Weekly outline
General
PERTEMUAN KE-1 (PENDAHULUAN)
Pendahuluan
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh
Para mahasiswa yang saya sayangi, mata kuliah pendidikan bahasa Indonesia merupakan upaya sadar dan terencana dalam mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan mahasiswa dalam menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar, materi, dan nilai-nilai yang diajarkan dari sumber utamanya secara tekstual dan kontekstual, melalui kegiatan pengajaran, latihan, dan pengalaman yang disampaikan secara dialogis, komprehensif, dan multiperspektif. Mata kuliah pendidikan bahasa Indonesia diharapkan dapat menjadi dasar pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta dapat mengantarkan mahasiswa dalam mengembangkan keilmuan dan profesinya, serta memiliki kepribadian berkarakter akhlak mulia. Bahan kajian mata kuliah ini meliputi sejarah, fungsi, kedudukan, dan ragam bahasa Indonesia, seperangkat kaidah tata tulis bahasa Indonesia laras ilmiah meliputi kaidah EYD, penyusunan kalimat efektif, komposisi paragraf yang padu, serta penyusunan karya ilmiah.
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi pada pertemuan ini silakan mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan dengan memilih/mengklik "true" yang berarti hadir. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Berikut ini kontrak perkuliahan mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia, silakan beca dan pahami apa saja yang tertulis di dalamnya. Salam hangat untuk kalian semoga kita selalu diberikan kelancaran, kemudahan, dan kesehatan dari Allah SWT. Aamiin.
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berikut ini adalah rencana pembelajaran dari keseluruhan aktivitas mulai dari pertemuan 1 s.d. 16. Semoga apa yang akan kita lakukan selalu diberi kemudahan dan kelancaran dari Allah SWT. Semangat selalu demi masa depan yang cerah.
Ayah, Anak, dan Burung Gereja
Yuk semangat, semoga Allah selalu melancarkan niat baik kita untuk mencari ilmu dan mendapat berkah dari Allah SWT. Silakan kalian membuat kelompok menjadi delapan kelompok diskusi. Tiap kelompok membuat makalah dan PPT sesuai materi yang diberikan. Tiap orang wajib mempresentasikan hasil diskusi kelompok sesuai dengan kesepakatan. Penilaian presentasi ada dua kriteria yaitu nilai individu dan nilai kelompok.
Mata kuliah bahasa Indonesia merupakan mata kuliah yang sangat komprehensif yang melibatkan empat keterampilan berbahasa, yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Oleh karena itu, penting bagi saya untuk membuat kelompok presentasi untuk melakukan penilaian terhadap aspek berbicara yang di dalamnya memuat banyak pendidikan karakter yang akan muncul dari tiap mahasiswa (sikap, cara, dan tanggung jawab). Penilaian presentasi yang akan saya lakukan ada empat kriteria KK (Kerja Kelompok), KB (Keterampilan Berbicara), PM (Penguasaan Materi), dan Media (berupa PPT). Presentasi yang akan dilakukan akan menggunakan beberapa alternatif, yaitu Zoom, Googlemeet, atau whatshap group (WA).
PERTEMUAN KE-2 )SEJARAH, FUNGSI, KEDUDUKAN, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA)
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi pada pertemuan ini silakan mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan dengan memilih/mengklik "true" yang berarti hadir. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Silakan pelajari materi yang berada di PPT berikut ini.
Para mahasiswa yang kami banggakan, silakan menjawab pertanyaan pengayaan berdasarkan soal yang terdapat di PPT. Kerjakan dengan maksimal. Semangat selalu dan terima kasih.
Ragam Ilmiah
Ragam bahasa ilmiah adalah salah satu ragam bahasa Indonesia yang digunakan dalam pertemuan dan penulisan karya ilmiah. Dimana ragam bahasa ilmiah ini diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode (pendekatan rasional pendekatan empiris) dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.
Bahasa ragam ilmiah merupakan ragam bahasa berdasarkan pengelompokkan menurut jenis pemakaiannya dalam bidang kegiatan sesuai dengan sifat keilmuannya. Bahasa Indonesia harus memenuhi syarat diantaranya benar (sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku), logis, cermat dan sistematis. Pada bahasa ragam ilmiah, bahasa bentuk luas dan ide yang disampaikan melalui bahasa itu sebagai bentuk dalam, tidak dapat dipisahkan.Setelah menyaksikan video tersebut, silakan Anda membuat ringkasan terkait dengan ragam ilmiah. Selamat bekerja!
PERTEMUAN KE-3 (TATA EJAAN BAHASA INDONESIA)
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi pada pertemuan ini silakan mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan dengan memilih/mengklik "true" yang berarti hadir. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Silakan download dan pelajari materi berikut kemudian di akhir slide terdapat soal yang harus dikerjakan di forum diskusi.
Silakan diskusikan hasil pekerjaan kalian dengan cara saling menanggapi apa yang menjadi jawaban teman Anda. Bagi yang berkomentar akan mendapatkan poin penilaian keaktifan.
Perhatikan video berikut. terdapat beberapa hal penting yang ditayangkan dalam video ini. Perhatikan pada contoh yang diberikan. Silakan nyatakan setuju atau tidak setuju berdasarkan teori yang Anda gunakan (misal buku apa dan halaman berapa). Dalam bagian ini, kita akan belajar mengungkapkan sesuatu dengan landasan teori. Artinya, apa yang kita sampaikan memang berdasarkan teori.
Silakan Anda nyatakan di bagian forum ini terhadap pernyataan yang telah diberikan (perhatikan contoh yang diberikan). Silakan kreativitas Anda dalam forum ini. Boleh upload foto, gambar, dsb yang mendukung pernyataan Anda.
PERTEMUAN KE-4 (TATA EJAAN BAHASA INDONESIA)
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi pada pertemuan ini silakan mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan dengan memilih/mengklik "true" yang berarti hadir. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Saksikan video berikut ini!
Para mahasiswa yang saya banggakan, setelah kalian melihat tayangan video tersebut silakan tulis apa saja informasi yang telah kalian dapatkan. Tulis dalam bentuk paragraf yang kohesi dan koherensi dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca yang tepat sesuai kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Terima kasih.
PERTEMUAN KE-5 (KONSEP TATA KATA DALAM BAHASA INDONESIA))
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-5 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Kita akan mendengarkan presentasi kelompok 4 dan saya akan menjelaskan materi tentang tata kata dalam bahasa Indonesia. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Para mahasiswa yang saya banggakan, pertemuan kali ini kita akan membahas tentang tata kata dalam bahasa indonesia. Silakan pelajari materi berikut.
Silakan menjawab pertanyaan yang berada di slide terakhir materi.
Berdasarkan tayangan video tersebut, uraikan secara singkat perbedaan antara frasa, klausa, dan kalimat.
PERTEMUAN KE-6 (KONSEP TATA DAN PRAKTIKNYA DALAM BAHASA INDONESIA)
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-6 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Kita akan mendengarkan presentasi kelompok. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
PERTEMUAN KE-7 (KALIMAT EFEKTIF)
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi pada pertemuan ini silakan mengisi daftar hadir pada form yang telah disediakan dengan memilih/mengklik "true" yang berarti hadir. Setelah ini kita akan bertemu di link gmeet https://meet.google.com/yee-tkvr-xdy . Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Assalamulaikum warahmatullahi wabarokatuh, tabik pun...
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Para mahasiswa yang saya sayangi, pagi ini kita akan membahas materi tentang Kalimat Efektif.
Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Jumlah kata dalam sebuah kalimat yang panjang sebenarnya terbatas selama kalimat itu masih “jalan”, artinya masih dapat ditangkap maknanya secara jelas karena susunan kata, frase dan klausanya teratur. Kesalahan dalam sebuah kalimat sebenarnya bermula dari kesalahan dalam bernalar. Selanjutnya, sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam resmi, baik lisan maupun tulisan , harus memiliki subjek (S) dan predikat (p).Dalam bidang sastra untuk mengurangi kesalahan-kesalahan dalam penafsiran atau kelompok kata yang memiliki keterangan dengan tafsiran pengertian yang ganda, maka perlu memperhatikan keefektifan kalimat. Kalimat yang dapat menyampaikan hasil pemikiran penulis sehingga dapat dipahami pembaca secara utuh tanpa ada penafsiran yang salah. Penyampaian hasil pemikiran tersebut harus dalam kalimat yang baik.Perbaiki dan analisislah soal-soal kalimat pada akhir slide sehingga memenuhi kalimat yang benar dan efektif (Kerjakan soal latihan mandiri, pilih nomor sesuai keinginan Anda sebanyak 10 nomor saja). Setelah Anda dan teman lain memberikan jawaban, saya memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengoreksi jawaban teman. Pilih dua teman yang menjadi bahan koreksi Anda jika Anda merasa jawaban rekan Anda keliru. Berikan perbaikan menurut Anda (waktu akan diberikan selama dua hari).
Penilaian akan langsung dilakukan setelah Anda melaksanakan kegiatan ini. Jika ada yang kurang paham, silakan tanyakan melalui grup whatshapp.Tetap semangat untuk kalian. Terima kasih.
Selamat berjumpa lagi dalam mata kuliah Bahasa Indonesia para mahasiswa yang kami sayangi. Setelah Anda menyaksikan tayangan video kalimat efektif di atas, pada forum ini silakan merangkum materi pada bagian materi yang berupa PPT dan link video yang kami berikan. Pisahkan antara rangkuman yang berdasarkan ppt dan video dalam satu reply saja (bukan dua kali reply). Jika ada yang kurang paham silakan tanyakan melalui grup whatshapp kita. Kerjakan tugas ini sampai pukul 23.59 WIB hari ini. Selamat mengerjakan dan selalu ikhlas dalam mengerjakan sesuatu.
Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih.
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Assalamulaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-8 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link zoom. Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahiwabaoraktuh.
PERTEMUAN KE-9 (KALIMAT EFEKTIF)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-9 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, selamat berjumpa lagi dan salam sejahtera untuk kita semua, tabik pun ... .
Para mahasiswa yang kami sayangi, setelah kalian mempelajari materi pertemuan ke-7 tentang kalimat efektif pada pertemuan ke-9 kali ini, kalian diminta untuk mengerjakan tugas mandiri yang terdiri atas lima belas soal essai. Berikut panduan yang harus kalian pahami.
1. Silakan unduh soal tugas mandiri yang diberikan.
2. Soal tidak perlu ditulis kembali.
3. Bentuk yang dikumpulkan berupa file pdf.
4. Tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 5 April 2023 pukul 20.00 WIB.
5. Forum sudah diatur waktu pengiriman sehingga jika terlambat mengirim, akan terkunci secara otomatis.
5. Format file tugas NAMA_NPM_TUGAS MANDIRI P-9
PERTEMUAN KE-10 (MENGANALISIS KONSEP PARAGRAF)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-10 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarokatuh, kepada seluruh mahasiswa silakan download materi berikut ini. Hari ini kita akan membahas tentang paragraf.
Setelah kita melakukan aktivitas presentasi melalui Gmeet dengan link https://meet.google.com/gie-xfuv-nsz, banyak pertanyaan yang muncul terkait dengan materi hari ini. Silakan kepada seluruh mahasiswa untuk menuliskan pertanyaan dan kelompok 10 silakan menanggapi pertanyaan dari peserta diskusi. Tidak hanya itu saja, bagi peserta lain disilakan untuk menanggapi jawaban berupa sanggahan atau persetujuan terhadap pernyataan yang diungkapkan oleh kelompok 10. Terima kasih atas kerja samanya...semangat!
PERTEMUAN KE-11 (MENYUSUN PARAGRAF)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-11 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan sala,m sejahtera untk kita semua. Para mahasiswa yang saya banggakan, pertemuan yang lalu kita telah membahas materi tentang konsep paragraf. Nah, pada pertemuan hari ini kita kan membahas bagaimana cara menyusun paragraf. Silakan pelajari materi berikut ini.
Setelah menyaksikan video tersebut, silakan Anda menuliskan kembali hal-hal penting terkait dengan penulisan paragraf. Tulis dengan menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang benar dan sistematika penulisan yang benar (paragraf). Maksimalkan tulisan Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal (nilai 65--100). Kerjakan sampai pukul 13.00 WIB. Lewat dari waktu tersebut, forum akan dikunci. Selamat mengerjakan. Terima kasih.
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Berdasarkan pertemuan sebelumnya, kita sudah membahas materi tentang paragraf mulai dari pengertian, ciri, syarat sebuah paragraf yang kohesi dan koherensi. Berikut ini akan saya berikan dua kalimat utama untuk dikembangkan menjadi (2 paragraf)!. Perhatikan unsur transisi dan kata kunci seperti apa yang sudah kita diskusikan di pertemuan lalu. Beri tanda tebal dan keterangan di setiap topik (dua paragraf) bahwa paragraf tersebut kohesi dan koherensi.
1. Gadget menjadi ancaman bagi generasi muda terutama anak-anak.
2. Perkuliahan selama pandemi covid membuat mahasiswa memiliki banyak hikmah.
Setiap mahasiswa wajib menanggapi hasil tulisan temannya dengan mengungkapkan setuju atau tidak setuju terkait pengembangan paragraf yang dibuat oleh rekannya. Berikan koreksi, alasan, dan pembenaran dari Anda agar menjadi paragraf yang kohesi dan koherensi.
Keaktifan Anda dalam sesi ini akan terpantau secara otomatis di vclass. Semangat dan selamat mengerjakan!
Catatan: Waktu untuk saling berkomentar saya tunggu sampai pukul 23.59 WIB malam ini. Jika lebih dari itu, forum akan ditutup.
Pertemuan ke-12 (Karya Tulis Ilmiah)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-12 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Setelah menyaksikan video tersebut, silakan Anda menuliskan kembali hal-hal penting terkait dengan penulisan Karya Tulis Ilmiah. Buatlah dalam bentuk mind maps. Anda dapat membuatnya di word atau ditulis pada buku lalu didokumentasikan. Unggah di forum ini. Kerjakan dalam waktu 2 sks hari ini. Kerjakan dengan ikhlas dan penuh semangat. Terima kasih.
PERTEMUAN KE-13 (KARYA TULIS ILMIAH)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-13 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Setelah menyaksikan video tersebut, silakan Anda menuliskan kembali hal-hal penting terkait dengan video menulis artikel ilmiah. Silakan Anda cari secara mandiri contoh dari artikel ilmiah yang sesuai dengan bidang Anda. Ketua kelas silakan membuat link gdrive khusus untuk tugas ini yang dikirimkan ke grup paling lambat hari Sabtu, 13 Mei 2023. Kemudian, analisis struktur dalam karya ilmiah tersebut dan dianalisis secara singkat isi dari tiap strutur tersebut. Format pengumpulan tugas individu ditulis dengan 3 nomor NPM terakhir_Nama_struktur karil. Contoh format 001_Asih Lestari_Struktur Karil. Dikumpul secara fisik juga pada saat pertemuan ke-14.
Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih
Setelah menyaksikan video tersebut, silakan Anda menuliskan kembali hal-hal penting terkait dengan video menulis artikel ilmiah. Silakan Anda cari secara mandiri contoh dari artikel ilmiah yang sesuai dengan bidang Anda. Ketua kelas silakan membuat link gdrive khusus untuk tugas ini yang dikirimkan ke grup paling lambat hari Sabtu, 13 Mei 2023. Kemudian, analisis struktur dalam karya ilmiah tersebut dan dianalisis secara singkat isi dari tiap strutur tersebut. Format pengumpulan tugas individu ditulis dengan 3 nomor NPM terakhir_Nama_struktur karil. Contoh format 001_Asih Lestari_Struktur Karil. Dikumpul secara fisik juga pada saat pertemuan ke-14.
PERTEMUAN KE-14 (PERUJUKAN DAN DAFTAR PUSTAKA PADA KARYA TULIS ILMIAH)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-14 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Para mahasiswa yang saya sayangi, setelah kita membahas dan mendiskusikan tentang penulisan Karya Tulis Ilmiah hari ini kita akan membahas tentang perujukan dan penulisan daftar pustaka dalam KTI
- Setelah kalian membaca dan memahami materi yang telah diberikan terkait dengan perujukan dan penulisan daftar pustaka, silakan kalian menuliskan ringkasan pada forum ini sesuai apa yang telah dijabarkan pada slide materi. Penilaian rangkuman terkait dengan kesesuaian isi, cara mengemas kalimat demi kalimat, bahasa, cara penulisan, dan kreativitas. Semangat dan lakukan dengan baik.
PERTEMUAN KE-15 (PERUJUKAN DAN DAFTAR PUSTAKA PADA KARYA TULIS ILMIAH)
Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua...Tabik pun. Para mahasiswa yang saya sayangi seperti biasa silakan mengisi daftar hadir pertemuan ke-15 ini pada form yang telah disediakan. Setelah ini kita akan bertemu di link Gmeet dengan link https://meet.google.com/ikd-bjsk-imv yang akan segera dibagikan di grup whatshapp. Terima kasih atas kerja samanya, wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh.
Silakan simak video berikut!
Setelah menyaksikan video tersebut, silakan kerjakan di forum ini dengan mencari contoh penerapan IBID, Loc.cit, dan Op.cit. dalam bentuk uraian dokumentasi foto yang diunggah di forum serta penjelasan tiap contoh.
PERTEMUAN KE-16 (UJIAN AKHIR SEMESTER)