Nama : Paulina Irlingga
NPM : 2213054044
Cara menyampaikan pesan kepada orang lain melalui kata-kata yang diucapkan (secara lisan).
1. Kejelasan, clarity, bicara dengan jelas. Jangan terlalu rumit. Gunakan bahasa yang sederhana. Sebelum berbicara, pikirkanlah pesan yang ingin disampaikan dan pastikan bahwa mereka telah memahami pesan yang diungkapkan.
2. Kringkasan, brevity, sampaikan secara ringkas. Jangan basa-basi itu menyebalkan. Jangan gunakan seratus kata di mana sepuluh sudah cukup. To the point secepat mungkin dan kemudian memperkuatnya.
3. Empati, Emphaty, pertimbangkan audiens. Siapa yang mendengarkanmu, Apakah mereka akan mengerti Anda? Apakah mereka punya waktu untuk mendengarkan Anda?
Mungkin Anda perlu angkat bicara, berbicara lebih pelan, atau menjelaskan hal-hal tertentu kata atau frase.
4. Menghormati, respect, bersikaplah hormat saat berbicara dengan orang lain. Sikap yang baik selalu dihargai. Jangan menggunakan bahasa yang menyinggung. Jangan membuat stereotip orang, dan berhati-hatilah untuk tidak menggunakan kata-kata rasis yang menyakiti perasaan orang lain.
5. Keyakinan/otoritas, Confidence/authority, untuk benar-benar menyampaikan pesan.
6. Nada, tone, bagaimana mengatakan sesuatu hampir sama pentingnya dengan apa yang dikatakan.Jika terdengar marah, jengkel, bosan, atau sedih, itu akan mengganggu pesan yang disampaikan.
Mendengar aktif melibatkan:
Memperhatikan apa yang dikatakan seseorang (dan terkadang, apa yang tidak mereka katakan secara eksplisit, misalnya melalui bahasa tubuh, nada suara, dan sebagainya).
Memberi tahu pembicara bahwa sedang mendengarkan dengan penuh perhatian: mengangguk, memiringkan kepala, bertanya pertanyaan yang tepat, mencerminkan kembali pemahaman tentang apa yang telah dikatakan.
NPM : 2213054044
Cara menyampaikan pesan kepada orang lain melalui kata-kata yang diucapkan (secara lisan).
1. Kejelasan, clarity, bicara dengan jelas. Jangan terlalu rumit. Gunakan bahasa yang sederhana. Sebelum berbicara, pikirkanlah pesan yang ingin disampaikan dan pastikan bahwa mereka telah memahami pesan yang diungkapkan.
2. Kringkasan, brevity, sampaikan secara ringkas. Jangan basa-basi itu menyebalkan. Jangan gunakan seratus kata di mana sepuluh sudah cukup. To the point secepat mungkin dan kemudian memperkuatnya.
3. Empati, Emphaty, pertimbangkan audiens. Siapa yang mendengarkanmu, Apakah mereka akan mengerti Anda? Apakah mereka punya waktu untuk mendengarkan Anda?
Mungkin Anda perlu angkat bicara, berbicara lebih pelan, atau menjelaskan hal-hal tertentu kata atau frase.
4. Menghormati, respect, bersikaplah hormat saat berbicara dengan orang lain. Sikap yang baik selalu dihargai. Jangan menggunakan bahasa yang menyinggung. Jangan membuat stereotip orang, dan berhati-hatilah untuk tidak menggunakan kata-kata rasis yang menyakiti perasaan orang lain.
5. Keyakinan/otoritas, Confidence/authority, untuk benar-benar menyampaikan pesan.
6. Nada, tone, bagaimana mengatakan sesuatu hampir sama pentingnya dengan apa yang dikatakan.Jika terdengar marah, jengkel, bosan, atau sedih, itu akan mengganggu pesan yang disampaikan.
Mendengar aktif melibatkan:
Memperhatikan apa yang dikatakan seseorang (dan terkadang, apa yang tidak mereka katakan secara eksplisit, misalnya melalui bahasa tubuh, nada suara, dan sebagainya).
Memberi tahu pembicara bahwa sedang mendengarkan dengan penuh perhatian: mengangguk, memiringkan kepala, bertanya pertanyaan yang tepat, mencerminkan kembali pemahaman tentang apa yang telah dikatakan.