FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

Number of replies: 9


                                                                                       A

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan media presentasi berupa PPT/ LINK POWTOON untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan PPT dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut atau hal-hal lain yang berhubungan dengan materi yang ditampilkan oleh pemateri. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan kemudian menuliskan nama dan NPM serta pertanyaan atau berupa tanggapan.
  3. Kelompok pemateri merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran dan dikirimkan di form diskusi ini.
  4. Selamat berdiskusi dan tetap semangat.

zz




In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Putri Azzahra 2213053058 -

Kelompok 7 :

Ayu Septiana (2213053205)

Putri Azzahra (2213053058)

Samsul Maarif (2213053272)

Yurma Vadelta (2213053035)

In reply to Putri Azzahra 2213053058

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by ANNISYA ANGGREINY -
Nama : Annisya Anggreiny
NPM : 2213053229

Izin bertanya kepada kelompok 7.
Menurut kelompok kalian, apa tantangan utama yang dihadapi guru dalam mengembangkan dan menerapkan media pembelajaran IPS berbasis multiliterasi saintifik disekolah dasar, serta solusi seperti apa yang dapat diusulkan untuk mengatasi tantangan tersebut?
In reply to ANNISYA ANGGREINY

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Putri Azzahra 2213053058 -
Nama : Putri Azzahra
Npm : 2213053058

Izin menjawab pertanyaan dari saudari Annisya, Pengembangan dan penerapan media pembelajaran IPS berbasis multiliterasi saintifik di sekolah dasar menghadapi sejumlah tantangan signifikan. Antara lain, Kurangnya pemahaman guru tentang konsep multiliterasi saintifik, keterbatasan sumber daya seperti teknologi dan konten digital, serta beban kerja yang padat menjadi kendala utama. Selain itu, kurangnya pelatihan yang memadai juga menghambat guru dalam merancang media pembelajaran yang efektif. Untuk mengatasi hal ini, perlu dilakukan peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan dan workshop yang intensif. Penyediaan sumber daya yang memadai, seperti akses teknologi, perangkat lunak, dan bank sumber daya digital, juga sangat penting. Integrasi teknologi dalam pembelajaran, seperti pembelajaran berbasis proyek dan penggunaan platform digital, dapat memperkaya pengalaman belajar siswa. Dukungan penuh dari pihak sekolah dan pemerintah, termasuk alokasi anggaran dan kebijakan yang mendukung, akan menjadi kunci keberhasilan implementasi media pembelajaran inovatif ini. Dengan demikian, kualitas pembelajaran IPS dapat ditingkatkan dan siswa dapat mengembangkan berbagai keterampilan literasi yang dibutuhkan di abad ke-21.
In reply to Putri Azzahra 2213053058

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273 -
Nama : Ellena Aulia Yunika Putri
NPM : 2213053273

Izin bertanya, Bagaimana penggunaan media konkret dapat mengembangkan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi pada peserta didik? dan Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas penggunaan media konkret dalam mencapai tujuan pembelajaran IPS?

Terimakasih
In reply to Ellena Aulia Yunika Putri 2213053273

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Yurma Vadelta 2213053035 -
Nama : Yurma Vadelta
NPM : 2213053035

Izin menjawab pertanyaan dari ellena, seperti yang diketahui media konkret adalah alat bantu belajar yang bisa dilihat dan diraba secara langsung. Contohnya adalah model 3D, peta, globe, diagram, atau benda-benda nyata yang berhubungan dengan materi pelajaran. Media ini berbeda dengan media abstrak seperti teks atau gambar di buku.

Media Konkret Penting untuk Keterampilan Abad 21 karena :
1. Media konkret membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dalam IPS menjadi lebih nyata. Misalnya, dengan menggunakan model gunung berapi, siswa bisa lebih mudah memahami proses letusan gunung berapi dan dampaknya. Mereka bisa mengamati, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari apa yang mereka lihat.
2. Media konkret mendorong siswa untuk berpikir kreatif. Misalnya, siswa bisa membuat model kota ideal mereka sendiri menggunakan berbagai bahan. Mereka bisa bereksperimen dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna untuk menciptakan sesuatu yang unik.
3. Banyak media konkret yang dirancang untuk digunakan secara berkelompok. Misalnya, membuat peta bersama atau membangun model bangunan bersejarah. Kegiatan ini mengajarkan siswa untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan menghargai pendapat orang lain.

Mengevaluasi Efektivitas Penggunaan Media Konkret. Untuk mengetahui apakah penggunaan media konkret berhasil mencapai tujuan pembelajaran, kita bisa melakukan beberapa hal:
1. Perhatikan bagaimana siswa berinteraksi dengan media konkret. Apakah mereka aktif, antusias, dan terlibat dalam kegiatan. Apakah mereka bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata.
2. Berikan soal-soal yang menuntut siswa untuk menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan dari penggunaan media konkret. Misalnya, soal yang meminta siswa untuk menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa alam berdasarkan model yang telah mereka amati.
3. Minta siswa menuliskan pendapat mereka tentang penggunaan media konkret. Apa yang mereka sukai. Apa yang tidak mereka sukai. Apa yang mereka pelajari.
4. Evaluasi produk-produk yang dihasilkan siswa, seperti model, peta, atau laporan. Apakah produk tersebut menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi pelajaran
In reply to Putri Azzahra 2213053058

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041 -
Nama : Arcilia Intan Permadani
NPM : 2213053041

Izin bertanya,
Bagaimana kalian sebagai calon pendidik untuk menyesuaikan media pembelajaran IPS berbasis multiliterasi dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang memiliki kemampuan literasi beragam di kelas?
In reply to ARCILIA INTAN PERMADANI 2213053041

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Putri Azzahra 2213053058 -
Nama : Putri Azzahra
Npm : 2213053058

Izin menjawab pertanyaan dari saudari arcilia. Sebagai calon pendidik, menyesuaikan media pembelajaran IPS berbasis multiliterasi dengan beragam kemampuan siswa merupakan tantangan yang menarik. Untuk mengatasi hal ini, beberapa strategi dapat diterapkan. Pertama, pemetaan kemampuan literasi siswa secara individual sangat penting. Dengan mengetahui tingkat kemampuan masing-masing siswa, media pembelajaran dapat disesuaikan. Kedua, variasi media pembelajaran seperti teks, gambar, video, dan audio dapat mengakomodasi preferensi belajar yang berbeda. Ketiga, pembelajaran kooperatif mendorong siswa dengan beragam kemampuan untuk saling membantu dan belajar bersama. Keempat, diferensiasi pembelajaran memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk memilih tugas sesuai minat dan gaya belajarnya. Terakhir, fleksibilitas guru dalam memberikan bantuan dan tantangan juga sangat diperlukan. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, diharapkan media pembelajaran IPS berbasis multiliterasi dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam.
In reply to Putri Azzahra 2213053058

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Andini Putri Endria 2213053149 -
Nama : Andini Putri Endria
NPM : 2213053149

Izin bertanya
Menurut kelompok kalian Bagaimana cara mengevaluasi keefektifan media pembelajaran IPS multiliterasi saintifik yang telah dikembangkan? Dan kriteria apa yang dapat digunakan untuk menilai keberhasilannya?
In reply to Andini Putri Endria 2213053149

Re: FORUM DISKUSI KELOMPOK 7

by Putri Azzahra 2213053058 -
Nama : Putri Azzahra
Npm : 2213053058

Izin menjawab, Untuk mengevaluasi keefektifan media pembelajaran IPS multiliterasi saintifik yang telah dikembangkan, perlu dilakukan pengukuran terhadap berbagai aspek. Aspek kognitif dapat dinilai melalui tes tertulis atau lisan untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan memecahkan masalah siswa. Aspek afektif dapat diukur melalui angket atau observasi untuk menilai minat, motivasi, dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran. Sementara itu, aspek psikomotorik dapat dinilai melalui observasi terhadap aktivitas siswa dalam melakukan tugas atau proyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

Kriteria keberhasilan media pembelajaran ini mencakup peningkatan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan menganalisis informasi dari berbagai sumber, baik cetak maupun digital. Selain itu, media yang efektif juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, berkolaborasi, dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah sosial. Indikator keberhasilan lainnya meliputi peningkatan pemahaman konsep IPS, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata.