Posts made by Paulina Irlingga

KP AUD kls B 2023 -> FORUM DISKUSI -> Topik Diskusi -> Re: Topik Diskusi

by Paulina Irlingga -
Nama : Paulina Irlingga
NPM : 2213054044

Cara menyampaikan pesan kepada orang lain melalui kata-kata yang diucapkan (secara lisan).
1. Kejelasan, clarity, bicara dengan jelas. Jangan terlalu rumit. Gunakan bahasa yang sederhana. Sebelum berbicara, pikirkanlah pesan yang ingin disampaikan dan pastikan bahwa mereka telah memahami pesan yang diungkapkan.
2. Kringkasan, brevity, sampaikan secara ringkas. Jangan basa-basi itu menyebalkan. Jangan gunakan seratus kata di mana sepuluh sudah cukup. To the point secepat mungkin dan kemudian memperkuatnya.
3. Empati, Emphaty, pertimbangkan audiens. Siapa yang mendengarkanmu, Apakah mereka akan mengerti Anda? Apakah mereka punya waktu untuk mendengarkan Anda?
Mungkin Anda perlu angkat bicara, berbicara lebih pelan, atau menjelaskan hal-hal tertentu kata atau frase.
4. Menghormati, respect, bersikaplah hormat saat berbicara dengan orang lain. Sikap yang baik selalu dihargai. Jangan menggunakan bahasa yang menyinggung. Jangan membuat stereotip orang, dan berhati-hatilah untuk tidak menggunakan kata-kata rasis yang menyakiti perasaan orang lain.
5. Keyakinan/otoritas, Confidence/authority, untuk benar-benar menyampaikan pesan.
6. Nada, tone, bagaimana mengatakan sesuatu hampir sama pentingnya dengan apa yang dikatakan.Jika terdengar marah, jengkel, bosan, atau sedih, itu akan mengganggu pesan yang disampaikan.

Mendengar aktif melibatkan:

Memperhatikan apa yang dikatakan seseorang (dan terkadang, apa yang tidak mereka katakan secara eksplisit, misalnya melalui bahasa tubuh, nada suara, dan sebagainya).
Memberi tahu pembicara bahwa sedang mendengarkan dengan penuh perhatian: mengangguk, memiringkan kepala, bertanya pertanyaan yang tepat, mencerminkan kembali pemahaman tentang apa yang telah dikatakan.

KP AUD kls B 2023 -> FORUM DISKUSI -> Topik Diskusi -> Re: Topik Diskusi

by Paulina Irlingga -
Nama : Paulina Irlingga
NPM : 2213054044

Cara menyampaikan informasi dengan benar dan efektif:
1. Siapkan pesan sebelumnya
Sebelum berbicara atau menulis pesan, pastikan bahwa sudah mempersiapkan pesan dengan baik. Pikirkan dengan jelas apa yang ingin disampaikan dan susun pesan agar mudah dipahami oleh orang yang menerima informasi.
2. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami
Pilih kata-kata yang tepat dan mudah dipahami oleh audiens. Hindari penggunaan kata-kata yang rumit atau istilah teknis yang mungkin sulit dipahami oleh orang awam.
3. Beri penjelasan yang memadai, berikan penjelasan yang cukup dan jelas tentang topik yang akan dibahas, dan berikan contoh atau ilustrasi jika diperlukan.
4. Fokus pada informasi penting, jangan terlalu banyak menyertakan informasi yang tidak relevan dengan topik yang dibahas.
5. Gunakan format yang mudah dipahami, jika menyampaikan informasi secara tertulis, pastikan bahwa formatnya mudah dipahami. Gunakan paragraf yang singkat dan jelas.
6. Berikan kesempatan untuk bertanya setelah menyampaikan informasi, berikan kesempatan bagi audiens untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas atau mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang topik yang dibahas.

KP AUD kls B 2023 -> FORUM DISKUSI -> Topik Diskusi -> Re: Topik Diskusi

by Paulina Irlingga -
Nama : Paulina Irlingga
NPM : 2213054044

Model-model proses komunikasi
Model SR atau model stimulus-respon adalah model komunikasi yang dipengaruhi aliran psikologi behavioristik yang menggambarkan perilaku manusia berdasar pada reward (ganjaran setimpal) dan punishment yang menunjukkan proses aksi-reaksi (positif-positif, negatif-negatif), bersifat timbal balik dan memiliki banyak efek dan setiap efek dapat mengubah tindakan komunikasi (communication act) berikutnya.

Model Aristoteles
Menekankan komunikator sebagai sentral. Agar komunikasi berjalan efektif, komunikator harus memiliki apa yang disebutnya sebagai ethos (kredibilitas/ keterpercayaan), logos (logika pendapat), pathos (emosi khalayak). Kritik yang dihasilkan dari model Aristoteles adalah bahwa komunikasi dianggap statis dan mengabaikan pesan nonverbal.

Model Lasswell
Lasswell menggambarkan proses komunikasi dan fungsinya dalam masyarakat. Model ini mampu menggambarkan unsur-unsur komunikasi yang harus ada dalam proses komunikasi massa yang dapat dirincikan sebagai berikut.
Who (komunikator).
Says what (pesan).
In which channel (saluran/media).
To whom (komunikan).
With what effect (efek media).

Model Shanon dan Weaver
Model ini dapat diterapkan pada komunikasi antarpribadi, komunikasi publik, dan komunikasi massa. Kritik untuk model ini adalah komunikasi dianggap statis dan tidak ada umpan balik.

Model S-O-R
Adalah kepanjangan dari Stimulus-Organism-Response yang sebenaranya berasal dari studi psikologi. Hal itu tidak mengherankan, dikarenakan psikologi dan komunikasi mempunyai objek material yang sama, yaitu manusia, yang jiwanya meliputi komponen-komponen: sikap, opini, perilaku, kognisi, afeksi dan konasi.

Model SMCR (Berlo)
Model ini dapat menjelaskan bahwa sumber pesan harus mempunyai skil komunikasi, sikap, pengetahuan, sistem sosial dan lingkungan budaya komunikator dan komunikannya. Receiver bagi Berlo identik dengan penerima pesan atau orang, baik itu orang, audiens, pembaca maupun pendengar. Kritik untuk model ini adalah tidak mencantumkan umpan balik dan menganggap komunikasi sebagai proses statis. Namun demikian, model ini tidak terbatas untuk diterapkan pada komunikasi publik dan komunikasi massa, namun juga dapat diterapkan ke dalam komunikasi antarpribadi dan komunikasi tertulis lain.

KP AUD kls B 2023 -> FORUM DISKUSI -> Topik Diskusi -> Re: Topik Diskusi

by Paulina Irlingga -
Nama : Paulina Irlinggga
NPM : 2213054044

1. Komunikasi adalah suatu interaksi yang terjalin antara 2 orang atau lebih untuk mengungkapkan sesuatu. Dalam komunikasi ada hubungan timbal balik dari seseorang kepada seseorang dalam tujuan mempengaruhi lawan biacaranya. Komunikasi dapat diartikan sebagai proses pemindahan pesan dari komunikator kepada penerima/ komunikan secara langsung atau melalui saluran dalam rangka mengubah atau memengaruhi perilakunya. Komunikasi merupakan suatu kegiatan untuk membuat sesuatu kemudian ditujukkan kepada orang lain.

2. Fungsi Komunikasi
- Sumber informasi, melalui komukasi seseorang akan mendapatkan sebuah informasi. Baik informasi yang dilakukan antara dua individu saja atau lebih. Informai akan kita dapatkan apabila kita menerima informasi dari orang lain, begitu pun sebaliknya.
- Komunikasi sebagai norma, norma tersebut biasanya berbeda antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya. Hanya melalui komunikasi atauran atau norma tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat.
- Motivasi, melalui berbagai macam obrolan atau perbincangan dengan orang lain, seseorang akan dapat termotivasi, apabila obrolan tersebut mengarah pada pemberian motivasi kepada orang tersebut.

Unsur Komunikasi
-Sumber, sebuah komunikasi dapat berlangsung apabila ada sumber yang membuat atau mengirim informasi. Dalam komunikasi sumber ini bisa berupa satu individu saja atau bisa kelompok.
-Penerima, adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirimkan oleh sumber tersebut. Penerima pesan ini berupa satu individu saja atau kelompok.
- Pesan, dalam sebuah komunikasi merupakan sesuatu yang disampaikan oleh pemberi pesan kepada penerima pesan.
- Media adalah alat atau sarana yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan.
- Pengaruh, adalah dampak yang diberikan oleh sumber kepada penerima pesan, apakah akan terpengaruh atau tidak.

KP AUD kls B 2023 -> FORUM DISKUSI -> TOPIK DISKUSI -> Re: TOPIK DISKUSI

by Paulina Irlingga -
Nama : Paulina Irlingga
NPM : 2213054044

1. Komunikasi non verbal merupakan Komunikasi yang dikemas dalam bentuk tanpa kata-kata. Komunikasi dapat membantu memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus menerima reaksi komunikan yang diberikan. . Pesan pesan nonverbal sangat berpengaruh terhadap komunikasi. Pesan atau simbol-simbol nonverbal sangat sulit untuk ditafsirkan dari pada simbol verbal. Komunikasi non verbal dapat dilakukan dengan kontak mata maupun ekspresi.
Kontak mata langsung artinya adanya kesiapan untuk memulai wawancara atau hubungan interpersonal dan adanya perhatian yang sungguh-sungguh.
Ekspresi yang digunakan untuk Komunikasi misalnya saja senyuman. Senyuman akan menimbulkan keyakinan pada diri sendiri dan rasa akrab bagi pendengar. Selalu tersenyum sambil menceritakan humor yang terkait dengan bahan pembicaraan akan membuat pendengar benar-benar menikmati humor.

2. Komunikasi non verbal dalam pembelajaran memudahkan para pendengar khususnya peserta didik untuk dapat memahami dan melakukan sesuai arahan yang di berikan komunikator.

Dengan gerakan postur atau gesture tubuh memudahkan untuk kita dalam melakukan pembelajaran secara efektif. Yang dimana anak-anak akan lebih mudah mengikuti dan mememahami tentang apa yang kita ucpakan melalui gesture tubuh kita.

Ekpresi wajah juga mempengaruhi dalam proses penyampaian pesan kepada anak-anak. Maka dari itu hendaknya para pendidik mengkomunikasikan arahan dengan ekpresi wajah yang tidak membuat anak justru takut. Dengan adanya komunikasi non verbal ini yang memliki banyak fungsi seperti anak akan lebih nyaman ketika berada didalam kelas. Memudahkan juga untuk mengontrol keadaan kelas. Dengan ekpresi wajah, anak juga dapat belajar untuk mengenali karakter yang diajarkan oleh guru tersebut.

Berfungsi juga untuk melengkapi dengan menggunakan komunikasi non-verbal untuk memperkuat warna atau sikap umum yang dikomunikasikan oleh pesan verbal. Jadi, anda mungkin tersenyum ketika menceritakan kisah lucu, atau menggeleng-gelengkan kepala ketika menceritakan ketidakjujuran seseorang.