Posts made by Nurul Aini

PEMBELAJARAN PGSD PKN SD 4G -> forum tugas

by Nurul Aini -
Nama: Nurul Aini
NPM: 2313053208
Kelas: 4G

Menurut saya, media pembelajaran yang sesuai untuk siswa kelas tinggi meliputi:

1. Media Lingkungan Sekitar, seperti museum atau situs bersejarah.
Media ini ideal digunakan dalam penerapan model tur belajar. Dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah, peserta didik dapat belajar secara langsung dan mengamati objek pembelajaran nyata. Pendidik dapat menerapkan metode observasi atau wawancara. Setelah itu, peserta didik membuat laporan hasil observasi dan mempresentasikannya di kelas.


2. Media Audio Visual
Media ini dapat dimanfaatkan dalam model Problem Based Learning (PBL). Contohnya adalah video dari YouTube yang berisi kasus tertentu. Setelah menonton, peserta didik diminta untuk menganalisis isi tayangan tersebut.


3. Media Visual
Pada kelas tinggi, media visual seperti pembuatan poster atau komik digital menggunakan platform seperti Canva sangat efektif. Media ini cocok digunakan dalam model Project Based Learning (PjBL). Melalui media ini, peserta didik dapat mengemas informasi dari berbagai sumber menjadi poster atau komik digital yang menarik.


4. Media Permainan (Game)
Walaupun berada di kelas tinggi, peserta didik tetap memerlukan media belajar yang menyenangkan dan interaktif. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media permainan, baik berbasis digital seperti Wordwall dan Quizizz, maupun permainan non-digital seperti sambung pendapat. Tentunya, isi permainan harus disesuaikan dengan tingkat berpikir kritis yang diperlukan oleh siswa kelas tinggi.

PEMBELAJARAN PGSD PKN SD 4G -> forum diskusi

by Nurul Aini -
Nama : Nurul Aini
NPM : 2313053208
Kelas : 4G

Sekolah saat ini menerapkan model pembelajaran tematik sebagai salah satu langkah pemerintah dalam menghadapi tantangan pendidikan, terutama terkait padatnya materi dan kurikulum. Hal ini bertujuan untuk membantu peserta didik di tingkat rendah yang masih kesulitan memahami banyaknya materi yang diajarkan. Pada usia tersebut, anak-anak lebih mudah memahami konsep secara sederhana, sehingga model pembelajaran tematik diterapkan. Model ini mengintegrasikan berbagai mata pelajaran ke dalam satu tema yang saling berkaitan dan mencakup seluruh konsep pembelajaran.
Dalam penerapannya, model tematik memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa keunggulannya adalah:
1. Materi dapat disampaikan secara menyeluruh dan sudah mencakup aspek 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration).
2. Menghemat waktu dalam proses pembelajaran.
3. Mengurangi tumpang tindih antar mata pelajaran.
4. Membuat pembelajaran lebih bermakna bagi peserta didik.
Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam model ini, yaitu:
1. Guru perlu lebih banyak persiapan dalam menyusun materi pembelajaran.
2. Guru harus memiliki wawasan yang luas agar dapat merancang tema yang relevan dengan berbagai mata pelajaran yang diajarkan.