Silakan diresume Bab 3 dari buku Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus yang SUDAH TERSEDIA DI PERTEMUAN 1 di atas.
ACTIVITY: RESUME
Nama: Dia Ravikasari
NPM: 2313031067
Bab 3 buku "Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus" menjelaskan tentang kerangka teoritis, kerangka pikir, dan hipotesis dalam penelitian.
Kerangka teoritis merupakan konsep abstrak dan kerangka acuan yang berfungsi memperjelas ruang lingkup variabel penelitian, memprediksi fakta, serta menjadi dasar merumuskan hipotesis dan menyusun instrumen penelitian. Kerangka pikir adalah sintesa yang menggambarkan hubungan antar variabel yang akan diteliti dan merupakan rancangan untuk memecahkan permasalahan penelitian berdasarkan teori dan hasil penelitian sebelumnya.
Hipotesis adalah dugaan sementara mengenai hubungan antar variabel yang harus diuji kebenarannya melalui penelitian. Fungsi hipotesis mencakup membatasi bagian penelitian, memberikan fakta yang membantu penelitian, dan memandu pengujian empiris dan penyusunan kesimpulan.
Bab ini juga menguraikan hubungan erat antara kerangka teoritis, kerangka pikir, dan hipotesis. Hipotesis diturunkan dari teori dan literatur yang relevan untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Kerangka teoritis membantu membentuk hipotesis yang valid dan relevan untuk diuji secara empiris.
NPM: 2313031067
Bab 3 buku "Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus" menjelaskan tentang kerangka teoritis, kerangka pikir, dan hipotesis dalam penelitian.
Kerangka teoritis merupakan konsep abstrak dan kerangka acuan yang berfungsi memperjelas ruang lingkup variabel penelitian, memprediksi fakta, serta menjadi dasar merumuskan hipotesis dan menyusun instrumen penelitian. Kerangka pikir adalah sintesa yang menggambarkan hubungan antar variabel yang akan diteliti dan merupakan rancangan untuk memecahkan permasalahan penelitian berdasarkan teori dan hasil penelitian sebelumnya.
Hipotesis adalah dugaan sementara mengenai hubungan antar variabel yang harus diuji kebenarannya melalui penelitian. Fungsi hipotesis mencakup membatasi bagian penelitian, memberikan fakta yang membantu penelitian, dan memandu pengujian empiris dan penyusunan kesimpulan.
Bab ini juga menguraikan hubungan erat antara kerangka teoritis, kerangka pikir, dan hipotesis. Hipotesis diturunkan dari teori dan literatur yang relevan untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Kerangka teoritis membantu membentuk hipotesis yang valid dan relevan untuk diuji secara empiris.