Silahkan lampirkan jawaban anda mengenai analisis video tersebut, berikan argumen anda dengan di dukung oleh pendapat para ahli yang ada. sertakan refrensi, dan identitas diri seperti nama dan npm. Terima kasih
Forum Analisis Video
Nama : Mika Dea Agustin
NPM : 2013053006
Nama : Nova Atika Royani
NPM : 2013053163
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3 bu
Terima kasih ibu..
Nama : Nita Yuansari
NPM : 2013053082
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3 bu, Terima Kasih
Nama : Dita Khoirunnisa
NPM : 2013053106
Izin mengumpulkan tugas analisis video 3, Bu.
Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Assalamulaiakum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Ikhsan Kurniawan
NPM : 2013053164
Hasil analisis video diatas yang membahas perspektif global dari 4 visi, yaitu IPTEK, Transportasi, Komunikasi dan Internasional. Berikut pembahasannya,
Perspektif Global dari Visi IPTEKIPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sumber dimana seseorang dapat mengelola dan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupannya. Menurut Horton B (dalam Fitri Mulyani dan Nur Haliza, 2021), Ilmu Pengetahuan merupakan suatu usaha untuk mencari pengetahuan yang masuk akal dan diandalkan serta bisa diuji secara sistematis menurut tahap-tahap yang teratur dan berdaarkan prinsip-prinsip serta prosedur tertentu. Sedangkan teknologi adalah sarana yang menyediakan kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusia.
Pentingnya peranan teknologi dalam peningkatan nilai tarnbah (value added) telah diakui secara luas, terutama oleh bangsa-bangsa yang sudah mencapai kemajuan di tingkat dunia seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang (Hadi Prayitno dan Budi Santosa, (1996: 176). Teknologi yang berkembang sangat pesat memiliki cakupan yang sangat luas. Cakupan teknologi yang pertama berada di bidang ekonomi yang mempengaruhi bidang industri, baik dari teknologi industri maupun dari segi produksi.
Teori organisasi yaitu dengan prinsip ketergantungan atau kontigensi menyatakan bahwa karakteristik organisasi mempunyai ketergantungan terhadap faktor-faktor teknologi yang akhirnya berkembang dalam pendekatan modern dalam teori organisasi. Orlikowski dan Baroudi (dalam Darma, G.S, 2000) menyatakan bahwa akan muncul perspektif yang lebih baru yang mendorong dilakukannya penyelidikan terhadap interaksi yang tengah berlangsung antara teknologi informasi dan organisasi.
Cakupan teknologi yang terkahir adalah manusiawi. Van Peursen (dalam Purwastuti, A. dan Nurasih, Y., 1992) menyatakan teknologi merupakan suatu bagian kecil dari badan manusia, bahkan suatu bentuk kelakuan manusia secara jasmaniah. Teknologi berkembang sejalan dengan perkembangan evolusi manusia. Teknologi merupakan suatucara dalam kehidupan manusia dan dalam evolusinya, suatu cara untuk bertindak dan untuk membuat sejarah. Bidang teknologimenandai lingkup tanggung jawab manusia (Van Peursen, 1984:126). Perkembangan dunia IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sebagian orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif IPTEK terhadap kehidupan umat manusia.
Perspektif Global dari Visi Transportasi
Transportasi merupakan suatu kegiatan pemindahan penumpang dan barang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana di dalamnya terdapat unsur pergerakan (Desga, W. dkk, 2016). Kita semua dapat mengamati dan merasakan perkembangan alat transportasi dari watu ke waktu. Sejarah transportasi dimulai sejak manusia menemukan roda sekitar tahun 3500 SM. Alat angkut atau transportasi yang semula berfungsi mengangkur barang dan manusia, secara tidak langsung juga membawa berita atau informasi. Revolusi industry yang terjadi pada abad XVII berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan transportasi, baik transportasi darat, perairan, maupun udara. Dan perkembangan transportasi ini juga sebagai salah satu perkembangan budaya. Dalam konteks yang lebih khusus, dapat pula dikonsepkan sebagai perkembangan IPTEK.
Perspektif Global dari Visi Komunikasi
Menurut Shannon dan Weaver, komunikasi adalah suatu proses interaksi manusia yang saling memengaruhi satu sama lain baik sengaja maupun tidak sengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal namun juga pada nonverbal seperti ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi (Wiryanto, 2004: 7). Sejalan dengan perkembangan kemajuan dan penggunaan transportasi serta media elektronik (radio, TV, faksmile, internet) kontak interaksi sosial umat manusia untuk berkomunikasi itu juga makin maju. Proses dan arus global kehidupan manusia makin dipacu melalui komunikasi ini. Makin lama komunikasi ini makin menjadi kebutuhan yang tidak dapat di lepas dari kehidupan manusia sehari-hari yang menembus batas-batas ruang.
Perspektif Global dari Visi Internasional
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan dunia yang memperhatikan segala aspek kehidupan umat manusia di negara-negara anggotanya. Oleh karena itu, lembaga ini membawahi lembaga-lembaga khususnya yang menangani suatu aspek tertentu dari kehidupan umat manusia. Sesuai dengan namanya, PBB menangani masalah-masalah internasional teruatama yang dialami oleh negara-negara anggota. Masalah-masalah global yang merupakan agenda yang tidak terselesaikan meliputi masalah-masalah kependudukan, pangan, lingkungkan hidup, dan perdamaian. Masalah-masalah yang hakikatnya terkait satu samalain.
REFERENSI
Mulyani, Fitri dan Haliza, Nur. 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3 (1).
Hadi Prayitno & Budi Santosa, 1996. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Darma, GS. 2000. Employee Perception of The Impact of Information Technology Investment in Organizations. Gajah Mada International Journal of Business, 2 (2).
Purwastuti, A. dan Nurasih, Y. 1992. Menciptakan Teknologi yang Manusiawi di Masa Mendatang. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2 (11).
Desga, W. 2016. Pemodelan Bangkitan Perjalanan di Nagari Siguntur, Nagari Barung-Barung Belantai dan Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, 14 (2).
Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo.
Nama : Siti Muthoharoh
NPM : 2013053114
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3 bu
Terima kasih ibu.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Fara Nalya Hadhaini
NPM : 2013053148
Izin mengumpulkan tugas analisis video bu
Terima kasih ibu
Nama : Ni Luh Putu Suciari
NPM : 2013053003
Kelas : 6D
Izin mengumpulkan tugas analisis video Bu.
Terima kasih.
Nama : Naila Rahma Kurnia
NPM : 2013053073
Izin mengumpulkan tugas ibu
NPM : 2013053086
Kelas : 6D
Mata Kuliah : Perspektif Global
Setelah saya menonton video tersebut ada beberapa hal yang dapat sedikit saya jelaskan. Didalam Video tersebut membahas perspektif global dari visi IPTEK, visi transportasi, visi komunikasi, dan visi internasional.
Menurut Jan L. Tucker, Perspektif global adalah pendidikan yang diarahkan pada pengembangan wawasan global yang mempersiapkan anak didik generasi muda menjadi manusiawi, rasional,sebagai warga negara yang mampu berpartisipasi dalam kehidupan dunia yang semakin menunjukkan saling ketergantungan.
Perspektif Global dari Visi IPTEK
IPTEK adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kemajuan teknologi telah mempengaruhi kehidupan ini dan tidak bisa dihindari, karena IPTEK memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan, sebagaimana Abraham (1991: 207-209) megungkapkan bahwa proses kemajuan tektonologi menghasilkan modernitas, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, mobilitas sosial, ekspansi atau peluasan budaya.
Teknologi meliputi bidang ekonomi. Dalam bidang ekonomi teknologi membantu dalam perdagangan. Saat ini untuk berbelanja tidak lagi pergi ke took secara offline, dapat dilakukan secara online. Dengan begitu kita juga dapat membeli barang secara nasional maupun internasional.
Teknologi dalam bidang organisasi. Menurut Thompson teknologi dalam bidang organisasi dikelompokkan kedalam 3 jenis
1. Teknologi perantara (Mediating Technology)
2. Teknologi rangkaian panjang (Long-linked Tecnology)
3. Teknologi Intensif (Intensitive Tecnology)
Teknik meliputi manusiawi. Yaitu teknologi merupakan sebuah alat yang dapat mempermudah hidup manusia. Dengan teknologi manusia dapat memanfaatkan gejala alam, dan bahkan mengubahnya.
Perspektif Global dari Visi Transfortasi
Menurut miro (2005) transfortasi dapat diartikan usaha memindahkan, mengerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lain, dimana pada tempat lain ini objek tersbut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. Peran prasarana transfortasi adalah sebagai alat bantu untuk mengarahkan pembangunan di daerah perkotaan. Prasarana bagi pergerakan manusia dan barang yang timbul akibat adanya kegiatan di daerah tersebut.
Perspektif Global dari Visi Komunikasi.
Para pakar komunikasi telah memberikan gambaran yang beragam tentang definisi komunikasi. John R. Wenburg dan William W.Wilmot juga Kenneth K. Sereno dan Edward M. Bodaken menjelaskan setidaknya ada tiga kerangka pemahaman mengenai komunikasi, yakni komunikasi sebagai tindakan satu arah, komunikasi sebagai interaksi, dan komunikasi sebagai transaksi. Dengan adanya komunikasi secara global akan memberikan informasi yang factual dan actual. Setiap Negara yang saling berhubungan akan sangat terbantu dalam memecahkan masalah yang ada, dengan adanya komunikasi yang dipermudah pada era globalisasisaat ini.
Perspektif Global dari Visi Internasional
Dari visi internasional terbentuk oragnisasi-organisasi yang didalamnya terdiri dari beberapa Negara. Organisasi tersebut dibentuk untuk mengatasi permasalahan yang terjadi secara internasional.
Referensi
Fatimah, S. (2019). Pengantar transportasi. Myria Publisher.
Mulyana, D., & Rakhmat, J. (1990). Komunikasi antarbudaya. Remaja Rosdakarya.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.
Terima kasih
Selamat malam ibu, izin mengumpulkan tugas analisis video
Nama : Divana Oriza Sativa
NPM : 2013053128
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Anggini Mareta
NPM : 2013053046
Izin mengirim tugas analisis video bu
Terima kasih.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Putri Septiana
NPM: 2013053105
Izin mengumpulkan tugas analisis video pertemuan 3
Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Sonnya Adelia
NPM : 2013053140
Kelas : 6D
Mata Kuliah : Perspektif Global
A. Perspektif Global dari Visi IPTEK
Pengetahuan adalah pengalaman bermakna yang dialami setiap orang. Sains dan penerapan sains dalam kehidupan dapat menghasilkan keterampilan yang disebut teknologi. Teknologi adalah penerapan pengetahuan manusia untuk mengembangkan pengetahuan tentang bagaimana sumber daya digunakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Bidang teknologi yang luas mencakup teknologi di bidang ekonomi:
Teknologi dapat meningkatkan produksi industri dan membantu meningkatkan tenaga kerja yang dibutuhkan, teknologi organisasi, teknologi, termasuk manusia.
B. Perspektif global visi transportasi
Angkutan atau transportasi pada mulanya berfungsi untuk mengangkut barang dan orang. Dampak positif revolusi industri abad ke-17 membawa perkembangan transportasi yang meliputi darat, laut dan udara. Pembangunan jalan sebagai infrastruktur dan peralatan mendekatkan jarak relatif di permukaan bumi, mengatasi keterpencilan, jalan menjadi urat nadi perekonomian dalam proses distribusi. Saat Anda menggunakan alat transportasi dalam bisnis, Anda tidak hanya mengangkut barang, tetapi juga adat istiadat, bahasa, agama, pengetahuan, serta sains dan teknologi. Konsumen menghadapi kekurangan barang.
C. Perspektif Global Visi Komunikasi
Perkembangan dan penggunaan media elektronik (radio, televisi, fax, internet) sebagai kontak untuk interaksi sosial dan komunikasi antar manusia juga semakin berkembang. Komunikasi semakin menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, karena kepentingan rahasia tertentu, fenomena tersebut tidak boleh disebarluaskan, Internet juga mengandung bahaya ketika orang jahat menggunakannya untuk membobol rahasia perbankan atau bisnis.
D. Perspektif global Visi internasional
PBB adalah lembaga global yang peduli terhadap kehidupan masyarakat di negara-negara anggotanya. Perserikatan Bangsa-Bangsa berurusan dengan isu-isu internasional yang saling terkait (kependudukan, pangan, lingkungan dan perdamaian).
- Masalah demografi tidak hanya berhubungan dengan jumlah penduduk, tetapi juga gizi, perumahan, pendapatan dan lapangan kerja. Persatuan negara-negara: Pangan dan Pertanian (FAO), Kesehatan (WHO).
- Isu lingkungan tidak dapat dipisahkan dari populasi, industri, sumber daya alam, kesehatan dan tatanan ilmiah. Persatuan negara-negara: Program Lingkungan (Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa).
- Isu perdamaian terkait sengketa senjata nuklir, uji coba nuklir PBB: komisi ilmiah tentang efek radiasi nuklir. Kecenderungan luas menuju tatanan dunia global dari sudut pandang ekonomi dan ekologi terkait dengan transfer industri dari negara industri ke negara berkembang. Mengadopsi transfer industri dalam mengejar pembangunan tanpa kemauan sumber daya manusia untuk menjaga keseimbangan akan membawa hal-hal buruk. Oleh karena itu, diperlukan kepemimpinan dari masyarakat internasional untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan ekonomi dan ekologi ini. Jika rusak, dampaknya akan menyebar ke seluruh dunia internasional.
Referensi:
Widiastuti, N. L. G. K. 2019. Pespektif Global & Problematika Pendidikan. Modul. Denpasar: Universitas Dwijendra.
NPM : 2013053110
Terima kasih,
NPM : 2013053162
Kelas : 6D
Hasil analisis video yang telah dipaparkan dapat diambil kesimpulan bahwa:
Dalam video tersebut membahas 4 visi lain yang ada dalam perspektif global seperti IPTEK, Transportasi, Komunikasi dan Internasional.
1. Visi IPTEK
Perspektif Global Dari Visi Iptek Teknologi adalah penerapan pengetahuan dan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang cara memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Ilmu pengetahuan erat hubungannya dengan teknologi, dalam kehidupan sehari-hari popular disebut IPTEK. Perkembangan IPTEK meliputi tiga tahap perkembangan :
1. IPTEK pertanian yang lebih maju : terjadi Revolusi Hijau
2. Abad XVII ditemukan mesin uap (kemajuan IPTEK di bidang produksi dan industry) : terjadi revolusi industri.
Abad XX kemajuan IPTEK elektronik (Radio, TV dan telepon) : terjadi revolusi informasi.
2. Visi Transportasi
Transportasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia terutama dalam globalisasi ini, transportasi dibutuhkan sebagai akses untuk mempermudah ekspor-impor dalam sektor ekonomi. Saat ini, tren yang sedang berkembang di sektor transportasi adalahtransportasi dengan kontainer. Kontainer/ Truk Pembungkus yang kuat menjadi kebutuhan dalam mengamankan barang-barang angkutan, sehingga just in time-just in value sebagai goal dalam perdagangan dapat terwujud. Pada perencanaan transportasi pengelolaan containerempty yang akan digunakan dalam jaringan intermodal transportasi menjadi penting agar membentuk biaya competitive, hal ini terkait dengan pengelolaan sertaketersediaan dan pergerakan kontainer agar memenuhi kebutuhan para pengguna (Choong, 2002).
3. Visi Komunikasi
Komunikasi adalah kebutuhan bagi manusia agar dapat saling terhubung dan Industri telekomunikasi berkembang dengan sangat cepat. Kebebasan berpendapat yang tanpa batas dan semakin sempitnya ruang privasi menjadi ciri khas jaman ini. Komunikasi melalui internet menjadi sangat mudah melalui jaringan media sosial. Selain itu membrikan dampak positif dimana akses keterbukaan dunia informasi ini menjadi salah satu faktor yang mendorong promosi pariwisata. Industripariwisata sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi & informasi, akibat dari keingintahuan orang yang telahmendapatkan gambaran berupa imajinasi dari informasi yang tersebar melalui internet. Beredarnya informasi mengenai lokasi tertentu, mampu meningkatkan gairah keingintahuan seseorang (Amaro, 2013).
4. Visi Internasional
PBB merupakan lembaga negara yang memperhatikan aspek kehidupan masyarakat Negara-negara anggotanya. PBB menangani masalah-masalah internasional (kependudukan, pangan, lingkungan hidup, dan perdamaian) yang terkait satu sama lain.
1. Masalah kependudukan tidak hanya menangani jumlah penduduk saja tapi mengenai pangan, perumahan, penghasilan, dan pekerjaan. PBB : pangan dan pertanian (FAO), kesehatan (WHO)
2. Masalah lingkungan hidup tidak bisa lepas dari kependudukan, industry, SDA, kesehatan dan tatanan ilmiah. PBB : lingkungan hidup (United Nations Environment Programe)
3. Masalah perdamaian mengenai pertikaian senjata nuklir, percobaan nuklir PBB : komisi ilmiah tenteng efek radiasi atom
Referensi:
Amaro, Suzanne et al. 2013. 'Online Travel Purchasing'. Journal of Travel & Torism Marketing.
Choong, Sook Tying., et al. 2002. Empty Kontainer Management for Intermodal Transport. Transportation Research Part E 38. Ducruit, Cesar. 2014. Time Efficiency at World Kontainer Port. International Transport Forum.
Nawawi, A. (2022). MODUL PERSPEKTIF GLOBAL & PROBLEMATIKA PENDIDIKAN.
Purwanto, B., Rafi, S., & Pongoh, H. (2016). Sumber Daya Manusia Transportasi, Telekomunikasi, Dan Pariwisata Dalam Perspektif Global. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 3(3), 327-338.
Nama : Roza Melinda Puri
NPM : 2013004
Izin mengumpulkan tugas analisis video 3, Bu.
Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Niken Ayu Saputri
NPM : 2013053005
Izin mengumpulkan tugas analisis video pada pertemuan 3 ini ibu.
Terimakasih ibu
Nama : Arawinda Olatta
NPM : 2013053089
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3
Terima kasih
Nama : Rinta Renjani
NPM : 2013053098
Izin mengumpulkan tugas analisis video 3, Bu.
Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Mutiara Cinta Amanda
NPM : 2013053017
Izin mengumpulkan tugas analisis video pada pertemuan 3 bu.
Terima kasih
NPM : 2013053119
Hasil Analisis Video “Prespektif Global dari Sudut Pandang Ilmu Lain yang Terkait”
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa video tersebut membahas tentang prespektif global dari 4 visi diantaranya adalah Ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK), transportasi, komunikasi, dan Internasional.
1. Prespektif global dari visi IPTEK
Disini, IPTEK merupakan produk dari budaya bangsa manusia yang dengan kesadaran yang tinggi dituntut untuk memiliki kemampuan agar dapat mengendalikan IPTEK yang bermata dua demi kesejahteraan umat manusia dengan kelestarian lingkungan hidup. Dalam perkembangannya IPTEK melalui tiga tahap diantaranya
a. IPTEK pertanian yang lebih maju
b. Abad XVII ditemukannya mesin uap
c. Abad XX kemajuan iptek di bidang elektronik
2. Prespektif global dari visi transportasi
Transportasi memegang peranan yang sangat penting pada komponen utama multimedia dan global, meningkatnya persaingan pada tingkat global mendorong stakeholder dan shareholder untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dengan melakukan investasi teknologi terkini untuk modal transportasi serta pengelolaan informasi agar dapat digunakan lebih efisien dalam kegiatan logistik.
3. Prespektif Global dari visi komunikasi
Dalam cara berpikir seseorang harus berpikir global, dan dalam bertindak dapat secara lokal (think globally and act locally). Komunikasi diperlukan agar kita dapat berkembang dengan dunia luar. Guru sebagai komunikator dan penghubung dengan dunia luar maka, guru harus :
1) Tertarik dan peduli terhadap kejadian dan kegiatan pada masyarakat lokal, nasional, dan global.
2) Secara aktif mencari dan menyimpan informasi yang bersifat dunia.
3) Mempunyai sifat terbuka, mau menerima setiap adanya pembaruan.
4) Mampu menyeleksi informasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sosial budaya masyarakat kita.
4. Prespektif global dari visi Internasional
Dari visi internasional maka prespektif global identic dengan globalisasi, maka (Mimbar, 1990) menjelaskan ciri-ciri yang berkaitan dengan globalisasi ini seperti berikut:
a. Globalisasi perlu didukung oleh kecepatan informasi, kecanggihan teknologi, transportasi dan komunikasi yang diperkuat oleh tatanan organisasi dan manajemen yang tangguh.
b. Globalisasi telah melampaui batas tradisional geopolitik. Batas tersebut saat ini harus tunduk pada kekuatan teknologi, ekonomi, sosial politik dan sekaligus mempertemukan tatanan yang sebelumnya sulit dipertemukan.
c. Adanya saling ketergantungan antarnegara.
d. Pendidikan merupakan bagian dari globalisasi
Referensi :
Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. 2019. Modul Prespektif Global & Problematika Pendidikan. Denpasar: Universitas Dwijendra.
Terimakasih
Nama: Nisa Rizki El Balqis
NPM: 2013053166
Izin mengumpulkan analisis video petemuan 3, Bu. Berikut saya sertakan file PDF-nya.
Teimakasih
Nama : Rita Septiana
NPM : 2013053048
Izin mengumpulkan tugas analisis video pertemuan 3 Ibuk
Terima kasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Lutfi Qurrotul A'yun
NPM : 2013053135
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3
Terima kasih
NPM : 2013053083
Izin mengumpulkan analisis video
Izin mengumpulkan hasil analisis bu,
Nama : Mita Ayuning Tias
NPM : 2013053034
Terimakasih bu
Izin menyampaikan hasil analisis video pembelajaran yang telah diberikan ibu,
Nama : Dinda Maharani
NPM : 2013053036
Berdasarkan tayangan video yang sudah saya lihat secara garis besar membahas mengenai perspektif global dari 4 visi antara lain IPTEK, transportasi, komunikasi dan internasional.
• Perspektif Global dari Visi IPTEK
IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan suatu sumber karena seseorang dapat mengelola dan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupannya. Menurut Horton B (dalam Fitri Mulyani dan Nur Haliza, 2021) beliau mengatakan bahwa Ilmu Pengetahuan merupakan suatu usaha untuk mencari pengetahuan yang masuk akal dan diandalkan serta bisa diuji secara sistematis menurut tahap-tahap yang teratur dan berdasarkan prinsip-prinsip serta prosedur tertentu. Sedangkan teknologi adalah sarana yang menyediakan kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusia.Oleh karena itu, teknologi mempunyai peranan penting dalam meningkatkan nilai tambah atau disebut value added. Teknologi ini dapat dikatakan berkembang sangat pesat dan cepat dengan cakupan yang sangat luas yang dapat mempengaruhi berbagai bidang.
Teknologi berkembang sejalan dengan perkembangan evolusi manusia. Teknologi merupakan suatu cara dalam kehidupan manusia dan dalam evolusinya suatu cara akan bertindak untuk membuat sejarah. Dengan perkembangan IPTEK yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sebagian orang bahkan memuja IPTEK sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. IPTEK diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas namun tak menutup kemungkinan dengan adanya IPTEK akan membawa dampak buruk kepada manusia bila tidak dimanfaatkan dengan bijak.
• Perspektif Global dari Visi Transportasi
Transportasi sendiri ialah suatu kegiatan pemindahan penumpang dan barang dari suatu tempat ke tempat lain dimana di dalamnya terdapat unsur pergerakan. Kita semua dapat mengamati dan merasakan perkembangan alat transportasi dari watu ke waktu. Sejarah transportasi dimulai sejak manusia menemukan roda sekitar tahun 3500 SM. Alat angkut atau transportasi yang semula berfungsi mengangkut barang dan manusia, secara tidak langsung juga membawa berita atau informasi. Yang kemudian terjadi revolusi industri yang terjadi pada abad XVII berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan transportasi, baik transportasi darat, perairan, maupun udara dan perkembangan transportasi ini juga sebagai salah satu perkembangan budaya manusia.
• Perspektif Global dari Visi Komunikasi
Menurut Shannon dan Weaver komunikasi adalah suatu proses interaksi manusia yang saling memengaruhi satu sama lain baik sengaja maupun tidak sengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal (lisan) namun juga pada nonverbal (tulisan) seperti ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi. Sejalan dengan perkembangan kemajuan dan penggunaan transportasi serta media elektronik seperti radio, TV, faksmile, internet, dsbnya kontak interaksi sosial umat manusia untuk berkomunikasi itu juga makin maju. Proses dan arus global kehidupan manusia makin dipacu melalui komunikasi ini. Makin lama komunikasi ini makin menjadi kebutuhan yang tidak dapat di lepas dari kehidupan manusia sehari-hari yang menembus batas-batas ruang tak terbatas.
• Perspektif Global dari Visi Internasional
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan organisasi dunia yang memperhatikan segala aspek kehidupan umat manusia di negara-negara anggotanya. Oleh karena itu, lembaga ini membawahi lembaga-lembaga khusus yang menangani suatu aspek tertentu dari kehidupan umat manusia. Sesuai dengan namanya, PBB ini menangani masalah-masalah internasional terutama yang dialami oleh negara-negara anggotanya. Masalah-masalah global yang merupakan agenda yang tidak terselesaikan meliputi masalah-masalah kependudukan, pangan, lingkungkan hidup, dan perdamaian.
Terimakasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Referensi :
Nawawi, A. (2022). MODUL PERSPEKTIF GLOBAL & PROBLEMATIKA PENDIDIKAN.
Mulyani, Fitri dan Haliza, Nur. 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3 (1).
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Resa Kurnia
NPM : 2013053071
Izin mengumpulkan tugas analisis video bu
Terima kasih
Nama : Riska Dwi Ayu Triyana
NPM : 2013053097
Hasil Analisis :
Pada video tersebut menjelaskan tentang perspektif Global dari sudut pandang ilmu sosial dengan membahas tentang perspektif Global dari visi IPTEK, visi transportasi, visi komunikasi dan yang terakhir perspektif Global dari visi internasional. Pengetahuan merupakan pengalaman yang bermakna dalam diri setiap orang yang tumbuh sejak ia dilahirkan. Sedangkan ilmu merupakan pengkategorian dari pengetahuan itu sendiri.
IPTEK : Penerapan pengetahuan dan ilmu pengetahuan di dalam kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan sesuatu dan menghasilkan kemampuan disebut teknologi. Teknologi merupakan penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengembangkan pengetahuan tentang Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Teknologi yang berkembang dengan pesat meliputi berbagai kehidupan manusia memiliki cakupan yang sangat luas seperti teknologi bidang ekonomi. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi di masa depan. Perkembangan teknologi dan ekonomi akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang sangat cepat akibat pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja dapat mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill nya sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja. Teknologi dalam organisasi memiliki peran utama dalam mempelajari sifat-sifat dari teknologi. Suatu organisasi dan hubungan teknologi terhadap struktur organisasi dalam teori organisasi yaitu dengan prinsip ketergantungan atau kontigensi menyatakan bahwa karakteristik organisasi mempunyai ketergantungan terhadap faktor-faktor teknologi yang pada akhirnya berkembang menjadi pendekatan modern. Dalam teori organisasi menurut James Thompson, teknologi organisasi tidak didasarkan pada penyelidikan yang dilakukan di lapangan. Thompson mengelompokkan teknologi organisasi menjadi tiga jenis yang masing-masing menggambarkan jenis hubungan yang terjadi dengan konsumen maupun jenis kegiatan internal yang terjadi dalam organisasi, antara lain :
1. teknologi perantara atau media teknologi
2. teknologi rangkaian panjang atau long link teknologi
3. teknologi intensif atau intensif teknologi
Dalam buku yang berjudul gelombang ketiga tahun 1980 mengemukakan bahwa terdapat tiga tahap perkembangan teknologi pada gelombang pertama, yaitu :
1. gelombang agraris
2. gelombang industri
3. gelombang informasi
Transportasi : Perspektif Global dari visi transportasi menurut Nasution tahun 1996 Nomor 50 mengartikan transportasi sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Menurut Tamin tahun 1999 nomor 5 mengungkapkan bahwa prasarana transportasi mempunyai dua peran utama yang pertama sebagai alat bantu untuk mengarahkan pembangunan di daerah perkotaan dan yang kedua Sebagai prasarana bagi pergerakan manusia dan barang yang timbul akibat adanya kegiatan di daerah perkotaan tersebut.
Komunikasi : Perkembangan daya pikir manusia yang dikonsepkan sebagai perkembangan Iptek atau ilmu pengetahuan teknologi menurut Weaver tahun 1949 dalam buku wiryanto tahun 2004 mengungkapkan bahwa komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain sengaja atau tidak. Pengertian Komunikasi sering dikaitkan dengan kehidupan bermasyarakat dimana setiap orang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya komunikasi setiap manusia memberikan suatu aksi yang direspon dengan sebuah reaksi. Dari visi komunikasi yang semakin berkembang tidak hanya terbatas secara lokal regional nasional dan global, informasi aktual tentang keadaan dan perkembangan suatu kawasan atau negara yang saling ketergantungan dengan negara lainnya dapat diketahui melalui media komunikasi baik itu telepon atau internet.
Internasional : Perspektif Global dari visi internasional perserikatan bangsa-bangsa atau PBB merupakan lembaga dunia yang memperhatikan segala aspek kehidupan umat manusia di negara-negara anggotanya Oleh karena itu Lembaga ini membawahi lembaga-lembaga khusus yang menangani suatu aspek tertentu dari kehidupan umat manusia.
REFERENSI :
Saidihardjo. 2003. Perspektif Global dari Berbagai Sudut Ilmu. Yogyakarta :UNY Sumaatmadja, Nursid dan Kuwaya Wirhadit. 2009. Perspektif Global. Jakarta: Universitas Terbuka
Sriartha, dkk. 2004. Perspektif Global. Tidak diterbitkan: Singaraja
Nama : Arif Rahman
NPM : 2013053069
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3
Nama : Risca Wulantika
NPM : 2013053147
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Pajar Irawan
NPM : 2013053085
Izin untuk mengirimkan hasil analisis
Izin menyampaikan hasil analisis video,
Nama : Dinda Wahyu Puspita
NPM : 2013053137
Video berdurasi 12 menit 49 detik berjudul "Prespektif Global dari Sudut Pandang Ilmu Sosial" tersebut diunggah dalam kanal YouTube Nita Karmila pada 27 Juni 2020. Dalam video dijelaskan mengenai prespektif global dari visi IPTEK, perspektif global dari visi transportasi, prespektif global dari visi komunikasi, dan prespektif global dari visi internasional.
Prespektif Global dari Versi Misi IPTEK
Pengetahuan merupakan pengetahuan yang bermakna dalam diri seseorang yang tumbuh sejak ia dilahirkan. Sedangkan ilmu merupakan pengkategorian dari pengetahuan itu sendiri. Pengetahuan dan ilmu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghasilkan teknologi. Teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengembangkan pengetahuan tentang cara pemanfaatan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Cakupan teknologi diantaranya dalam bidang ekonomi, organisasional, dan teknik meliputi manusia.
3 Tahap Perkembangan Teknologi :
1. Gelombang agraris
2. Gelombang industri
3. Gelombang informasi
Prespektif Global dari Visi Transportasi
Transportasi adalah pemindahan barang atau manusia dari tempat asal ke tampar tujuan. Prasarana transportasi bertujuan sebagai alat bantu untuk mengarahkan pembangunan di daerah perkotaan, dan sebagai prasarana bagi pergerakan manusia dan barang yang timbul akibat adanya kegiatan di daerah tersebut.
Prespektif global dari Visi Komunikasi
Manusia sebagai makhluk hidup yang berbudaya yang mengembangkan IPTEK, memiliki kemampuan, cara dan kiat berkomunikasi yang beragam, yang juga berkembang serta dapat dikembangkan. Mulai dari masyarakat sederhana sampai ke masyarakat modern, cara berkomunikasi ini bertahap,beragam dan berkembang. IPTEK menjadi salah satu sarana komunikasi yang makin berkembang tidak hanya terbatas secara lokal, regioanal, nasional, dan global namun sampai mampu menembus di luar bumi. Penggunaan satelit komunikasi, pesawat yang dilepaskan ke bulan dan planet lain yang mengirimkan sinyal balik ke bumi, merupakan bukti bahwa komunikasi manusia itu sudah mampu menembus batas-batas global. Dari perspektif budaya komunikasi dengan segala bentuk cara dan saranya juga merupakan budaya yang memacu perkembangan kebudayaan terutama setelah menggunakan bahasa serta lambang- lambang ilmu pengetahuan.
Prespektif global dari Visi Internasional
Dunia internassional dituntut untuk memberikan bimbingan, agar ketimpangan antara ekonomi dengan ekologi ini tidak terjadi. Karena jika degradasi lingkungan ini terjadi, dampaknya tidak hanya menimpa negara yang menerima relokasi, melainkan akan meluas ke dunia internasional, bahkan juga mencapai batas global. Sejak dulu hubungan antar bangsa telah terjadi, satu nuansa yang benar-benar nampak adalah dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu berbagai aspek pendidikan,
baik yang berwujud teori maupun praktis, biasa mengalir dari bangsa yang satu kepada bangsa yang lain sebagi hal-hal yang dipinjam, lalu diadopsi dan diadaptasikan secara teori maupun praktis.
Referensi :
Suhartini. 2011. Prespektif Global. (Yogyakarta : FTIK UNY).
Modul 4 Prespektif Global dari Visi IPTEK, Transportasi, Komunikasi, dan Internasional. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=%2F77975%2Fmod_resource%2Fcontent%2F1%2F5_7212_PSD219_102018.pdf
Nama : Ida Farida
NPM : 2013053051
Izin mengumpulkan tugas analisis video pertemuan 3 ibu.
Terima kasih bu
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : M. Zauzi Turseno
NPM : 2013053146
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3 bu
Terima kasih ibu..
Assalamu'alaikum wr wb
Nama: Nola Mardiah
NPM: 2013053168
Izin mengirimkan hasil analisis video pertemuan 2 bu, terima kasih.
Nama: Nola Mardiah
NPM: 2013053168
Izin mengirimkan hasil analisis video pertemuan 3 bu, terima kasih.
Nama : Alya Syafira
NPM : 2013053126
Izin mengirim tugas analisis video pada pertemuan 3 bu
Terima kasih