Posts made by Rafiq Nur Fadillah 2053053004

“Mahasiswa menanggapi materi yang dijelaskan di video pada pertemuan hari ini”

Mohon izin bapak.
Nama : Rafiq Nur Fadillah
NPM : 2053053004
Kelas : 6A

Menanggapi materi yang dijelaskan di video pada pertemuan hari ini, menurut saya sudah cukup menjelaskan materi tentang “Evaluasi pembelajaran perspektif global dalam IPS SD” yang menjelaskan pengertian evaluasi, fungsi evaluasi, sasaran evaluasi, asas evaluasi, tujuan evaluasi, tahap-tahap evaluasi, tahap-tahap evaluasi perspektif global dalam mata pelajaran IPS dan evaluasi keseluruhan.

Namun menurut saya dalam video tersebut perlu dirapihkan lagi mengeni tulisan serta tataletaknya. Kemudian untuk penyampaian materi sudah baik, namun perlu lebih jelas lagi dalam menjabarkan materi yang akan disampaikan. Tujuannya agar yang melihat video tersebut lebih mudah membaca dan memahami apa yang disampaikan.
“Berikan pendapat terkait artikel pada pertemuan hari ini dan berikan solusi tentang isi artikel terkait evaluasi perfektif global dalam pembelajaran IPS SD.”

Mohon izin bapak.
Nama : Rafiq Nur Fadillah
NPM : 2053053004
Kelas : 6A

Pendapat saya terkait artikel pada pertemuan hari ini.
Artikel yang berjudul “Perspektif Global Dalam Pendidikan” menurut saya sangat baik dan mudah dipahami dalam menjelaskan beberapa istilah yang berkaitan dengan perspektif global yaitu istilah global, globalisasi, dan pendidikan global. Dalam artikel tersebut menjelaskan arti sesungguhnya perspektif global itu seperi apa beserta contohnya. Kemudian dalam dunia pendidikan dijelaskan beta pentingnya pemahaman yang berkaitan tentang perspektif global, yang dimana pendidik sebagai komunikator atau penghubung dengan dunia luar, dan untuk peserta didik secara bersama-sama mengembangkan perspektif serta keterampilan untuk menyelidiki suatu yang berkaitan dengan isu global. Selain itu, dalam artikel ini menjelaskan kaitan perspektif global dengan sistem pembelajaran interdisiplin ilmu yaitu dalam bidang IPS, ekonomi, geografi, ppkn, sejarah dan budaya.

Solusi tentang isi artikel terkait evaluasi perfektif global dalam pembelajaran IPS SD.
Solusinya yaitu memberikan penjelasan perspektif global dalam pembelajaran IPS SD yang umum dan dapat dirasakan secara langsung. Selain itu dapat menjelaskan menggunakan media audio visual yang berkaitan tentang perspektif global. Tujuannya yaitu tentu untuk mempermudah memahami materi atau pembahasan yang diberikan.
Nama : Rafiq Nur Fadillah
NPM : 2053053004
Kelas : 6A

Izin menanggapi terkait isi materi divideo tersebut pak.
Model pembelajaran perspektif global dalam pembelajaran IPS pada sekolah dasar.

Dalam model pembelajaran perspektif global yang diajarkan disekolah dasar harus memperhatikan dan merumuskan materi yang akan disajikan sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik yang akan memperoleh materi. Model pembelajaran harus sesuai juga dengan kurikulum yang berlaku. Kemudian agar pembelajaran lebih berinovasi dan efektif, pendidik dapat menyediakan sumber ajar seperti buku, surat kabar, tabloid dan majalah. Selain itu dapat juga menggunakan media elektronik atau audio visual yang menampilkan berita nasional maupun internasional. Agar peserta didik memiliki pandangan atau perspektif yang luas mengenai materi yang disajikan.

Pembahasan selanjutnya yaitu bagaimana kaitannya pembelajaran perspektif global dengan pembelajaran IPS SD bagi peserta didik.

Kaitan pembelajaran perspektif global dengan pembelajaran IPS SD bagi peserta didik yaitu untuk menambah wawasan peserta didik dalam ilmu sosial secara luas agar menjadi warga negara yang baik dengan segala induktor yang melekat. Sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh James G. Womack. Selain itu pembelajaran IPS yang dikaitkan dengan pembelajaran perspektif global dapat menghantarkan peserta didik kepada suatu cara berfikir dan pandangan untuk mengantisipasi arus globalisasi yang terus menerus meningkat.