གྲོས་གནས་སྤྱིར་བཏང་།
| གྲོས་གནས། | འགྲེལ་བཤད | གྲོས་བསྟུན་ཚུ། | ||||||||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Announcements | General news and announcements |
0 | ||||||||||||||||||
| Announcements | General news and announcements |
0 | ||||||||||||||||||
| News forum | General news and announcements |
0 | ||||||||||||||||||
| Sapaan | Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Undang Rosyidin, M.Pd. Rahmawati, S.Pd., M.Pd. NIP 197708082006042001 NIP ... |
0 | ||||||||||||||||||
| Deskripsi Mata Kuliah | Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkankemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian, khususnya tentang masalah-masalah pendidikan dan ilmu pengetahuan sosial. Lingkup pembahasan meliputi: masalah dalam penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, fungsi kerangka teoritis, kerangka pikir, ... |
0 | ||||||||||||||||||
| Capaian Pembelajaran | Setelah menyesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian yang nantinya di jadikan sebagai tugas akhir penulisan skripsi secara mandiri, terukur, dan bertanggungjawab. |
0 | ||||||||||||||||||
| Indikator Capaian Pembelajaran | Pada akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa mampu:
|
0 | ||||||||||||||||||
| Strategi Perkuliahan | Pengalaman belajar pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan pembelajaran pedagogi yang mengapresiasi kegiatan belajar mengajar interaktif. Pembelajaran diberikan dalam bentuk diskusi interaktif, dan latihan serta penugasan terbimbing serta mandiri. Tujuan penggunaan metode yang bervariasi ... |
0 | ||||||||||||||||||
| Penugasan dalam Perkuliahan | Daftar kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yaitu: Memilih dan mengkaji minimal 5 journal nasional & internasional sesuai bidang yang diminati; Membuat ringkasan dari minimal 5 journal yang telah dipilih, file ringkasan dipresentasikan via youtube maksimal 10 menit; ... |
1 | ||||||||||||||||||
| Kriteria Penilaian | Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut: A ≥ 76 B+ 71-75 B 66-70 C+ 61-65 C ... |
0 | ||||||||||||||||||
| Profil dosen | Identitas Diri Dr. Pujiati, S.Pd., M.Pd.
|
0 | ||||||||||||||||||
| Video Motivasi dan Inspirasi | Belajar dari seekor elang. Link youtube: |
0 | ||||||||||||||||||
| PENYERAHAN BAHAN PRESENTASI KELOMPOK | Silakan diupload disini bahan presentasi kelompoknya paling telat H-1 sebelum diskusi kelas berjalan. |
1 | ||||||||||||||||||
| PENYERAHAN NOTULENSI DISKUSI KELOMPOK DAN REKAP POST TEST | 1 |
ལྷབ་ནིའི་གྲོས་གནས།
| བདུན་ཕྲག | གྲོས་གནས། | འགྲེལ་བཤད | གྲོས་བསྟུན་ཚུ། |
|---|---|---|---|
| Pertemuan 1 | Konsep Penelitian Ilmiah | Salam pembelajar, Apa kabar? Pada pertemuan 1 ini kita akan membahas tentang konsep penelitian ilmiah. Adakah diantara kalian yang sudah mengetahui tentang konsep penelitian ilmiah? Untuk memudahkan anda bisa mempelajari slide terlampir berikut ini. |
0 |
| ACTIVITY: RESUME | Silakan diresume Bab 1 dari buku Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus di atas. |
1 | |
| Pertemuan 2 | Langkah-Langkah atau Prosedur Penelitian | Salam Pembelajar, Bertemu kembali di pertemuan kedua perkuliahan daring kita yaitu dengan topik langkah-langkah atau prosedur penelitian. Pemahaman terkait dengan langkah-langkah penelitian ini sangat penting dan menentukan dalam penyelesaian tugas akhir yaitu skripsi. Sehingga anda hendaknya ... |
1 |
| Diskusi | Cobalah anda diskusikan bahan terlampir bersama rekan-rekan anda disini. |
1 | |
| Pertemuan 3 | Penyerahan tugas mandiri | Silakan dikirim kesini tugas yang sudah anda selesaikan terkait dengan telaah langkah-langkah penelitian yang terimplementasi dalam jurnal yang anda baca, |
1 |
| ACTIVITY: RESUME | Silakan diresume Bab 2 dari buku Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus yang SUDAH TERSEDIA DI PERTEMUAN 1 di atas. |
1 | |
| Pertemuan 4 | Penyerahan rancangan masalah penelitian/outline | Silakan dikirim kesini rancangan masalah penelitian anda |
1 |
| Membaca book chapter | Silakan diakses dan pelajari book chapter berikut dengan baik, karena jika anda tidak membaca book chapter ini dengan baik, anda tidak akan bisa melanjutkan menyelesaikan menu summary. Sumber: |
0 | |
| Summary | Buatlah summary isi book chapter di atas, minimal 500 kata. |
1 | |
| CASE STUDY | Seorang mahasiswa program studi pendidikan Ekonomi ingin meneliti pengaruh penggunaan media digital interaktif terhadap motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring. Namun, ia merasa bingung dalam menyusun langkah-langkah penelitian yang sistematis. Ia juga tidak yakin apakah akan ... |
1 | |
| DOKUMENTASI PERTEMUAN 4 |
|
0 | |
| Pertemuan 5 | Diskusi | Silakan dituliskan disini mengapa perlu seorang peneliti memahami masalah, variabel dan paradigma penelitian, dan silakan rekan-rekan saling memberikan tanggapan boleh disertakan rujukannya. |
1 |
| Membaca e-journal | 0 | ||
| Membuat summary e journal | Tulislah disini summary isi jurnal di atas maksimal 300 kata. Tidak boleh sama dengan teman. |
1 | |
| ACTIVITY: RESUME | Silakan diresume Bab 3 dari buku Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus yang SUDAH TERSEDIA DI PERTEMUAN 1 di atas. |
1 | |
| CASE STUDY | Sebuah universitas mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru dalam tiga tahun terakhir, meskipun telah melakukan promosi besar-besaran melalui media sosial, pameran pendidikan, dan kerja sama dengan sekolah-sekolah menengah atas. Rektor meminta tim peneliti internal universitas ... |
1 | |
| Pertemuan 6 | Diskusi | 1 | |
| Membaca e-journal | Silakan diakses dan pelajari e-journal berikut ini: Sumber: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1198682.pdf |
0 | |
| Menulis Summary e-journal | Tulislah disini summary isi jurnal di aats maksimal 300 kata tidak boleh sama dengan teman. |
1 | |
| Penyerahan Tugas Menyusun Landasan Teori, Kerangka Pikir dan Hipotesis | Susunlah landasan teori, kerangka pikir, dan hipotesis rancangan penelitian anda. Silakan diunggah disini. |
1 | |
| CASE STUDY | Seorang mahasiswa ingin meneliti pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa di masa pascapandemi COVID-19. Ia berpendapat bahwa sistem pembelajaran daring masih digunakan secara luas, namun efektivitasnya belum sepenuhnya dipahami. Mahasiswa tersebut belum memahami bagaimana ... |
1 | |
| CASE STUDY 2 | Sebuah perusahaan startup mengalami fluktuasi kinerja karyawan dalam dua tahun terakhir. Seorang mahasiswa manajemen ingin meneliti pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, karena ia menduga bahwa perubahan gaya kepemimpinan berdampak langsung pada motivasi dan produktivitas. Namun, ... |
1 | |
| DOKUMENTASI PERKULIAHAN |
|
0 | |
| Pertemuan 7 | Tugas book report dan jurnal terkait dengan populasi dan sampel | 1 | |
| Penyerahan Tugas Merancang populasi dan sampel | SIlakan dirancang populasi dan sampel dari rancangan penelitian anda. Unggahlah hasil rancangan populasi dan sampel anda disini. |
1 | |
| DOKUMENTASI PERKULIAHAN |
|
0 | |
| Pertemuan 9 | Membaca book chapter | 0 | |
| ACTIVITY: RESUME | Silakan diresume Bab 4 dari buku Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus yang SUDAH TERSEDIA DI PERTEMUAN 1 di atas. |
1 | |
| Diskusi | Berdasarkan pengalaman dan referensi yang anda baca, silakan dikemukakan disini pengertian populasi dan sampel serta apa saja yang harus diperhatikan oleh seorang peneliti jika akan menentukan populasi dan sampel. |
1 | |
| Tugas | Rancanglah populasi dan sampel serta teknik sampling yang dipilih dari rencana penelitian yang akan anda laksanakan. batas unggah tugas 2 November 2025 pukul 22.00wib. |
1 | |
| Pertemuan 10 | Membaca book chapter | Bacalah book chapter berikut: Sumber: https://uca.edu/psychology/files/2013/08/Ch7-Sampling-Techniques.pdf |
0 |
| Membaca e-journal | Silakan dibaca juga jurnal berikut. Sumber: http://medcraveonline.com/BBIJ/BBIJ-05-00149.pdf |
0 | |
| ACTIVITY: RESUME | Silakan diresume Bab 5 dari buku Metodologi Penelitian Pendidikan Berbasis Kasus yang SUDAH TERSEDIA DI PERTEMUAN 1 di atas. |
1 | |
| Penugasan mandiri | 1 | ||
| CASE STUDY | Seorang peneliti pendidikan ingin mengetahui efektivitas metode pembelajaran hybrid (gabungan daring dan luring) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di seluruh SMA negeri di Provinsi Jawa Barat. Karena jumlah SMA negeri sangat banyak dan tersebar di berbagai kota dan ... |
1 | |
| Pertemuan 11 | Diskusi | Apa yang anda ketahui tentang skala pengukuran dalam penelitian? silakan dikemukakan disini, tentang rancangan data penelitian Anda dan skala pengukurannya. |
1 |
| CASE STUDY | Seorang mahasiswa sedang melakukan penelitian tentang tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di universitas. Ia menyusun kuesioner dengan beberapa item berikut:
|
1 | |
| Pertemuan 12 | Diskusi | Coba kemukakan disini mengapa seorang peneliti harus bisa menentukan teknik pengumpulan data yang sesuai? Adakah keterkaitan antara teknik pengumpulan data dengan masalah penelitian dan tujuan yang hendak dicapai dalam sebuah penelitian? |
1 |
| CASE STUDY | Seorang peneliti ingin meneliti pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di sekolah menengah atas negeri di kota X. Ia berencana menggunakan pendekatan kuantitatif dan ingin memperoleh data dari sebanyak mungkin responden agar hasil penelitiannya bisa ... |
1 | |
| Tugas | Silakan dirancang teknik pengumpulan data penelitian anda, dan diupload kesini maksimal pukul 22.00wib.. |
1 | |
| Pertemuan 14 | Progres tugas project | Silakan dilaporkan disini perkembangan tugas project penyusunan rancangan penelitian saudara. |
1 |
| Pertemuan 15 | Penyerahan tugas project rancangan penelitian | Silakan dikirimkan disini tugas project rancangan penelitian saudara, sertakan link presentasi anda yang sudah diunggah di youtube. |
1 |










