FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

Number of replies: 10


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz





In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Linda Agustina 2213053120 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, perkenalkan kami dari kelompok 6 izin mengirimkan Makalah, PPT dan Mind Mapping  materi " Pembelajaran Multiliterasi Saintifik" yang beranggotakan

1. Linda Agustina (2213053120)
2. Mawar Febi Tri Nasti ( 2254053013)
3. Jelita S. Putri Irawan (225305056)

Silahkan rekan rekan menanggapi atau bertanya terkait materi yang kami sajikan !!

Terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Linda Agustina 2213053120

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Dewi Cahyo Ningsih 2213053248 -
Izin bertanya
Nama : Dewi Cahyo Ningsih
Npm : 2213053248

Pertanyaannya
Bagaimana cara kita sebagai calon pendidik menghubungkan konsep literasi sains terutama (IPAS) dengan literasi digital dalam konteks pembelajaran agak pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif
In reply to Dewi Cahyo Ningsih 2213053248

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Linda Agustina 2213053120 -

Nama: Linda Agustina

NPM:2213053120

Kelas;5B


izin menjawab pertanyaan dari Dewi Cahyo Ningsih

jawaban:

Menghubungkan konsep literasi sains, khususnya dalam IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial), dengan literasi digital dapat dilakukan dengan beberapa cara:

1. Integrasi Sumber Daya Digital,Gunakan platform online, seperti video edukasi, simulasi sains, dan infografis, untuk menjelaskan konsep-konsep sains. Ini bisa membuat pembelajaran lebih visual dan menarik.

2. Proyek Kolaboratif,Ajak siswa melakukan proyek penelitian menggunakan alat digital. Misalnya, mereka bisa menggunakan aplikasi pengolah data untuk menganalisis hasil eksperimen atau menggunakan platform kolaboratif untuk berbagi informasi.

3. Diskusi dan Debat Online,Gunakan forum diskusi atau aplikasi pesan untuk mendorong siswa berdiskusi tentang isu-isu sains kontemporer. Ini bisa meningkatkan pemahaman kritis mereka terhadap informasi.

4. Penggunaan Media Sosial,Manfaatkan media sosial untuk berbagi penemuan ilmiah terbaru atau membahas topik-topik relevan. Siswa bisa membuat konten seperti video atau artikel pendek untuk berbagi dengan teman-teman mereka.

5. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL),Rancang kegiatan di mana siswa harus mencari solusi terhadap masalah nyata menggunakan sumber daya digital. Misalnya, mereka bisa menyelidiki dampak lingkungan dari suatu produk dan menyajikan temuannya.

6. Penggunaan Aplikasi Edukasi, Perkenalkan siswa pada aplikasi yang mendukung pembelajaran sains, seperti aplikasi simulasi eksperimen atau platform pembelajaran berbasis game.

Terimakasih.

In reply to Linda Agustina 2213053120

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by PUTRI ARISNA 2213053242 -
Assalamu'alaikum, izin bertanya
Nama : Putri Arisna
NPM : 2213053242
Kelas. : 5B

Menurut kelompok kalian, bagaimana penerapan model pembelajaran multiliterasi saintifik berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan literasi sains anak sekolah dasar?

Sekian, terimakasih
In reply to PUTRI ARISNA 2213053242

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Mawar Febi Tri Nasti 2253053013 -
Nama : Mawar Febi Tri Nasti
NPM : 2253053013
Kelas : 5B

Izin menjawab pertanyaan dari putri arisna

Jawabannya yaitu
Penerapan model pembelajaran multiliterasi saintifik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dapat meningkatkan literasi sains siswa dengan cara mengaitkan konsep-konsep ilmiah dengan kehidupan sehari-hari mereka. Ketika siswa mempelajari sains melalui konteks budaya dan lingkungan mereka, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan. Misalnya, di Indonesia, guru dapat menggunakan kearifan lokal seperti penggunaan bahan-bahan alam untuk eksperimen sains atau mempelajari fenomena alam seperti siklus air dan pertanian yang sudah dikenal oleh siswa.

Model multiliterasi mendorong siswa untuk menggunakan berbagai bentuk teks, seperti visual, verbal, dan digital, yang membantu mereka memahami sains secara lebih mendalam. Dalam pendekatan saintifik, siswa diajak untuk melakukan observasi, percobaan, dan berpikir kritis, yang sesuai dengan tradisi lokal dalam menyelesaikan masalah.

Dengan model ini, siswa tidak hanya mendapatkan literasi sains, tetapi juga kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan kearifan lokal yang mereka miliki. Hal ini dapat membentuk pola pikir ilmiah dan sekaligus menghargai budaya setempat.

Jika jawaban dari saya belum dapat dipahami boleh mengajukan pertanyaan lagi ya putri.

Terimakasih
In reply to Linda Agustina 2213053120

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Septi Nurmila Sari 2253053004 -
izin bertanya pada kelompok 6
nama : septi nurmila sari
npm : 2253053004

Bagaimana cara kalian sebagai calon pendidik untuk bisa mengintegrasikan literasi visual dan literasi informasi dalam proses pembelajaran berbasis saintifik untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari?
terimakasih
In reply to Septi Nurmila Sari 2253053004

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Linda Agustina 2213053120 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama: Jelita S Putri Irawan 

NPM:  2253053046

Izin menjawab pertanyaan Septi Mila

Jawaban nya adalah

Sebagai calon pendidik, cara supaya bisa mengintegrasikan literasi visual dan literasi informasi dalam pembelajaran berbasis saintifik dengan memulai masalah yg nyata Pilih masalah sehari-hari yang relevan dengan siswa misalnya seperti polusi air gunakan visualisasi Tunjukkan gambar, video, atau grafik tentang masalah tersebut untuk membantu siswa memahami secara visual.Ajarkan literasi informasi Bimbing siswa mencari informasi dari berbagai sumber seperti buku, internet dan evaluasi kredibilitas sumber tersebut.Dorong siswa untuk menganalisis data visual dan informasi yang dikumpulkan untuk menemukan pola dan hubungan.Bantu siswa membuat dugaan tentang penyebab masalah dan solusi. Membantu siswa merancang eksperimen sederhana untuk menguji hipotesis mereka. Ajak siswa untuk mempresentasikan temuan mereka dengan menggunakan visualisasi yang menarik contohnya seperti grafik, diagram, poster. Dengan mengintegrasikan literasi visual dan informasi, siswa dapat belajar berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif.

Terimakasih




In reply to Linda Agustina 2213053120

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Muthia Az-Zahrah 2213053281 -
Saya Muthia Az-Zahrah dengan NPM 2213053281, Izin bertanya kepada kelompok 6.

Bagaimana cara kalian sebagai calon guru melibatkan siswa yang mengalami kesulitan atau kurang tertarik untuk aktif dalam pembelajaran multiliterasi saintifik?

Terima kasih
In reply to Muthia Az-Zahrah 2213053281

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 6

by Mawar Febi Tri Nasti 2253053013 -
Nama : Mawar Febi Tri Nasti
NPM : 2253053013

Izin menjawab pertanyaan dari Muthia Az-Zahrah
Jawabannya yaitu :
Sebagai calon guru, untuk melibatkan siswa yang mengalami kesulitan atau kurang tertarik dalam pembelajaran multiliterasi saintifik, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Identifikasi kebutuhan dan kesulitan siswa: Pahami apa yang menyebabkan siswa kesulitan atau kurang tertarik. Apakah masalahnya terkait dengan materi, metode pembelajaran, atau minat pribadi siswa?

2. Gunakan pendekatan personalisasi: Sesuaikan materi atau metode pembelajaran dengan gaya belajar dan minat siswa. Misalnya, gunakan media visual, audio, atau aktivitas yang lebih praktis agar lebih menarik bagi siswa.

3. Berikan tantangan kecil: Mulailah dengan memberikan tugas yang tidak terlalu sulit, tetapi cukup menantang. Ini dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dan membantu mereka melihat bahwa mereka mampu memahami materi.

4. Libatkan aktivitas berbasis kolaborasi: Ajak siswa bekerja dalam kelompok kecil atau proyek bersama, sehingga mereka bisa belajar dari teman-temannya dan merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi.

5. Hubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari: Jelaskan bagaimana konsep saintifik berkaitan dengan hal-hal yang sering mereka temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti lingkungan, teknologi, atau fenomena alam.

6. Dukung dan apresiasi usaha mereka: Berikan pujian atau pengakuan atas upaya yang mereka lakukan, bukan hanya hasilnya. Ini bisa meningkatkan motivasi mereka untuk terus mencoba.


Dengan menggunakan pendekatan ini, siswa akan lebih merasa terlibat dan termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran multiliterasi saintifik.

Terimakasih.