Posts made by Eka Vrakas Shetia

LEADERSHIP R25B 2026 -> Responsi sesi 2 -> responsi 2 -> Re: responsi 2

by Eka Vrakas Shetia -
1. cara memahami proses pengembangan kepemimpinan melalui pengalaman dengan cara mengevaluasi permasalahan yang pernah dilalui entah berhasil maupun kegagalan, apa yang menyebabkan keberhasilan pada masalalu untuk diterapkan lagi pada problem atau masalah di masa depan atau mencari penyebab permasalahan yang menyebabkan kegagalan dalam mengatasi suatu masalah dalam organisasi
2. Metode AOR atau Action Observation Reflection, Action (Tindakan) adalah sikap pemimpin mengambil langkah atau keputusan konkret dalam suatu situasi, Observation adalah sikap pemimpin mengamati dampak dari keputusan yang di ambil, dan Reflection adalah sikap pemimpin menganalisis mengapa hasil tersebut dapat terjadi atau dicapai
3. Persepsi adalah sikap pemimpin menentukan bagaimana seorang pemimpin memandang informasi dan situasi, Bias adalah keterbatasan atau pemikiran subjektif yang dapat mengganggu pengambilan keputusan, membuat pemimpin tidak adil, atau salah menilai potensi anggota tim, dan Mindset adalah Pola pikir pemimpin membentuk perilakunya. Pemimpin dengan growth mindset cenderung memandang masalah sebagai tantangan belajar, sedangkan yang ber- fixed mindset memandang masalah sebagai ancaman atau kegagalan.
4. pemimpin rutin mengevaluasi keputusan dan tindakan misalnya melalui jurnal kepemimpinan atau sesi evaluasi mingguan, kemudian menerapkan strategi yang telah di evaluasi pada situasi serupa berikutnya
5. cara mengembangkan growth mindset bisa dipelajari dan dilatih, memandang kegagalan sebagai umpan balik dan berani keluar dari zona nyaman. lalu cara menerima feedback hindari bersikap defensif dan bias terhadap diri sendiri lalu introspeksi diri sendiri

LEADERSHIP R25B 2026 -> RESPONSI SESI 1 -> Responsi 1 -> Re: Responsi 1

by Eka Vrakas Shetia -
1. menurut saya kepemimpinan ada bagaimana cara pemimpin bersikap mempengaruhi orang disekitarnya agar terpengaruh dan ikut untuk mengikuti apa yang ingin di lakukan
2. menurut saya sehebat apapun seorang pemimpin, teori kepemimpinan hanyalah sebuat teori bukanlah fakta dan data yang telah diuji dan menjadi valid
3. menurut saya kepemimpinan bisa dipelajari secara ilmiah, namun seseorang yang bener bener mempunyai kepemimpinan bukan hanya dari teori, namun dari pengalaman atau experience dalam organisasi atau perusahaan dalam mengatasi suatu masalah
4. menurut saya metode study by doing adalah metode yang menurut saya sangat dapat meningkatkan kepemimpinan, mengapa? karena dengan adanya pengalaman masa lampau kita dapat mempelajari dan memahami kesalahan dan penyebab kesalahan di masa lalu, dan evaluasi apa yang menyebabkan dan menghindari apa yang dapat menyebabkan kegagalan dalam memimpin

Bapak joni mengajar dengan jelas dengan menyertakan contoh" atau kejadian-kejadian entah itu di masa lampau, walau di luarnya sangat tegas yang itu sangat baik untuk perkembangan para mahasiswa nya, tapi sesungguhnya dalam hati bapak joni itu sungguh baik hati, saran bapak dengan adanya interaksi tanya jawab mungkin dapat membuat mahasiswa aktif dan fokus pada apa yang dibahas, terimakasih bapak atas satu semester yang sangat menyenangkan nan deg-deg an, we love pak joni