Menurut pendapat kalian bagaimanakah cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD ? Berikan analisa mu disertai contoh.
Forum Diskusi
Nama: Annisa Hasbid
NPM: 2013053075
Izin menanggapi, Bu. Pertama, perencanaan pembentukan civic partisipan peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP dan yang kedua, pelaksanaan pembentukan civic partisipan peserta didik diantaranya menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Kemudian, dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik, dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam, memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
NPM: 2013053075
Izin menanggapi, Bu. Pertama, perencanaan pembentukan civic partisipan peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP dan yang kedua, pelaksanaan pembentukan civic partisipan peserta didik diantaranya menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Kemudian, dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik, dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam, memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Nama : Adelia Grita Sasena
NPM : 2013053158
Menurut pendapat saya, dalam menanamkan civic partisipan dalam lingkungan Sekolah Dasar pendidik dapat berupaya membentuk sebuah partisipasi ini dalam kegiatan pembelajaran yang nantinya bisa diimplementasikan oleh peserta didik di kegiatan-kegiatan sekolah. Misalnya seperti menyanyikan lagu-lagu Nasional, mengikuti upacara bendera, menaati peraturan sekolah, dan lain sebagainya.
NPM : 2013053158
Menurut pendapat saya, dalam menanamkan civic partisipan dalam lingkungan Sekolah Dasar pendidik dapat berupaya membentuk sebuah partisipasi ini dalam kegiatan pembelajaran yang nantinya bisa diimplementasikan oleh peserta didik di kegiatan-kegiatan sekolah. Misalnya seperti menyanyikan lagu-lagu Nasional, mengikuti upacara bendera, menaati peraturan sekolah, dan lain sebagainya.
Della Delista (2013053115)
Izin menjawab,
Sebelumnya, Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Menurut saya, dalam upaya penanaman civic participation dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara, Menyusun kegiatan belajar mengajar yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang mengharuskan atau menuntut siswa untuk dapat berpartisipasi secara aktif (Misalnya berdiskusi). Dan tentunya kegiatan ini harus memperhatikan materi atau bahan ajar serta media yang dibutuhkan.
Izin menjawab,
Sebelumnya, Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Menurut saya, dalam upaya penanaman civic participation dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara, Menyusun kegiatan belajar mengajar yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang mengharuskan atau menuntut siswa untuk dapat berpartisipasi secara aktif (Misalnya berdiskusi). Dan tentunya kegiatan ini harus memperhatikan materi atau bahan ajar serta media yang dibutuhkan.
Contoh:
Pada materi mengenai keberagaman, setiap siswa diminta untuk menceritakan kebiasaaan-kebiasaan yang kerap kali ia lakukan di rumah. Kemudian siswa lain diminta untuk menanggapi dari kebiasaan tersebut. Dari apa yang disampaikan, seorang pendidik dapat melihat dan juga mengembangkan sejauh mana kemampuan siswa dalam memberikan, menanggapi, dan menghormati pendapat temannya yang dimana ini merupakan salah satu indikator seorang siswa memiliki sikap yang demokratis.
Pada materi mengenai keberagaman, setiap siswa diminta untuk menceritakan kebiasaaan-kebiasaan yang kerap kali ia lakukan di rumah. Kemudian siswa lain diminta untuk menanggapi dari kebiasaan tersebut. Dari apa yang disampaikan, seorang pendidik dapat melihat dan juga mengembangkan sejauh mana kemampuan siswa dalam memberikan, menanggapi, dan menghormati pendapat temannya yang dimana ini merupakan salah satu indikator seorang siswa memiliki sikap yang demokratis.
Saya Nila amalia nabila dengan npm 2013053107 izin menanggapi.
Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar adalah dengan cara membuat perencanaan pembentukan civic participation peserta didik melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kemudian melakukan pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik contohnya dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya.
Untuk menanamkan civic partisipan tadi seorang guru perlu upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, (b) mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, (c) menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan (d) memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.selain itu Guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab.
Sekian terimakasih
Menurut pendapat saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar adalah dengan cara membuat perencanaan pembentukan civic participation peserta didik melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kemudian melakukan pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik contohnya dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya.
Untuk menanamkan civic partisipan tadi seorang guru perlu upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah (a) memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, (b) mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, (c) menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan (d) memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.selain itu Guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab.
Sekian terimakasih
Nama : Widya Sulistiyani
Npm : 2013053172
Izin menanggapi
Civic partisipan terutama di pembelajaran pkn adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
pembentukan atau cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic partisipan diantaranya :
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional,
(b) melaksanakan upacara bendera,
(c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
(d) berpartisipasi dalam pentas budaya,
(e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
guru sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic partisipan terhadap peserta didik terutama di lingkungan SD baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah, guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic partisipan peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, dan sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua kelas ataupun kegiatan partisipasi lain.
Sekian dan Terimakasih.
Npm : 2013053172
Izin menanggapi
Civic partisipan terutama di pembelajaran pkn adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
pembentukan atau cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic partisipan diantaranya :
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional,
(b) melaksanakan upacara bendera,
(c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
(d) berpartisipasi dalam pentas budaya,
(e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
guru sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic partisipan terhadap peserta didik terutama di lingkungan SD baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah, guru PPKn sebaiknya terus menanamkan nilai demokrasi agar civic partisipan peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, dan sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua kelas ataupun kegiatan partisipasi lain.
Sekian dan Terimakasih.
Yayan mulyana 2013053079
partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis dapat ditanamkan dengan cara melakukan suatu demokrasi sederhana dalam kelas dengan cara pemilihan ketua kelas.
Pemilihan ketua kelas adalah contoh bagian dari pengalaman pancasila sila ke-4
Pemilihan ketua kelas adalah contoh bagian dari pengalaman pancasila sila ke-4
Cara guru menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD bisa dimulai dengan memilih salah satu model pembelajaran. Salah satu contohnya adalah model pembelajaran Controversial Issues. Controversial Issues (isu kontroversial) adalah sesuatu yang mudah diterima oleh seseorang atau kelompok, tetapi juga mudah ditolak oleh orang atau kelompok lain. Conteoversial Issues marupakan salah satu model pembelajaran kontekstual. Penerapan model ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami isu-isu dan permasalahan yang terjadi dalam lingkungan kehidupan siswa. Siswa diajak untuk mampu mengambil keputusan dengan alasan atau pertimbangan yang rasional didukung dengan fakta, konsep, dan prinsip yang akurat (Komalasari,2010: 259)
Adapun alasan para peneliti menggunakan model pembelajaran controversial issues agar siswa aktif, kreatif, dan berpikir secara kritis mengenai isu-isu kewarganegaraan yang diberikan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Melalui model pembelajaran ini siswa belajar untuk mengemukakan pendapat, mendengarkan opini orang lain, mencari informasi, menyadari adanya perbedaan, membangun empati dan pengertian, untuk kemudian mengambil kesimpulan. Dengan pembelajaran isu-isu kontroversial siswa akan mengamati, memikirkan, dan bertindak menghadapi situasi tertentu, siswa lebih menyakini apa yang diamati dan menemukan banyak cara untuk mencari jalan keluar tentang isu-isu kontroversial. Pengamatan seperti di atas akan membantu siswa mengembangkan daya berpikir secara sistematis dan logis, sehingga siswa mampu mengambil keputusan yang tepat.
Adapun alasan para peneliti menggunakan model pembelajaran controversial issues agar siswa aktif, kreatif, dan berpikir secara kritis mengenai isu-isu kewarganegaraan yang diberikan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Melalui model pembelajaran ini siswa belajar untuk mengemukakan pendapat, mendengarkan opini orang lain, mencari informasi, menyadari adanya perbedaan, membangun empati dan pengertian, untuk kemudian mengambil kesimpulan. Dengan pembelajaran isu-isu kontroversial siswa akan mengamati, memikirkan, dan bertindak menghadapi situasi tertentu, siswa lebih menyakini apa yang diamati dan menemukan banyak cara untuk mencari jalan keluar tentang isu-isu kontroversial. Pengamatan seperti di atas akan membantu siswa mengembangkan daya berpikir secara sistematis dan logis, sehingga siswa mampu mengambil keputusan yang tepat.
Nama : Aisyah Mutiara Sani
NPM : 2013053102
izin menjawab bu,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.Dalam penerapannya di sekolah dasar seorang pendidik bisa merencanakan pembentukan civic participation yang akan dicapai pada pembuatan silabus dan rpp yang akan digunakan dalam pembelajaran,kemudian seorang pendidik juga harus meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah.Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menanamkan civic participation pada peserta didik yang bisa di implemntasikan dalam kehidupan sehari-harinya antara lain menyanyikan lagu-lagu nasional disela pembelajaran,melaksanakan upacara bendera setiap hari senin,melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,serta menaati jadwal piket,berpartisipasi dalam pentas budaya atau gebyar seni yang diadakan disekolah,berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan aggota perangkat kelas seperti ketua,wakil ketua,bendahara dan sekertaris sehingga nilai-nilai domokrasi pada peserta didik bisa dipupuk dari hal-hal kecil ataupun pembiasaan yang dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari disekolah dasar.
Sekian jawaban dari saya,mohon maaf jika terdapat kekeliruan.Terima kasih.
NPM : 2013053102
izin menjawab bu,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.Dalam penerapannya di sekolah dasar seorang pendidik bisa merencanakan pembentukan civic participation yang akan dicapai pada pembuatan silabus dan rpp yang akan digunakan dalam pembelajaran,kemudian seorang pendidik juga harus meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah.Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menanamkan civic participation pada peserta didik yang bisa di implemntasikan dalam kehidupan sehari-harinya antara lain menyanyikan lagu-lagu nasional disela pembelajaran,melaksanakan upacara bendera setiap hari senin,melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,serta menaati jadwal piket,berpartisipasi dalam pentas budaya atau gebyar seni yang diadakan disekolah,berpartisipasi dalam kegiatan sekolah,serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan aggota perangkat kelas seperti ketua,wakil ketua,bendahara dan sekertaris sehingga nilai-nilai domokrasi pada peserta didik bisa dipupuk dari hal-hal kecil ataupun pembiasaan yang dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari disekolah dasar.
Sekian jawaban dari saya,mohon maaf jika terdapat kekeliruan.Terima kasih.
Rizaluddin Armandri (2013053145) izin berpendapat, Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Upaya guru dalam menanamkan civic participation dalam lingkungan SD ada banyak caranya. Diantaranya adalah:
1. Religius
Mengajarkan kepada siswanya untuk dapat menerapkan akhlak atau perilaku yang baik. seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter religius di antaranya ialah memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun.
2. Demokratis
Mengajarkan kepada siswanya untuk dapat menghormati, berpendapat dan bermusyarah dalam hidup berkelompok. seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter demokratis di antaranya ialah siswa menghormati pendapat dan hak orang lain; tidak memaksakan kehendak kepada orang lain; melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
3. Kepatuhan terhadap aturan
Guru berupaya memberikan pengertian kepada siswa bahwa adanya aturan untuk ditaati. seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter tersebut yaitu siswa mampu mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah; mematuhi nilai, norma, kebiasaan, adat dan peraturan yang berlaku di sekolah maupun masyarakat.
1. Religius
Mengajarkan kepada siswanya untuk dapat menerapkan akhlak atau perilaku yang baik. seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter religius di antaranya ialah memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun.
2. Demokratis
Mengajarkan kepada siswanya untuk dapat menghormati, berpendapat dan bermusyarah dalam hidup berkelompok. seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter demokratis di antaranya ialah siswa menghormati pendapat dan hak orang lain; tidak memaksakan kehendak kepada orang lain; melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan.
3. Kepatuhan terhadap aturan
Guru berupaya memberikan pengertian kepada siswa bahwa adanya aturan untuk ditaati. seorang siswa dapat dikatakan memiliki karakter tersebut yaitu siswa mampu mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah; mematuhi nilai, norma, kebiasaan, adat dan peraturan yang berlaku di sekolah maupun masyarakat.
Yohana Aguslina S
2013053084
Izin memberi pendapat,
Civic partisipan adalah sikap seseorang yang menunjukkan partisipasinya dalam bidang kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKN untuk menciptakan masyarakat yang demokratis.
Partisipasi kewarganegaraan banyak wujudnya, misalnya dalam mengikuti pemilihan umum seperti pemilihan kepala desa, kepala RT, dan sebagainya. Dengan demikian cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan menjelaskan contoh partisipasi yang bisa dilakukan oleh mereka, misalnya seperti meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara menghargai orang lain, memiliki sikap toleransi, dan menghargai perbedaan yang ada. Seorang pendidik perlu menekankan bahwa siapa saja bisa menunjukkan rasa partisipasi kewarganegaraan, bukan hanya orang dewasa atau pejabat-pejabat tinggi. Civic partisipan bisa dilakukan oleh anak anak dengan bantuan orang dewasa.
2013053084
Izin memberi pendapat,
Civic partisipan adalah sikap seseorang yang menunjukkan partisipasinya dalam bidang kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKN untuk menciptakan masyarakat yang demokratis.
Partisipasi kewarganegaraan banyak wujudnya, misalnya dalam mengikuti pemilihan umum seperti pemilihan kepala desa, kepala RT, dan sebagainya. Dengan demikian cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD adalah dengan menjelaskan contoh partisipasi yang bisa dilakukan oleh mereka, misalnya seperti meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara menghargai orang lain, memiliki sikap toleransi, dan menghargai perbedaan yang ada. Seorang pendidik perlu menekankan bahwa siapa saja bisa menunjukkan rasa partisipasi kewarganegaraan, bukan hanya orang dewasa atau pejabat-pejabat tinggi. Civic partisipan bisa dilakukan oleh anak anak dengan bantuan orang dewasa.
Nama: Dela Nowinda Citra
NPM: 2013053134
izin menjawab, menurut pendapat saya pengertian civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah. Pembentukan civic participation peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
a. menyanyikan lagu-lagu nasional
b. melaksanakan upacara bendera
c. melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
d. berpartisipasi dalam pentas budaya
e. berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
Dalam menjalankan atau menerapkan civic partisipan ini, guru harus terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab dan guru juga harus terus meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah.
Sekian, terimakasih
NPM: 2013053134
izin menjawab, menurut pendapat saya pengertian civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bagaimana partisipasi dari peserta didik dalam pembelajaran PPKn dan diimplementasikan dalam kegiatan sekolah. Pembentukan civic participation peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya
a. menyanyikan lagu-lagu nasional
b. melaksanakan upacara bendera
c. melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah
d. berpartisipasi dalam pentas budaya
e. berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
Dalam menjalankan atau menerapkan civic partisipan ini, guru harus terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab dan guru juga harus terus meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participation terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah.
Sekian, terimakasih
Bella Selvana (2013053104)
Izin menanggapi,menurut saya perencanaan pembentukan civic participation peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya:menyanyikan lagu-lagu nasional,melaksanakan upacara bendera,melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,berpartisipasi dalam pentas budaya,berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan,mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi,menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Izin menanggapi,menurut saya perencanaan pembentukan civic participation peserta didik adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya:menyanyikan lagu-lagu nasional,melaksanakan upacara bendera,melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,berpartisipasi dalam pentas budaya,berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
mengatasi kendala dalam pelaksanaan program pembentukan civic participation peserta didik dalam pembelajaran PPKn adalah memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan,mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi,menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Yuliana Vira (2013053118)
Izin menjawab
Civic partisipan merupakan kemampuan berpartisipasi siswa dalam lingkungan sekolah.
Pelaksanaan pembentukan civic partisipan peserta didik diantaranya
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional
(b) melaksanakan upacara bendera
(c)berpartisipasi dalam pentas budaya
(d) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Izin menjawab
Civic partisipan merupakan kemampuan berpartisipasi siswa dalam lingkungan sekolah.
Pelaksanaan pembentukan civic partisipan peserta didik diantaranya
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional
(b) melaksanakan upacara bendera
(c)berpartisipasi dalam pentas budaya
(d) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Safitri Wahyuningtias (2013053095)
Menurut saya salah satu cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD bisa dilakukan dengan menyusun rpp dan silabus dengan baik dan mengajak peserta didik untuk memperingati tiap hari hari besar nasional. Selain itu memberikan perhatian,pemahaman,dan mengajak peserta didik untuk berdiskusi mengenai peristiwa-peristiwa besar nasional. Contohnya kita bisa menampilkan sedikit peristiwa detik detik proklamasi, setelah itu ajukan beberapa pertanyaan dan perhatikan setiap respon yang diberikan peserta didik dalam menanggapi cuplikan video tersebut.
Menurut saya salah satu cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD bisa dilakukan dengan menyusun rpp dan silabus dengan baik dan mengajak peserta didik untuk memperingati tiap hari hari besar nasional. Selain itu memberikan perhatian,pemahaman,dan mengajak peserta didik untuk berdiskusi mengenai peristiwa-peristiwa besar nasional. Contohnya kita bisa menampilkan sedikit peristiwa detik detik proklamasi, setelah itu ajukan beberapa pertanyaan dan perhatikan setiap respon yang diberikan peserta didik dalam menanggapi cuplikan video tersebut.
Ely Annisa
2013053068
Izin menangapi
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah yang lebih baik.
pembentukan atau cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic partisipan diantaranya :
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional,
(b) melaksanakan upacara bendera,
(c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
(d) berpartisipasi dalam pentas budaya,
(e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Kemudian, dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik, dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam, memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
2013053068
Izin menangapi
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Civic participation merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Partisipasi dalam hal ini adalah mampu memberikan peran dan kontribusi terhadap perubahan sosial kearah yang lebih baik.
pembentukan atau cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic partisipan diantaranya :
(a) menyanyikan lagu-lagu nasional,
(b) melaksanakan upacara bendera,
(c) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,
(d) berpartisipasi dalam pentas budaya,
(e) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Kemudian, dalam hal mengatur kondisi kelas peserta didik, dalam hal mengatasi peserta didik yang memiliki karakter pendiam, memperingatkan peserta didik yang tidak tertib dan kurang memperhatikan, mencoba berinteraksi dengan peserta didik terhadap permasalahan yang terjadi, menggunakan model pembelajaran yang menarik, dan memberikan pertanyaan atau tugas tambahan bagi peserta didik yang ramai.
Yenny Nafisah (2013053143)
Izin menjawab
Civic participan merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya,
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional sebelum memulai pembelajaran, dengan adanya kegiatan ini anak-anak akan mengetahui lirik lagu nasional dan dapat memahami tentang rasa nasionalisme sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam kewarganegaraan.
2. Melaksanakan upacara bendera, dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat belajar menghormati jasa para pahlawan.
3. Memperingati hari-hari peringatan nasional agar anak-anak dapat mengatahui dan ikut serta dalam mengenang hari tersebut.
4. Civic participan juga dapat ditanamankan melalui voting dalam menentukan pengurus kelas seperti, ketua, wakil, sekertaris, dan bendahara. Dalam rangka mengenalkan demokrasi.
Izin menjawab
Civic participan merupakan kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara yang dilakukan secara sadar dan tanggung jawab. Cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan beberapa cara misalnya,
1. Menyanyikan lagu-lagu nasional sebelum memulai pembelajaran, dengan adanya kegiatan ini anak-anak akan mengetahui lirik lagu nasional dan dapat memahami tentang rasa nasionalisme sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam kewarganegaraan.
2. Melaksanakan upacara bendera, dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat belajar menghormati jasa para pahlawan.
3. Memperingati hari-hari peringatan nasional agar anak-anak dapat mengatahui dan ikut serta dalam mengenang hari tersebut.
4. Civic participan juga dapat ditanamankan melalui voting dalam menentukan pengurus kelas seperti, ketua, wakil, sekertaris, dan bendahara. Dalam rangka mengenalkan demokrasi.
Saya Uswatun Isna Lutfiani (2013053074)
izin menanggapi Bu, menurut sumber yang saya baca Civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar merupakan partisipasi kewarganegaraan yang diajarkan di lingkungan sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Cara menanamkan Civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah dengan melatih peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kewarganegaraan. Misalnya saja dengan menyanyikan lagu nasional sebelum memulai pembelajaran ataupun ketika sudah selesai melakukan pembelajaran. Contoh lain misalnya adalah dengan melaksanakan peraturan yang ada di sekolah, melatih kedisiplinan para peserta didik dan lain sebagainya.
Dengan begitu diharapkan peserta didik akan tumbuh menjadi generasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran PKN.
Terimakasih
izin menanggapi Bu, menurut sumber yang saya baca Civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar merupakan partisipasi kewarganegaraan yang diajarkan di lingkungan sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan dalam mewujudkan generasi yang demokratis. Cara menanamkan Civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah dengan melatih peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kewarganegaraan. Misalnya saja dengan menyanyikan lagu nasional sebelum memulai pembelajaran ataupun ketika sudah selesai melakukan pembelajaran. Contoh lain misalnya adalah dengan melaksanakan peraturan yang ada di sekolah, melatih kedisiplinan para peserta didik dan lain sebagainya.
Dengan begitu diharapkan peserta didik akan tumbuh menjadi generasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran PKN.
Terimakasih
Nama : Anggun Anjela
NPM : 2013053091
Izin menanggapi Bu, menurut saya menanamkan civic participation peserta didik dimulai dengan melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya, (1)menyanyikan lagu-lagu nasional, (2) melaksanakan upacara bendera, (3) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, (4) berpartisipasi dalam pentas budaya, (5) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, (6) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu.
Kemudian pendidik juga sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participan terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah, terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, dan sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.
NPM : 2013053091
Izin menanggapi Bu, menurut saya menanamkan civic participation peserta didik dimulai dengan melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya, (1)menyanyikan lagu-lagu nasional, (2) melaksanakan upacara bendera, (3) melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, (4) berpartisipasi dalam pentas budaya, (5) berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, (6) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu.
Kemudian pendidik juga sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan terus program pembentukan civic participan terhadap peserta didik baik dalam pembelajaran maupun dalam kegiatan sekolah, terus menanamkan nilai demokrasi agar civic participation peserta didik dapat terwujud dengan tanggung jawab, dan sekolah sebaiknya terus meningkatkan kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif untuk mendukung adanya partisipasi dari peserta didik seperti kegiatan pemilihan ketua OSIS ataupun kegiatan partisipasi lain.
Nama : Kamila Khusna Amalia
NPM : 2013053063
Menurut saya , cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar dengan cara mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan yang memacu mereka untuk berani tampil didepan umum dan dapat ikut berpartisipasi dengan aktif seperti kegiatan upacara bendera Dimana peserta didik tersebut yang bertugas sebagai petugas, kemudian kerja bakti dimana peserta didik diminta untuk menyelesaikan tanggung jawab mereka secara bersama sama , lalu menaati setiap peraturan yang diberikan sekolah dan lain sebagainya.
NPM : 2013053063
Menurut saya , cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan sekolah dasar dengan cara mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan yang memacu mereka untuk berani tampil didepan umum dan dapat ikut berpartisipasi dengan aktif seperti kegiatan upacara bendera Dimana peserta didik tersebut yang bertugas sebagai petugas, kemudian kerja bakti dimana peserta didik diminta untuk menyelesaikan tanggung jawab mereka secara bersama sama , lalu menaati setiap peraturan yang diberikan sekolah dan lain sebagainya.
Silvia Ananda 2013053077
izin menanggapi. Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. menurut saya cara menanamkan dilingkungan SD yaitu dengan mengajarkan hal-hal yang dapat membentuk karakter pancasila peserta didik. mengajarkan mana hal yang baik dan yang buruk. contoh implementasinya yaitu seperti mengajarkan menaati tata tertib sekolah, menghargai pendapat teman, mengikuti upacara bendera, dan lainnya.
izin menanggapi. Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. menurut saya cara menanamkan dilingkungan SD yaitu dengan mengajarkan hal-hal yang dapat membentuk karakter pancasila peserta didik. mengajarkan mana hal yang baik dan yang buruk. contoh implementasinya yaitu seperti mengajarkan menaati tata tertib sekolah, menghargai pendapat teman, mengikuti upacara bendera, dan lainnya.
Lintang Septianingrum 2013053100
izin menjawab, Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
pembentukan atau cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic partisipan diantaranya : menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,berpartisipasi dalam pentas budaya, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
izin menjawab, Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
pembentukan atau cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic partisipan diantaranya : menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah,berpartisipasi dalam pentas budaya, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Salma Safinatunnajah (2013053093) Izin menjawab,
Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan atau partisipasi kewarganegaraan dalam lingkungan SD adalah dengan menggunakan model, metode dan strategi yang menyenangkan. Pembelajaran dapat menyenangkan apabila pendidik mampu menjelaskan dengan contoh atau praktiknya agar peserta didik memiliki gambaran dan keinginan belajar mengenai topik pembelajaran tersebut. Misalnya pembelajaran lagu daerah dan adat istiadat dipraktikan dengan menggunakan baju adatnya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa persatuan terhadap suku dan adat budaya yang ada di sekitar kita.
Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan atau partisipasi kewarganegaraan dalam lingkungan SD adalah dengan menggunakan model, metode dan strategi yang menyenangkan. Pembelajaran dapat menyenangkan apabila pendidik mampu menjelaskan dengan contoh atau praktiknya agar peserta didik memiliki gambaran dan keinginan belajar mengenai topik pembelajaran tersebut. Misalnya pembelajaran lagu daerah dan adat istiadat dipraktikan dengan menggunakan baju adatnya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa persatuan terhadap suku dan adat budaya yang ada di sekitar kita.
Nurul Hidayah (2013053124)
Izin menanggapi,
civic participation adalah salah satu tujuan pembelajaran PPKn dalam paradigma baru untuk mewujudkan generasi yang demokratis dan berpartisipasi sebagai warga negara. dalam mewujudkan rasa partisipasi tersebut sekolah perlu memperhatikan banyak hal salah satunya ketika melakukan pembelajaran di kelas, guru sebaiknya menyusun rencana pembelajaran secara solid untuk membelajarkan dan melatih siswa berpikir kritis dan berperan aktif. guru bisa mengajak siswa untuk berani berbicara di depan serta menyampaikan pendapat. sekolah juga sebaiknya memfasilitasi siswa untuk belajar mengenal, memilih, dan memecahkan masalah. kegiatan-kegiatan di luar kelas juga perlu dilakukan agar siswa tidak merasa jenuh. hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan upacara dan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional.
Izin menanggapi,
civic participation adalah salah satu tujuan pembelajaran PPKn dalam paradigma baru untuk mewujudkan generasi yang demokratis dan berpartisipasi sebagai warga negara. dalam mewujudkan rasa partisipasi tersebut sekolah perlu memperhatikan banyak hal salah satunya ketika melakukan pembelajaran di kelas, guru sebaiknya menyusun rencana pembelajaran secara solid untuk membelajarkan dan melatih siswa berpikir kritis dan berperan aktif. guru bisa mengajak siswa untuk berani berbicara di depan serta menyampaikan pendapat. sekolah juga sebaiknya memfasilitasi siswa untuk belajar mengenal, memilih, dan memecahkan masalah. kegiatan-kegiatan di luar kelas juga perlu dilakukan agar siswa tidak merasa jenuh. hal ini dapat dilakukan dengan melaksanakan upacara dan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional.
Saya Nanda Novitasari (2013053175) izin menjawab. Civic Participation merupakan suatu partisipasi kewarganegaraan yang merupakan bagian dari tujuan pembelajaran PPKn dalam upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa serta sikap demokratis. Dalam upaya menanamkan civic participation terutama di dalam dalam lingkungan SD, tentunya memiliki beberapa cara, seperti diantaranya menanamkan nilai religius kepada peserta didik dengan cara menerapkan adab, akhlak, serta perilaku yang baik, seperti dengan cara menerapkan 5s, senyum, sapa, salam, sopan, dan juga santun. Lalu cara lainnya ialah dengan cara menanamkan sikap demokratis kepada siswa, yakni dengan menerapkan beberapa hal seperti musyawarah, berpendapat, berkelompok, menghargai pendapat serta hak milik orang lain. Dan juga ada cara lainnya, yakni menanamkan sikap disiplin serta patuh terhadap aturan, dalam hal ini dapat ditanamkan kepada peserta didik untuk dapat menaati seluruh tata tertib yang telah ditetapkan di sekolah.
Nama : Batrisya Aulia
Npm : 2013053170
Izin menangapi,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Cara menanamkan civic participation kepada peserta didik di sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya yaitu menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Npm : 2013053170
Izin menangapi,
Civic participation adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis.
Cara menanamkan civic participation kepada peserta didik di sekolah dasar adalah melalui penyusunan silabus dan penyusunan RPP, kedua pelaksanaan pembentukan civic participation peserta didik diantaranya yaitu menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah.
Nama : Agung Kurniawan
NPM : 2013053103
Izin menanggapi,
Cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara mengajak peserta didik untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan sederhana, baik didalam ataupun diluar jam pembelajaran. Misalanya menyanyikan lagu-lagu nasional, ikut serta dalam pentas seni, mengikuti upacara bendera, ikut serta dalam memilih ketua kelas, kerja bakti membersihkan sekolah, dan lain sebagainya.
Sekian, terima kasih.
NPM : 2013053103
Izin menanggapi,
Cara menanamkan Civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara mengajak peserta didik untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan sederhana, baik didalam ataupun diluar jam pembelajaran. Misalanya menyanyikan lagu-lagu nasional, ikut serta dalam pentas seni, mengikuti upacara bendera, ikut serta dalam memilih ketua kelas, kerja bakti membersihkan sekolah, dan lain sebagainya.
Sekian, terima kasih.
Nita Yulistiana (2013053122)
Izin berpendapat dalam partisipasi warga dalam lingkungan SD, pendidik dapat berupaya menciptakan sebuah partisipasi dalam kegiatan pembelajaran yang nantinya dapat diimplementasikan oleh peserta didik di kegiatan sekolah.
memulai dengan memperbaiki sistem kurikulum dan memperbaiki sistem pengajaran. Kemudian meningkatkan suasana pembelajaran dikelas yang tidak membosankan bagi peserta didik agar berpartisipasi lebih saat proses pembelajaran. Contohnya dengan menanamkan sikap cinta tanah air, patriotisme dan bela negara yaitu dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia raya sebelum memulai pembelajaran, mengenalkan para pahlawan, melaksanakan upacara bendera dan kegiatan memperingati hari-hari besar seperti kemerdekaan, hari pahlawan dan sebagainya, serta mengajarkan demokrasi ccontoh saat pemilihan Ketua kelas, kemudian berdiskusi melatih pengamalan Pancasila ke 4 yaitu musyawarah.
Izin berpendapat dalam partisipasi warga dalam lingkungan SD, pendidik dapat berupaya menciptakan sebuah partisipasi dalam kegiatan pembelajaran yang nantinya dapat diimplementasikan oleh peserta didik di kegiatan sekolah.
memulai dengan memperbaiki sistem kurikulum dan memperbaiki sistem pengajaran. Kemudian meningkatkan suasana pembelajaran dikelas yang tidak membosankan bagi peserta didik agar berpartisipasi lebih saat proses pembelajaran. Contohnya dengan menanamkan sikap cinta tanah air, patriotisme dan bela negara yaitu dengan menyanyikan lagu-lagu Indonesia raya sebelum memulai pembelajaran, mengenalkan para pahlawan, melaksanakan upacara bendera dan kegiatan memperingati hari-hari besar seperti kemerdekaan, hari pahlawan dan sebagainya, serta mengajarkan demokrasi ccontoh saat pemilihan Ketua kelas, kemudian berdiskusi melatih pengamalan Pancasila ke 4 yaitu musyawarah.
Nama : Gabriel Mario Rivaldo
NPM : 2013053132
Upaya yang bisa dilakukan oleh guru dalam menanamkan civic partisipan kepada peserta didiknya yaitu dengan mengenalkan para pahlawan nasional, bernyanyi bersama peserta didik menyanyikan lagu-lagu nasional, mengadakan kegiatan untuk memperingati kemerdekaan dan mengikuti upacara bendera di sekolah.
NPM : 2013053132
Upaya yang bisa dilakukan oleh guru dalam menanamkan civic partisipan kepada peserta didiknya yaitu dengan mengenalkan para pahlawan nasional, bernyanyi bersama peserta didik menyanyikan lagu-lagu nasional, mengadakan kegiatan untuk memperingati kemerdekaan dan mengikuti upacara bendera di sekolah.
Kori Alfina Martatilofa (2013053161)
Izin memberikan pendapat, mnurut saya upaya pendidik dalam pembentukan civic participation peserta didik bisa menggunakan pendekatan diantaranya menyanyikan lagu-lagu nasional kepada anak SD seperti bangun pemuda pemudi, bagimu negeri, satu nusa satu bangsa dan lain sebagainya apabila memulai maupun menutup sesi kegiatan belajar, lalu anak didik juga dibiasakan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin sebagai wujud rasa cinta tanah air mengenang jasa para pahlawan, anak didik bisa diajak untuk berpartisipasi dalam pentas budaya yang ada disekitar untuk meningkatkan rasa saling toleransi, anak SD bisa diajak aktif berpartisipasi dalam kegiatan sekolah non akademik lainnya yang dapat meningkatkan wawasan anak dan pengalaman, anak didik diajak membiasakan diri pada nilai musyawarah seperti pemilihan ketua kelas dan seperangkat kelas lainnya, itu merupakan bentuk belajar berpartisipasi dalam kegiatan pemilu.
Dalam pengembangan civic participant kepada anak SD dibutuhkannya pendidik yang kreatif dan inovatif guna mendukung adanya partisipasi dari peserta didik.
Izin memberikan pendapat, mnurut saya upaya pendidik dalam pembentukan civic participation peserta didik bisa menggunakan pendekatan diantaranya menyanyikan lagu-lagu nasional kepada anak SD seperti bangun pemuda pemudi, bagimu negeri, satu nusa satu bangsa dan lain sebagainya apabila memulai maupun menutup sesi kegiatan belajar, lalu anak didik juga dibiasakan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin sebagai wujud rasa cinta tanah air mengenang jasa para pahlawan, anak didik bisa diajak untuk berpartisipasi dalam pentas budaya yang ada disekitar untuk meningkatkan rasa saling toleransi, anak SD bisa diajak aktif berpartisipasi dalam kegiatan sekolah non akademik lainnya yang dapat meningkatkan wawasan anak dan pengalaman, anak didik diajak membiasakan diri pada nilai musyawarah seperti pemilihan ketua kelas dan seperangkat kelas lainnya, itu merupakan bentuk belajar berpartisipasi dalam kegiatan pemilu.
Dalam pengembangan civic participant kepada anak SD dibutuhkannya pendidik yang kreatif dan inovatif guna mendukung adanya partisipasi dari peserta didik.
Nama : Hanisa Putri
NPM : 2013053121
Izin menanggapi bu. Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKN dalam mewujudkan generasi yang demokrasi.
Menurut saya, cara untuk dapat menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu dengan mengajarkan materi pembelajaran PKN sesuai topik pembahasan dengan yang dikemas dengan penyampaian yang menarik, interaktif, dan langsung mengimplementasikan bentuk kegiatannya. Hal ini dilakukan agar peserta didik lebih tertarik dan tidak bosan saat proses pembelajaran serta aktif dalam berpartisipasi dikegiaran-kegiatan sebagai warga negara yang baik.
Contohnya: Dalam materi nilai-nilai Nasionalisme, disini pendidik menjelaskan konsep nilai nasionalisme itu sendiri dan mengajak peserta didik untuk mampu memahami serta menanyakan sudah sedalam apa partisipasi mereka di kegiatan-kegiatan yang bersifat nilai nasionalisme yang sering dilakukan peserta didik di kehidupan sehari-harinya. Seperti, selalu mengikuti upacara bendera setiap hari senin, menyanyiakn lagu-lagu nasional sebelum memulai pembelajaran, memakai produk-produk dalam negeri, menjaga nama baik Negara Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama, dan sebagainya. Dari hal ini akan dapat ditarik kesimpulan sejauh mana mereka berpastisipasi dalam kewarganegaraan, dan tugas pendidik harus bisa memotivasi mereka lebih aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.
NPM : 2013053121
Izin menanggapi bu. Civic partisipan adalah partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKN dalam mewujudkan generasi yang demokrasi.
Menurut saya, cara untuk dapat menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu dengan mengajarkan materi pembelajaran PKN sesuai topik pembahasan dengan yang dikemas dengan penyampaian yang menarik, interaktif, dan langsung mengimplementasikan bentuk kegiatannya. Hal ini dilakukan agar peserta didik lebih tertarik dan tidak bosan saat proses pembelajaran serta aktif dalam berpartisipasi dikegiaran-kegiatan sebagai warga negara yang baik.
Contohnya: Dalam materi nilai-nilai Nasionalisme, disini pendidik menjelaskan konsep nilai nasionalisme itu sendiri dan mengajak peserta didik untuk mampu memahami serta menanyakan sudah sedalam apa partisipasi mereka di kegiatan-kegiatan yang bersifat nilai nasionalisme yang sering dilakukan peserta didik di kehidupan sehari-harinya. Seperti, selalu mengikuti upacara bendera setiap hari senin, menyanyiakn lagu-lagu nasional sebelum memulai pembelajaran, memakai produk-produk dalam negeri, menjaga nama baik Negara Indonesia, menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama, dan sebagainya. Dari hal ini akan dapat ditarik kesimpulan sejauh mana mereka berpastisipasi dalam kewarganegaraan, dan tugas pendidik harus bisa memotivasi mereka lebih aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.
Nama : Rosyid Bayu Pamungkas
NPM : 2013053144
Menurut saya cara menanamkan Civic partisipan (partisipasi kewarganegaraan) dalam lingkungan SD adalah dengan cara mengajak peserta didik untuk mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan di sekolah dasar seperti pemilihan ketua kelas atau perangkat kelas, mengikuti organisasi atau ekskul yang ada di sekolah dasar, ataupun mematuhi tata tertib yang ada di sekolah untuk menjaga ketertiban, kedamaian, dan keamanan.
Guru, orang tua, bahkan lingkungan sekolah mempunyai keterlibatan akan bagaimana cara penanaman Civic partisipan ini kepada peserta didik. Dengan cara mereka mengajak, mengarahkan, serta menjadi model bagi mereka maka akan membuat peserta didik dapat berpartisipasi dalam lingkungan sekolah dasar.
NPM : 2013053144
Menurut saya cara menanamkan Civic partisipan (partisipasi kewarganegaraan) dalam lingkungan SD adalah dengan cara mengajak peserta didik untuk mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan di sekolah dasar seperti pemilihan ketua kelas atau perangkat kelas, mengikuti organisasi atau ekskul yang ada di sekolah dasar, ataupun mematuhi tata tertib yang ada di sekolah untuk menjaga ketertiban, kedamaian, dan keamanan.
Guru, orang tua, bahkan lingkungan sekolah mempunyai keterlibatan akan bagaimana cara penanaman Civic partisipan ini kepada peserta didik. Dengan cara mereka mengajak, mengarahkan, serta menjadi model bagi mereka maka akan membuat peserta didik dapat berpartisipasi dalam lingkungan sekolah dasar.
Dikarenakan usia peserta didik sekolah dasar yang masih meniru hal disekitarnya, maka peran guru, orang tua, dan lingkungan sekitar sangat penting. Serta dengan beberapa cara yang disebutkan di atas, diharapkan peserta didik dapat berpartisipasi dalam lingkungan sekolah.
Sekian terima kasih.
Sekian terima kasih.
Nama : Devita Sari
NPM : 2013053125
Izin menanggapi Bu,
Untuk menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara mewujudkan kegiatan-kegiatan yang menuntut peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan, contohnya dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan seperti mengikutsertakan peserta didik dalam pemilihan ketua kelas, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah dan lain sebagainya.
Sekian dari Saya terima kasih
NPM : 2013053125
Izin menanggapi Bu,
Untuk menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD dapat dilakukan dengan cara mewujudkan kegiatan-kegiatan yang menuntut peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan, contohnya dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatan seperti mengikutsertakan peserta didik dalam pemilihan ketua kelas, menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah dan lain sebagainya.
Sekian dari Saya terima kasih
Wahyu Rano Nugroho
2013053120
Izin menjawab, civic partisipan adalah tujuan dari pendidikan kewarganegaraan, yakni menjadikan generasi muda sebagai warga negara yang demokratis.
Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanamkan civic partisipan, yakni seperti melaksanakan kegiatan upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pembelajaran, melakukan pemilihan pengurus kelas secara demokratis, menerapkan tata tertib sekolah, dan sebagainya.
2013053120
Izin menjawab, civic partisipan adalah tujuan dari pendidikan kewarganegaraan, yakni menjadikan generasi muda sebagai warga negara yang demokratis.
Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanamkan civic partisipan, yakni seperti melaksanakan kegiatan upacara bendera, menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pembelajaran, melakukan pemilihan pengurus kelas secara demokratis, menerapkan tata tertib sekolah, dan sebagainya.
Nama: Arum Mustika Sari
NPM: 2013053088
Izin menjawab, menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu dengan penyusunan RPP dan silabus. Civic partisipan ini dapat ditanamkan melalui pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran membentuk karakter kepribadian, social, dan kognitif. Implementasi materi pembelajaran literasi civic partisipan untuk menanamkan nilai moral adalah dengan memberikan materi pembelajaran nilai-nilai karakter kebangsaan, aneka budaya bangsa, identitas nasional, dan hak dan kewajiban warganegara. Penanaman civic pada peserta didik sekolah dasar juga dapat dilakukan dengan pembiasaan, contohnya yaitu seperti menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Dengan hal itu peserta didik sekolah dasar dapat mengembangkan sikap warganegara yang baik, cerdas, kritis dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
NPM: 2013053088
Izin menjawab, menurut saya cara menanamkan civic partisipan dalam lingkungan SD yaitu dengan penyusunan RPP dan silabus. Civic partisipan ini dapat ditanamkan melalui pendidikan kewarganegaraan sebagai mata pelajaran membentuk karakter kepribadian, social, dan kognitif. Implementasi materi pembelajaran literasi civic partisipan untuk menanamkan nilai moral adalah dengan memberikan materi pembelajaran nilai-nilai karakter kebangsaan, aneka budaya bangsa, identitas nasional, dan hak dan kewajiban warganegara. Penanaman civic pada peserta didik sekolah dasar juga dapat dilakukan dengan pembiasaan, contohnya yaitu seperti menyanyikan lagu-lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan atau gerakan mentaati tata tertib sekolah, berpartisipasi dalam pentas budaya, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Dengan hal itu peserta didik sekolah dasar dapat mengembangkan sikap warganegara yang baik, cerdas, kritis dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Saya Agista Rahma Utami (2013053076), izin menjawab.
Menurut saya, cara yang dapat dilakukan sebagai calon pendidik dalam upaya menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar ialah dengan menanamkan kepedulian. Upaya konkretnya dapat dilakukan oleh pendidik dengan mengajak peserta didik memelihara kebersihan kelas sebelum memulai pembelajaran, dengan mengecek laci meja, kolong kursi dan meja, serta kelengkapam seragam peserta didik. Keterlibatan peserta didik dalam menjaga kelestarian lingkungan juga dapat dilakukan dengan bersama-sama menyapu lingkungan sekolah, mengadakan gotong royong sekaligus uapaya penanaman kesadaran hak dan kewajiban, yakni berkewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar mendapatkan hak lingkungan yang asri dan sehat. Peserta didik juga diajak untuk meleburkan sikap apatis dengan kian melek dengan situasi teman sebaya di sekitarnya. Apabila ada teman yang sedang sakit atau kesusahan, maka pendidik mengajak untuk proaktif membantu sesuai dengan kemampuan. Hal ini dapat menjadi indikator kepedulian dalam pendidik menilai civic partisipan dari peserta didik.
Terima kasih
Menurut saya, cara yang dapat dilakukan sebagai calon pendidik dalam upaya menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar ialah dengan menanamkan kepedulian. Upaya konkretnya dapat dilakukan oleh pendidik dengan mengajak peserta didik memelihara kebersihan kelas sebelum memulai pembelajaran, dengan mengecek laci meja, kolong kursi dan meja, serta kelengkapam seragam peserta didik. Keterlibatan peserta didik dalam menjaga kelestarian lingkungan juga dapat dilakukan dengan bersama-sama menyapu lingkungan sekolah, mengadakan gotong royong sekaligus uapaya penanaman kesadaran hak dan kewajiban, yakni berkewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar mendapatkan hak lingkungan yang asri dan sehat. Peserta didik juga diajak untuk meleburkan sikap apatis dengan kian melek dengan situasi teman sebaya di sekitarnya. Apabila ada teman yang sedang sakit atau kesusahan, maka pendidik mengajak untuk proaktif membantu sesuai dengan kemampuan. Hal ini dapat menjadi indikator kepedulian dalam pendidik menilai civic partisipan dari peserta didik.
Terima kasih
Nama: Puteri Arajeni
NPM: 2013053180
Izin menanggapi bu,
Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah dengan membuat perencanaan pembentukan civic participation melalui penyusunan silabus dan RPP. Kemudian melaksanakan pembentukan civic participation peserta didik, contohnya dengan menyanyikan lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan sekolah serta mentaati tata tertib sekolah.
NPM: 2013053180
Izin menanggapi bu,
Menurut saya, cara menanamkan civic partisipan di lingkungan sekolah dasar adalah dengan membuat perencanaan pembentukan civic participation melalui penyusunan silabus dan RPP. Kemudian melaksanakan pembentukan civic participation peserta didik, contohnya dengan menyanyikan lagu nasional, melaksanakan upacara bendera, melaksanakan kegiatan sekolah serta mentaati tata tertib sekolah.
Lutfia Asnur/2014053178, izin menjawab, civic partisipan sebagai bentuk partisipasi atau keikutsertaan yang salah satunya sebagai tujuan pembelajaran PKN untuk mewujudkan nilai demokrasi. Menurut saya diantara yang dapat dilakukan menanamkan civic partisipan di lingkungan SD salah satunya tentu dalam proses pembelajaran, contohnya pendidik dapat mendorong minat partisipasi peserta didik dengan cara diskusi kelompok belajar. Mengajak peserta didik dengan latar yang beragam untuk terbiasa saling berdiskusi dan berkelompok, saling menghormati dan menghargai sebagai bentuk demokrasi. Selain itu dengan menyelenggarakan dan memotivasi peserta didik dalam kegiatan sekolah seperti upacara hari Senin, menanamkan sikap religius seperti mengadakan jumat religi dengan mengajak partisipasi peserta didik untuk meningkatkan ibadahnya, mendengarkan kultum, shalat duha dan mengaji bersama, serta kedisiplinan tata tertib peraturan sekolah, dll. Selain dalam proses pembelajaran, dapat juga dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah seperti kedisiplinan dalam keikutsertaan kegiatan pramuka, partisipasi peserta didik dalam perlombaan sekolah sesuai minat bakat, dll. Terimakasih, mohon maaf bila terdapat kekeliruan.
Nama : Tika Rahmawati
NPM : 2013053090
izin menjawab, Civic partisipan merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. cara yang dapat dilakukan dalam menanamkan civic partisipan di lingkungan SD misalnya dengan menanamkan pendidikan karakter/nilai moral, mempelajari materi tentang semangat persatuan, tentang pentingnya arti kebhinekaan.
NPM : 2013053090
izin menjawab, Civic partisipan merupakan partisipasi kewarganegaraan yang merupakan tujuan dari PPKn dalam mewujudkan generasi yang demokratis. cara yang dapat dilakukan dalam menanamkan civic partisipan di lingkungan SD misalnya dengan menanamkan pendidikan karakter/nilai moral, mempelajari materi tentang semangat persatuan, tentang pentingnya arti kebhinekaan.