assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ferdyansyah
NPM : 2013053054
TUGAS PRETEST
1. Berikan analisa mu mengenai mengapa seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran
2. Menurut kalian teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD, jelaskan.
JAWABAN :
1. Seorang guru harus memahami perbedaan antara teori belajar dan pembelajaran karena Teori Belajar dan Pembelajaran adalah upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dalam belajar.
Perbedaan yang harus dipahami guru antara teori belajar dan pembelajaran antara lain
Teori Belajar
a) Tujuan utamanya memberikan proses belajar
b) Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang belajar
c) Berfokus pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar
d) Tidak berhubungan dengan metode pembelajaran
e) Penelitian dilakukan oleh ilmuwan karena merupakan penelitian dasar
f) Mengungkapkan hubungan kegiatan si belajar dengan proses proses psikologis dalam diri si belajar (mengungkapkan hubungan antar fenomena yang ada dalam diri si belajar)
g) Salah satu contoh teori belajar adalah Teori apersepsi yang menganggap belajar merupakan suatu proses terasosiasinya gagasan gagasan baru dengan gagasan gagasan lama yang sudah membentuk pikiran
Teori Pembelajaran
a) Tujuan utamanya menetapkan metode pengajaran yang optimal
b) Menaruh perhatian pada bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
c) Berfokus pada upaya mengontrol variabel-variabel yang dispesifikasi pada dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar
d) Selalu menyebutkan metode pembelajaran
e) Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknolog
f) Penelitian dasar dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian terapan dilakukan oleh teknologi
Contoh teori belajar deskriptif:
Jika membuat rangkuman tentang isi buku teks yang dibaca, maka retansi terhadap teks itu akan lebih baik.
Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka kaitkan pengetahuan baru yang dipelajari pada struktur kognitif yang telah dimiliki.
Teori Pembelajaran yang bersifat preskriptif
Contoh teori belajar preskriptif:
Agar retansi meningkat, maka mulailah pembelajaran dengan menampilkan isi atau materi pelajaran, baru kemudian secara bertahap mengelaborasi bagian-bagian yang ada dalam kerangka isi tersebut dan secara tetap mengkaitkan setiap tahapan elaborasi dengan kerangka isi.
2. Teori belajar manakah yang paling tepat dalam pembelajaran nilai dan moral PKN SD adalah Menurut teori behavioristik, karen dalam pengertiannya belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus (rangsangan) dan respon (tanggapan). Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika ia dapat menunjukkan perubahan pada tingkah lakunya. Dalam konteks pembelajaran PKn,teori behavioristik sangat erat kaitannya dalam membentuk watak dan karakter warga negara yang baik karena dengan memberikan stimulus yang baik maka siswa diharapkan memperoleh respon yang baik pula sehingga PKn dibelajarkan sesuai tujuan dan hakikat PKn.