Posts made by Dea Ananta

Dea Ananta
2217051054
A

IBID, Loc.cit dan Op.cit adalah singkatan dan frasa pendek yang digunakan dalam catatan kaki atau bibliografi untuk merujuk ke sumber yang sama tanpa mengulang informasi yang sama. Berikut adalah contoh penerapannya:


Contoh penerapan IBID:
Adam, Yohanes. sejarah ilmu ekonomi. London:
Penerbitan ABC, 2010, hal. 25. Ibid., hal. 30.
Perkataan:
Di catatan kaki lain: "Ibid." mengacu pada sumber yang sama dengan catatan kaki sebelumnya, dalam hal ini buku John Adam.

Contoh implementasi Loc.cit:
Smith, Jane. studi jenis kelamin:
Pengantar yang komprehensif. New York:
Penerbit XYZ, 2015, hal. 45.
Coklat, Daud. Peran wanita dalam masyarakat. London:
Rumah Penerbit PQR, 2018, hlm. 60
Smith, tempat cit.
Perkataan:
Di catatan kaki ketiga "loc.cit." mengacu pada sumber yang sama dengan catatan kaki sebelumnya, dalam hal ini buku karya Jane Smith.

Contoh implementasi Op.cit:
Johnson, Michael. Arsitektur modern:
Perspektif sejarah. Boston:
DEF Press, 2012, hlm. 70.
Smith, Jennifer. Pembangunan gedung pencakar langit. Chicago:
Penerbit GHI, 2014, hlm. 55
Johnson, op. O., hal. 80.
Perkataan:
Di catatan kaki ketiga "op.cit." mengacu pada sumber yang sama dengan catatan kaki sebelumnya, dalam hal ini buku Michael Johnson.
Gadget menjadi ancaman bagi generasi muda terutama anak-anak.Ketergantungan dan kecanduan terhadap gadget dapat mengganggu pola tidur dan interaksi sosial anak-anak, serta mengurangi konsentrasi mereka. Selain itu, akses mudah ke konten yang tidak sesuai dapat merusak perkembangan mental dan emosional anak-anak. Penggunaan gadget yang berlebihan juga menyebabkan penurunan aktivitas fisik, berdampak negatif pada kesehatan dan kelebihan berat badan. Masalah belajar juga muncul, karena gadget mengganggu fokus dan perhatian anak-anak pada tugas-tugas sekolah.


Perkuliahan selama pandemi covid membuat mahasiswa memiliki banyak hikmah. Meskipun tantangan yang dihadapi, adaptasi ke lingkungan pembelajaran online telah menghasilkan manfaat yang signifikan. Perkuliahan daring memberikan fleksibilitas waktu dan tempat, memungkinkan mahasiswa mengatur jadwal belajar sesuai kebutuhan mereka. Akses yang lebih luas terhadap sumber daya pembelajaran online juga memperluas wawasan mereka dan memberi mereka kesempatan untuk belajar dari berbagai perspektif.Selain itu, perkuliahan daring memperkuat keterampilan digital dan kemandirian belajar mahasiswa. Mereka mengembangkan keterampilan teknologi yang berharga dan meningkatkan kemampuan manajemen diri.