Posts made by Mawar Febi Tri Nasti 2253053013

EP246B -> Diskusi 3

by Mawar Febi Tri Nasti 2253053013 -
NAMA : MAWAR FEBI TRI NASTI
NPM : 2253053013

Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam tiga tahap, pertama sebelum belajar untuk mengetahui kesiapan dalam belajar, kedua saat belajar untuk memantau pemahaman serta sejauh mana ia memahami materi yang sedang dipelajari, dan terakhir setelah belajar untuk mengukur hasil belajar serta perbaikan agar proses belajar ke depan lebih optimal .
Nama : Mawar Febi Tri Nasti
NPM : 2253053013

Izin menjawab pertanyaan dari Muthia Az-Zahrah
Jawabannya yaitu :
Sebagai calon guru, untuk melibatkan siswa yang mengalami kesulitan atau kurang tertarik dalam pembelajaran multiliterasi saintifik, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Identifikasi kebutuhan dan kesulitan siswa: Pahami apa yang menyebabkan siswa kesulitan atau kurang tertarik. Apakah masalahnya terkait dengan materi, metode pembelajaran, atau minat pribadi siswa?

2. Gunakan pendekatan personalisasi: Sesuaikan materi atau metode pembelajaran dengan gaya belajar dan minat siswa. Misalnya, gunakan media visual, audio, atau aktivitas yang lebih praktis agar lebih menarik bagi siswa.

3. Berikan tantangan kecil: Mulailah dengan memberikan tugas yang tidak terlalu sulit, tetapi cukup menantang. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan membantu mereka melihat bahwa mereka mampu memahami materi.

4. Libatkan aktivitas berbasis kolaborasi: Ajak siswa bekerja dalam kelompok kecil atau proyek bersama, sehingga mereka bisa belajar dari teman-temannya dan merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi.

5. Hubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari: Jelaskan bagaimana konsep saintifik berkaitan dengan hal-hal yang sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti lingkungan, teknologi, atau fenomena alam.

6. Dukung dan apresiasi usaha mereka: Berikan pujian atau pengakuan atas upaya yang mereka lakukan, bukan hanya hasilnya. Ini bisa meningkatkan motivasi mereka untuk terus mencoba.


Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa akan lebih merasa terlibat dan termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran multiliterasi saintifik.

Terimakasih.