Diskusi Presentasi Discovery Learning, PBL, dan Problem Solving

Re: File + Video Discovery Learning

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -
Number of replies: 43

Assalamu'alaikum...
Tabiik puunnn...

teman teman Program Magister Pendidikan IPA yang saya sayangi dan Bapak sunyono yang saya banggakan. mohon maaf mengganggu waktunya, hari ini saya perwakilan dari kelompok 2 izin mengirimkan tugas mengenai model Discovery Learning dan video pada pertemuan ke-11 ini dengan memperkenalkan kelompok sebagai berikut.

Nama: Almira Aspridanel         1923025009

            Devi Andriani                1923025010

            Rahma Abida                1923025014

Baiklah mari teman-teman mari kita tonton dan simak link dari video tersebut, dan mari kita bersama-sama mempelajari materi yang telah kelompok kami diskusikan, lalu kita diskusikan bersama teman-teman sekalian mengenai model discovery learning ini melalui forum diskusi yang telah disediakan...

Terimakasih. wassalamualaikum wr.wb

 

Video Discovery Learning

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

Assalamualaikum tabik punnnn..........

selamat pagi rekan-rekan M.KIPA 19 Saya  mewakli kelompok saya membuka forum diskusi terkait dengan materi MODEL DISCOVERY LEARNING   Kepada rekan-rekan apabila ada hal yang ingin didiskusikan, Kritik, saran dipersilakan.....
 
sebelumnya silahkan dibuka makalah ppt dan video yang kami share. selanjutnya nanti buka sesi pertanyaan
In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Sunyono Sunyono -

Kelompok dua dulu yang presentasi...
Dilanjutkan kelompok 3 dulu. baru diskusi

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Ummul Uslima -

Assalamualaikum, Saya ingin bertanya terkait langkah-langkah discovery learning. Mengapa menentukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu baru memilih materinya? Trimakasih..

In reply to Ummul Uslima

Re: File + Video Discovery Learning

by Rahma abida -

baiklah saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari Ima

Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran, jadi langkah pertama yg ditentukan ialah menentukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebagai pedoman para guru dalam merancang dan melaksanakan proses belajar mengajar barulah guru memilih materi pelajaran sehingga  tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai.

In reply to Rahma abida

Re: File + Video Discovery Learning

by Ummul Uslima -

Ingin menanggapi jawaban dari Rahma, Jadi tujuan yang dimaksud itu tujuan umum pembelajaran y, bkn tujuan pembelajaran terhadap materi?

In reply to Ummul Uslima

Re: File + Video Discovery Learning

by Rahma abida -

iyaa ima kalau menurut kelompok kami tujuan umum dalam pembelajaran 

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Sunyono Sunyono -

Untuk semuanya terkait pembelajaran discovery learning, materi bisa diajarkan bukan hanya materi yang mengandung/memuat prinsip/hukum, tetapi juga "konsep". Dalam hal ini discovery learning lebih menekankan pada proses penemuan konsep dan/atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Nah, apa saja yang perlu disiapkan oleh guru ketika akan membelajarkan IPA kepada siswa dan bagaimana pelaksanaannya? Simak video berikut yang membelajarkan IPA di SD untuk topik: Air dan Listrik. Contoh pembelajarannya dimulai pada menit ke 3.10.



Perhatikan bagaimana guru menyiapkan pembelajaran dan mengakhiri proses pembelajaran dengan discovery learning.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

Baik pak saya sangat setuju bahwa discovery learning lebih menekankan pada proses penemuan konsep dan/atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. 

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + Video Discovery Learning

by Dina Else Fernandu -
saya tertarik dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru untuk mengarahkan siswa menemukan konsep dalam pemebelajarannya pak, Pertanyaan yang diajukan terstruktur membantu siswa dalam membangun pola berpikir
In reply to Dina Else Fernandu

Re: File + Video Discovery Learning

by Sunyono Sunyono -

Ya, itu memang dipilih guru terbaik dalam pembelajaran di SD. Guru tersebut adalah guru berprestasi tingkat nasional, sehingga direkrut oelh UT untuk dijadikan model dalam video...

PERLU DICONTOH ==========

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

dipersilahkan  bagi teman-teman yang ingin bertanyaa 

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Eka Candra Kurniawati -

Assalamualikum wr. wb. Saya Eka Candra Kurniawati izi bertanya kpd penyaji .Ada sejumlah ciri-ciri proses pembelajaran yang sangat ditekankan
oleh teori konstruktivisme, nah ada beberapa poin dinataranya  Berpandangan bahwa belajar merupakan suatu proses, bukan menekanpada hasil.
 yang ingin saya tanyakan bagaimna cara kita sebagai guru merubah hal tersebut  agar peserta didik tidak  hanya fokus kpd nilai atau hasil saja ? terimaksih wassalamulaikum wr.wb

In reply to Eka Candra Kurniawati

Re: File + Video Discovery Learning

by Devi Andriani -

Saya ingin menjawab petanyaan dari mba eka, ya memang benar bahwa teori kontruktivitik ini lebih menekankan siswa pada proses dan kebebasan dalam menggali pengetahuan serta upaya dalam mengkonstruksi pengalaman atau dengan kata lain teori ini memberikan keaktifan terhadap siswa untuk belajar menemukan sendiri pengetahuan. Jadi kita sebagai seorang guru untuk mengubah agar peserta didik tidak hanya berfokus pada hasil  namun harus lebih berfokus proses yaitu dengan menerapkan model-model pembelajaran. Salah satunya yaitu dengan model discovery learning, sebagaimana sudah kami jelaskan di video bhawa model discovery learning ini merupakan suatu metode pembelejaran yang disajikan tidak lengkap dan siswa di tuntut untuk terlibat aktif.  Kemudian model ini juga menuntut siswa untuk menemukan suatu konsep atau pengetahuan baru dengan cara mengorganisasi dirinya sendiri. Jadi dsini siswa benar-benar terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan model ini  siswa akan lebih mengalami proses pembelajaran yang efektif. bagaimana rekan-rekan yang lain apakah ada yg ingin menmbhakan?

In reply to Devi Andriani

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

saya ingin menambahkan jawaban dari mb eka..

menurut kami juga dengan keterampilan abad 21 yang ditekankan pada peserta didik diharapkan pembelajaran menjadi lebih berpusat pada peserta didik bukan pendidik. STUDENT CENTERED.  model Discovery ini dipandang mampu untuk memenuhi tuntutan pembelajaran yang berorientasi kepada pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara seimbang sehingga tidak dapat menilai pada hasil melainkan harus proses. 

 

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Rahma abida -

benar yang dikatakan almira, jadi kegiatan pembelajaran harus berpusat pada peserta bukan pada pendidik.

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Atika Putri -

Assalammualaikum wr wb ijin bertanya kepada penyaji,Apakah semua konsep IPA bisa diterapkan dengan discovery learning?

In reply to Atika Putri

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

Terimakasih atika atas pertanyaannya

menurut kami Tidak semua topik cocok disampaikan dengan model ini. Umumnya topik-topik yang berhubungan dengan prinsip dapat dikembangkan dengan model ini. misalnya pada Discovery learning lebih menekankan ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui.seperti masalah yang diperhadapkan kepada siswa semacam masalah yang direkayasa oleh guru dan  pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau pemahaman melalui contoh-contoh yang dijumpai dalam kehidupannya. 

Bahan ajar yang disajikan dalam bentuk pertanyaan atau
permasalahan yang harus diselesaikan. Jadi siswa memperoleh pengetahuanyang belum diketahuinya tidak melalui pemberitahuan, melainkan melalui penemuan sendiri MISALNYA : pada materi sistem pernapasan yang dikaitkan dengan permasalahan covid-19.

konsep sistem pernapasan dapat dikembangkan melalui model ini

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Dina Else Fernandu -
Discovery learning lebih menekankan
pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui.

berdasarkan contoh yang diberikan tersebut, konsep mana yang dianggap belum diketahui oleh siswa? bukankah dengan pemberitaan dan informasi dari berbagai media sudah membantu siswa menemukan konsep atau prinsip terkait COVID 19 yang berhubungan dengan materi sistem pernapasan? bagaimana apabila siswa mendapatkan informasi terkait hal tersebut jauh lebih dulu sebelum siswa sampai pada materi sistem pernapasan?
In reply to Dina Else Fernandu

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

baik mba dina......

saya memberikan contoh mengenai isu yang sedang trend. tetapi tetap harus di sesuaikan dengan  dengan materi pembelajaran/ topik/tema yang akan dibahas. tidak hanya memberikan isu Covid-19 saja betoh covid 19 namun kan mata pelajaran lain juga bisa selain IPA dikaitkan. karena ipa makanya saya mengambil sistem pernapasan. ragam masalah isu lainnya bisa asalkan sesuai topik. saya mengambil con dengan permasalahan yang ada melatih peserta didik untuk mencoba dan mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya untuk diaplikasikan pada kehidupan nyata atau keseharianya .  Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai persoalan yang relevan dan mendiskusikan hasil identifikasi dengan mendorong berpikir kritis.

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Tri Utami -

Assalamualaikum, saya Tri utami izin bertanya. Pada pembelajaran Discovery learning memiliki beberapa kekurangan salah satu nya ya itu "Kemampuan berpikir rasional siswa ada yang masih terbatas". Bagaimana guru mengatasi kekurangan tersebut dalam pembelajaran agar siswa dapat berpikir sebagaimana mestinya? terimakasih. Wassalamualaikum

In reply to Tri Utami

Re: File + Video Discovery Learning

by Devi Andriani -

saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari tri, sebagaimana kita ketahui bahwa model discovery learning ini lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Namun model ini memiliki kekuarangan salah satunya kemampuan berpikir rasional siswa ada yang masih terbatas. Memang setiap siswa tidak memiliki kemampuan yang sama, ada yang hanya sekali diberikan pehaman langsung mengerti namun  ada juga yang harus diberikan pemahaman beberapa kali, kita sebagai guru harus mengatasi masalah tersebut. salah satunya dengan menggunakan model discovery learning ini secara bertahap. karena berdasarkan jurnal yang kami kaji bahwa dengan menerapkan model discovery learning ini butuh waktu beberapa kali untuk meningkatkan pemahaman semua siswa menjadi meningkat. Selain itu kita juga sebagai guru dalam menerapkan model ini harus menghadirkan nuansa baru yan lebih menarik dan berkesan seperti menyajikan stimulus berupa fenomena yang menarik sehigga  pembelajaran dbisa dirasakan menyenangkan dan tidak membosankan. Sehingga siswa yang yang kemampuan pemahamannya kurang akan meningkat.

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Tia Dewi Kurniawati -

Saya tia dewi kurniawati ingin bertanya, dalam kekurangn model discovery yaitu lebih cocok mengembangkan pemahaman,  sedangkan mengembangkan aspek konsep, keterampilan, emosi secara keseluruhan kurang mendapatkn perhatian. Pemahaman yang seperti apa yang dimaksud dalam hal tersebut? Apakh sama dengan pemahaman konsep gitu?

In reply to Tia Dewi Kurniawati

Re: File + Video Discovery Learning

by Rahma abida -

Jadi pemahaman yang dimaksutkan jika seorang pendidik bisa memahami peserta didiknya dengan baik karena dengan memahami peserta didik maka seorang guru bisa mengetahui kemampuan peserta didik sehingga guru bisa menyesuaikan dn mengimplementasikan ke dalam cara mengajarnya, semakin guru bisa memahami peserta didiknya maka semakin berhasil pula peran guru tsb, karena sedikit banyak guru adalah mediator keberhasilan siswa. jadi seorang guru harus melihat faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik untuk memahaminya.

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Fiska Fatrisia Kusuma -

Assalammualaikum wr wb saya fiska fatrisia kusuma (1923025012) ijin bertanya kepada penyaji terkait materi yang telah dipaparkan dijlaskan bahwa sintaks model discovery terdapat tahapan stimulasi, nah tahapan stimulasi dalam pembelajaran IPA telah kita ketahui bersama bahwa dapat berupa fenomena, demonstrasi, gambar, wacana dan berupa pertanyaan-pertanyaan, disini yang ingin saya tanyakan, dapatkah tahapan stimulasi dalam model discovery learning ini dikaitkan dengan fenomena yang berbasis socio-scientific issues? seperti contohnya corona ini, dimana yang kita tahu bersama bahwa pembelajaran IPA ini erat kaitannya juga dengan isu-isu sosial kontroversial yang berkaitan dengan sains.

In reply to Fiska Fatrisia Kusuma

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

terimakasih fiska atas pertanyaan

menurut kami tahapan stimulasi dalam model discovery learning ini  DAPAT dikaitkan dengan fenomena yang berbasis socio-scientific issues mengapa???Karena pada tahapan stimulus ini  guru memberikan stimulan, dapat berupa situasi, nah situasi dapat diisikan dengan isu isu socio scientific yang sesuai dengan materi pembelajaran/ topik/tema yang akan dibahas, sehingga peserta didik mendapat pengalaman belajar mengamati pengetahuan konseptual. Dengan adanya isu isu ini maka peserta didik  menemukan permasalahan apa saja yang dihadapi, sehingga pada kegiatan ini peserta didik diberikan pengalaman untuk menanya, mencari informasi, dan merumuskan masalah.  tidak hanya itu juga model discovery learning ini  Karakteristiknya  yaitu dapat mengeksplorasi, memecahkan masalah untuk menciptakan suatu konsep,menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada dalam proses pembelajaran

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Fiska Fatrisia Kusuma -

berarti sangat cocok yah apabila kedua itu dikaitkan. terimakasih saudari almira penjelasannya sangat berarti.

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

baik rekan-rekan apakah ada yang ingin memberi kritik dan saran juga diperbolehkan

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Sunyono Sunyono -

Coba perhatikan contoh video pembelajaran dengan model disovery yang saya contohkan di atas.

In reply to Almira Aspridanel

Re: File + Video Discovery Learning

by Sunyono Sunyono -

Untuk semuanya hati-hati dalam memahami discovery learning, karena model ini hampir sama dengan model inquiry learning.
Intinya pada discovery learning, masalah yang dihadapkan pada siswa adalah masalah yang direkayasa oleh guru,sehingga jawabannya pasti sudah dimilki oleh guru, namun belum diketahui oleh siswa. Oleh sebab itu, guru harus selalu berkreasi untuk mencari masalah, dimana siswa belum tahu jawaban dan akan dicari jawabannya oleh siswa melalui proses pembelajaran.
Ini berbeda dengan inquiry learning. Pada inquiry learning, masalahnya bukan hasil rekayasa guru, shg siswa harus mengerahkan seluruh pikiran dan keterampilannya untuk menemukan jawaban dari masalah tersebut melalui proses pengamatan atau penelitian atau percobaan (jawaban yang dimilki guru sebelumnya bisa saja menjadi berubah bergantung hasil pengamatan/penelitian/percobaan).

Jadi perhatikan dengan baik tentang pembelajaran penemuan, karena pemebelajaran tersebut ada dua macam, yaitu discovery dan inquiry.

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

iya pak dalam video semua hal yang berkenaan dalam air dapat dikelompokkan, guru tersebut memberikan stimulus yang sistematis  dan sesuai sehingga dari semua konsep siswa dapat dikelompokkan kedalam materi. kreatif

In reply to Sunyono Sunyono

Re: File + Video Discovery Learning

by Almira Aspridanel -

baik pak terimakasih atas saran dan petunjuknya untuk kelompok kami. kami juga setuju bahwa model discovery learning, ini hampir sama dengan model inquiry learning.Intinya pada discovery learning, masalah yang dihadapkan pada siswa adalah masalah yang direkayasa oleh guru, dan diketahui oleh guru