General forums
| Forum | Description | Discussions |
|---|---|---|
| Announcements | General news and announcements |
0 |
| Strategi perkuliahan | Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh Selamat datang dan salam jumpa semoga kita sehat selalu mendapat rahmat dan hidayah allah swt. Perkuliahan ini menerapkan pendekatan saintific. Problem Based Learning, Project based Learning dan Discovery model menjadi pilihan dalam menumbuhkembangkan ... |
0 |
| UNGGAH BAHAN PRESENTASI | Silakan diunggah disini bahan presentasi (paper, slide ppt, dan rekap hasil post test). |
1 |
Learning forums
| Week | Forum | Description | Discussions |
|---|---|---|---|
| Pertemuan 1: Hakikat IPS | DOKUMENTASI PERTEMUAN 1 |
|
0 |
| Pertemuan 2: Dimensi dan Struktur IPS | Diskusi | Cobalah anda kemukakan di sini di kolom komentar mengapa dimensi dan struktur pendidikan ips penting sekali untuk dipelajari? Bagaimanakah model membelajarkan masing-masing dimensi IPS dalam konteks pembelajaran ips di persekolahan baik pendidikan dasar maupun menengah dan menjadikan keempat ... |
1 |
| DOKUMENTASI PERTEMUAN 2 |
|
0 | |
| Pertemuan 3: Tema dan materi standar IPS | Diskusi | cobalah kemukakan disini bagaimana seharusnya menyiapkan pendidik profesional di bidang pendidikan ips saat ini guna mengantisipasi perkembangan di masa mendatang? Selamat belajar. Terimakasih. |
1 |
| DOKUMENTASI PERTEMUAN 3 |
|
0 | |
| Pertemuan 4: Pengembangan IPS | Diskusi | Salam pembelajar, Pada pertemuan pekan ini kita akan mempelajari tentang perkembangan Konsep Dasar IPS secara komprehensif dan multidimensi. Sejauh ini apakah yang anda ketahui tentang perkembangan konsep dasar IPS? IPS bukan hal baru bukan? Coba anda kemukakan perkembangan konsep dasar IPS yang ... |
1 |
| DOKUMENTASI PERTEMUAN 4 |
|
0 | |
| Pertemuan 5: Pengembangan keterampilan sosial | Diskusi | Coba kemukakan disini pandangan-pandangan anda tentang urgensi pengembangan keterampilan sosial di era 4.0 dan bagaimana seharusnya pembelajaran dikemas dalam persekolahan untuk mengantisipasi kehidupan yang semakin dinamis. |
1 |
| CASE STUDY | Denix adalah siswa kelas 11 di sebuah SMA negeri di kota besar. Ia dikenal pintar secara akademis, tetapi kurang aktif dalam kegiatan sosial. Dalam kelompok, Dian cenderung bekerja sendiri dan enggan berdiskusi. Suatu hari, sekolah mengadakan proyek kolaboratif antar kelas untuk ... |
1 | |
| DOKUMENTASI PERKULIAHAN |
|
0 | |
| Pertemuan 6: Pengembangan nilai dan sikap sosial dalam kehidupan masyarakat sosial | Tugas Peta Konsep | Buatlah peta konsep dari kedua e-book di atas, maksimal 2 halaman ditulis tangan. Silakan diunggah disini jika sudah selesai, maksimal pekan depan. |
1 |
| Diskusi | Menurut anda mengapa saat ini generasi muda mudah sekali terdegradasi nilai-nilai sosialnya? Bagaimana pandangan dan solusi anda selaku calon-calon pengembang pendidikan ips mengenai hal ini, jika dikaitkan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih mengapa berbanding terbalik dengan ... |
1 | |
| Pertemuan 7: Pengembangan kompetensi pengetahuan sosial | Tugas: Analisis perkembangan masyarakat dalam konteks pengetahuan sosial | Silakan diamati kondisi di lokasi anda masing-masing, cobalah anda analisis perkembangan masyarakat dalam konteks pengetahuan sosial dan kompetensi serta perubahan perilakunya dalam pengambilan keputusan. laporkan dalam bentuk paper singkat maksimal 5 halaman font times new roman 12, spasi 1,5. ... |
1 |
| Summary | Tulislah disini satu kata terkait topik pekan ini. Tidak boleh sama dengan teman-teman yang lain. |
1 | |
| Pertemuan 9: Studi sosial tema geosfer dan lingkungan | Ringkasan E-Book Global Change and the Earth System | Buatlah ringkasan isi buku di atas, maksimal 2 halaman ditulis tangan, maksimal upload disini pekan depan. |
1 |
| Diskusi | Cobalah anda amati fenomena alam dalam satu dasawarsa terakhir, silakan anda analsis korelasi antara manusia dan perubahan fenomena alam. Seberapa besar pengaruh manusia dalam menjaga eksistensi alam bagi generasi mendatang. |
1 | |
| Pertemuan 10: Studi sosial tema ekonomi dan bisnis | Diskusi | Ekonomi digital merubah ekonomi global, memungkinkan industri kecil menjadi industri multinasional mikro dengan elastisitas dan dinamika yang mereka miliki. Hal ini memberi kesempatan yang lebih tinggi bagi para pemula untuk terlahir secara global, digitalisasi mendorong persaingan karena ... |
1 |
| Summary | Tulislah satu paragraf terkait dengan topik pekan ini, maksimal 250 kata, tidak boleh sama dengan teman anda. |
1 | |
| Pertemuan 11: Studi sosial tema/ konsep sosiologi dan antropologi | Diskusi | Cobalah kemukakan disini bagaiman fenomena globaliisasi dan upaya menanamkan budaya lokal untuk membangkitkan rasa kebangsaan Indonesia. |
1 |
| Summary Jurnal | Tuliskan disini summary jurnal-jurnal di atas maksimal 300 kata dalam versi anda masing-masing, tidak boleh copy paste dari naskah, atau copy dari internet/teman. Waktu upload sd hari sabtu pukul 20.00wib. |
1 | |
| Pertemuan 12: Studi sosial tema politik, hukum, dan kewarganegaraan | Diskusi | Silakan didiskusikan disini bersama rekan anda, bagaimanakah upaya menumbuhkan karakter yang baik dalam konteks transmisi kewarganegaraan yang baik mengingat saat ini perkembangan globalisiasi telah menggerus moralitas generasi muda. |
1 |
| CASE STUDY | Di sebuah daerah pemilihan dalam pemilu legislatif terakhir, angka partisipasi pemilih muda (usia 17–25 tahun) hanya mencapai 45%, jauh di bawah target nasional. Selain itu, muncul laporan dari media lokal dan LSM mengenai praktik politik uang oleh beberapa calon legislatif (caleg), ... |
1 | |
| Summary | Buatlah ringkasan pembahasan materi pekan ini, maksimal 250 kata, tidak boleh sama dengan rekan-rekan anda. |
1 | |
| Pertemuan 13: Studi sosial tema masalah sosial tentang peristiwa sejarah dan nasionalisme | Tugas Peta Konsep e-book Resource nationalism and sustainable development: a primer and key issues | Silakan dibuat peta konsep dari e-book di atas dalam satu halaman folio. |
1 |
| Diskusi | Deskripsikan disini keterkaitan manusia dengan ruang dan waktu dan bagaimanakah strategi pembelajaran ips dirancang agar peserta didik mampu memahami jati dirinya dan mampu berpikir kesejarahan dalam konteks manusia seutuhnya. |
1 | |
| Pertemuan 14: Studi sosial tema masalah sosial lainnya (pendidikan, psikologi, agama, dll) | Diskusi | Cobalah diskusikan bersama rekan anda keterkaitan agama dan manusia dalam konteks bermasyarakat. Kemudian bagaimana hubungan psikologis yang harus dibangun antar sesama pemeluk agama dalam menguatkan kebangsaan Indonesia. Sebagai calon pengembang ips, bagaimana pula pembelajaran dirancang agar ... |
1 |
| Tugas Presentasi Online Individu | Cobalah anda buat video presentasi online individu (dalam versi youtube) durasi maksimal 15 menit terkait dengan Pembelajaran IPS di era new normal kaitannya dengan pembentukan SDM Unggul Indonesia 2045. Link diserahkan maksimal pekan depan. |
0 | |
| Pertemuan 15. Presentasi dan penyerahan tugas akhir | Penyerahan tugas anotasi bibliografi ips | Silakan dikirim disini tugas anotasi bilbliografi ips |
1 |
| Penyerahan Link Video Presentasi | Silakan diserahkan disini link video presentasi yang sudah anda buat. |
1 |











