Forum diskusi penyelesaian kasus uji efektivitas produk penelitian pengembangan

Diskusi kelompok 2

Diskusi kelompok 2

by Agus Suyatna -
Number of replies: 21

Kasus:

Seorang guru IPA melakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis inkuiri. Ia ingin menguji efektivitas LKPD hasil produk pengembangannya. Diskusikan:

  1. Empat alternatif desain eksperimen untuk menguji efektivitas hasil penelitian pengembangan tersebut
  2. rumusan  hipotesis untuk masing-masing alternatif  solusi
  3. Empat macam analisis statistik untuk menguji masing-masing hipotesis menggunakan SPSS
  4. interpretasi dari masing-masing hasil analisis
  5. alternatif solusi yang paling tepat untuk menguji efektivitas produk penelitian pengembangan tersebut

In reply to Agus Suyatna

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Izin memulai diskusi
Jenis/bentuk rancangan penelitian eksperimen dibedakan dalam tiga kelompok besar yaitu:
a. Rancangan Pra-Eksperimen (Pra-Experiment Design) yang terdiri dari: The One-Shot Case Study, The One-Group-Pretest-Posttest Design, The Static-Group Comparison Design, The Static-Group Pretest-Posttest Design.
b. Rancangan Eksperimen Murni (True-Experimental Design) yang terdiri dari: The Randomized Posttest-Only Control Group Design, The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design, The Randomized Solomon Four-Group Design, Random Assignment with Matching.
c. Rancangan Eksperimen Semu ( Quasi-Experimental Design) yang terdiri dari: The Matching-Only Design, Counterbalanced Designs, Time-Series Designs, Factorial Designs

Sumber: Fraenkel, Jack R et al. (1993)
In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by TRI WULANDARI -
Menurut Sugiyono (2011) terdapat beberapa bentuk desain eksperimen, yaitu:
(1)pre-experimental (nondesign), yang meliputi one-shot case studi, one group pretestposttest, intec-group comparison;
(2) true-experimental, meliputi posttest only control design, pretest-control group design;
(3) factorial experimental; dan
(4)Quasi experimental, meliputi time series design dan nonequivalent control group design.
In reply to TRI WULANDARI

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Nah untuk tugas kita minggu ini yaitu menentukan empat alternatif desain kuasi eksperimen untuk menguji efektivitas hasil penelitian pengembangan dengan kasus "Seorang guru IPA melakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis inkuiri. Ia ingin menguji efektivitas LKPD hasil produk pengembangannya".
Jadi desain penelitian yg bisa kita pilih yaitu The Matching-Only Design, Counterbalanced Designs, Time-Series Designs, Factorial Designs.
Gimana teman-teman?
Karena yg saya baca dari buku Fraenkel bahwa untuk kuasi eksperimen terdiri dari 4 desain tersebut.
In reply to TRI WULANDARI

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
The Matching-Only Design


Simbol M : subyek dalam setiap kelompok telah di-match-kan (pada variable tertentu), tetapi tidak dilakukan random pada kelompok.
In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Contoh hipotesisnya:

H0 : Tidak terdapat pengaruh yang signifikan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa SMP
H1 : Terdapat pengaruh yang signifikan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa SMP

Contoh jurnal hasil penelitian: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/viewFile/2000/1431
In reply to TRI WULANDARI

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -

Counterbalanced Designs

Digunakan untuk menyamakan kelompok eksperimen dan kontrol. Dalam desain ini, perlakuan yang diberikan kepada semua kelompok adalah sama, tetapi dalam urutan yang berbeda.



In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Contoh hipotesisnya:

H0 : µ1 = µ2 : tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis inkuiri dan kelas yang menggunakan LKPD konvensional.
H1 : µ1 ≠ µ2 : terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis inkuiri dan kelas yang menggunakan LKPD konvensional.

Contoh jurnal hasil penelitian: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/366
In reply to TRI WULANDARI

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -

Time-Series Designs

Digunakan untuk mengobservasi atau mengukur secara serentak sebelum dan sesudah perlakuan. Time-series design digunakan untuk pengulangan pengukuran atau observasi pada periode waktu sebelum dan sesudah perlakuan.



In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Contoh hipotesisnya:

Ho : LKPD berbasis inkuiri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP.
H1 : LKPD berbasis inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP.

Contoh jurnal penelitian: 
https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/65290840/2020_01_17_1_6_127_1_PB-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1666734600&Signature=KqLT4KCAn~-i7iWOw9t8eaCvG5yhLnRgycrh8omM4noU6avmesug6eak5oj30Wrd~lKFC4-fLDBxI5ckVV~UzyQz6CahbSvcau9JGXAbAvn-wSqeW0TQ1phqaDCAwwKtHkzuXEYqIbNOqULWjNk~3hnYufnSKaZAtWnPFvoLoUErKPTxg8a9nhovZrpnfq1uQ6B~8g4tmjXSq9Ncz0a1LHEn1EESXK3HZ~TXWKfz7xZMssw9m9a1fRf-3KDfhC4QrSMO7jYSgnMyxzf~nbQduyPRSJ7fjynDyTnNbMT~vIWi-CIAU3l0piyBvo-r1xOMHyCsaUddryW3lEUAKGmlMw__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
In reply to TRI WULANDARI

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -

FACTORIAL DESIGNS

  • Memperbanyak jumlah hubungan yang dapat diperiksa dalam penelitian eksperimental
  • Memungkinkan seorang peneliti untuk mempelajari interaksi dari variabel independen dengan satu atau lebih variabel lain, kadang-kadang disebut variabel moderator
  • Modifikasi dari posttest-only control group or pretest-posttest control group designs
In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
contoh hasil factorial designs

In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001 -
Contoh hipotesis:
H0: tidak ada pengaruh penggunaan LKPD pembelajaran (inkuiri dan konvensional) terhadap hasil belajar siswa.
H1: ada pengaruh penggunaan LKPD pembelajaran (inkuiri dan konvensional) terhadap hasil belajar siswa.

H0 : tidak ada pengaruh level sekolah (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar siswa.
H1 : ada pengaruh level sekolah (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar siswa.

H0 : tidak ada pengaruh antara LKPD pembelajaran (inkuiri dan konvensional) dan level sekolah terhadap hasil belajar siswa.
H1 : ada pengaruh antara LKPD pembelajaran (inkuiri dan konvensional) dan level sekolah terhadap hasil belajar siswa.

Contoh jurnal penelitian: https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/102/70
In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001

Re: Diskusi kelompok 2

by IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21 -
Izin beridiskui. yang saya dapatkan untuk analisis menggunakan The Matching-Only Design
Pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri pada materi kalor dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik lebih baik dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan LKPD berbasis inkuiri.
untuk informasi saja teman-teman. berdasarkan artikel yang saya baca, untuk analisis menggunakan ini, kita harus lakukan berikut:
1. uji normalitas
2. uji homogenitas
3. uji independent sample test
4. uji n-gain score
In reply to IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21

Re: Diskusi kelompok 2

by IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21 -
judul yang saya tawarkan untuk menggunakan analisis the matching only design yaitu
"“Efektivitas LKPD Berbasis Inkuiri Materi Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik”.

makanya endingnya saya mencari efektif nga lkpd ini dikembangkan. makanya menggunakan uji n-gain score
In reply to IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21

Re: Diskusi kelompok 2

by IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21 -
untuk yang analisis menggunakan Counterbalanced Designs, dari jurnal yang saya baca, menggunakan uji ANOVA F dan dilanjutkan Pos Hoc test dengan multiple comparisons. namun saya masih bingung untuk pengujian spss nya. sehingga saya otak-atik menggunakan uji unvariate, barulah dilanjutkan dengan pos hoc test. dan hasil data spss yang saya dapatkan beda dengan yang dijurnal. makanya sampai sekarang masih bingung juga.
In reply to IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21

Re: Diskusi kelompok 2

by IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21 -

padahal di jurnal ini sudah jelas alurnya. namun saya masih bingung analisis nya. cari di youtube juga belum bisa paham secara menyeluruh. mungkin teman-teman bisa dibaca. sebagai nambah referensi.

In reply to IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21

Re: Diskusi kelompok 2

by IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21 -

silahkan aku share untuk jurnal yang gunakan analisis 

The matching only design yang tipe ”The matching only pretest posttest control group design”.


In reply to IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21

Re: Diskusi kelompok 2

by IRMANSYAH.KAROROR21 IRMANSYAH.KAROROR21 -
Hipotesis penelitian yang akan diuji menggunakan analisis Counterbalanced Designs
H-1 = Terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan LKPD berbasis Ikuiri dengan LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
H-2 = Terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan LKPD berbasis Inkuiri dengan LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan berpikir kritis.
H-3 = Terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan LKPD berbasis PBL dengan LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan berpikir kritis.
In reply to Agus Suyatna

Re: Diskusi kelompok 2

by TRI WULANDARI -
misalkan judul penelitiannya: Pengaruh penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didiik
apakah rumusan hipotesisnya seperti ini teman-teman?
H0 : Tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik
H1 : Ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada
In reply to Agus Suyatna

Re: Diskusi kelompok 2

by TRI WULANDARI -
dari sumber yang saya baca, ada 4 teknik analisis data yang biasa digunakan dalam penelitian eksperimen, sebagai berikut:


bagaimana menurut pendapat teman-teman?