Tugas 2

Tugas 2

Number of replies: 34

Berikan analisis mu mengenai materi hari ini yaitu tentang analisis materi PKN SD. dan menurut pendapat kalian materi yang tepat untuk kelas rendah seperti apa dan untuk materi PKN SD kelas tinggi yang seperti apa, berikan penjelasan mu dan berikan contohnya.

In reply to First post

Re: Tugas 2

by SITI. RANISSA -
NAMA : Siti Ranissa
NPM; 2113053104

1 untuk kelas rendah : identitas diri, keluarga ,masyarakat, Hak dan kewajiban anggota keluarga, Saling menghormati di lingkungan keluarga. membahas tentang keluarga sangat cocok diajarkan di kelas rendah karna sangat penting diajakan sejak sedini mungkin.
2. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya, Hak dan Kewajiban warganegara
, Keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia,Penduduk dan sistem Pemerintahan Indonesia
,Penerapan Nilai-nilai Pancasila dan Hak Asasi Manusia. membahas tentang kenegaraan karena pada kelas tinggi anak harus memahami pentingnya bernegara yang benar dan baik
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Eni Sintia -
Nama : Eni Sintia
Npm : 2113053163
Izin menjawab
Materi pkn yang tepat untuk siswa kelas rendah adalah pentingnya hidup rukun dan saling menghormati bagi warga negara di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.
Sedangkan Materi pkn yang tepat untuk siswa kelas tinggi adalah materi yang lebih mendalam seperti mengenai HAM, serta memahami sistem pemerintahan.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Riska Zulkarnaen -
Nama : Riska Zulkarnaen
Npm : 2113053295

Izin Menjawab
Materi PKN yang tepat untuk siswa kelas rendah yaitu mempelajari tentang toleransi, menghormati satu sama lain, saling menghargai, hidup rukun antar sesama, norma-norma dalam lingkungan. selain itu, biasanya siswa kelas rendah sudah diajarkan untuk bisa menghafalkan pancasila. Sedangkan materi PKN yang tepat untuk kelas tinggi yaitu mempelajari tentang demokrasi, politik, HAM (Hak Asasi Manusia), mengetahui Bhinneka Tunggal Ika dan makna kesatuan Republik Indonesia.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Rida Sandi -
Nama : Rida Sandi Perdana
NPM : 2113053109

Izin menjawab
Materi Kelas rendah :
Kelas Satu
 Hidup Rukun dalam Keluarga
Contohnya :
• Identitas diri, keluarga , dan masyarakat
• Hidup rukum dalam kemajemukan keluarga
Kelas Dua
 Hak dan Kewajiban
Contohnya :
• Hak dan kewajiban anggota keluarga
• Saling menghormati di lingkungan keluarga

Kelas Tiga
 Kedudukan dan peran
• Kedudukan dan peran anggota keluarga
• Kerja sama di lingkungan ketetanggaan
• Aturan-aturan sekolah
• Hak dan Kewajiban individu sebagai warga masyarakat
• Kejujuran
Penjelasan : Materi yang diajarkan untuk kelas rendah masih berlingkup kecil yaitu keluarga dan sekolah agar peserta didik dapat menerapkannya dengan mudah dan mengerti arti keluarga dan sekolah.

Materi Kelas tinggi
Kelas Empat
 Keanekaragaman
Contohnya :
• Keanekaragaman suku bangsa dan budaya
• Hak dan Kewajiban warganegara

Kelas Lima
 Sistem Pemerintahan Indonesia
Contohnya :
• Keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
• Penduduk dan sistem Pemerintahan Indonesia
Kelas Enam
 HAM
Contohnya :
• Penerapan Nilai-nilai Pancasila
• Hak Asasi Manusia
Penjelasan : Materi yang ajarkan kelas tinggi sudah melingkup pembahasan yang cukup luas yaitu tentang keberagaman budaya Indonesia. Peserta didik diajak dapat bertoleransi terhadap berbagai perbedaan suku bangsa.
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Shita El Qolby -
Nama: Shita El Qolby
Npm:2113053165

Izin menjawab,
materi yang cocok untuk kelas rendah yaitu menghormati satu sama lain dan juga toleransi.sedangkan materi untuk kelas tinggi yang cocok yaitu materi yang lebih mendalam tentang HAM dan mempelajari tentang makna Republik Indonesia.

Sekian Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by UNING HAFIFAH -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Uning Hafifah
NPM : 2113053006

Izin menjawab, Dalam kelas rendah materi Pkn yang cocok diterapkan yaitu tentang Nkri dan dasar-dasar tanggung jawab sebagai warga negara. Fungsi dari pembelajaran PKn tersebut yaitu dapat membantu siswa untuk memahami hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara, dapat membentuk karakter yang lebih baik dan bertanggung jawab, dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kepada NKRI. Sedangkan dalam kelas tinggi materi yang diterapkan sudah mulai mengenal dan memahami tentang hak dan kewajiban warga negara beserta sanksi dan juga peran dasar negara yaitu Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar kelas tinggi dimaksudkan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan, serta membentuk kepribadian bangsa yang sesuai dengan falsafah, pandangan hidup, ideologi, dan dasar negara yaitu Pancasila.

Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Pandu Adithia R 2113053298 -
Nama : Pandu Adithia. R
Npm : 2113053298

Menurut saya materi yang cocok diajarkan oleh guru mata pelajaran PKN SD di kelas rendah ialah pentingnya hidup rukun serta hak dan kewajiban.

dan untuk kelas tinggi ialah keanekaragaman, pemerintahan dan HAM

dikelas rendah masih mempelajari hal mendasar yaitu tentang hidup rukun serta hak dan kewajiban anak anak harus tau betul bagaimana cara hidup yang rukun serta anak anak harus paham akan hak dan kewajiban nya sebagai warga negara yang baik seperti apa,
sedangkan dikelas tinggi anak anak harus sudah mulai paham negara kita terdapat ragam suku dan budaya yang menjadi satu serta harus tahu betul tentang sistem pemerintahan di Indonesia dengan HAM yang melandasi nya
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Himawan Dwi Caksono Algibran ALGIBRAN -
Nama:Himawan Dwi Caksono Algibran
Nomor:2113053303

Materi yang cocok untuk kelas rendah adalah dengan menanamkan Pancasila kepada diri siswa, mengajarkan hidup rukun dalam perbedaan dan hidup tertib dalam bermasyarakat.
Sedangkan materi yang cocok untuk kelas tinggi adalah mempelajari tentang demokrasi Indonesia, politik, dan juga lebih mendalam tentang HAM.
In reply to First post

Re: Tugas 2

by darista darista -
Nama:Darista
Npm:2113053303

Izin menjawab:
pembelajaran yang paling relevan untuk kelas rendah MI/SD adalah model pembelajaran picture and picture,kenapa kami memilih itu karena menurut kami anak-anak itu menyukai dengan yang namanya warna-warni,dengan begitu anak-anak akan senang melihat gambar-gambar tersebut dan akan aktif menerima materi yang akan diberikan oleh guru.Dengan begitu seorang guru akan lebih mudah menjalan proses belajar mengajar.
Contoh penerapan model pembelajaran picture and picture pada jaringan tema kelas 1 SD/MI semester Ganjil Tema 1 Kegemaranku PPKn:1.Menunjukkan sikap patuh agama yang dianut dalam kehidupansehari- hari baik di dalam keluarga maupun dalam bermasyarakat.
melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Model pembelajaran Pkn pada jenjang kelas tinggi ini memfokuskan pada pembelajaran tentanghak asasi manusia (HAM). Tema ini dipandang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam sistem pemerintahan demokratis karena kehidupan berdemokrasi hampir tidak dapat terpisahkan dengan prinsip-prinsip HAM.
model pembelajaran HAM yang dapat diterapkan pada jenjang MI kelas tinggi meliputi:1.Pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsepyang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
2.Pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru.
3.Pembelajaran Inkuiri
In reply to First post

Re: Tugas 2

by FITA FATIMAH -
Nama : Fita Fatimah
NPM : 2113053248

Pendidikan Kewarganeraan merupakan sebuah pembelajaram yang berupaya memanusiakan dan membudayakan serta memberdayakan manusia agar memiliki rasa tanggung jawab dan rasa bangga dan dapat berpartisipasi dalam masyarakat.

1. Materi PKn kelas rendah yang tepat yaitu tentang hidup rukun. Siswa kelas rendah sebaiknya diajarkan tentang hidup rukun terlebih dahulu agar menjadi pribadi yang baik. Caranya dengan memberikan contoh penerapan hidup rukun di lingkungan keluarga, sekolah dan juga masyarakat.

2. Materi PKn kelas tinggi yang tepat yaitu norma, hukum, dan peraturan. Dengan adanya materi tentang norma, hukum dan peraturan, siswa kelas tinggi menjadi disiplin dengan tidak melanggar norma-norma yang ada baik di dalam keluarga, sekolah, bahkan masyarakat. Contohnya dengan memberikan penjelasan kepada siswa hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dalam lingkungan tersebut.

Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by ANISA 21 -
Nama :Anisa
NPM : 2113053246
Pendidikan Kewarganegaraan (citizenship) adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak – hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.
Kelas Rendah
Materi yang cocok untuk kelas rendah yaitu menerapkan hidup rukun dalam perbedaan, (perbedaan jenis kelamin, agama dan budaya).
Contohnya guru dapat memberikan contoh berupa cerita, gambar, video, atau apa saja, yang pada prinsipnya dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Selanjutnya, berdasarkan contoh-contoh tersebut tanyakan kepada siswa kegiatan mana yang menunjukkan contoh hidup rukun dan kegiatan mana yang tidak menunjukkan contoh hidup rukun. Setelah itu, guru membimbing siswa untuk mengambil suatu kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan kerukunan.
Kelas Tinggi
Materi yang dapat diberikan dikelas tinggi yaitu tentang HAM, Pancasila, UUD 1945,dan Bhinneka Tunggal Ika.
Contoh penerapannya dapat diterapkan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan mengikuti upacara dan menyanyikan lagu daerah agar anak dapat merasakan secara langsung tentang materi ajar tersebut.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Ismul Nurul Khasanah -
Nama : Ismul Nurul Khasanah
NPM : 2113053204

Izin menjawab,
Materi-materi PKn SD diberikan sesuai dengan jenjang masing-masing siswa, pembelajaran PKn ini bertujuan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan berbagai potensi yang ada dalam dirinya sehingga mampu meningkatkan kecerdasan mengenai hak-hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara Indonesia yang mampu memahami dan menghargai hak-hak asasi manusia, serta memiliki jiwa pancasila yang baik dan bertanggung jawab.

1. Materi untuk kelas rendah karena sangat cocok untuk usia dini dalam membangun karakter dalam kehidupan sehari-harinya contohnya adalah, identitas diri, keluarga, dan masyarakat, hak dan kewajiban anggota keluarga, saling menghormati di lingkungan keluarga, kedudukan dan peran anggota keluarga, kerja sama di lingkungan keluarga.

2. Materi untuk kelas tinggi diberika karena peserta didik diharapkan untuk memahami pentingnya menjadi warga negara yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku, contohnya adalah, hak dan kewajiban warganegara, penduduk dan sistem pemerintahan Indonesia, keanekaragaman suku budaya dan bangsa, penerapan nilai-nilai Pancasila, dan HAM.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Tugas 2

by LULUK FAUZIAH -
Nama : Luluk Fauziah
Npm : 2113053159

Izin menjawab
Untuk materi pkn yang tepat untuk kelas rendah kelas rendah yaitu mempelajari tentang toleransi, saling menghormati, saling menghargai, hidup rukun antar sesama, sedangkan untuk di kelas tinggi materi yang tepat yaitu seperti HAM (Hak Asasi Manusia) ,sistem pemerintahan Indonesia, serta nilai nilai juang pancasila

Terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by MUHAMMAD YOGYA ANDIKA -
Nama : MUHAMMAD YOGYA ANDIKA
Npm : 2113053144

1. Materi PKn kelas rendah yang tepat yaitu tentang hidup rukun. Siswa kelas rendah sebaiknya diajarkan tentang hidup rukun terlebih dahulu agar menjadi pribadi yang baik. Caranya dengan memberikan contoh penerapan hidup rukun di lingkungan keluarga, sekolah dan juga masyarakat

2. Materi untuk kelas tinggi yg tepat yaitu memahami pentingnya menjadi warga negara yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku, contohnya adalah, hak dan kewajiban warganegara, penduduk dan sistem pemerintahan Indonesia, keanekaragaman suku budaya dan bangsa, penerapan nilai-nilai Pancasila, dan HAM.
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Riza Nafisah Salsabila Wijaya -
Nama : Riza Nafisah Salsabila Wijaya
NPM : 2113053048

Materi yang tepat untuk kelas rendah, seperti kelas 1-3 SD, sebaiknya disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak-anak pada usia tersebut. Materi yang disampaikan harus mudah dipahami dan relevan dengan pengalaman hidup mereka sehari-hari. Beberapa materi yang tepat untuk kelas rendah adalah:

1. Mengenal diri sendiri dan teman-teman sekelas, seperti nama, umur, dan hobi.
2. Mengenal lingkungan sekitar, seperti nama-nama jalan, bangunan, dan tempat-tempat umum.
3. Belajar tentang nilai-nilai dasar, seperti jujur, sopan santun, dan bertanggung jawab.
4. Belajar tentang kerjasama dan timbal balik, seperti bekerja sama dalam kelompok dan membantu orang lain.
5. Memahami perbedaan dan keragaman antara diri sendiri dan orang lain, seperti perbedaan latar belakang, kepercayaan, dan budaya.
Sementara itu, materi PKN SD kelas tinggi, seperti kelas 4-6, sebaiknya disesuaikan dengan usia dan kemampuan kognitif siswa yang semakin berkembang. Materi yang disampaikan harus dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan mengajarkan keterampilan dasar untuk menjadi warga negara yang baik. Beberapa materi yang tepat untuk kelas tinggi adalah:

1. Mengenal sistem pemerintahan Indonesia, seperti struktur pemerintahan, peran presiden, dan tugas-tugas pemerintah.
2. Memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, seperti hak untuk mendapatkan pendidikan dan kewajiban untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
3. Membahas isu-isu sosial dan politik dalam masyarakat, seperti isu lingkungan, isu kekerasan, dan isu kesehatan.
4. Belajar tentang kerjasama dan keterlibatan dalam masyarakat, seperti organisasi sosial dan kegiatan kegiatan sosial.
5. Memahami pentingnya toleransi dan perdamaian dalam masyarakat, serta belajar cara berkomunikasi dengan baik dan menghargai perbedaan pendapat.
Contoh materi PKN SD kelas rendah dapat berupa pembelajaran tentang peran keluarga dan teman-teman dalam kehidupan sehari-hari, atau pembelajaran tentang nilai-nilai seperti saling menghargai dan bertanggung jawab. Sedangkan contoh materi PKN SD kelas tinggi dapat berupa pembelajaran tentang sistem pemerintahan Indonesia atau isu-isu sosial seperti kekerasan dan diskriminasi.
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Rahma Citra Dewi -

Nama : Rahma Citra Dewi

Npm : 2113053031


Izin menjawab 

- Menurut saya model pembelajaran yg tepat untuk kelas rendah adalah model pembelajaran picture and picture,kenapa saya memilih itu karena menurut saya anak-anak itu menyukai dengan yang namanya warna-warni,dengan begitu anak-anak akan senang melihat gambar-gambar tersebut dan akan aktif menerima materi yang akan diberikan olehguru.Dengan begitu seorang guru akan lebih mudah menjalan proses belajarmengajar.Contoh penerapan model pembelajaran Picture and Picture yaitu dengan memberikan aturan yg berlaku di kehidupan sehari hari di dalam rumah, maksudnya supaya anak mengerti dan tau aturan aturan di rumah anak pun harus patuh dengan aturan itu

- Metode/model pembelajaran yang paling tepat dan layak digunakan untuk PKn kelas tinggi adalah model pembelajaran berbasis portofolio. Dalam model Pembelajaran Berbasis Portofolio siswa dituntut untuk berpikir cerdas, kreatif, parsitipatif, prospektif dan bertanggung jawab. Sebagai suatu proses pedagogis, portofolio adalah kumpulan pengalaman belajar yang terdapat dalam pikiran peserta didik yang berwujud pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Portofolio diwujudkan dalam bentuk penilaian yakni jenis penilaian portofolio dan bentuk pembelajaran yakni model pembelajaran berbasis portofolio. Model pembelajaran berbasis portofolio dalam PKn merupakan bentuk dari praktek belajar pendidikan kewarganegaraan melalui pengalaman belajar praktik-empirik.

Model pembelajaran berbasis portofolio dalam PKn merupakan bentuk dari praktek belajar pendidikan kewarganegaraan melalui pengalaman belajar praktik-empirik. Secara garis besar, model pembelajaran berbasis portofolio dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Mengidentifikasi masalah

2)Memilih satu masalah

3)Mengumpulkan informasi

4)Membuat portofolio ( dalam bentuk tayangan)

5)Menyajikan portofolio ( seksi penayangan dan seksi dokumentasi)

6)Refleksi

In reply to First post

Re: Tugas 2

by Deta Shadiqah -
Nama : Deta Shadiqah
Npm : 2113053034

Izin menjawab
1. Kelas rendah menurut saya yaitu seperti mengenal, mempertanyakan, memperlihatkan, dan membiasakan. Contohnya yaitu seperti mengenal identitas diri, keluarga, dan masyarakat.
2. Kelas tinggi menurut saya yaitu memahami, menerima, membiasakan, menyesuaikan, menentukan pilihan. Contohnya yaitu penerapan nilai nilai Pancasila, hak asasi manusia, dll.

terimakasih
In reply to First post

Re: Tugas 2

by Yola Fatika Zikas -
Nama: Yola Fatika Zikas
Npm: 2113053271
Pada kelas rendah maka Pendekatan pembelajaran yang tepat untuk materi PPKn di SD kelas rendah yaitu pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
Materi yang tepat di kelas rendah:
Kelas Satu
- identitas diri, keluarga , dan masyarakat
- hidup rukum dalam kemajemukan keluarga
Kelas Dua
- Hak dan kewajiban anggota keluarga
- Saling menghormati di lingkungan keluarga
Kelas Tiga
- Kedudukan dan peran anggota keluarga
- Kerja sama di lingkungan ketetanggaan
- Aturan-aturan sekolah
- Hak dan Kewajiban individu sebagai warga masyarakat
- Kejujuran

sedangkan pada kelas tinggi pendekatan atau Model pembelajaran PPKn SD di kelas tinggi yaitu:
1. Model Pembelajaran Demonstration
2. Model Pemeblajaran Direct intruction
3. Model Pembelajaran Group investigation
4. Model Pembelajaran Jigsaw
5. Model Pembelajaran Inquiry based learning
6. Model embelajaran Mind mapping
Materi yang tepat di kelas tinggi
Kelas Empat
- Keanekaragaman suku bangsa dan budaya
- Hak dan Kewajiban warganegara
Kelas Lima
- Keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia
- Penduduk dan sistem Pemerintahan Indonesia
Kelas Enam
- Penerapan Nilai-nilai Pancasila
- Hak Asasi Manusia
In reply to First post

Re: Tugas 2

by KHUSNUL BUKHARY FANALDY -
Nama : Khusnul bukhary fanaldy
Npm : 2113053231
Izin menjawab
Materi yang tepat untuk siswa kelas rendah yaitu pentingnya hidup rukun dan saling menghormati bagi warga negara di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat.
Sedangkan Materi pkn yang tepat untuk siswa kelas tinggi adalah materi yang lebih mendalam seperti mengenai HAM, serta memahami sistem pemerintahan.
Terimakasih