Tugas Pretest

Tugas Pretest

Tugas Pretest

Number of replies: 36

TATA TERBIT PRETEST 

1. Bacalah baik-baik materi diatas

2. Jawablah soal dengan benar menggunakan bahasa anda sendiri

3. Waktu pengerjaan paling lambat maksimal 2 jam setelah tugas ini diberikan

4. Tugas ini bersifat individu

5. Dikumpulkan dalam bentuk word/PDF


TUGAS

1. Berikan analisa mu mengenai mengapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran

2. Menurut kalian teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, jelaskan.


In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by Fara Nalya Hadhaini -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
izin menjawab bu
Nama : Fara Nalya Hadhaini
NPM : 2013053148
1. Karena dalam proses pembelajaran sebelum memulai pembelajaran kita harus memahami teori belajar terlebih dahulu, Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Setelah menentukan teori belajar maka pembelajaran akan dilakukan sesuai dengan teori belajar.
2. Teori yang cocok digunakan dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD adalah Teori Belajar Humanistik, intinya proses belajar harus dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia. Teori belajar humanistik sifatnya lebih menekankan bagaimana memahami persoalan manusia dari berbagai dimensi yang dimiliki. Teori belajar humanistik juga bertujuan untuk membangun kepribadian murid dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
Terima kasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by Ni Luh Putu Suciari -
Nama : Ni Luh Putu Suciari
NPM : 2013053003
Izin menjawab,
1. Menurut saya kenapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembeljaran yaitu supaya guru dapat membedakan mana yang memiliki tujuan memeriksa proses belajar dan mana yang memiliki tujuan menetapkan metode pembelajaran yang baik supaya dapat menentukan variable-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Dan kenapa guru harus memahami teori belajar dan pembelajaran agar para guru memiliki dasar-dasar yang luas dalam hal mendidik, sehingga murid bisa bertambah baik dalam cara belajarnya.

2. Menurut saya teori belajar yang paling tepat diterapkan terhadap anak SD dalam pembelajaran nilai dan moral PKN adalah Behaviorisme kenapa karena ini mengacu pada perilaku atau tingkah laku dan sebagai dasar yang dapat diamati, behaviorisme juga mengacu pada pelatihan dan pembiasaan dan akan semakin kuat bila diapresiasi dan akan perlahan menghilang bila itu salah dan terdapat hukuman didalamnya. Dalam konteks pembelajaran PKN teori ini sangat berkaitan erat dalam membentuk watak dan karakter warga Negara yang baik karena dengan memberikan stimulus yang baik maka siswa diharapkan mampu memperoleh respon yang baik sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran PKN. Yang kedua ada teori Konstruktivistik yaitu pendekatan yang bertujuan supaya siswa dapat berfikir kreatif sehingga mampu berfikir kritis dan dapat memberikan pendapat.
In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by Ferdyansyah 2013053054 -
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ferdyansyah
NPM : 2013053054
TUGAS PRETEST
1. Berikan analisa mu mengenai mengapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran
2. Menurut kalian teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, jelaskan.

JAWABAN :
1. Seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran karena Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
Perbedaan yang harus dipahami guru antara teori belajar dan pembelajaran antara lain
Teori Belajar
a) Tujuan utamanya memberikan proses belajar
b) Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
c) Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
d) Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
e) Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
f) Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
g) Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran

Teori Pembelajaran
a) Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
b) Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
c) Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
d) Selalu menyebutkan metode pembelajaran
e) Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
f) Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.

Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.

Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.

2. Teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD adalah Menurut teori behavioristik, karen dalam pengertiannya belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan). Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan pada tingkah lakunya. Dalam konteks pembelajaran PKn,teori behavioristik sangat erat kaitannya dalam membentuk watak dan karakter warga negara yang baik karena dengan memberikan stimulus yang baik maka siswa diharapkan memperoleh respon yang baik pula sehingga PKn dibelajarkan sesuai tujuan dan hakikat PKn.
In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by Resa Kurnia -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Resa Kurnia
Npm : 2013053071

Izin menjawab bu, menurut saya hal tersebut penting karena dengan mengetahui perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran makan seorang pendidik akan lebih mahir dalam menerapkan metode pembelajaran dengan tepat dan bervariasi serta mengetahui tata cara yang tepat dalam pengaplikasian kegiatan belajar.

Menurut saya teori yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD yakni teori behavioristik dan humanisme, karena teori ini melihat perubahan tingkah laku atau kepribadian seorang peserta didik.

Terima kasih, mohon maaf apabila ada kesalahan
In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by Ida Farida -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Farida
NPM : 2013053051
Izin menjawab ibu

1. Seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran adalah karena dalam proses pembelajaran baik itu pembelajaran formal maupun informal teori pembelajaran memiliki peran yang penting. Dari pembelajaran menentukan bagaimana proses pembelajaran itu terjadi. Sebelum merancang pembelajaran guru juga harus menguasai sejumlah teori tentang belajar termasuk beberapa pendekatan dalam pembelajaran. Penguasaan teori ini bertujuan agar guru mampu mempertanggungjawabkan perilaku mengajarnya di depan kelas. Melalui teori pembelajaran, guru akan memahami berbagai cara bagaimana peserta didik belajar, karakteristik siswa dan seterusnya menghubungkannya dengan teknik mengajar untuk mencapai pembelajaran yang berkesan sehingga peserta didik bisa belajar dengan baik.
Guru yang telah menguasai teori belajar dan pembelajaran pasti bisa menggunakan berbagai macam metode pembelajaran terhadap peserta didiknya, jika guru tersebut menggunakan metode pembelajaran yang tepat maka proses belajar mengajar terhadap peserta didik akan lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

2. Teori belajar yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD menurut saya adalah Teori belajar humanistik. Teori belajar humanistik ialah proses belajar harus berawal pada manusia itu sendiri. Pada teori humanistik memiliki tujuan yaitu untuk memanusiakan manusia. Teori belajar ini lebih cenderung melihat perkembangan pengetahuan dari sisi kepribadian manusia. Hal ini dikarenakan humanistik itu sendiri merupakan ilmu yang melihat segala sesuatu dari sisi kepribadian manusia. Teori ini juga bertujuan untuk membangun kepribadian peserta didik dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Implementasi humanistik dalam pendidikan menekankan pada perkembangan hal yang positif. Contoh implementasinya adalah menghormati, menghargai dan menerima perbedaan peserta didik satu sama lain.
In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by M. Zauzi Turseno -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : M. Zauzi Turseno
Npm : 2013053146
Izin menjawab
1. Teori belajar dan pembelajaran akan sangat membantu guru, supaya memiliki kedewasaan dan kewibawaan dalam hal mengajar, mempelajari muridnya, menggunakan prinsip-prinsip psikologi maupun dalam hal menilai cara mengajarnya sendiri.
Seorang guru dikatakan kompeten bila ia memiliki khasanah cara penyampaian yang kaya, memiliki pula kriteria yang dapat dipergunakan untuk memilih cara-cara yang tepat di dalam menyajikan pengalaman belajar mengajar, sesuai dengan materi yang akan disampaiakan. Kesemuanya itu hanya akan diperoleh jika guru menguasai teori-teori belajar.
2. teori yang pas untuk diterapkan siswa sekolah dasar sebagai jenjang pendidikan dasar adalah teori belajar kognitif dan kontrusktivis.
1. teori belajar kognitif
dalam teori ini siswa dianjurkan untuk belajar sesuai dengan tahapan perkembangannya. Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen dengan obyek fisik, yang ditunjang oleh interaksi dengan teman sebaya dan dibantu oleh pertanyaan tilikan dari guru.

2. Teori konstruktivis
Teori ini menyatakan bahwa siswa harus menemukan sendiri pengetahuaannya. Satu prinsip yang paling penting dalam teori konstruktivis adalah bahwa guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya. Guru dapat memberi siswa anak tangga yang membawa siswa ke pemahaman yang lebih tinggi, dengan catatan siswa sendiri yang harus memanjat anak tangga tersebut.
In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by Pajar irawan 2013053085 -

Izin Menjawab ibu 

Nama   : Pajar Irawan
NPM   : 2013053085
Kelas   : 4D

 

Soal
Berikan analisa mu mengenai mengapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran. Serta menurut kalian teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, jelaskan.

Jawab
Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memiliki sikap menjadi bersikap benar, dari tidak terampil menjadi terampil melakukan sesuatu.
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.

Dari pengertian di atas bisa kita analisis bahwa perbedaan dari pembelajaran atau belajar yaitu suatu perubahan pada individu sedangkan teori belajar merupakan proses pengaplikasian pembelajaran yang meliputi cara, strategi dan metode dalam pembelajaran, seorang guru yang mendidik peserta didik harus dapat membedakan perbedaan pembelajaran dan teori belajar karena seorang guru harus dapat menerapkan model dan strategi pembelajaran pada peserta didik oleh karena itu guru harus dapat membedakan antara pembelajaran dan teori belajar.

Dalam penerapan teori pembelajaran yang tapat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD ini menurut saya semua teori pembelajaran sangat tepat dan tidak ada teori pembelajaran yang tidak tepat hanya saja bagaimana seorang guru menerapkan teori tersebut pada peserta didik, seorang guru harus menguasi teori belajar dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Namun jika harus memilih, menurut saya teori belajar Humanisme cocok diterapkan pada pembelajaran nilai dan moral PKN SD karena pada teori ini lebih menekankan pada pembentukan kepribadian, perubahan sikap, menganalisis fenomena sosial, dan hati nurani yang diterapkan melalui materi-materi pelajaran. Dalam teori ini guru atau pendidik sangat berperan sebagai fasilitator.

 


In reply to First post

Re: Tugas Pretest

by ARIF RAHMAN 2013053069 -
Nama : Arif Rahman
NPM : 2013053069
Program Studi : PGSD
Semester/Kelas : 4/D
Mata kuliah : Pembelajaran PKN SD

Izin menjawab,

1. Setelah membaca materi yang telah diberikan maka analisa yang saya dapatkan
terkait dengan mengapa seorang guru perlu memhami perbedaan antara teori
belajar adalah sebagai berikut :
Tentu saja baik itu teori belajar ataupun teori pembelajaran harus sama-sama
dipahami oleh seorang pendidik, karena hal ini menyangkut bagaimana terkait
pelaksanaan suatu kegiatan belajar mengajar tersebut dapat berjalan dengan baik
ataukah tidak. Untuk merancang suatu kegiatan pembelajaran dengan baik, maka
diperlukan pemahaman oleh guru terkait dengan apa itu teori pembelajaran. Yang
didalamnya menyangkut bagaimana menetapkan suatu metode pembelajaran
yang akan diterapkan ke peserta didik dengan baik, terutama kaitannya dengan
bagaimana sosok seorang guru tersebut dapat mempengaruhi orang lain agar
terjadi hal belajar. Dan ini merupakan suatu hal yang mendasar yang sudah
semestinya dikuasai oleh seorang pendidik/guru. Berbeda dengan teori
pembelajaran, pun demikian untuk teori belajar pun harus dipahami oleh seorang
guru, dan diantaranya merupakan suatu hal berbeda. Teori belajar ini
menyangkut bagaimana seorang guru menaruh perhatiannya pada siswa dantujuan utamanya adalah memberikan proses belajar dan mengungkapkan
hubungan kegiatan peserta didik dengan proses-proses psikologis peserta didik.

2. Menurut pandangan saya, teori belajar yang paling tepat dalam pembelajaran
nilai dan moral PKN SD adalah teori belajar humanistik yang dipadukan dengan
teori belajar behaviorisme. Mengapa demikian ? karena Teori belajar humanistik
ini memiliki tujuan untuk membangun kepribadian murid dengan melakukan
kegiatan-kegiatan yang positif. Hal ini bisa disebut dengan para pendidik atau
guru yang mengajar dan mendidik menggunakan pendekatan humanistik. Dengan
menggunakan cara pendekatan humanistik, maka diharapkan peserta didik akan
merasa nyaman dan lebih dekat dengan pendidik ataupun dengan sesama teman.
Setelah timbul rasa nyaman disana, peserta didik akan merasa nyaman mengikuti
kegiatan belajar yang pada akhirnya akan bermuara pada rasa kecintaan pada
kegiatan belajar dan kemudahan ilmu yang akan diterima. Setelah itu disini teori
belajar behavioristik memiliki perannya sebagai perubahan tingkah laku sebagai
akibat adanya interaksi anatara rangsangan dan respon. Adapun perubahan yang
akan tampak dialami oleh siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku
dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon.
Terlebih lagi kaitannya dengan konteks pembelajaran PKN, teori behavioristik
ini sangat erat kaitannya bagaiamana menciptakan dan membentuk pribadi warga
negara yang baik, bernilai moral tinggi dengan diberikannya rangsangan dan
harapannya ada respon yang baik dari peserta didik, sehingga hal ini akan
mengakar kuat dalam pribadi peserta didik tersebut untuk menjadi sosok yang
memiliki kesadaran sebagai warga negara yang paham dengan hak dan
kewajibannya.