Posts made by Husna Humaira

PEMBELAJARAN PGSD PKN SD 4G -> forum diskusi

by Husna Humaira -
Nama : Husna Humaira
Npm : 2353053031
Saya akan menggunakan media digitan dan interaktif ( game edukasi , pembelajaran dan quiz )
Alasan nya :
1. membantu siswa belajar secara aktif
2.meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran interaktif
3.mengenbangkan kemampuan problem - solving dan berpikir logis melalui simulasi game atau tantangan
Media pembelajaran yang digunakan dalam SD kelas tinggi harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran. Kombinasi media visual, audiovisual, digital, konkret, dan cetak dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran serta membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Pemanfaatan media yang tepat tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga mendorong siswa untuk aktif, kreatif, dan berpikir kritis dalam proses belajar.

PEMBELAJARAN PGSD PKN SD 4G -> Aktivitas 1

by Husna Humaira -
Nama : Husna Humaira
Npm : 2353053031

Dalam konteks pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) di sekolah dasar sesuai dengan Kurikulum 2013, metode pembelajaran yang tepat harus berbasis pada prinsip-prinsip pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik, yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang diterapkan harus mampu mendorong siswa untuk aktif, kreatif, dan partisipatif dalam proses belajar.

Metode Pembelajaran yang Tepat untuk PKn SD
1. Metode diskusi
- Siswa diajak berdiskusi tentang isu-isu kewarganegaraan, seperti hak dan kewajiban, demokrasi, atau keberagaman.
- Membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi.
2. Metode role play
- Siswa mempraktikkan situasi yang relevan dengan tema PKn, seperti simulasi pemilu atau rapat kelas.
- Metode ini mendorong siswa untuk memahami peran dalam masyarakat melalui pengalaman langsung.

3. Metode problem based learning
- Siswa diberi masalah nyata yang harus dipecahkan bersama, seperti bagaimana menjaga keharmonisan di lingkungan sekolah.
- Membantu siswa mengembangkan keterampilan problem-solving serta kerja sama tim.
4. Metode project based learning
- Siswa mengerjakan proyek yang terkait dengan materi PKn, seperti membuat poster tentang hak asasi manusia atau praktik gotong-royong.
- Memberikan kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan penguasaan materi secara mendalam.
5. Metode tanya jawab
- Guru memfasilitasi pertanyaan dan jawaban tentang materi PKn untuk mendorong siswa aktif dalam proses belajar.
- Membantu siswa melatih kemampuan berpikir reflektif dan memahami materi secara bertahap.

Namun, penerapannya juga membutuhkan kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang menarik serta evaluasi yang mendalam untuk memastikan siswa memahami materi dengan baik.

PEMBELAJARAN PGSD PKN SD 4G -> forum diskusi

by Husna Humaira -
Nama : Husna Humaira
Npm : 2353053031

Menurut pendapat saya , Model pembelajaran tematik digunakan di sekolah dasar karena pendekatan ini dianggap lebih efektif dalam mengembangkan pemahaman siswa secara holistik. Pada usia dini, anak-anak cenderung belajar dengan menghubungkan berbagai konsep secara alami daripada memisahkannya ke dalam mata pelajaran yang terpisah. Dengan menggunakan model tematik, materi dapat dikemas dalam suatu tema yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga lebih mudah dipahami dan diaplikasikan.
Adapun keunggulan nya :
1. Meningkatkan minat dan motivasi belajar ,
2. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis
3.menumbuhkan keterampilan sosial

Kekurangan dari model pembelajaran tematik :
1. Sulit dalam melakukan evaluasi
2. Kurang nya kedalaman dalam materi
3. Tergantung pada kretativitas guru