Pada panduan kurikulum 2013 model pembelajaran yang dikenal dan biasa dikaji lebih dalam Discovery Learning, PjBL, PBL, Inquiry, lalu kemudian apakah dengan demikian Model Pembelajaran lain misal seperti kuantum learning ini tidak bersesuaian dengan karakteristik kurikulum pak?
Sekarang ini isu merdeka belajar sudah berkembang bahkan sudh dicanangkan oleh mas Menteri. Ada rencana kurikulum diubah menyesuaikan dengan konsep merdeka belajar.
Anda mengikuti perkembangan tidak??
Jangan terpaku dengan model yang tercantum di K-13, itu kan hanya rekomendasi. Bukan berarti model lain tidak cocok...
Di samping itu, bagaimana jika K-13 diganti dengan kurikulum merdeka belajar (bisa jadi loh). Ini kan Anda mahasiswa S2, harus mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan, karna munculnya kebijakan-kebijakan baru....
Sedikit peka lah terhadap isu yang berkembang...
Discovery Learning, PjBL, PBL, Inquiry, model-model tersebut kan hanya rekomendasi bukan suatu kewajiban yang harus diikuti. Bahkan model sosi-saintifik juga sangat jelas, jauh lebih baik ketimbang discovery learning. Demikian pula quantum teaching and learning dengan prinsip TANDUR nya.... Sangat cocok.
Apa sih yang ingin dicapai pada K-13? itu kuncinya, jangan terpaku model yang direkomendasikan atau di Panduan K-13 Lampiran buku 3, malah disebut bahwa model-model tersebut hanya contoh...
Baik pak, saya setuju dengan penerapan model belajar selain rujukan k13 selagi tidak bertentangan dengan arah tujuan belajar. Hanya saja dikarenakan pengetahuan tentang model lain yg masih minin, beberapa guru (termasuk saya) hanya menggunakan model pada k13, belum berinovasi ke model lain yg lebih cocok diaplikasikan sesuai kondisi kelas yg diajarkan, ada yg sudah tau pernah tau tapi tidak mau mengaplikasikan di kelas.
Saya setuju pak dengan program bapak menteri pendidikan yang mencanangkan program merdeka belajar, artinya merdeka belajar itu asensinya kita sebagai guru bebas memilih menggunakan metode dan model belajar yang lebih baik. Jadi kita sebagi guru itu tidak harus terpaku pada model-model yang terdapat pada K-13. Jika guru hanya terpaku dengan K13 saja, guru tidak berpikir lebih kreatif. Kenyataannya banyak guru yang hanya mengcopy paste perangkat pembelajaran yang sudah ada di internet. Dengan adanya program merdeka belajar ini maka guru dituntut untuk berpikir bebas sehingga guru memiliki kretifitas yang tinggi dan guru dapat berinovasi sesuai perkembangan zaman saat ini serta guru juga dapat berinovasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik pada masing-masing daerah. Karena antara peserta didik di wilayah yang berbeda pasti memiliki kemampuan yang berbeda juga.