung 3 artian, yakni pengakuan terhadap hak dan kewajiban asasi manusia, keadilan bagi manusia, alam, dan Tuhan, dan terakhir manusia sebagai makhluk yang berbudaya karena adanya cipta, rasa, karsa, dan keyakinan. Implikasi dari sila ke-2 Pancasila dalam pengembangan ilmu ini yakni memberikan pedoman atau arah dalam pengembangan pendidikan. Dengan ini, maka pengembangan ilmu pengetahuan berfungsi memanusiakan manusia dan mewujudkan keadilan sesuai dengan dasar moralitas manusia. Pengembangan IPTEK juga harus dilakukan dengan proses yang beradab dan bermoral, bukan sebaliknya yang mampu merendahkan martabat manusia lain dan hanya menguntungkan kelompok tertentu saja.

3. Persatuan Indonesia
Persatuan bermakna bahwa terjadinya kesatuan dalam keberagaman, tanpa terpecah belah, dan mewujudkan tujuan nasional. Implikasi dari sila ke-3 Pancasila ini yakni pengembangan IPTEK harus didasari sebagai bentuk upaya memelihara persatuan dan kesatuan, serta mewujudkan tujuan nasional. Dengan demikian, pengembangan IPTEK dikembangkan dengan kesadaran atas nasionalisme bangsa, sehingga terpelihara persatuan bangsa.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Kerakyatan sebagai unsur dari sila ke-4 Pancasila berkaitan dengan menempatkan rakyat dalam kekuasaan tertinggi. Sementara Permusyawaratan perwakilan berkaitan dengan ciri khas atau karakteristik bangsa dalam melaksanakan perwakilan atau penyaluran kehendak rakyat oleh wakil rakyat. karakteristik Indonesia dalam mengambil keputusan sendiri adalah berdasarkan kebulatan pendapat/mufakat. Implikasi dari pengembangan pengetahuan berdasarkan sila ke-4 yakni pengembangan ilmu pengetahuan dilakukan secara demokratis. Pengembangan IPTEK dilakukan dengan memperhatikan kebebasan orang lain. selain itu, juga terbuka atas pendapat masyarakat, termasuk kritik dan saran dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan kritikan dan saran ini, maka dilakukan uji kembali dengan penemuan, penelitian, dan teori yang ada.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Makna dari keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yakni setiap warga negara mampu memperoleh persamaan perlakuan dalam berbagai bidang kehidupan, baik itu politik, ekonomi, hukum, sosial, dan kebudayaan. Implikasi dari sila ke-5 ini adalah pengembangan IPTEK harus mampu menjaga keseimbangan dalam kehidupan manusia. Keseimbangan dalam hal ini merujuk pada keseimbangan keadilan terhadap diri sendiri, manusia dengan sesamanya, dan manusia dengan Tuhan. Selain itu, berusaha mewujudkan keadilan sosial itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Yang berarti bahwa pengembangan IPTEK juga berusaha untuk mensejahterakan umat manusia.
Dari paparan di atas, maka dapat diketahui bahwa kesimpulan dari pancasila sebagai filsafat ilmu dan implikasi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah pengembangan pengetahuan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai Pancasila dapat mewujudkan perubahan yang positif terhadap kehidupan bangsa, yakni kesejahteraan, ketertiban, dan keseimbangan antara manusia dengan manusia lain, termasuk pula manusia dengan Tuhan.
Nama : Desta Bulan Cahyarani
NPM : 2218011023

A. Pancasila sangat penting sebagai paradigma ilmu bagi tiap-tiap disiplin ilmu, termasuk pula dalam pendidikan kedokteran. Setiap sila Pancasila harus menjadi landasan dalam pengemabngan ilmu tersebut. Pancasila sila pertama memberikan arah bahwa pengembangan ilmu dalam bidang kedokteran harus sesuai dengan nilai religius, sehingga tidak bertentangan dengan ajaran agama dan kepercayaan. Kemudian, sila ke 2 Pancasila memberikan arah bahwa pengembangan ilmu kedokteran harus bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat manusia, sehingga tidak boleh melanggar HAM atau merendahkan martabat manusia lain. sila ke 3 memberikan arah bahwa pengembangan ilmu kedokteran harus bertujuan untuk mewujudkan cita dan tujuan nasional sehingga mampu mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. berdasarkan sila ke 4, maka pengembangan ilmu kedokteran menjunjung tinggi demokrasi dengan menghargai perbedaan pendapat, serta kritik dan saran dalam pengembangan ilmu. Terakhir, sesuai sila ke 5 Pancasila pengembangan ilmu kedokteran berusaha untuk mewujudkan keadilan sosial, termasuk keadilan dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum.
Dalam prosesnya di tengah persaingan global, tetap harus sesuai dengan nilai Pancasila, seperti tidak mencontek hanya untuk memperoleh nilai bagus, padahal perbuatan tersebut bertentangan dengan nilai kejujuran yang merupakan unsur dari nilai religius. Begitu juga dalam tindakan-tindakan lain dalam pengembangan ilmu kedokteran. Sikap ini dilaksanakan dalam menempuh pendidikan saat ini, hingga nanti saat telah menempuh profesi. Justru ilmu yang diperoleh, digunakan untuk membantu masyarakat yang sesuai dengan Pancasila, seperti turut serta dalam pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. tindakan ini sesuai dengan Pancasila dan juga memberikan pengalaman kepada diri sendiri yang menjadi nilai tambah dalam ketatnya persaingan global.

B. Mengenai model pemimpin, warga negara dan ilmuwan yang Pancasilais di Indonesia sekarang dan di masa mendatang diharapkan mampu terus menunjukkan sikap yang Pancasilais sehingga dapat menunjang pembangunan bangsa di banyaknya penyimpangan Pancasila yang terjadi. model pemimpin yang tidak korupsi dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan sehingga mampu menata dan dicontoh oleh masyarakat. warga negara yang patuh terhadap hukum dan menyadari kewajibannya sebagai warga negara untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan berpartisipasi dalam mensukseskan kebijakan, baik kebijakan di tingkat pusat maupun daerah. Kemudian ilmuwan yang mampu menunjukkan sikap bela negara dalam pelaksanaan profesinya, sehingga pelaksanaan profesinya itu dilaksanakan secara profesional dan mendukung pembangunan. Ilmuwan diharapkan mampu mengembangkan inovasi yang dipergunakan untuk kesejahteraan bersama, contohnya saja pengembangan teknologi kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.
Nama : Desta Bulan Cahyarani
NPM : 2218011023

A. Tanggapan saya terhadap berita tersebut adalah bahwa hoax tersebut merupakan bentuk permasalahan sosial yang dapat mengganggu kesatuan bangsa. sebab hoax dapat menimbulkan konflik di masyarakat, termasuk hoax di bidang politik. Hoax dibidang politik dapat menyebabkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan terpilihnya pihak yang justru menyebarkan hoax. Hal ini tentu menyebabkan permasalahan lain nantinya, karena yang terpilih dengan cara ini merupakan orang yang tidak jujur dan kurang bermoral. Solusi atas permasalahan ini adalah menghimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan ulang atas informasi yang disebarkan di internet. Selain itu, memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan etika dalam kehidupan di internet dan pentingnya patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku berkenaan dengan penggunaan internet dan ada sanksi atas pelanggaran aturan tersebut. kemudian, untuk pemerintah senantiasa melakukan pemblokiran terhadap akun penyebar hoax dan melakukan klarifikasi atas hoax yang menyebar di masyarakat, sehingga tidak selamanya hoax tersebut dipercayai.

B. hasil dari pengembangan IPTEK yang disalahgunakan sehingga tidak sesuai dengan Pancasila banyak terjadi saat ini, utamanya di media sosial. terlihat banyak penyebaran hoax yang menyebabkan perpecahan di mana hal ini bertentangan dengan sila ke 3 Pancasila. kemudian banyak nilai-nilai yang tidak sesuai dengan Pancasila muncul sebagai konten di media sosial, seperti penggunaan pakaian yang bertentangan dengan ketentuan agama, kemudian pornografi dan prostitusi yang bertentangan dengan kesusilaan yang merendahkan martabat Pancasila sehingga tidak sesuai dengan sila ke 2 Pancasila. selain itu, juga marak cyber bullying, doxing, penipuan, dsb. atas permasalahan tersebut, saya menyarankan agar perlu dikembangkan etika Pancasila sebagai sistem etika. Yang berarti perlu untuk memperkuat karakter yang sesuai dengan Pancasila untuk menangkal hal negatif dari penyalahgunaan hasil perkembangan IPTEK tersebut. dalam pelaksanaannya, diperlukan berbagai peran. Peran yang pertama harus dimulai dari keluarga dimana keluarga harus mampu memperkuat pendidikan karakter melalui agama dan etika yang diajarkan sejak dini. Kemudian perlu peranan dari tenaga pendidik melalui pembelajaran dari kurikulum pendidikan, seperti mengefektifkan pendidikan agama dan pendidikan kewarganegaraan, serta pendidikan Pancasila.

C. Jurusan yang saya tempuh adalah Pendidikan Kedokteran. Salah satu yang saya pelajari adalah mengenai pola hidup sehat dengan memilih makanan yang memiliki kadar gizi sesuai untuk tubuh. Ilmu yang saya pelajari ini saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan secara tidak langsung berguna untuk menangkal konsumerisme. Sebab saya tidak membeli makanan-makanan mahal atau sangat banyak hingga mubazir karena tidak sehat untuk tubuh. Kebanyakan makanan tidak sehat yang menyebabkan perilaku konsumerisme tersebut berasal dari franchise luar yang merupakan hasil perkembangan teknologi negara lain. Justru saya memilih produk lokal yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi lokal. ilmu yang saya pelajari ini juga saya bagikan terhadap orang-orang di sekitar saya. Tidak hanya mengenai pola makan, namun juga mengenai pola hidup sehat lain, seperti penggunaan smartphone, sepeda motor, dan barang hasil teknologi lain yang tidak sesuai dengan pola hidup sehat yang telah saya pelajari dalam menempuh pendidikan kedokteran.
Nama : Desta Bulan Cahyarani
NPM : 2218011023

ANALISIS VIDEO: PENGEBOMAN HIROSHIMA DAN NAGASAKI DI JEPANG, SERTA KAITANNYA DENGAN PERISTIWA PROKLAMASI.

Pengeboman kota Hiroshima Dan Nagasaki yang merupakan Kota di Jepang sangat berpengaruh terhadap Indonesia yang pada saat itu tengah dijajah oleh Jepang. Setelah peristiwa tersebut terjadi, bangsa Indonesia yang diwakili oleh Ir. Soekarno segera melangsungkan proklamasi kemerdekaan yang menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia atas penjajahan apapun. Proklamasi kemerdekaan dilakukan yang menandakan bahwa bangsa Indonesia bersatu untuk membentuk pemerintahan sendiri dan mengambil hak untuk menentukan nasib sendiri (right to self-determination) yang sesuai dengan hukum internasional. proklamasi kemerdekaan juga menjadi salah satu sumber hukum dari pendirian negara Indonesia oleh bangsa Indonesia. dengan ini, bangsa Indonesia menyatakan kepada dunia untuk membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan. Hal ini secara tegas dinyatakan dalam proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 tersebut bahwa ‘’bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia’’ kemudian mengenai pemindahan kekuasaan akan diselenggarakan dengan cara seksama dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. Yang berarti akan dilakukan pergantian kekuasaan sesuai dengan bangsa Indonesia, seperti Pancasila sebagai sumber hukum dan UUD 1945 sebagai konstitusi negara.

Belajar dari peristiwa bersejarah itu pula, maka generasi saat ini harus mampu mempertahankan kemerdekaan bangsa. sebab kemerdekaan negara Indonesia dilakukan dengan penuh perjuangan untuk terbebas dari penjajahan. Dengan ini, generasi saat ini perlu mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Kemudian tidak lupa untuk mengingat sejarah pahlawan bangsa sebagai motivasi mengisi kemerdekaan itu pula.
Nama : Desta Bulan Cahyarani
NPM : 2218011023

ANALISIS VIDEO: PENCEMARAN LIMBAH

Salah satu HAM penting dan baru diatur setelah dilakukan amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945 adalah hak mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat. Hak ini dijamin dalam Pasal 28H Ayat 1 UUD NRI Tahun 1945 dan merupakan hasil dari penjabaran sila ke 2 Pancasila. Jimly Asshiddiqie menyatakan bahwa konsekuensi pengaturan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah norma lingkungan hidup telah mengalami konstitusionalitas. Yang berarti bahwa norma lingkungan hidup menjadi materi dalam hukum tertinggi. Dengan ini, Jimly Asshiddiqie berpendapat bahwa keseluruhan kebijakan dan tindakan pemerintah harus sesuai dan tidak boleh melanggar hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Dalam kasus tersebut, pemerintah dapat dikatakan telah melanggar hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat masyarakat. sebab pada dasarnya pemerintah berkewajiban melakukan pengawasan terhadap kegiatan usaha yang ada dalam lingkup pemerintahannya sehingga tidak merugikan masyarakat. dalam peristiwa tersebut, perlu dilakukan penegakan hukum administratif dengan memberikan sanksi paksaan pemerintah, seperti untuk memerintahkan kegiatan usaha untuk menghentikan kegiatan usaha hingga telah melengkapi prosedur sesuai UU No. 32 Tahun 2009, termasuk mengenai pengelolaan limbah B3. Selain itu, dapat dikenakan pidana dan pidana tambahan berupa penjatuhan sanksi untuk melakukan pemulihan kerusakan yang telah diakibatkan oleh pelaku usaha/kegiatan usaha tersebut.

Tindakan masyarakat yang melakukan penutupan terhadap pembuangan limbah B3 tersebut telah benar, karena dalam hal ini pemerintah memang telah lalai melakukan pengawasan. Dengan melakukan penutupan sendiri, maka pelanggaran hak atas lingkungan hidup tersebut langsung tertangani dan tidak menyebabkan kerusakan lingkungan yang lebih jauh lagi.