Sebaiknya evaluasi dilakukan pada saat kapan?
Diskusi 3
NAMA : MAWAR FEBI TRI NASTI
NPM : 2253053013
Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam tiga tahap, pertama sebelum belajar untuk mengetahui kesiapan dalam belajar, kedua saat belajar untuk memantau pemahaman serta sejauh mana ia memahami materi yang sedang dipelajari, dan terakhir setelah belajar untuk mengukur hasil belajar serta perbaikan agar proses belajar ke depan lebih optimal .
NPM : 2253053013
Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam tiga tahap, pertama sebelum belajar untuk mengetahui kesiapan dalam belajar, kedua saat belajar untuk memantau pemahaman serta sejauh mana ia memahami materi yang sedang dipelajari, dan terakhir setelah belajar untuk mengukur hasil belajar serta perbaikan agar proses belajar ke depan lebih optimal .
Nama : Mutia Maulidya
NPM : 2213053059
Evaluasi sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan sepanjang proses pembelajaran. Ini meliputi evaluasi awal (diagnostik), evaluasi selama proses pembelajaran (formatif), dan evaluasi di akhir proses pembelajaran (sumatif). Evaluasi diagnostik dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik, evaluasi formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik, dan evaluasi sumatif dilakukan di akhir untuk menilai keseluruhan pencapaian pembelajaran.
NPM : 2213053059
Evaluasi sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan sepanjang proses pembelajaran. Ini meliputi evaluasi awal (diagnostik), evaluasi selama proses pembelajaran (formatif), dan evaluasi di akhir proses pembelajaran (sumatif). Evaluasi diagnostik dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik, evaluasi formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik, dan evaluasi sumatif dilakukan di akhir untuk menilai keseluruhan pencapaian pembelajaran.
Nama: Vika Janfira
NPM: 2213053040
Menurut saya, evaluasi dilakukan sebelum, selama, dan setelah pembelajaran. Evaluasi awal (diagnostik) dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Evaluasi formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau kemajuan dan memberikan umpan balik. Evaluasi sumatif dilakukan setelah pembelajaran untuk mengukur pencapaian akhir dan efektivitas metode yang digunakan.
NPM: 2213053040
Menurut saya, evaluasi dilakukan sebelum, selama, dan setelah pembelajaran. Evaluasi awal (diagnostik) dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Evaluasi formatif dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau kemajuan dan memberikan umpan balik. Evaluasi sumatif dilakukan setelah pembelajaran untuk mengukur pencapaian akhir dan efektivitas metode yang digunakan.
Nama = Putri Arisna
NPM = 2213053242
Waktu yang Tepat untuk Melakukan Evaluasi yaitu:
NPM = 2213053242
Waktu yang Tepat untuk Melakukan Evaluasi yaitu:
- Evaluasi Diagnostik: Dilakukan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan menyesuaikan strategi pengajaran.
- Evaluasi Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, misalnya melalui kuis, diskusi, atau tugas kecil, untuk memantau pemahaman siswa secara berkala.
- Evaluasi Sumatif: Dilakukan di akhir suatu periode pembelajaran, seperti setelah satu bab atau akhir semester, untuk menilai pencapaian siswa secara keseluruhan.
- Evaluasi Jangka Panjang: Dilakukan setelah beberapa waktu untuk melihat sejauh mana siswa masih mengingat dan menerapkan materi yang telah dipelajari.
Jadi, evaluasi sebaiknya dilakukan secara berkala dan disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan pembelajaran.
- Evaluasi Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, misalnya melalui kuis, diskusi, atau tugas kecil, untuk memantau pemahaman siswa secara berkala.
- Evaluasi Sumatif: Dilakukan di akhir suatu periode pembelajaran, seperti setelah satu bab atau akhir semester, untuk menilai pencapaian siswa secara keseluruhan.
- Evaluasi Jangka Panjang: Dilakukan setelah beberapa waktu untuk melihat sejauh mana siswa masih mengingat dan menerapkan materi yang telah dipelajari.
Jadi, evaluasi sebaiknya dilakukan secara berkala dan disesuaikan dengan tujuan serta kebutuhan pembelajaran.
Nama : Septi Nurmila Sari
Npm : 2253053004
Evaluasi sebaiknya dilakukan pada saat awal, selama, dan akhir program atau kegiatan.
Evaluasi pada awal
Evaluasi dilakukan pada tahap awal program, sebelum program berjalan atau baru dalam rencana.
Evaluasi pada tahap awal dapat membantu dalam perencanaan dan menentukan sistem evaluasi yang akan digunakan.
Evaluasi selama
Evaluasi dilakukan selama kegiatan berlangsung, misalnya pada penyelenggaraan pameran atau pertunjukan.
Evaluasi selama kegiatan berlangsung dapat membantu dalam melakukan perencanaan dan menentukan sistem evaluasi yang akan digunakan.
Evaluasi pada akhir
Evaluasi dilakukan pada akhir program atau kegiatan untuk koreksi.
Evaluasi pada akhir program atau kegiatan dapat membantu dalam menilai efisiensi, efektivitas, dan pencapaian program.
Evaluasi dapat dilakukan pada berbagai waktu dalam masa hidup program. Setiap waktu memberikan informasi penting yang dapat memperkuat atau meningkatkan suatu program
Npm : 2253053004
Evaluasi sebaiknya dilakukan pada saat awal, selama, dan akhir program atau kegiatan.
Evaluasi pada awal
Evaluasi dilakukan pada tahap awal program, sebelum program berjalan atau baru dalam rencana.
Evaluasi pada tahap awal dapat membantu dalam perencanaan dan menentukan sistem evaluasi yang akan digunakan.
Evaluasi selama
Evaluasi dilakukan selama kegiatan berlangsung, misalnya pada penyelenggaraan pameran atau pertunjukan.
Evaluasi selama kegiatan berlangsung dapat membantu dalam melakukan perencanaan dan menentukan sistem evaluasi yang akan digunakan.
Evaluasi pada akhir
Evaluasi dilakukan pada akhir program atau kegiatan untuk koreksi.
Evaluasi pada akhir program atau kegiatan dapat membantu dalam menilai efisiensi, efektivitas, dan pencapaian program.
Evaluasi dapat dilakukan pada berbagai waktu dalam masa hidup program. Setiap waktu memberikan informasi penting yang dapat memperkuat atau meningkatkan suatu program
Nama : Linda Agustina
NPM : 2213053120
Izin menjawab pertanyaan
Evaluasi sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan, yaitu sebelum, selama, dan setelah proses pembelajaran. Evaluasi awal dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, evaluasi proses dilakukan untuk memantau kemajuan siswa, dan evaluasi akhir dilakukan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian, evaluasi dapat membantu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Nama : Annisa Nur Haliza Salsabila
NPM : 2213053018
Evaluasi pembelajaran efektif pada saat sebelum belajar,untuk mengetahui kemampuan awal siswa agar guru bisa menyesuaikan cara mengajar.Saat belajar ,untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi dan memberikan bantuan jika diperlukan. Evaluasi juga perlu dilakukan pada saat setelah pembelajaran untuk menilai hasil belajar siswa dan melihat apakah metode yang digunakan sudah efektif.
Dengan adanya evaluasi proses belajar bisa lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan siswa
NPM : 2213053018
Evaluasi pembelajaran efektif pada saat sebelum belajar,untuk mengetahui kemampuan awal siswa agar guru bisa menyesuaikan cara mengajar.Saat belajar ,untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi dan memberikan bantuan jika diperlukan. Evaluasi juga perlu dilakukan pada saat setelah pembelajaran untuk menilai hasil belajar siswa dan melihat apakah metode yang digunakan sudah efektif.
Dengan adanya evaluasi proses belajar bisa lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan siswa
Nama : Choirunnisa Tasyania
Npm : 2213053049
evaluasi sebaiknya dilakukan beberapa tahap untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pembelajaran
-evaluasi awal bertujuan untuk mengukur pengetahuan awal siswa terhadap materi yang akan diajarkan
-evaluasi proses bertujuan untuk memantau perkembangan siswa dalam belajar
-evaluasi akhir bertujuan untuk mengukur pencapaian siswa setelah mempelajari seluruh materi
Npm : 2213053049
evaluasi sebaiknya dilakukan beberapa tahap untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pembelajaran
-evaluasi awal bertujuan untuk mengukur pengetahuan awal siswa terhadap materi yang akan diajarkan
-evaluasi proses bertujuan untuk memantau perkembangan siswa dalam belajar
-evaluasi akhir bertujuan untuk mengukur pencapaian siswa setelah mempelajari seluruh materi
Nama : Grechia Yayang Agustin
Npm : 2213053132
Evaluasi perlu dilakukan dalam beberapa tahap selama proses pembelajaran. Evaluasi diagnostik dilakukan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengukur pemahaman awal siswa terhadap materi yang akan dipelajari. Selama pembelajaran berlangsung, evaluasi formatif dapat diterapkan melalui kuis atau tugas kecil guna memantau perkembangan siswa. Sementara itu, evaluasi sumatif dilaksanakan di akhir pembelajaran, seperti dalam ujian tengah semester atau ujian akhir, dengan tujuan menilai pemahaman siswa secara menyeluruh.
Npm : 2213053132
Evaluasi perlu dilakukan dalam beberapa tahap selama proses pembelajaran. Evaluasi diagnostik dilakukan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengukur pemahaman awal siswa terhadap materi yang akan dipelajari. Selama pembelajaran berlangsung, evaluasi formatif dapat diterapkan melalui kuis atau tugas kecil guna memantau perkembangan siswa. Sementara itu, evaluasi sumatif dilaksanakan di akhir pembelajaran, seperti dalam ujian tengah semester atau ujian akhir, dengan tujuan menilai pemahaman siswa secara menyeluruh.
Nama : Isabela Dewantari
Npm. : 2213053206
Evaluasi sebaiknya dilakukan pada tiga tahap:
1. Evaluasi Awal (Pre-evaluasi): Dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui pengetahuan awal atau kesiapan siswa.
2. Evaluasi Proses (Formatif): Dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memastikan pemahaman siswa.
3. Evaluasi Akhir (Sumatif): Dilakukan setelah pembelajaran selesai untuk menilai pencapaian akhir siswa terhadap tujuan pembelajaran.
Npm. : 2213053206
Evaluasi sebaiknya dilakukan pada tiga tahap:
1. Evaluasi Awal (Pre-evaluasi): Dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui pengetahuan awal atau kesiapan siswa.
2. Evaluasi Proses (Formatif): Dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memastikan pemahaman siswa.
3. Evaluasi Akhir (Sumatif): Dilakukan setelah pembelajaran selesai untuk menilai pencapaian akhir siswa terhadap tujuan pembelajaran.
Nama : Ida Ayu Alit Diah PitaLoka
NPM : 2213053021
Saat awal kegiatan pembelajaran, saat kegiatan belajar dimulai, dan saat akhir proses pembelajaran.
NPM : 2213053021
Saat awal kegiatan pembelajaran, saat kegiatan belajar dimulai, dan saat akhir proses pembelajaran.
Nama : Hanum Fadilla Ningrum
NPM : 2213053016
Izin menjawab:
Evaluasi dilakukan dalam 3 tahap yaitu :
1.Evaluasi Awal (Pre-Test): Sebelum memulai materi baru, evaluasi awal dapat dilakukan untuk mengukur pengetahuan awal peserta didik tentang topik yang akan diajarkan.
2. Evaluasi Formatif (Selama Pembelajaran): Evaluasi formatif dilakukan secara berkala selama proses pembelajaran. Bentuknya bisa berupa kuis, diskusi, tugas harian, atau observasi.
3.Evaluasi Sumatif (Akhir Pembelajaran): Evaluasi sumatif dilakukan di akhir satuan pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir topik tertentu. Bentuknya bisa berupa ujian akhir dan proyek.
NPM : 2213053016
Izin menjawab:
Evaluasi dilakukan dalam 3 tahap yaitu :
1.Evaluasi Awal (Pre-Test): Sebelum memulai materi baru, evaluasi awal dapat dilakukan untuk mengukur pengetahuan awal peserta didik tentang topik yang akan diajarkan.
2. Evaluasi Formatif (Selama Pembelajaran): Evaluasi formatif dilakukan secara berkala selama proses pembelajaran. Bentuknya bisa berupa kuis, diskusi, tugas harian, atau observasi.
3.Evaluasi Sumatif (Akhir Pembelajaran): Evaluasi sumatif dilakukan di akhir satuan pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir topik tertentu. Bentuknya bisa berupa ujian akhir dan proyek.
Nama : Putri Lambang Purnaningsih
NPM :
Menurut saya, ada dua tahap evaluasi yang harus dilakukan yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, evaluasi formatif dilaksanakan pada saat selama proses pembelajaran sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan pada saat setelah pembelajaran selesai. Evaluasi formatif yaitu evaluasi yang meninjau apakah kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran sedangkan evaluasi sumatif yaitu evaluasi yang meninjau seberapa berhasil atas capaian tujuan pembelajaran dari kegiatan pembelajaran tersebut.
NPM :
Menurut saya, ada dua tahap evaluasi yang harus dilakukan yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, evaluasi formatif dilaksanakan pada saat selama proses pembelajaran sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan pada saat setelah pembelajaran selesai. Evaluasi formatif yaitu evaluasi yang meninjau apakah kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran sedangkan evaluasi sumatif yaitu evaluasi yang meninjau seberapa berhasil atas capaian tujuan pembelajaran dari kegiatan pembelajaran tersebut.
Nama : Andreas Leonardo Situmorang
NPM : 2213053154
Evaluasi sebaiknya dilakukan pada tahap akhir, baik saat setelah 1 pembelajaran, 1 hari, 1 semester, ataupun diakhir proses pembelajaran yang dilakukan, karna menurut saya lebih baik setelah, agar dapat mengetahui apa-apa saja yang belum sesuai diterapkan dalam proses pembelajaran yang kita lakukan
NPM : 2213053154
Evaluasi sebaiknya dilakukan pada tahap akhir, baik saat setelah 1 pembelajaran, 1 hari, 1 semester, ataupun diakhir proses pembelajaran yang dilakukan, karna menurut saya lebih baik setelah, agar dapat mengetahui apa-apa saja yang belum sesuai diterapkan dalam proses pembelajaran yang kita lakukan
Nama : Dewi Cahyo Ningsih
Npm 2213053248
sebaiknya evaluasi di lakukan saat
1. proses perencanaan
guru dapat melihat mengevaluasi terlebih dahulu kondisi serta hal apa saja yang perlu diperbaiki sejauh mana kemampuan siswa
2. pelaksanaan
dalam tahap ini evaluasi di dalukan selama proses pembelajaran berlangsung guru dapat melihat unpan balik siswa dan kemajuan siswa dalam pembelajaran
3. dan akhir pelaksanaan
evaluasi ini di lakukan untuk mengukur sejauh mana hasil dari proses pembelajaran yang di lakukan siswa, pemahaman serta mengetahui keefektifan guru dalam mengajar
Npm 2213053248
sebaiknya evaluasi di lakukan saat
1. proses perencanaan
guru dapat melihat mengevaluasi terlebih dahulu kondisi serta hal apa saja yang perlu diperbaiki sejauh mana kemampuan siswa
2. pelaksanaan
dalam tahap ini evaluasi di dalukan selama proses pembelajaran berlangsung guru dapat melihat unpan balik siswa dan kemajuan siswa dalam pembelajaran
3. dan akhir pelaksanaan
evaluasi ini di lakukan untuk mengukur sejauh mana hasil dari proses pembelajaran yang di lakukan siswa, pemahaman serta mengetahui keefektifan guru dalam mengajar
Nama : Alivia Cahya Kusworo
NPM : 2213053053
Evaluasi dilakukan pada beberapa tahap yaitu evaluasi awal dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik, evaluasi proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk melihat perkembangan belajar peserta didik, evaluasi akhir dilakukan setelah pembelajaran selesai untuk mengukur hasil belajar secara keseluruhan.
NPM : 2213053053
Evaluasi dilakukan pada beberapa tahap yaitu evaluasi awal dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik, evaluasi proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk melihat perkembangan belajar peserta didik, evaluasi akhir dilakukan setelah pembelajaran selesai untuk mengukur hasil belajar secara keseluruhan.
Nama: Jesica Agustina Yusman
NPM: 2263053003
Izin menjawab:
Sebaiknya evaluasi dilakukan pada saat
1. Di awal belajar (evaluasi diagnostik): Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan memahami apa yang mereka sudah tahu atau belum tahu.
2. Selama proses belajar (evaluasi formatif): Dilakukan di tengah-tengah pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memastikan proses belajar berjalan lancar.
3. Di akhir belajar (evaluasi sumatif): Dilakukan setelah selesai pembelajaran untuk menilai hasil belajar secara keseluruhan.
NPM: 2263053003
Izin menjawab:
Sebaiknya evaluasi dilakukan pada saat
1. Di awal belajar (evaluasi diagnostik): Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan memahami apa yang mereka sudah tahu atau belum tahu.
2. Selama proses belajar (evaluasi formatif): Dilakukan di tengah-tengah pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memastikan proses belajar berjalan lancar.
3. Di akhir belajar (evaluasi sumatif): Dilakukan setelah selesai pembelajaran untuk menilai hasil belajar secara keseluruhan.
Nama : Muthia Az-Zahrah
NPM : 2213053281
Evaluasi bisa dilakukan dalam 3 tahap/waktu.
1) Formatif, yaitu penilaian ini dilakukan saat proses pembelajaran yang sedang berjalan. seperti kuis dan tugas harian.
2) Sumatif, yaitu penilaian yang dilakukan diakhir pembelajaran/periode. Seperti UAS dan Ujian Nasional.
3) Diagnostik, evaluasi yang dilakukan saat sebelum pembelajaran yang bertujuan agar guru dapat mengetahui capaian awal peserta didik. Seperti pre-test.
NPM : 2213053281
Evaluasi bisa dilakukan dalam 3 tahap/waktu.
1) Formatif, yaitu penilaian ini dilakukan saat proses pembelajaran yang sedang berjalan. seperti kuis dan tugas harian.
2) Sumatif, yaitu penilaian yang dilakukan diakhir pembelajaran/periode. Seperti UAS dan Ujian Nasional.
3) Diagnostik, evaluasi yang dilakukan saat sebelum pembelajaran yang bertujuan agar guru dapat mengetahui capaian awal peserta didik. Seperti pre-test.
Nama: Laura Dewi Asih
NPM: 2213053211
Ada 3 tahapan dalam evaluasi pembelajaran.
• Evaluasi awal (diagnostik): Dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik dan melatih kemampuan berpikir peserta didik.
• Evaluasi formatif: Dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung untuk memantau perkembangan belajar peserta didik.
• Evaluasi sumatif: Dikaksanakan diakhir pembelajaran atau semester untuk menilai pencapaian akhir peserta didik.
NPM: 2213053211
Ada 3 tahapan dalam evaluasi pembelajaran.
• Evaluasi awal (diagnostik): Dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik dan melatih kemampuan berpikir peserta didik.
• Evaluasi formatif: Dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung untuk memantau perkembangan belajar peserta didik.
• Evaluasi sumatif: Dikaksanakan diakhir pembelajaran atau semester untuk menilai pencapaian akhir peserta didik.
Nama : Syva Amanda Kamal
NPM : 2213053157
Ada tiga tahapan waktu yang perlu dilakakan evaluasi, yakni:
- Evaluasi Formatif, dimana evaluasi ini dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung. contoh: kuis dan tugas.
- Evaluasi Sumatif, yakni evaluasi yang dilakukan diakhir pembelajaran/periode.
Contoh: Ujian.
- Evaluasi Diagnostik, merupakan evaluasi yang dilakukan saat sebelum dimulainya proses pembelajaran agar guru mampu.menilai kemampuan dasar peserta didik.
Contoh: pre-test.
NPM : 2213053157
Ada tiga tahapan waktu yang perlu dilakakan evaluasi, yakni:
- Evaluasi Formatif, dimana evaluasi ini dilakukan ketika proses pembelajaran berlangsung. contoh: kuis dan tugas.
- Evaluasi Sumatif, yakni evaluasi yang dilakukan diakhir pembelajaran/periode.
Contoh: Ujian.
- Evaluasi Diagnostik, merupakan evaluasi yang dilakukan saat sebelum dimulainya proses pembelajaran agar guru mampu.menilai kemampuan dasar peserta didik.
Contoh: pre-test.
NAMA : RANI SALMA FAUZIAH
NPM : 2213053276
Dilakukan sebelum, selama proses, dan akhir dari pembelajaran. Selain itu juga bisa dilakukan akhir dari periode pembelajaran.
NPM : 2213053276
Dilakukan sebelum, selama proses, dan akhir dari pembelajaran. Selain itu juga bisa dilakukan akhir dari periode pembelajaran.
Nama: Uga Wening Inggalih
NPM: 2213053148
Evaluasi pembelajaran sebaiknya dilakukan pada beberapa tahap dalam proses belajar untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang perkembangan peserta didik.
NPM: 2213053148
Evaluasi pembelajaran sebaiknya dilakukan pada beberapa tahap dalam proses belajar untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang perkembangan peserta didik.
Nama: Jingga Puspita
NPM: 2213053306
Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap selama proses pembelajaran. Di awal pembelajaran, evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki siswa. Evaluasi di tengah proses pembelajaran berguna untuk memantau kemajuan siswa dan memberikan umpan balik agar mereka dapat memperbaiki dan meningkatkan pemahaman. Sedangkan evaluasi di akhir pembelajaran, seperti ujian akhir digunakan untuk menilai pencapaian keseluruhan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan dan untuk menentukan apakah siswa siap melanjutkan ke tingkat materi yang lebih tinggi.
NPM: 2213053306
Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap selama proses pembelajaran. Di awal pembelajaran, evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki siswa. Evaluasi di tengah proses pembelajaran berguna untuk memantau kemajuan siswa dan memberikan umpan balik agar mereka dapat memperbaiki dan meningkatkan pemahaman. Sedangkan evaluasi di akhir pembelajaran, seperti ujian akhir digunakan untuk menilai pencapaian keseluruhan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan dan untuk menentukan apakah siswa siap melanjutkan ke tingkat materi yang lebih tinggi.