Forum Analisis Jurnal 2

Forum Analisis Jurnal 2

Number of replies: 33

Lampirkan analisis anda mengenai jurnal diatas, dengan menyertakan identitas diri seperti nama dan NPM.

In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Okvi Nurbaeti 2213053296 -
Nama: Okvi Nurbaeti
NPM: 2213053296

JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Penulis: Ilham Hudi
Judul: PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Tahun: 2017

Abstrak:
Abstrak dengan jelas menyajikan tujuan penelitian, yaitu untuk mengeksplorasi hubungan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan mempertimbangkan pendidikan orang tua. Abstrak Memberikan gambaran metode analisis data yang digunakan, melibatkan analisis deskriptif (rata-rata dan simpangan baku) dan analisis inferensi (regresi) dengan menggunakan program SPSS18. Namun, Abstrak tidak menyajikan informasi tentang keterbatasan penelitian. Informasi ini dapat membantu pembaca memahami batasan dan relevansi temuan penelitian.

Pendahuluan:
Pada pendahuluan ini sudah sangat terinci mulai dari Tinjauan tentang Konsep Dasar Moral, Konsep dasar karakter, Pengetahuan Moral (Moral Knowing, Perilaku Moral (Moral Action), dan Pendidikan Orang Tua. Hal ini memudahkan pembaca untuk lebih mengerti karena dirinci satu persatu.

Metode Penelitian:
Metode penelitian juga sudah sangat lengkap dan terperinci mulai dari Tempat, Populasi dan Sampel, Prosedur Pengumpulan Data, Prosedur Analisis Data, Statistik Deskriptif, Statistik Inferensi. Sehingga memudahkan untuk pembaca mengerti.

Hasil Pembahasan:
Jurnal ini memakai 2 tabel sebagai rincian dari hasil dan pembahasan penelitian ini. Sehingga membuat pembaca mudah memahami.

Penutup:
Kesimpulan utama dari penelitian adalah bahwa pengetahuan moral siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru memiliki pengaruh terhadap perilaku moral siswa. Kesimpulan memberikan implikasi tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung perkembangan moral anak-anak mereka. Namun, Kesimpulan tidak mencantumkan informasi tentang keterbatasan penelitian, yang dapat memberikan gambaran lebih lengkap kepada pembaca tentang batasan dan generalisabilitas temuan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Okta Alvonsa Modestia 2213053025 -
okta alvonsa modestia
2213053025

Analisis Jurnal 2

Nama jurnal : Jurnal Moral Kemasyarakatan
Judul jurnal : Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru berdasarkan Pendidikan Orang Tua
Penulis : Ilham Hudi
Volume : 2
Nomor : 1
Tahun Terbit : Juni 2017

Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral.
Di negara-negara maju, pembangunan karakter menjadi satu elemen penting dalam proses pendidikan guna menerapkan kembali nilai-nilai yang baik dan menyaring segala bentuk unsur negatif yang dapat mempengaruhi tingkahlaku kalangan anak-anak dan tidak terkecuali kalangan remaja.
Setidaknya, ada banyak faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru, orangtua, dan masyarakat. Keteladanan ini dalam alam Indonesia dianggap langka.Terjadinya berbagai perilaku negatif yang dilakukan oleh anak bangsa, salah satunya disebabkan oleh krisis keteladanan di kalangan pemimpin bangsa.

Pengetahuan moral
1. kesadaran moral
2. ⁠mengetahui nilai nilai moral
3. ⁠pengambilan perspektif
4. ⁠penalaran mora
5. ⁠membuat keputusan
6. ⁠memahami diri sendiri

Perilaku moral
1. kompetensi
2. ⁠kehendak
3. ⁠kebiasaan

Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Annisatul Alfaidah -
Nama: Annisatul Alfaidah
NPM: 2213053078

Analisis Jurnal 2
Identitas Jurnal
Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume : 2
Nomor : 1
Halaman : 30-44
Tahun Terbit : 2017
Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis : Ilham Hudi
Kata Kunci: Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Dari abstrak ini, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini fokus pada hubungan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Dari hasil kajian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.

Pendahuluan
Pada era globalisasi, nilai-nilai negatif dari luar dapat mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi muda. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jati diri dan perkembangan moralitas individu. Oleh karena itu, pendidikan karakter dan budaya bangsa menjadi penting untuk memperkokoh jatidiri generasi muda.

Metode Penelitian
Penelitian dilaksanakan di 9 SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan menggunakan teknik systematic random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensi.

Isi
Pentingnya pendidikan moral dan karakter pada anak
Artikel ini menyoroti pentingnya pendidikan moral dan karakter pada anak. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan nilai dan karakter serta pembentukan kebiasaan yang baik. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang hubungan antara pengetahuan moral, nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, konsep diri, dan perilaku moral dalam pendidikan anak.
Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Siswa
Penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa SMP Negeri di kota Pekanbaru berpengaruh terhadap perilaku moral siswa berdasarkan pendidikan orang tuanya. Menasihati siswa bahwa orang tua yang berpendidikan tinggi dapat mempengaruhi pengetahuan dan perilaku moral siswa secara positif. Perbedaan pendidikan orang tua dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, namun sekolah perlu lebih memanfaatkan potensi guru, perlengkapan, dan bimbingan kepada siswa agar siswa dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan
Artikel ini memberikan kontribusi dalam memahami hubungan antara pengetahuan moral, perilaku moral, dan pendidikan orang tua terhadap siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru. Studi ini menekankan pentingnya pendidikan nilai moral

Artikel jurnal ini mengedukasi kita tentang memahami hubungan antara pengetahuan moral, perilaku moral dan pendidikan orang tua, dimana itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara yang baik untuk membentuk karakter anak
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Tantri Ayu Ratna Sari 2213053269 -
Nama: Tantri Ayu Ratna Sari
NPM: 2213053269
Analisis Artikel Jurnal: "Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan Orang Tua"
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru dengan 360 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa kelas VIII di Pekanbaru, Indonesia, berdasarkan pendidikan orang tua. Hal ini menekankan pentingnya pendidikan moral dan peran orang tua dalam membentuk perilaku moral siswa. Rekomendasi dari penelitian ini termasuk pemanfaatan potensi, fasilitas, dan bimbingan guru secara lebih intensif untuk membantu perkembangan siswa ke arah yang lebih baik.
Artikel ini juga membahas komponen-komponen pengetahuan moral, seperti tanggung jawab moral, nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pemahaman diri sendiri. Perilaku moral dipengaruhi oleh kompetensi, kehendak, dan kebiasaan. Dengan demikian, artikel ini menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai moral dan mengajarkan siswa untuk melaksanakannya, bukan hanya memahaminya.
Daftar rujukan artikel ini mencakup berbagai sumber terkait pendidikan moral dan karakter, menunjukkan bahwa penelitian ini didukung oleh landasan teori yang kuat dan relevan.
Secara keseluruhan, artikel ini memberikan kontribusi penting dalam memahami pengaruh pengetahuan moral dan peran orang tua dalam membentuk perilaku moral siswadalan lingkup keluarga dan lingkungan di sekolah.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by DEFI FITRIA NURAINI 2213053263 -
Nama: Defi Fitria Nuraini
NPM : 2213053263

Analisis Jurnal 2

Identitas Jurnal
Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume : 2
Nomor : 1
Halaman : 30-44
Tahun Terbit : 2017
Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis : Ilham Hudi
Kata Kunci: Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua

Jurnal ini membahas pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Penelitian dilakukan di 9 SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan 360 siswa sebagai sampel dari populasi 1600 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensi, serta analisis regresi melalui program SPSS18.

Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua yang berpendidikan baik dapat berdampak positif terhadap pengetahuan moral dan perilaku moral siswa. Meskipun perbedaan pendidikan orang tua dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas, dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intensif agar siswa dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

Artikel ini juga membahas pentingnya pendidikan moral dan karakter dalam pembentukan pribadi siswa. Pengetahuan moral siswa SMP Negeri kelas VIII Kota Pekanbaru memiliki pengaruh terhadap perilaku moral siswa. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya mengembangkan pengetahuan moral, nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, pemahaman diri, dan perilaku moral untuk membentuk karakter yang baik dan bertanggung jawab.

Dari analisis jurnal ini, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku moral siswa, terutama berdasarkan pendidikan orang tua. Oleh karena itu, pendidikan moral dan karakter di sekolah dan dukungan dari orang tua sangat penting dalam membentuk perilaku moral yang baik pada siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Wulan Agustina -
Nama : Wulan Agustina
Npm : 2213053011

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu; pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIIIKota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Kata Kunci: Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua PENDAHULUAN Tinjauan tentang Konsep Dasar Moral Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilainilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN -VOL.2, NO.1, JUNI 2017 PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA Ilham Hudi Hal.
Di negara-negara maju, pembangunan karakter menjadi satu elemen penting dalam proses pendidikan guna menerapkan kembali nilai-nilai yang baik dan menyaring segala bentuk unsur negatif yang dapat mempengaruhi tingkahlaku kalangan anak-anak dan tidak terkecuali kalangan remaja.
Di sekolah siswa memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan pengetahuan moral (moral knowing), untuk menghargai nilai-nilai murni (moral feeling) dan untuk melaksanakan moral (moral action) yang baik.
Oleh karena itu sesi formal haruslah dimuat dalam kurikulum sekolah, di sini kurikulum berperan penting sebagai pemandu yang dapat mengarahkan pendidikan nilai-nilai moral dan karakter kepada siswa.
Bahkan konsepsi di atas terkait erat dalam konsepsi karakter dalam Pendidikan Karakter di Indonesia.

Moral merujuk nilai yang dianggap oleh individu dan masyarakat sebagai nilai sesuatu yang baik dan patut.
Sementara pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa pada diri peserta didik, sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif Istilah karakter secara terminologi, menurut Lickona (1991) karakter sebagai: 3Character so conceived has three interrelated parts: moral knowing, moral feeling and moral behavior..DUDNWHU\DQJPXOLDPHQXUXWQ\DEHUPXODGHQJDQpengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen (niat) terhadap kebaikan JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN -VOL.2, NO.1, JUNI 2017 PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA Ilham Hudi Hal.
Hal ini bermakna, pengetahuan yang diperoleh diaplikasikan dalam bentuk tindakan melalui latihan dan pendidikan yang berterusan untuk membedakan mana-mana pengaruh yang baik dan keburukan.
Untuk tujuan ini, seorang siswa hendaklah dididik secara sadar akan pengetahuan moral (moral knowing), menghargai nilai-nilai yang baik (moral feeling) dan melakukan kebiasaan moral yang baik (moral habits).

Pengetahuan Moral (Moral Knowing) Ada beragam pengetahuan moral yang dapat kita manfaatkan ketika kitaberhadapan dengan tantangan-tantangan moral dalam hidup. Enam pengetahuan moral berikut diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Qurota A'yunin 2213053183 -
Nama : Qurota A'yunin
NPM: 2213053183

Artikel ini membahas di era globalisasi perkembangan informasi dapat dengan mudah dipahami sehingga mengarah pada berkembangnya berbagai nilai dan sikap dari berbagai budaya, seperti nasionalisme, sosialisme, dan moralitas individu. Hal ini menyebabkan perlunya pendekatan yang lebih sistematis dalam mempromosikan nilai-nilai generasi melalui pendidikan karakter dan budaya nasional.Di Indonesia, pendidikan karakter sangat penting untuk menumbuhkan nilai-nilai moral yang baik pada anak dan mencegah pengaruh negatif terhadap perilakunya. Sekolah memerlukan institusi dan metode pengajaran formal untuk menanamkan pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral.

Konsep moralitas berasal dari bahasa Latin yang merupakan gabungan dari konsep-konsep seperti nilai, norma, etika, dan moralitas. Moralitas didasarkan pada gagasan universal tentang perilaku manusia, perilaku yang baik, dan perilaku yang baik. Merupakan definisi moralitas yang bersifat universal, yang didasarkan pada keyakinan bahwa manusia itu baik dan baik.
Konsep moralitas berasal dari gagasan tentang manusia, yang didasarkan pada keyakinan akan kebaikan dan kebaikan hidup. Konsep moralitas didasarkan pada keyakinan bahwa manusia itu baik dan baik, dan merupakan aspek fundamental dalam kehidupan manusia.Kesimpulannya, pengembangan nilai dan sikap moral sangat penting untuk berkembangnya masyarakat yang menghargai dan menghormati hak-hak warga negaranya.

Karakter dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lainnya. Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (kebajikan) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, berpikiran, dan bertindak. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa pada diri peserta didik, sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif.

Keenam karakter ini dapat dikatakan sebagai pilar-pilar karakter manusia, di antaranya: (1) Respect (Penghormatan); (2) Tanggung Jawab (Tanggung Jawab); (3) Kewarganegaraan-Kewajiban Kewarganegaraan (Kesadaran Berwarga Negara); (4) Kewajaran (Keadilan dan Kejujuran); (5) Peduli (Kepedulian dan Kemauan Berbagi); dan (6) Keterpercayaan (Keparcayaan).

Pengetahuan moral (Moral Understanding) adalah beragam pengetahuan moral yang dapat kita manfaatkan ketika kitaberhadapan dengan tantangan-tantangan moral dalam hidup. Enam pengetahuan moral berikut diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter.
1. Kesadaran moral (Moral Awareness) adalah kegagalan moral yang sering terjadi pada diri manusia dalam semua tingkatan usia adalah kebutaan moral; kondisi di mana orang tidak dapat melihat bahwa situasi yang sedang ia hadapi melibatkan masalah moral dan membutuhkan pertimbangan yang lebih jauh. Anak-anak dan remaja khususnya harus mengetahui bahwa tanggung jawab moral pertama adalah menggunakan akal mereka untuk melihat kapan suatu situasi moral.Kesadaran moral adalah kendala-untuk bisa mendapatkan informasi. Dalam membuat penilaian moral, sering kali kita tidak bisa memutuskan karakter sampai mengetahui keadaan yang sebenarnya. Jika pengetahuan kita tentang apa yang terjadi di dunia internasional tidak kabur, kita pasti bisa membuat penilaian moral yang tentang kebijakan luar negeri.
2.. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values) .Nilai-nilai moral seperti menghargai hidup, bermartabat, menghormati orang lain, kejujuran, integritas, disiplin, keutuhan, kebijaksanaan, dan tanggung jawab merupakan faktor penting dalam membina pribadi yang baik. Mereka dipelajari melalui pendidikan dan diterapkan dalam berbagai situasi.
3. Pengambilan perspektif(Perspektive Taking) adalah kemampuan untuk memahami perspektif orang lain, situasi, dan alasan di balik tindakan mereka. Penalaran moral melibatkan pemahaman pentingnya nilai-nilai moral setiap orang dan konsekuensi dari tindakan mereka.
4. Penalaran moral (Moral Reasoning) juga mencakup pemahaman prinsip-prinsip moral orang lain, seperti menghargai setiap individu, mendorong perilaku baik, dan menghindari menyakiti orang lain.
5. Pengambilan keputusan (Decision Making) adalah kemampuan mengambil keputusan berdasarkan nilai dan prinsip moral. Hal ini melibatkan pertimbangan konsekuensi dari tindakan dan konsekuensi dari tindakan mereka.
6. Pengetahuan diri(Self Knowledge) adalah pengetahuan moral yang paling penting untuk pertumbuhan pribadi, karena membantu individu mengekspresikan tindakan pribadinya dan mengevaluasinya secara kritis.Kesimpulannya, nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pengetahuan diri merupakan aspek penting dari pengembangan pribadi. Dengan memahami nilai-nilai ini, individu dapat membuat keputusan yang lebih baik dan berkontribusi terhadap perbaikan kehidupan mereka.
Tindakan moral adalah produk dari dua kualitas: intelektual dan emosional. Jika seseorang mempunyai kualitas intelektual dan emosional yang baik maka ia dapat melakukan tindakan moral sesuai dengan pengetahuan dan tujuannya. Namun, mereka harus sadar akan tindakan dan peran mereka dalam situasi tersebut. Untuk memahami apa yang memotivasi seseorang untuk melakukan tindakan moral, mereka harus mempertimbangkan tiga aspek: kompetensi, keberanian, dan bias.
1. Kompetensi adalah kemampuan mengelola konflik dan komitmen moral secara efektif. Dalam situasi moral, bias moral seseorang merupakan suatu hal yang buruk. Penting untuk memiliki keberanian untuk melakukan tindakan moral dan mengerahkan energi moral untuk melakukannya. Penting juga untuk menjaga integritas moral dan menghindari tindakan yang merugikan.
2. Kehendak juga dibutuhkan untuk dapat melihat dan memikirkan suatu
keadaan melalui seluruh dimensi moral. Kehendak dibutuhkan untuk mendahulukan kewajiban, bukan kesenangan.Kehendak dibutuhkan untuk
menahan godaan, bertahan dari tekanan teman sebaya, dan melawan gelombang.Pada dasarnya kehendak merupakan inti keberanian moral. Cebias merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku moral. Seorang individu yang berkarakter moral yang baik harus mempunyai banyak keterampilan untuk mengembangkan perilaku moral yang baik dan mampu mengambil keputusan yang baik. Hal ini mencakup memiliki banyak pengalaman dengan orang lain, bersikap jujur, dan menjadi orang baik.
3 kebiasaan
Perasaan moral adalah aspek penting dari perilaku moral. Ini melibatkan komitmen terhadap nilai-nilai moral dan kemauan untuk membuat keputusan moral. Perasaan moral merupakan pengendalian internal yang lebih efektif dibandingkan pengendalian eksternal, yaitu tanggung jawab individu untuk menjaga perilaku moral dalam kehidupannya.
Pendidikan karakter (moral-budi pekerti) adalah buah dari budi nurani, bersumber pada moral. Moral bersumber pada kesadaran hidup yang berpusat pada alam pikiran. Pendidikan sebagai proses alih nilai mempunyai tiga saran: utama untuk membentuk manusia yang mempunyai keseimbangan antara kemampuan kognitif dan psikomotorik disatu pihak dan kemampuan afektif di pihak lain. Implementasi alih nilai merupakan proses pelatihan imtak, yang dapat ditransformasikan tata nilai yang mendukung proses industrialisasi dan penerapan teknologi.

Pendidikan karakter pada dasarnya dibentuk pada beberapa pilar yang saling berkaitan. Adapun pilar-pilar karakter ini adalah nilai-nilai luhur universal yang terdiri dari Cinta Tuhan dan alam semesta beserta isinya, Tanggung jawab kedisiplinan dan kemandirian, Kejujuran, Hormat dan santun, Kasih yang, kepedulian, dan kerjasama, Percaya diri, kreatif, kerjasama, dan pantang menyerah.Pendidikan karakter pada dasarnya mempunyai esensi yang tidak berbeda dengan pendidikan moral, budi pekerti dan pendidikan akhlak, yang bertujuan membentuk pribadi siswa, supaya menjadi pribadi yang baik, masyarakat menjadi warga yang baik, dan jika dalam kehidupan berbergara menjadi warga negara yang baik.
Penelitian ini mengkaji dampak pendidikan moral terhadap perilaku moral siswa SMA di Negeri Kota Pekanbaru. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat pendidikan moral yang lebih tinggi berhubungan dengan perilaku moral yang lebih tinggi, sedangkan tingkat pengetahuan moral yang lebih rendah berhubungan dengan perilaku moral yang lebih rendah. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pengaruh pendidikan moral terhadap perilaku moral lebih kuat pada siswa SMA. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan moral yang baik dapat mengarah pada perilaku moral dan perilaku moral yang lebih baik. Studi ini merekomendasikan agar sekolah memanfaatkan potensi, fasilitas, dan pelatihan guru agar siswa lebih termotivasi dan bermoral, sehingga memungkinkan mereka menjadi individu yang lebih bertanggung jawab dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Nadia tri utami 2213053300 -
Nama : Nadia Tri Utami
NPM : 2213053300

Berdasarkan jurnal “PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA” karya Ilham Hudi, Jurnal ini merupakan sebuah penelitian yang mendalam tentang pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru, dengan fokus pada pengaruh pendidikan orang tua. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan moral dalam membentuk perilaku moral siswa, terutama pada siswa kelas VIII.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pengetahuan moral dan perilaku moral siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini didasarkan pada landasan teori yang kuat dan menggunakan metode penelitian yang valid.

Studi ini menekankan bahwa pengetahuan moral meliputi pemahaman nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pemahaman diri sendiri. Selain itu, perilaku moral juga dipengaruhi oleh kompetensi, kehendak, dan kebiasaan. Rekomendasi dari penelitian ini termasuk pemanfaatan potensi, fasilitas, dan bimbingan guru untuk membantu siswa dalam pengembangan moral dan karakter yang lebih baik.

Jurnal ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya pendidikan moral dalam membentuk karakter dan perilaku moral siswa. Daftar rujukan juga mencakup berbagai sumber yang relevan dengan pendidikan moral dan karakter, menunjukkan bahwa penelitian ini didasarkan pada landasan teori yang kuat. Dengan demikian, jurnal ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pendidik, orang tua, dan peneliti dalam upaya membentuk perilaku moral yang baik pada siswa.

terbukti bahwa penelitian tersebut berlandaskan kerangka teori dan menggunakan metode penelitian yang valid. Penelitian ini menekankan pengaruh signifikan pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa kelas VIII di Pekanbaru, menyoroti pentingnya pendidikan orang tua dalam membentuk perilaku moral siswa.

Penelitian tersebut berkontribusi pada pemahaman tentang pentingnya peran pendidikan moral dalam membentuk karakter dan perilaku moral siswa, memberikan wawasan berharga bagi pendidik, orang tua, dan peneliti. Penelitian ini juga menawarkan rekomendasi pemanfaatan potensi, fasilitas, dan bimbingan guru untuk membantu siswa dalam mengembangkan moral dan karakter yang lebih baik.

Jurnal ini mengambil dari berbagai sumber relevan, menunjukkan pemahaman komprehensif tentang pendidikan moral dan pengembangan karakter. Temuan penelitian ini menggarisbawahi dampak pendidikan orang tua terhadap pengetahuan dan perilaku moral siswa, memberikan wawasan berharga untuk mengatasi erosi nilai-nilai moral dan pengembangan karakter pada generasi saat ini.

Penelitian dilakukan di beberapa SMP Negeri di Pekanbaru, dengan menggunakan metode sampling acak sistematis untuk memilih sekolah dan siswa, sehingga meningkatkan kredibilitas dan generalisasi penelitian. Metodologi penelitian dan analisis data, termasuk penggunaan statistik deskriptif dan inferensial, semakin memperkuat validitas dan reliabilitas temuan penelitian.

Kesimpulannya, jurnal ini memberikan analisis yang komprehensif dan mendalam tentang pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa, menekankan pentingnya peran penting pendidikan orang tua dalam membentuk perkembangan moral dan karakter siswa. Rekomendasi dan implikasi studi ini memberikan panduan berharga bagi para pendidik dan pembuat kebijakan dalam mempromosikan pendidikan moral dan pengembangan karakter di sekolah.

Secara keseluruhan, jurnal ini menyajikan kajian penelitian yang terstruktur dengan baik dan teliti yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman pendidikan moral dan pengembangan karakter dalam konteks siswa SMP di Pekanbaru, Indonesia.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Khairina Fina Samira 2213053145 -
Nama : Khairina Fina Samira
Npm : 2213053145

Identitas Jurnal
Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume : 2
Nomor : 1
Halaman : 30-44
Tahun Terbit : 2017
Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis : Ilham Hudi
Kata Kunci: Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua.

pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP di Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, seperti mean dan standar deviasi, serta statistik inferensial, termasuk analisis regresi melalui program SPSS18, untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku siswa kelas VIII di Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk membahas aspek moral dari sudut pandang siswa, dengan fokus pada pengetahuan moral dan perilaku moral. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP di Pekanbaru dengan jumlah siswa 1600 orang, sedangkan sampelnya adalah 9 SMP dengan jumlah siswa 360 orang. Kajian tersebut menekankan pentingnya pendidikan moral dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik, terutama dalam menghadapi pengaruh negatif dari luar. Analisis ini juga menggali konsep dasar moralitas, karakter, dan pendidikan moral, menyoroti pentingnya pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral dalam pembentukan karakter. Studi ini menyimpulkan bahwa pendidikan moral dan pengembangan karakter sangat penting dalam membimbing siswa untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai moral dalam kehidupan mereka, serta berkontribusi terhadap pembentukan masyarakat yang bermoral tinggi.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Ajeng Akmala Sari -
Nama : Ajeng Akmala Sari
Npm : 2253053022

JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Penulis: Ilham Hudi
Judul: PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Tahun: 2017
Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar
luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilainilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan
mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait
merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya
bangsa dan perkembangan moralitas individu. ada banyak faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas
moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru,
orangtua, dan masyarakat. Keteladanan ini dalam alam Indonesia dianggap
langka.Terjadinya berbagai perilaku negatif yang dilakukan oleh anak bangsa,
salah satunya disebabkan oleh krisis keteladanan di kalangan pemimpin bangsa.
Kondisi ini menjadikan anak tidak lagi peduli dengan nasihat guru karena contoh
perilaku negatif yang dipertontonkan oleh elit politik yang diperoleh anak di luar
kelas melalui media massa jauh lebih berpengaruh terhadap pembentukan
pribadinya. Akibatnya, sekolah, khususnya guru, tidak mampu lagi membendung
budaya negatif itu (Agus Zaenul F, 2012). Di sekolah siswa memerlukan institusi dan sesi formal untuk mendapatkan
pengetahuan moral (moral knowing), untuk menghargai nilai-nilai murni (moral
feeling) dan untuk melaksanakan moral (moral action) yang baik. Sebab perilaku dan
moralitas tidak terbentuk begitu saja atau membiarkan seorang anak berkembang apa
adanya (Hambali,2015.b). Oleh karena itu sesi formal haruslah dimuat dalam
kurikulum sekolah, di sini kurikulum berperan penting sebagai pemandu yang dapat
mengarahkan pendidikan nilai-nilai moral dan karakter kepada siswa. Terdapat enam karakter utama (pilar
karakter) pada diri manusia yang dapat digunakan untuk mengukur dan menilai
watak dan prilaku dalam hal-hal khusus.Keenam karakter ini dapat dikatakan
sebagai pilar-pilar karakter manusia, di antaranya: (1) Respect (Penghormatan); (2)

Responsibility (Tanggung Jawab); (3) Citizenship-Civic Duty (Kesadaran Berwarga
Negara); (4) Fairness (Keadilan dan Kejujuran); (5) Caring (Kepedulian dan
Kemauan Berbagi); dan (6) Trustworthiness (Keparcayaan).
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Permata Balqis -
Nama: Permata Balqis
NPM: 2213053217

Judul artikel jurnal: Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa Smp Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua
Nama penulis: Ilham Hudi
Penerbit jurnal: Jurnal Moral Kemasyarakatan - Vol.2, No.1, Juni 2017, Hal. 30-44.

Ringkasan isi jurnal:
Artikel jurnal ini meneliti dengan fokus pada aspek moralitas siswa, mengevaluasi pengetahuan moral dan perilaku moral mereka di SMP Negeri Kota Pekanbaru. Tujuan studi ini adalah untuk memahami dampak pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa kelas VIII di SMP Negeri Kota Pekanbaru, dengan mempertimbangkan peran pendidikan orang tua. Populasi studi mencakup 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan total 1600 siswa, sementara sampel penelitian terdiri dari 9 SMP dengan 360 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan rata-rata dan simpangan baku, serta analisis inferensial menggunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP kelas VIII di Kota Pekanbaru, dengan mempertimbangkan peran pendidikan orang tua.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by NOVA NOVA ENJELINA SIMANULLANG -
Nama: Nova enjelina simanullang
NPM: 2213053227

Analisis jurnal
Jurnal yang berjudul "PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA" membahas tentang aspek moralitas yang menjadi pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu. Hal ini menimbulkan kecemasan sehingga memerlukan satu pendekatan yang lebih serius dalam memperkokoh jati diri generasi muda melalui pendidikan karakter dan budaya bangsa. Di negara-negara maju, pembangunan karakter menjadi satu elemen penting dalam proses pendidikan guna menerapkan kembali nilai-nilai yang baik dan menyaring segala bentuk unsur negatif yang dapat mempengaruhi tingkahlaku kalangan anak-anak dan tidak terkecuali kalangan remaja.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Priscella Brenda Sylvania 2213053045 -
Nama : Priscella Brenda Sylvania
NPM : 2213053045

Artikel jurnal yang berjudul "Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan Orang Tua" oleh Ilham Hudi. Hal ini mengkaji pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru. Studi ini menggunakan metode penelitian deskriptif (statistik deskriptif) dan inferensi (statistik inferensi) untuk menganalisis data dari 1600 siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru dan 360 siswa yang merupakan sampel penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Dalam artikel jurnal ini, penelitian terhadap konsep dasar moral, yang melibatkan pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), dan perilaku moral (moral action). Penelitian ini juga membahas pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Selain itu, artikel jurnal ini juga membahas pentingnya pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam mengembangkan moralitas individu. Pendidikan karakter dan budaya bangsa merupakan elemen penting dalam proses pendidikan untuk menerapkan nilai-nilai yang baik dan menyaring segala bentuk unsur negatif yang dapat mempengaruhi tingkah laku kalangan anak-anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Zalianti Jahratun Nisya (2213053005) -
Analisis jurnal 2
Nama : Zalianti Jahratun Nisya
NPM 2213053005

Identitas Jurnal
- Nama Jurnal : Jurnal Moral Kemasyarakatan
- Judul Jurnal : Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orang Tau
- Volume: Vol. 2 No. 1
- Tanggal terbit: Juni 2017
- Nomor ISSN: tidak disebutkan dalam jurnal
- Halaman: 30-44
- Penulis: Ilham Hudi
- Kata kunci: pendidikan moral, pengetahuan moral, perilaku moral, siswa SMP, pendidikan orangtua.

Abstrak :
Abstrak secara singkat merangkum tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP berdasarkan pendidikan orang tua. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dan inferensial dengan program SPSS 18 untuk menganalisis data dari 360 siswa di 9 SMP di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa kelas VIII berdasarkan pendidikan orang tua. Abstrak diakhiri dengan menyoroti pentingnya pendidikan moral dalam membentuk karakter generasi muda.

Pendahuluan :
Bagian pendahuluan pada membahas mengenai tantangan globalisasi terhadap perkembangan moral dan pentingnya pendidikan moral dalam membentuk karakter generasi muda. Ini memoerlihatkan perlunya lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan perilaku moral mereka. Pada bagian ini juga disampaikan secara singkat tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP berdasarkan pendidikan orang tua.

Metode penelitian :
Bagian metode menjelaskan tentang populasi dan sampel penelitian, serta teknik analisis data yang digunakan. Penelitian dilakukan di 9 SMP di Kota Pekanbaru dengan jumlah populasi 40 SMP. Sampel terdiri dari 360 siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik sampling acak sistematik. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan program SPSS 18. Bagian ini juga memberikan rincian tentang pertimbangan etis dan keterbatasan penelitian.

Pembahasan :
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa kelas VIII berdasarkan pendidikan orang tua. Studi ini menemukan bahwa siswa dengan tingkat pengetahuan moral yang lebih tinggi cenderung menunjukkan perilaku moral yang lebih baik, dan pendidikan orang tua memainkan peran penting dalam membentuk perkembangan moral siswa. Studi ini juga menyoroti pentingnya pendidikan moral di sekolah dan perlunya lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan perilaku moral mereka.

Kesimpulan :
Kesimpulannya, penelitian ini memberikan bukti pentingnya pendidikan moral dan keterlibatan orang tua dalam membentuk perkembangan moral siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidik dan orang tua harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan moral dan perilaku mereka. Studi ini juga menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi dampak faktor-faktor lain terhadap perkembangan moral siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini berkontribusi pada semakin banyaknya literatur tentang pendidikan moral dan memberikan wawasan berharga bagi para pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Puji Endang Lestari 2213053301 -
Nama: Puji Endang Lestari
NPM: 2213053301

Analisis Jurnal 2

Identitas Jurnal
Nama jurnal : Jurnal Moral Kemasyarakatan
Judul jurnal : Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru berdasarkan Pendidikan Orang Tua
Penulis : Ilham Hudi
Volume : 2
Nomor : 1
Tahun Terbit : Juni 2017

Jurnal berjudul "PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA" merupakan sebuah penelitian yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri) di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian terdiri dari 40 sekolah SMP Negeri di Kota Pekanbaru dengan total 1600 siswa, sedangkan sampel penelitiannya meliputi 9 sekolah SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan 360 siswa.

Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru. Analisis data dilakukan menggunakan dua jenis statistik, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensi. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsi situasi dan keadaan responden berdasarkan pendidikan orangtua, sementara statistik inferensi digunakan untuk analisis regresi guna mengetahui pengaruh pengetahuan moral siswa terhadap perilaku moral siswa.

Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga mengenai pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa, serta menyoroti pentingnya pendidikan moral dan faktor-faktor yang berkontribusi pada perkembangan moral siswa.

Dalam konteks pendidikan moral, penting untuk memahami bahwa penalaran moral yang tinggi melibatkan pemahaman prinsip-prinsip moral klasik seperti menghormati martabat setiap individu, berbuat baik, dan memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Selain itu, kemampuan untuk mengambil sudut pandang orang lain juga merupakan hal yang penting dalam pertimbangan moral, karena hal ini memungkinkan individu untuk memahami dan menghormati orang lain.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Rahma Aulia Putri Rahma -
Nama : Rahma Aulia Putri
NPM : 2213053123

jurnal berjudul PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
oleh : Ilham Hudi

Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu; pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.

Penelitian ini mencoba mengidentifikasi pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP di Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Meskipun demikian, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan:

1. Metodologi Penelitian: Informasi mengenai metode penelitian yang digunakan, seperti rinciannya dalam analisis regresi, perlu lebih disajikan. Penggunaan sampel dari 9 SMP mungkin cukup kecil untuk mewakili populasi yang lebih besar.
2. Keterbatasan Data: Tidak disebutkan apakah penelitian mempertimbangkan faktor lain yang dapat memengaruhi perilaku moral, selain dari pengetahuan moral dan pendidikan orang tua. Keterlibatan faktor lain seperti lingkungan sosial atau pengaruh media bisa menjadi pertimbangan yang relevan.
3. Pentingnya Penelitian: Penelitian menyentuh pada kekhawatiran globalisasi dan pengaruh negatifnya terhadap nilai-nilai moral, namun belum memberikan kerangka yang kuat untuk mengukur dampaknya secara spesifik di konteks penelitian ini.
4. Pengaruh Media Massa: Penelitian menyebutkan pengaruh media massa terhadap perilaku siswa, namun tidak memberikan analisis mendalam tentang bagaimana media massa dapat mempengaruhi pengetahuan moral dan perilaku moral siswa.
5. Konsep Moral dan Karakter: Meskipun penelitian membahas konsep moral dan karakter, perlu ada klarifikasi lebih lanjut tentang bagaimana pengetahuan moral mempengaruhi pembentukan karakter siswa.
6. Rekomendasi dan Implikasi: Penelitian dapat lebih diperkaya dengan memberikan rekomendasi konkrit untuk penerapan pendidikan karakter di sekolah, dengan melibatkan guru, orang tua, dan lingkungan masyarakat.

Pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi moralitas siswa dapat memberikan wawasan lebih dalam terhadap pengembangan program pendidikan karakter yang efektif.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Nasywa Fadillah Asnah 2253053020 -
Nasywa Fadillah Asnah
2253053020

Pengetahuan moral yang diperoleh dari pendidikan orangtua dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Pertama-tama, nilai-nilai yang ditanamkan oleh orangtua menjadi dasar yang kuat bagi pembentukan karakter. Ketika anak-anak menerima pengajaran tentang pentingnya etika, kejujuran, dan tanggung jawab di rumah, hal ini mendorong mereka untuk menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka.

Kedua, lingkungan keluarga memiliki peran penting dalam memperkuat pengetahuan moral siswa. Diskusi terbuka, contoh nyata, dan pemodelan perilaku moral oleh orangtua menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep moral. Anak-anak lebih cenderung mempraktikkan apa yang mereka lihat dan pelajari di rumah, sehingga nilai-nilai moral yang diterima dari orangtua menjadi landasan yang kokoh dalam pembentukan perilaku moral mereka di lingkungan sekolah dan sosial.

Terakhir, peran orangtua dalam memberikan dorongan dan arahan moral juga mempengaruhi keputusan dan tindakan siswa. Dukungan yang konsisten dari orangtua terhadap penerapan nilai-nilai moral dalam berbagai situasi membantu siswa untuk menghadapi tantangan moral dan membuat keputusan yang tepat secara etis. Oleh karena itu, pengetahuan moral yang disampaikan melalui pendidikan orangtua bukan hanya sekadar teori, melainkan fondasi yang membentuk karakter dan perilaku moral siswa SMP Negeri di Kota Pekanbaru.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Desviana Safitri 2213053064 -
Nama : Desviana Safitri
NPM : 2213053064

Artikel jurnal ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru dengan 360 siswa. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Konsep dasar moral dan karakter juga dibahas dalam jurnal ini.

Penting untuk mengembangkan pengetahuan moral, nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, pemahaman diri, dan perilaku moral dalam pendidikan anak-anak. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan nilai dan karakter, serta melalui pembentukan kontrol internal yang efektif.

Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan moral dan karakter pada siswa, serta pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Kota Pekanbaru dan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral siswa terhadap perilaku moral siswa.

Artikel jurnal ini menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi perilaku moral siswa berdasarkan pendidikan orang tua. Rekomendasi diberikan kepada siswa agar orang tua mereka berpendidikan, namun juga bijak dalam menyikapi pengetahuan moral siswa. Sekolah juga perlu memfungsikan potensi, fasilitas, dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intensif agar siswa dapat berkembang menjadi siswa yang dewasa, berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Vivi Natasya 2213053089 -
Nama: Vivi Natasya
NPM: 2213053089

Analisis 2

Identitas Jurnal
Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume : 2
Nomor : 1
Halaman : 30-44
Tahun Terbit : 2017
Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis : Ilham Hudi
Kata Kunci: Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua.

Jurnal ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru, dengan fokus pada pengaruh pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru dengan 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru dengan 360 siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.

Jurnal ini membahas pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa SMP, dengan pengetahuan moral meliputi kemampuan untuk melihat masalah moral dalam situasi tertentu, mengetahui nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pemahaman diri sendiri. Selain itu, perilaku moral juga dipengaruhi oleh kompetensi, kehendak, dan kebiasaan. Penting untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak sejak dini agar mereka dapat menjadi individu yang bertanggung jawab dan bermoral.

Jurnal ini menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi perilaku moral siswa berdasarkan pendidikan orang tua. Rekomendasi termasuk memanfaatkan potensi, fasilitas, dan bimbingan guru untuk membantu siswa berkembang ke arah yang lebih baik. Daftar rujukan mencakup berbagai sumber yang relevan dengan pendidikan moral dan karakter.

Dengan demikian, jurnal ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pengetahuan moral dan pendidikan orang tua dalam membentuk perilaku moral siswa SMP, serta menekankan perlunya pendidikan moral dalam membentuk generasi muda yang bertanggung jawab dan beretika.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Vraditha Aulia Putri 2213053090 -
Nama : Vraditha Aulia Putri
NPM : 2213053090

Analisis artikel jurnal 2

Artikel jurnal ini membahas pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel 360 siswa dari 9 SMP di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.

Pengetahuan moral mencakup kemampuan untuk melihat masalah moral dalam situasi tertentu, mengetahui nilai-nilai moral, pengambilan perspektif, penalaran moral, pengambilan keputusan, dan pemahaman diri sendiri. Artikel ini menekankan pentingnya menanamkan kesadaran akan nilai-nilai moral dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, perilaku moral juga dipengaruhi oleh kompetensi, kehendak, dan kebiasaan. Oleh karena itu, pendidikan moral dan karakter pada siswa sangat penting. Artikel ini merekomendasikan peran sekolah dalam memfasilitasi dan membimbing siswa untuk berkembang menjadi siswa yang dewasa, berkarakter, dan bermoral.

Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi sekolah dan orang tua dalam mendidik siswa agar memiliki perilaku moral yang baik. Daftar rujukan yang disertakan dalam artikel juga memberikan sumber referensi yang berguna untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini.

Kesimpulannya, artikel ini menyoroti pentingnya pengetahuan moral dalam membentuk perilaku moral siswa SMP. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku moral siswa, serta memberikan rekomendasi bagi sekolah dan orang tua dalam mendidik siswa agar memiliki perilaku moral yang baik.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Intan purnama sari 2213053072 -
Nama: Intan Purnama Sari
NPM: 2213053072

Identitas Jurnal
Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume : 2
Nomor : 1
Halaman : 30-44
Tahun Terbit : 2017
Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis : Ilham Hudi
Kata Kunci: Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua

Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota
Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan
pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku
moral siswa.

Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu;
pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota
Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIIIKota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Nawang Lutfia Sani 2213053287 -
Nama: Nawang Lutfia Sani
NPM: 2213053287

Analisis Jurnal 2

Identitas Jurnal
Nama Jurnal: JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume: 02
Nomor: 01
Halaman: 30-44
Tahun Terbit: 2017
Judul: Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orang Tua.
Nama Penulis: Ilham Hudi

-Judul: Jurnal ini berjudul "Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orang Tua". Judul ini berjumlah 17 kata dan judul tersebut sudah sesuai dengan isi jurnal yang ditulis karena membahas mengenai pengaruh moral siswa berdasarkan pendidikan orang tua.
-Penulis: Jurnal ini ditulis oleh seorang penulis yaitu Ilham Hudi. Penulisan nama penulis sudah benar karena nama ditulis tanpa gelar.
-Abstrak: Dalam jurnal ini abstrak ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam abstrak berisi penjelasan singkat mengenai isi jurnal.
-Kata Kunci: Dalam jurnal ini kata kunci
ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kata kunci terdiri dari 3 istilah yaitu "Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua " / "Moral Knowledge, Moral Behavior, Parental Education". Istilah ini mengacu pada pengaruh moral siswa berdasarkan pendidikan orang tua.

Hasil analisis:
Pendahuluan di artikel ini membahas tentang konsep dasar moral dan bagaimana pada era globalisasi dewasa ini, di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai-nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini).

Pembahasan pada artikel ini membahas tentang pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua. Selain itu, artikel ini membahas konsep dasar moral, pentingnya pendidikan moral dalam kurikulum sekolah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral siswa. Lebih lanjut,
penelitian pada artikel ini menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensi, dengan menggunakan program The Statistical Package for the Social Sciences (SPSS 18). Artikel ini juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pendidikan moral di sekolah dan peran orangtua dalam membentuk karakter anak.

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa pendidikan moral sangat penting dalam membentuk karakter siswa, dan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua. Artikel ini juga menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti keteladanan dari guru, orangtua, dan masyarakat juga mempengaruhi perkembangan moral siswa. Oleh karena itu, artikel ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pendidikan moral di sekolah dan peran orangtua dalam membentuk karakter anak.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Luluk Utami 2213053257 -
Nama : Luluk Utami
NPM : 2213053257

Identitas Jurnal
Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume : 2
Nomor : 1
Halaman : 30-44
Tahun Terbit : 2017
Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis : Ilham Hudi

Analisis Jurnal
1. Judul
Jurnal ini berjudul PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Judul tersebut sudah sesuai dengan isi jurnal.

2. Penulis
Jurnal ini di tulis oleh satu orang penulis yaitu Ilham Hudi , Penulisan nama sudah benar karena ditulis tanpa gelar.

3. Korespondensi
Dalam jurnal ini nama dari penulis dilengkapi dengan lembaga pendidikan yaitu STAI Nurul Falah Airmolek INHU

4. Abstrak
Dalam jurnal ini, abstrak ditulis menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

5. Kata Kunci
Dalam jurnal ini menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris kata kuncinya yaitu Moral Knowledge, Moral Behavior, Parental Education dan Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua

6. Pendahuluan
Membahas mengenai tantangan globalisasi. faktor yang berkontribusi mempengaruhi kualitas moral di kalangan siswa. Salah satu faktor tersebut; adalah keteladanan dari guru,orangtua, dan masyarakat. Keteladanan ini dalam alam Indonesia dianggap langka.Terjadinya berbagai perilaku negatif yang dilakukan oleh anak bangsa,salah satunya disebabkan oleh krisis keteladanan di kalangan pemimpin bangsa.

7. Metode Penelitian statis deskriptif dan statis inferensi.

8. Pembahasan
Pada bagian pembahasan membahas mengenai kesadaran moral, Perilaku moral adalah produk dari dua bagian karakter lainnya. Jika orangmemiliki kualitas moral intelektual dan emosional seperti yang baik, mereka memilikikemungkinan melakukan tindakan yang menurut pengetahuan dan perasaan mereka
adalah tindakan yang benar.Namun terkadang orang bisa berada dalam keadaan di manamereka mengetahui apa yang harus dilakukan, merasa harus melakukannya, tetapi masih belum bisa menerjemahkan perasaan dan pikiran tersebut dalam tindakan.Pendidikan orang tua , pilar-pilar karakter ini adalah nilai-nilai luhur universal yang terdiri dari:(1) Cinta Tuhan dan alam semesta beserta isinya, (2) Tanggung jawab kedisiplinan dan kemandirian, (3) Kejujuran, (4) Hormat dan santun, (5) Kasih sayang, kepedulian, dan kerjasama, (6) Percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah, (7)Keadilan dan kepemimpinan, (8) Baik dan rendah hati, dan (9) Toleransi, cinta damai, dan persatuan.

9. Kesimpulan membahas mengenai Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.

10.Daftar Pustaka/ Daftar bacaan
Pada bagian daftar Pustaka sudah di cantumkan dengan jelas referensi bacaanya.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Aldila seprina 2213053207 -
Nama : Aldila Seprina
NPM : 2213053207

Analisis jurnal
Pengetahuan moral yang diperoleh peserta didik dari lingkungan sekitar dapat memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan karakter dan perilaku mereka. Berikut adalah beberapa pengaruh positif dari pengetahuan moral di lingkungan bagi peserta didik:

1. Pembentukan Karakter:
- Pengetahuan moral membantu membentuk karakter peserta didik. Melalui nilai-nilai, etika, dan norma-norma yang diperoleh dari lingkungan, peserta didik dapat mengembangkan dasar karakter yang kuat.

2. Peningkatan Kepemimpinan:
- Pengetahuan moral dapat memainkan peran penting dalam pengembangan kepemimpinan. Peserta didik yang memahami nilai-nilai seperti keadilan, kejujuran, dan empati memiliki dasar yang baik untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan etis.

3. Kemampuan Mengambil Keputusan Etis:
- Peserta didik dengan pengetahuan moral yang baik cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghadapi situasi yang menuntut pengambilan keputusan etis. Mereka dapat mempertimbangkan dampak moral dari pilihan yang mereka buat.

4. Perilaku Sosial yang Positif:
- Pengetahuan moral dapat mempengaruhi perilaku sosial peserta didik. Mereka mungkin lebih cenderung berpartisipasi dalam kegiatan sosial, memberikan dukungan kepada sesama, dan membangun hubungan yang positif.

5. Peningkatan Empati dan Toleransi:
- Pemahaman terhadap nilai-nilai moral mendukung perkembangan empati dan toleransi. Peserta didik dapat menjadi lebih peka terhadap perasaan dan pengalaman orang lain serta menerima keberagaman dengan lebih terbuka.

Pentingnya pengetahuan moral di lingkungan bagi peserta didik tidak hanya berdampak pada perkembangan pribadi mereka tetapi juga memberikan kontribusi positif pada masyarakat secara keseluruhan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Siti Nurhaliza -
Nama : Siti Nurhaliza
NPM : 2253053028

Artikel ini membahas pentingnya pendidikan moral dan karakter siswa dengan meneliti pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan moral siswa berpengaruh pada perilaku mereka, khususnya yang dipengaruhi oleh pendidikan orang tua. Rekomendasi diberikan agar siswa memiliki orang tua berpendidikan dan bijak dalam mengelola pengetahuan moral. Sekolah juga diingatkan untuk memanfaatkan potensi, fasilitas, dan bimbingan guru secara intensif guna mengembangkan siswa menjadi individu yang dewasa, berkarakter, dan bermoral.
Perilaku moral adalah produk dari dua bagian karakter lainnya. Jika orang memiliki kualitas moral intelektual dan emosional seperti yang baik, mereka memiliki kemungkinan melakukan tindakan yang menurut pengetahuan dan perasaan mereka adalah tindakan yang benar
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Velinda Widyacahya 2213053130 -
Nama : Velinda Widyacahya
Npm : 2213053130

A. Identitas Jurnal
1. Nama Jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
2. Vol : 2
3. No : 1
4. Hal : 30-44
5.Tahun Terbit : 2017
6. Judul Jurnal : PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU
BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
7. Nama Penulis : Ilham Hudi

B. Analisis Jurnal
1. Judul
Judul jurnal tersebut sudah sesuai dengan isi jurnal.

2. Penulis
Penulisan nama sudah benar karena ditulis tanpa gelar.

3. Korespondensi
Dalam jurnal ini nama dari penulis dilengkapi dengan lembaga pendidikan yaitu STAI Nurul Falah Airmolek INHU

4. Abstrak
Pada jurnal ini, abstrak ditulis menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

5. Pendahuluan
Membahas mengenai konsep dasar moral, sesi formal haruslah dimuat dalam
kurikulum sekolah, di sini kurikulum berperan penting sebagai pemandu yang dapat mengarahkan pendidikan nilai-nilai moral dan karakter kepada siswa. Sementara pendidikan karakter
adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa pada diri
peserta didik, sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter
dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Terdapat 6 pengetahuan
moral berikut diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter.
1. Kesadaran Moral (Moral Awareness)
2. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values)
3. Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking)
4. Penalaran Moral (Moral Reasoning)
5. Membuat Keputusan (Decision Making)
6. Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge)

Selain itu, untuk memahami sepenuhnya apa yang menggerakkan seseorang sehingga
mampu melakukan tindakan bermoral atau justru menghalanginyakita perlu melihat lebih
jauh dalam tiga aspek karakter lainnya yakni: kompetensi, kemauan, dan kebiasaan.

6. Metode Penelitian
Menggunakan statis deskriptif dan statis inferensi.

7. Hasil dan Pembahasan
Pengaruh pengetahuan moral siswa kelasVIII SMP Negeri Kota Pekanbaru terhadap perilaku
moral siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru.

8. Penutup
Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku
moral siswa.

9. Daftar Rujukan
Menggunakan 18 sumber bacaan.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Iftah Farida Reza Nur 2213053184 -
Nama : Iftah Farida Reza Nur
Npm : 2213053184

Nama jurnal : Jurnal Moral Kemasyarakatan
Judul jurnal : Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru berdasarkan Pendidikan Orang Tua
Penulis : Ilham Hudi
Volume : 2
Nomor : 1
Tahun Terbit : Juni 2017

Jurnal tersebut membahas mengenai pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa SMP negeri kita baru berdasarkan pendidikan orang tua

Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku moral siswa.

Bagi siswa yang orang tuanya berpendidikan berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa serta perilaku moral siswa, meskipun perbedaan pendidikan orang tua akan tetapi bila tidak bijak menyikapi atas pengetahuan moral siswa, justru dapat mempengaruhi perilaku moral siswa, dengan begitu pihak sekolah perlu memfungsikan potensi, fasilitas dan pembimbingan guru kepada siswa lebih intens lagi agar siswa lebih dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi, yaitu menjadi siswa yang dewasa dan berkarakter, dan bermoral.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Issa Virnama 2213053043 -
Nama : Issa Virnama Della
Npm : 2213053043

"PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA"

Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai- nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) sehingga menimbulkan kekhawatiran terhadap pengikisan jatidiri yang terkait merosotnya penghayatan nilai-nilai keagamaan, nasionalisme, nilai sosial budaya bangsa dan perkembangan moralitas individu.

Budi pekerti, nilai, norma, dan moral dalam istilah lain dinamakan juga akhlak. Pendidikan nilai mencakup kawasan budi pekerti, nilai, norma, dan moral. Budi pekerti adalah buah dari budi nurani. Budi nurani bersumber pada moral. Moral bersumber pada kesadaran hidup yang berpusat pada alam pikiran.

Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu: pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota. Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIIIKota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by yayi aninggih paza 2253053038 -
Nama : Yayi Aninggih Paza
Npm : 2253053038

Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral
dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu;
pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru
berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota
Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota
Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu
rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui
program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap
perilaku Moral siswa SMP Kelas VIIIKota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota
Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan
pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa
berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku
moral siswa.
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Nanda Veri Apriansyah 2213053181 -
Nama: Nanda Veri Apriansyah
NPM: 2213053181

Analisis Jurnal
A. Identitas Jurnal
1. Nama Jurnal: JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
2. Volume: 2
3. Nomor: 1
4. Halaman: 30-44
5. Tahun Terbit: 2017
6. Judul Jurnal: PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL
PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
7. Nama Penulis: Ilham Hudi
8. Studi Kasus: SMP Negeri Kota Pekanbaru

B. Abstrak Jurnal
1. Jumlah Paragraf: 1
2. Uraian Abstrak: Abstrak disajikan dalam bahasa Inggris dan bajasa Indonesia
3. Keyword Jurnal: Moral Knowledge, Moral Behavior, Parental Education, Pengetahuan Moral, Perilaku Moral, Pendidikan Orang Tua.

C. Isi Jurnal
1. Masalah Penelitian: Pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral pada siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.
2. Tujuan Penelitian: Mengetahui aspek moralitas yaitu; pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua.
3. Hasil Penelitian: Terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

D. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihannya yaitu tujuan penelitian dipaparkan dengan jelas
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Yuda Kristian Lumban Raja -
Nama: Yuda Kristian Lumban Raja
NPM: 2213053260

Jurnal 2

Identitas jurnal
Nama Jurnal: JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Judul Tulisan: PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis: Ilham Hudi
Tahun Terbit: 2017
No. Vo. : VOL.2, NO.1

Abstrak: Aspek moralitas dilihat dari perspektif siswa adalah difokuskan kepada pengetahuan moral dan perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek moralitas yaitu; pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku moral Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orang tua. Populasi penelitian terdiri dari 40 SMP Negeri Kota Pekanbaru sebanyak 1600 siswa, sedangkan sampel penelitian meliputi 9 SMP Kota Pekanbaru sebanyak 360 siswa. Kaedah analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata dan simpangan baku serta analisis inferensi yang digunakan regresi melalui program SPSS18. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh pengetahuan moral terhadap perilaku Moral siswa SMP Kelas VIII Kota Pekanbaru berdasarkan pendidikan orangtua.

Pendahuluan: Pada era globalisasi dewasa ini di mana perkembangan informasi tersebar luas yang dapat diakses dengan sangat mudah, hal ini menyebabkan berbagai nilai-nilai atau anasir dari luar yang negatif tidak lagi dapat disaring sehingga dengan mudah mempengaruhi pemikiran dan karakter generasi (generasi masa kini) Istilah Moral berasal dari bahasa Latin, yakni mores kata jamak dari mos yang sepadan dengan kata adat kebiasaan. Bilamana perkataan moral dibicarakan, selalu ada perkataan atau istilah lain seperti; nilai, norma, etika, kesusilaan, budi pekerti, akhlak, dan adat istiadat, istilah-istilah tersebut juga hampir memiliki makna konsep yang sama.

Metode: Proses mengolah data atau menganalisis data menggunakan dua jenis statistik yaitu;
(1) statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsi situasi dan keadaan dalam bentuk prosentase dengan menyajikan data dalam bentuk teknik pengukuran yang sederhana dan
(2) Statistik inferensi, yaitu dengan rumus untuk mengolah data
angket yang telah ditabulasikan (descriptive and inferential). Untuk melakukan analisis tersebut, input data penelitian dijalankan dengan menggunakan aplikasi
programThe Statistical Package for the Social Sciences (SPSS 18).

Hasil dan pembahasan: Pengetahuan Moral (Moral Knowing) Ada beragam pengetahuan moral yang dapat kita manfaatkan ketika
kitaberhadapan dengan tantangan-tantangan moral dalam hidup. Enam pengetahuan moral berikut diharapkan dapat menjadi tujuan pendidikan karakter.
1. Kesadaran Moral (Moral Awareness)
Kegagalan moral yang sering terjadi pada diri manusia dalam semua tingkatan usia adalah kebutaan moral; kondisi di mana orang tak mampu melihat
bahwa situasi yang sedang ia hadapi melibatkan masalah moral dan membutuhkan pertimbangan lebih jauh.
2.. Mengetahui Nilai-Nilai Moral (Moral Values)
Nilai moral seperti menghormati kehidupan dan kemerdekaan, bertanggung jawab terhadap orang Iain, kejujuran, keadilan, toleransi, sopan santun, disiplin diri,
integritas, belas kasih, kedermawanan, dan keberanian adalah faktor penentu dalam membentuk pribadi yang baik.
3. Pengambilan Perspektif(Perspektive Taking)
Pengambilan perspektif adalah kemampuan untuk mengambil sudut pandang orang lain, melihat situasi dari sudut pandang orang lain, membayangkan
bagaimana mereka akan berpikir, bereaksi, dan merasa. Ini adalah prasyarat bagi pertimbangan moral: Kita tidak dapat menghormati orang dengan baik dan bertindak dengan adil terhadap mereka jika kita tidak memahami mereka.
4. Penalaran Moral (Moral Reasoning)
Seiring dengan perkembangan penalaran moral anak-anak, dan riset menunjukkan pada kita bahwa perkembangan terjadi secara bertahap, mereka akan
mempelajari mana yang termasuk sebagai nalar moral dan mana yang tidak ketika mereka akan melakukan sesuatu.
5. Membuat Keputusan (Decision Making)
Mampu memikirkan langkah yang mungkin akan diambil sescorang yang sedang menghadapi persoalan moral disebut sebagai kcterampilan
pengambilankeputusan reflektif. Pendekatan pengambilan keputusan dengan cara mengajukan pertanyaan "apa saja pilihanku", "apa saja konsekuensinya" telah
diajarkan bahkan sejak usia pra TK.
6. Memahami Diri Sendiri (Self Knowledge)
Memahami diri sendiri merupakan pengetahuan moral yang paling sulit untuk dikuasai, tetapi penting bagi pengembangan karakter. Untuk menjadi orang yang
bermoral diperlukan kemampuan mengulas perilaku diri sendiri dan mengevaluasinya secara kritis. Membangun pemahaman diri berarti sadar terhadap
kekuatan dan kelemahan karakter kita dan mengetahui cara untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Kesimpulan: Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan
pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku
moral siswa. .
In reply to First post

Re: Forum Analisis Jurnal 2

by Are Benata Tarigan 2213053124 -
Nama : Are Benata Tarigan
NPM : 2213053124

Analisis Jurnal 2
Nama jurnal : JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN
Volume jurnal : 2
Nomor jurnal : 1
Tahun terbit : Juni 2017
Judul jurnal: PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA
Nama Penulis: Ilham Hudi
Hasil dan Pembahasan: Pendidikan karakter pada dasarnyamempunyai esensi yang tidak berbeda dengan pendidikan moral, budi pekerti dan pendidikan akhlak, yang bertujuan membentuk pribadi siswa, supaya menjadi pribadi yang baik, jika di masyarakat menjadi warga yang baik, dan jika dalam kehidupan bernegara menjadi warga negara yang baik. Menurut Najib Sulhan (2009:12) Pendidikan karakter dan moral dalam perspektif Islam yaitu Karakter Rasulullah juga menanamkan nilai-nilai, yaitu (1)Sidiq, (2) Amanah, (3) Tabligh, dan (4) Fathanah.
Kesimpulan: Pengetahuan moral (moral knowing) siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Pekanbaru mempengaruhi Perilaku moral(moral action) siswa berdasarkan
pendidikan orangtua. Hal-hal yang mendukung bahwa pendidikan orang tua siswa berdampak baik terhadap pengetahuan moral siswa dan mempengaruhi perilaku
moral siswa. .