Diskusi terkait Quantum Teaching & Learning

Diskusi 1

Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -
Number of replies: 35

Apakah sudah bisa berdiskusi ?

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Indah Mayasari -

teman-teman masih banyak yg kesulitan login pak, karena lupa password SSO.

Sudah menghubungi helpdesk tik, tapi masih menunggu antrian respon pak

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Atika Putri -

pak ijin bertanya, untuk minggu depan mulai persentasi materi kuantum ya pak? sesuai dengan urutan kontrak kuliah?

In reply to Atika Putri

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

Iya, nanti petunjuknya saya infomrasikan via vclass ini...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Almira Aspridanel -
In reply to Almira Aspridanel

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

Karna sudah jam 11.30. saya off dulu ya. Silahkan kalian lanjutkan diskusinya. Nanti siang atau sore saya buka kembali, jika ada yang perlu saya komentari atau saya luruskan akan saya sampaikan di forum ini.
Kalian masih bisa bertanya atau melanjutkan diskusi dikala waktu senggang. Diskusi ini saya buka sampai besok 5 April 2020 jam 22.30.

Terimakasih...
Wassalamu'alaikum Wr... Wb...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Tri Utami -

Maaf, izin menanggapi pertanyaan no.4 terkait bagaimana implementasi dari merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kemdikbud. Menurut saya, implementasi dari merdeka belajar yakni tidak meninggalkan dari kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan akan tetapi pada merdeka belajar, proses pembelajaran yang diterapkan sangat fokus ke kontekstualnya yg tidak menuntut siswa pada materi2 dan tidak mengandalkan sistem ranking. Semua siswa dianggap memiliki kemampuan sm, pembelajaran bernuasa diluar kelas, guru membentuk karakter siswaĀ  agar membentuk siswa yang percaya diiri, kompeten, cerdas untuk SDM,. Seperti rencana penghapusan UN ini agar siswa tidak terbebani pada materi2 yg ada, akan tetapi evaluasi pembelajaran di ambil dari assessment for learning dan assessment as learning nya yang di evaluasi sejak kelas 4,8 dan 11. Begitu juga dg penyederhanaan RPP, hal tersebut dilakukan agar guru tidak terbebani dan lebih fokus dlm membentuk kegiataan belajar dan peningkatan kompetensi mengajar nyaa. Penerapan merdeka belaajar yg artiya belajar tanpa membebani guru dan siswa itu sendiri.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Ummul Uslima -
In reply to Ummul Uslima

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

Jadi kuliah di vclass ini bisa disambi apa saja, Anda bisa belajar dan berdiskusi diwaktu senggang. saya beri waktu 2 hari...
Sehingga agak santai namun seriuss...

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Ummu Khoiriyah -

maaf pak baru bisa masuk. baik pak

In reply to Ummu Khoiriyah

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

Sampai sore ini, belum ada yang mendiskusikan lima masalah yang saya lontarkan...
Itu bukan PR, yang harus dikerjakan seperti tugas, tapi bagaimana pandangan saudara sebagai mahasiswa setelah mempelajari artikel dan mengkaji video yang saya berikan. Jadi seharusnya langsung bisa memberikan pandangan...
Disini bukan masalah benar dan salah, tapi bagaimana Anda berpikir dan menuangkan pemikiran Anda terkait permasalah tersebut.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Tia Dewi Kurniawati -

Saya ingin menanggapi dari pertanyaan kedua, apakah dengan mengajar model quantum theacing dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa? Jadi kalau menurut saya model ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa karena dalam pembelajaran ini mengedepankan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam model quantum teaching terdapat penataan lingkungan belajar yang dapat membuat siswa merasa aman dan nyaman, dengan perasaan ini diharapkan siswa dapat berkonsentrasi dan tidak bosan di dalam kelas. Selain itu memupuk sikap juara juga menjadi bagian dalam model quantum teaching yang berguna untuk memacu belajar siswa misalnya dengan pujian. Dengan adanya hal-hal tersebut siswa merasa di hargai dan termotivasi untuk terus belajar.

In reply to Tia Dewi Kurniawati

Re: Diskusi 1

by Eka Candra Kurniawati -

saya ingin mendambahkan dari saudari Tia, sealain itu penerapan model quantum teaching dalam proses pembelajaran memiliki prinsip-prinsip yang komprehensif. Prinsp-prinsip tersebut mencakup merancang segala aspek lingkungan kelas maupun sekolah menjadi sumber belajar siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa, memberikan pengalaman terlebih dahulu, sehingga mampu menanamkan konsep terhadap materi pembelajaran, memberikan penghargaan terhadap usaha siswa, dan memberikan umpan balik positif yang dapat mendorong semangat belajar siswa.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Dina Else Fernandu -
Mohon maaf pak saya menanggapi pertanyaan diskuis poin 1 terkait Bagaimana cara yang tepat untuk mempraktekan model mengajar Quantum Teaching?

menurut saya cara yang tepat dilakukan dapat dimulai dengan memahami terlebih dahulu suasana dan kebiasaan (situasi dan kondisi) belajar siswa. Dengan langkah awal demikian, diharapkan guru dapat menentukan gaya mengajar yang tepat, dapat membina suasana pembelajaran sesuai dengan karakter pembelajaran yang dibutuhkan siswa, menyusun strategi belajar yang baik dan tepat, hingga mempersiapkan materi yang berkesinambungan.
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Dina Else Fernandu -
kemudian pendapat saya terkait pertanyaan diskusi, Apakah dengan model mengajar Quantum Teaching ini dapat meningkatkan motivasi dan semangadt belajar siswa?

Menurut saya sangat dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa, sebab dalam quantum learning and teching, guru berangkat dari sugesti positif yang akan diterapkan sepanjang pembelajaran, harusnya dengan hal tersebut dapat mebangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa. Selain itu juga terdapat prinsip bahwa pembelajaran menyenangkan dan bermakna penting ditekankan adalam aplikasi quantum learning dan teaching.
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Diskusi 1

by Rahma abida -

dina saya ingi bertanya, bahwasannya model kuantum learning ini dapat meningkatkan motivasi dah semangat belajar siswa, selain dari pencapaian tersebut adakah hal lain yg dapat ditingkatkan saat menggunakan model kuantum learning ini ?

In reply to Rahma abida

Re: Diskusi 1

by Dina Else Fernandu -
pencapaian lain bisa mengikuti misalnya dengan memotivasi siswa dan siswa semangat belajar maka terjadi peninggakatan hasil belajar, seperti itu menurut saya
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Dina Else Fernandu -
pada poin pertanyaan diskusi, Apa saja kelebihan dan kekurangan guru dalam menerapkan pembelajaran kuantum (quantum teaching & learning) tersebut?

Menurut saya, Kelebihan guru dalam menerapkan quantum learning and teching, guru mampu mengadakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa tanpa memaksakan siswa untuk belajar.
kekurangannya, guru mungkin membutuhkan banyak pengalaman dalam memahami karakter siswa hingga kebutuhan belajarnya dikelas, hingga menentukan metode pendekatan (gaya mengajar, mengatur suasana, strategi mengajar, materi pembelajara) yang sesuai digunakan dalam kelas yang akan diajar.
In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Indah Mayasari -

Saya ingin menanggapi pertanyaan ke-5, terkait cocok atau tidaknya model quantum pada kurikulum merdeka belajar.Ā 

Menurut saya, model quantum teaching & learning sangat cocok diterapkan pada kurikulum merdeka belajar karena pada kurikulum ini nuansa pembelajaran sangat diperhitungkan agar siswa merasa nyaman dan lebih memahami materi yang disampaikan.

Hal ini sesuai dengan model quantum yang menyatakan bahwa,Ā Quantum Learning and TeachingĀ  identik dengan pola pengembangkan pembelajaran bermakna yang penuh dengan suggestology dan strategi atau pendekatan yang diformulasikan secara bermakna (anak merasa senang dan bahagia) menerima materi yang disampaikan guru

In reply to Indah Mayasari

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

Terkait dengan merdeka belajar yang digaungkan oleh Kemendikbud, apakah saudara-saudara sudah memahami bagaimana nanti penerapannya di sekolah? Apakah saudara-saudara mengikuti perkembangan terkait dengan merdeka belajar bagi siswa sekolah?
Jika ya, bagaimana pandangan saudara sebagai mahasiswa magister Pendidikan IPA terhadap kebijakan merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kemdikbud...?

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Dina Else Fernandu -
sampai sekarang saya masih membaca terkait perkembangan informasi merdeka belajar pak, namun belum sepenuhnya memahami bagaimana kelak penerapannya.
pandangan saya terkait merdeka belajar, menekankan pada tidak ada penekanan atau kekangan dalam belajar memebrikan batasan terhadap siswa dalam mengakses informasi dan mengarahkan siswa untuk belajar lebih bermakna, dalam merdeka belajar juga guru sepertinya lebih tidak diribetkan dengan administrasi seperti pembentukan rpp yang rumit namun lebih efisien dan efektif dalam kerjaannya
In reply to Dina Else Fernandu

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

Ya, merdeka bukan berarti bebas sebebas-bebasnya, tetap dalam koridor belajar. hanya saja guru harus memeberikan bergai alternatif cara belajar siswa, apakah akan lebih banyak belajar mandiri atau lebih banyak dengan gurunya. Sekolah juga harus memberikan peluang pada siswa untuk memilih dengan siapa siswa tersebut mau diajar di bimbing di sekolah. Demikian pula guru, tidak boleh dikekang dengan aturan administrasi yang begitu rumit, tetapi dibuat sederhana, mengenai bagaimana di kelas, guru diberikan kebebasan keleluasaan untuk mengajar yang penting kemampuan berpikir siswa harus menjadi tujuan utama.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Eka Candra Kurniawati -

DenganĀ  tidak boleh dikekang dengan aturan administrasi yang begitu rumit, tetapi dibuat sederhana, jadi guru bair lebih fokus begitu ya pak dalam pembelajaran, karena biasanya dalam pembuatan rpp guru sering kesusahan apalagi untuk guru yang lebih senior atau sudah mendekati pensiun

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Indah Mayasari -

menurut saya, implementasi merdeka belajar dapat diterapkan pakĀ  apabila guru mempunyai kreativitas, wawasan, dan keahlian dalam mengelola kelas. Sebagai mahasiswa magister Pendidikan IPA, kami harus mempunyai kreativitas, wawasan, dan keahlian dalam mengelola kelas dan memahami apa saja inovasi yang tepat untuk dapat digunakan dalam era merdeka belajar. Itu menurut saya pak hehe

In reply to Indah Mayasari

Re: Diskusi 1

by Sunyono Sunyono -

dan tentunya masih ada satu lagi, yaitu harus peka dan adaptif terhadap perkembangan yang terjadi

In reply to Sunyono Sunyono

Re: Diskusi 1

by Indah Mayasari -

Baik pak, terima kasih atas arahannya. Kisah-kisah bapak sangat inspiratif untuk dijadikan contoh