latihan

latihan

latihan

Number of replies: 32

berdasarkan materi tersebut silahkan anda menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?

In reply to First post

Re: latihan

by UMMUL NANDA RIDHOTUN -
Nama: Ummul Nanda Ridhotun
NPM: 2113053153

Sebagaimana Permendikbud No.22 (2016) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD). Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.

b. Partisipasi aktif peserta didik.

c. Berpusat pada peserta didik untuk
mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik- terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
In reply to UMMUL NANDA RIDHOTUN

Re: latihan

by BILLY.FARIO.21 BILLY.FARIO.21 -
Nama : Billy Fario
Npm : 263053003

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebuah dokumen yang dirancang oleh seorang pendidik untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dalam suatu kelas. RPP berisi informasi mengenai tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, metode pembelajaran, evaluasi, serta alokasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan pembelajaran.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP meliputi:

1. Mengacu pada kurikulum yang berlaku: RPP harus disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku di sekolah atau institusi pendidikan yang bersangkutan. Hal ini akan memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam RPP sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh kurikulum tersebut.

2. Berorientasi pada peserta didik: RPP harus mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang diajar. Oleh karena itu, RPP harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk peserta didik.

3. Memperhatikan prinsip pembelajaran yang efektif: RPP harus memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif, seperti menyusun tujuan pembelajaran yang jelas, memilih metode pembelajaran yang tepat, mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dan bermanfaat, serta mengevaluasi pembelajaran secara berkala.

4. Menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami: RPP harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran, termasuk peserta didik, pendidik, serta orang tua atau wali murid.

5. Fleksibel: RPP harus fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik dan situasi pembelajaran yang berbeda-beda. Hal ini akan memungkinkan pendidik untuk melakukan perubahan yang diperlukan untuk memastikan pembelajaran yang optimal.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip di atas, seorang pendidik dapat merancang RPP yang efektif dan efisien dalam mendukung proses pembelajaran di kelas.
In reply to First post

Re: latihan

by PUTRI YASMIN AL-NAFI 21 -
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
Npm : 2163053001

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebuah dokumen yang dirancang oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP merinci semua langkah yang akan diambil dalam pembelajaran, termasuk tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, metode dan strategi pembelajaran, serta penilaian hasil belajar siswa. Dengan adanya RPP, guru akan lebih mudah mengelola waktu dan materi pembelajaran, serta memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP menurut pemahaman saya adalah sebagai berikut:

1. Relevan: RPP harus relevan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa.
2. Jelas: RPP harus jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran.
3. Terukur: RPP harus memiliki tujuan yang dapat diukur dan dipantau pencapaiannya.
4. Fleksibel: RPP harus fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
5. Interaktif: RPP harus memperhatikan interaksi antara guru dan siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
6. Menyenangkan: RPP harus menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa dapat lebih mudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, guru akan dapat membuat RPP yang efektif dan efisien dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP yang baik akan membantu guru dalam memenuhi kebutuhan dan kemampuan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
In reply to First post

Re: latihan

by VIRDA SANI AULIA -
Nama : Virda Sani Aulia
NPM : 2113053201

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP yaitu dokumen yang berisi perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh seorang guru di dalam kelas. RPP hrus disusun dengan seksama agar pembelajaran dapat dilaksanakan dgn terstruktur, sistematis, dan efektif.

Dan dlm rangka membuat RPP yang baik, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip tersebut dan mengadaptasinya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Karna RPP yang baik akan membantu guru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berikut prinsip-prinsip pembuatan RPP :
1. Menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku
RPP harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini akan membantu guru untuk memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
2. Berfokus pada tujuan pembelajaran
RPP harus berfokus pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Hal ini akan membantu guru untuk menyusun kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut dan mengevaluasi hasil belajar siswa.
3. Mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran
RPP harus mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran seperti aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini akan membantu guru untuk menyusun kegiatan pembelajaran yang holistik dan menyeluruh.
4. Berorientasi pada siswa
RPP harus berorientasi pada siswa dan mengacu pada kebutuhan dan karakteristik siswa. Hal ini akan membantu guru untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan memperhatikan keseimbangan antara pembelajaran dan pengembangan karakter siswa.
5. Memperhatikan penggunaan media dan sumber belajar
RPP harus memperhatikan penggunaan media dan sumber belajar yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah dan menarik. Hal ini akan membantu guru untuk memilih dan mempersiapkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
In reply to First post

Re: latihan

by SHANTY OKTA ANDELIA -
Nama Shanty Okta Andelia
Npm 211353049
RPP adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang berisi tentang rencana kegiatan pembelajaran tatap muka atau sebuah dokumen yang berisi gambaran serta rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama satu kali pertemuan satu semester ataupun lebih RPP juga bisa kita sebut sebagai pedoman dalam melakukan pelaksanaan pembelajaran di kelas RPP ini langsung disusun oleh guru yang mengaku mata pelajaran tersebut untuk memulai kegiatan belajar mengajar maka kita sebagai guru perlu menyusun sebuah RPP.prinsip-prinsip sebagai berikut; 1) perbedaan individual peserta didik, 2) partisipasi aktif peserta didik, 3) berpusat pada peserta didik, 4) pengembangan budaya membaca dan menulis, 5) pemberian umpan balik serta tindak lanjut.
In reply to First post

Re: latihan

by Early sevia putri -
Nama : Early Sevia Putri
Npm : 2113053009

~ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).

~ prinsip prinsip pembuatan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat pada peserta didik untuk
mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik- terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
In reply to First post

Re: latihan

by Ardila Yuliana Putri -
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Kelas : 4J

RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan selama satu pertemuan. Rpp dikembangkan secara rinci dari tema tertentu atau suatu materi pokok yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
Prinsip-prinsip pembuatan RPP
1. RPP disusun oleh guru sebagai implementasi dari ide kurikulum dan mengacu pada silabus ke dalam bentuk rancangan pembelajaran.
2. RPP dikembangkan menyesuaikan silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan.
3. RPP mendorong keaktifan siswa.
4. RPP sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai manusia mandiri dan tak henti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang berpusat pada peserta didik.
5. RPP dapat mengembangkan budaya baca, tulis, dan berhitung
6. Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan siswa gemar membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam tulisan
7. Memuat rancangan program umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik
8. Penyusunan memperhatikan hubungan antara KI dan KD, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
9. RPP disusun dengan akomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan ketrampilan serta keragaman budaya
10. Penyusunan RPP mempertimbangkan penerapan teknologi informasi, komunikqsi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by SILVY RAHMAWATI -
Nama : Silvy Rahmawati
Npm : 2113053107

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah Sebagaimana Permendikbud No.22 (2016) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).Beberapa prinsip yang wajib kita ketahui dalam menyusun RPP adalah:
1. Setiap RPP harus secara utuh memuat kompetesi dasar sikap (KD dan KI-1), Sosial (KD dan KI-2), pengetahuan (KD dan KI-3), dan Keterampilan (KD dan KI-4)
2. Satu RPP dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuuan atau lebih
3. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik (perjedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan peserta didik.
4. Proses pembelajaran dirancang harus berorientasi pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreatifitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan semangat belaja.
5. Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan bereekpresi dalam berbagai bentuk tulisan.
6. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, penyajaan, dan remedi.
7. RPP disusun memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, Materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilain, dan bsumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
8. RPP disusun mempertimbangkan penerapan teknologi 9informasi dan komikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dangan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by BALQIS PUTRI ROSYADA -
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh guru sebagai panduan dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP berisi tentang tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, metode pembelajaran, serta penilaian yang akan dilakukan terhadap siswa.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP adalah sebagai berikut :
a. RPP harus dibuat secara sistematis dan terstruktur agar mudah dipahami oleh siswa dan guru.
b. RPP harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku dan mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa.
c. RPP harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa dalam proses pembelajaran.
d. RPP harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam belajar.
e. RPP harus memperhatikan prinsip evaluasi yang objektif, valid, reliabel, transparan, dan terukur.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip tersebut, guru dapat membuat RPP yang efektif dan efisien dalam mendukung proses pembelajaran di kelas. RPP yang baik akan membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas serta memberikan hasil yang positif bagi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
In reply to First post

Re: latihan

by SINTIA APRIANA 2113053082 -
Sintia apriana
2113053082

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa disebut RPP merupakan suatu rancangan atau gambaran tentang cara pembelajaran yang akan dijalankan dalam satu pertemuan, satu semester, atau lebih. RPP juga dapat diartikan sebagai panduan dalam pelaksanaan pembelajaran.

RPP ini dibuat oleh guru pengajar mata pelajaran sebelum dimulainya kegiatan belajar-mengajar. Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran ini, guru harus memperhatikan setiap unsur penting yang harus terdapat dalam RPP.

Dalam pembuatan rpp harus memiliki prinsip sebagai berikut:

A. Perbedaan individu siswa: Kemampuan peluncuran lainnya, level
intelektual, bakat, potensi, minat,
motivasi belajar, keterampilan sosial,
emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus,
kecepatan belajar, latar belakang budaya,
norma, nilai dan/atau lingkungan peserta
kereta

B. Partisipasi aktif siswa.

C. Berpusat pada peserta didik
mendorong semangat belajar, motivasi,
minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi,
inovasi dan kemandirian.

D. Pengembangan budaya baca dan
dimaksudkan untuk menulis
mengembangkan kecintaan membaca
memahami berbagai bacaan dan
diekspresikan dalam berbagai bentuk
menulis
E. Memberikan umpan balik dan pemantauan
RPP mencakup perencanaan program
memberikan umpan balik positif,
memperkuat, memperkaya dan meningkatkan.
F. Penekanan pada koneksi dan
integrasi antara CD, materi
belajar, kegiatan belajar,
indikator pencapaian kompetensi,
asesmen dan alat bantu pengajaran secara bersama-sama
seluruh pengalaman belajar.
G. Cocok untuk pembelajaran tematik
terintegrasi, lintas integrasi
pelajaran, berbagai bidang studi dan
keragaman budaya.

H. Penerapan teknologi informasi dan
komunikasi terpadu,
sistematis dan efisien
situasi dan kondisi
In reply to First post

Re: latihan

by Yogi Dwi Pambudi -
Nama : Yogi Dwi Pambudi
Npm : 2113053265
Sebagaimana Permendikbud No.22 (2016) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).

Dalam menyusun RPP hendaknya
memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut:
a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,
norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta
didik.
b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif,
penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan
keterpaduan antara KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-
terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h.Penerapan teknologi informasi dan
komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan
situasi dan kondisi
In reply to First post

Re: latihan

by RISTA NURCAHYANI -
Nama: Rista Nurcahyani
Npm: 2113053114

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah suatu rencana kegiatan pembelajaran yang disusun untuk satu pertemuan sebagai dasar pembelajaran yang akan terapkan oleh guru.
prinsip prinsip pembuatan RPP yaitu, (1) memperhatikan perbedaan setiap siswa, (2) keaktifan siswa (3) berpusat pada siswa untuk mempermudah pembelajaran, (4) pengembangan belajar dan menulis, serta (5) pemberian umpan balik dan tindak lanjut.
In reply to First post

Re: latihan

by RIZKA MARANTIKA -
Nama: Rizka Marantika
Npm: 2113053053
Kelas: 4J

Menurut saya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu dokumen yang berisi rencana kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru dalam satu semester atau satu tahun pelajaran. RPP dibuat oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. RPP harus disusun dengan baik dan benar agar dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP menurut saya adalah sebagai berikut:
1. RPP harus disusun dengan jelas dan sistematis agar mudah dipahami oleh guru dan siswa.
2. RPP harus mengacu pada kurikulum yang berlaku dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
3. RPP harus memuat tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik.
4. RPP harus memuat materi pembelajaran yang akan disampaikan dan metode pembelajaran yang akan digunakan.
5. RPP harus memuat penilaian hasil belajar siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
In reply to First post

Re: latihan

by Rania Zahra -
Rania Zahra
2113053264
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kegiatan perencanaan kegiatan pembelajaran untuk satu pertemuan atau lebih. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang berasal dari silabus, agar mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP menggambarkan tentang prosedur dan pengorganisasian pembelajaran dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus.
Prinsip Umum Penyusunan RPP
1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.
2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.
3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen Nasional.
5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.
6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube, PPT, penggunaan Zoom lainnya.
In reply to First post

Re: latihan

by Icha Puspita -
Nama : Icha Puspita
Npm : 2153053010

berdasarkan materi tersebut silahkan anda menjelaskan menggunakan bahasa sendiri tentang pengertian Rencana pelaksanaan pembelajaran dan tuliskan prinsip prinsip pembuatan RPP menurut bahasa mu sendiri....?

Mengarahkan guru untuk merancang sebuah metode pembelajaran yang disenangi siswa. Rancangan metode pembelajaran tersebut sangat memungkinkan dilakukan variasi oleh guru. prinsip prinsip pembuatan rrp itu ada 8
1. Perbedaan individual peserta didik.
2. Partisipasi peserta didik.
3. Berpusat pada peserta didik.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis.
5. Pemberian umpan balik dan tidak lanjut 6 penekanan pada keterkaitan dari keterpaduan antara KD materi pembelajaran kegiatan pembelajaran indikator pencapaian kompetensi penilaian dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7. Merekomendasi pembelajaran tematik terpadu keterpaduan lintas mata pelajaran lintas aspek belajar dan keragaman budaya serta
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi sistematis dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi apabila dari kedelapan prinsip penyusunan RPP yang baik dan benar berdasarkan kurikulum 2013 Kurtilas ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya maka/jukukan atau predikat sebagai seorang guru yang profesional sangat dinanti-nantikan.
In reply to First post

Re: latihan

by Putri Jihanisah putrijihanisah05 -
Nama: Putri Jihanisah
NPM: 2153053036

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).

alam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP.
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2. Berpusat pada peserta didik
3. Berbasis konteks
4. Berorientasi kekinian
5. Mengembangkan kemandirian belajar
6. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
7. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antar kompetensi dan/atau antar muatan
8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
In reply to First post

Re: latihan

by ELIYA ROISSATUL KHUSNIA -
Nama : Eliya Roissatul Khusnia
NPM : 2113053249

Menurut saya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan suatu dokumen yang dibuat oleh guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berisi rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru selama proses pembelajaran. RPP ini dibuat sebagai pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih teratur dan terencana.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP antara lain adalah:
  1. dalam membuat RPP guru harus memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
  2. RPP harus dibuat dengan melibatkan siswa secara aktif. artinya dalam membuat RPP guru itu harus mendesain pembelajaran yang membuat siswa itu berpartisipasi aktif.
  3. RPP harus berpusat kepada peserta didik. Artinya RPP yang dibuat itu harus menjadikan peserta didik sebagai fokus utama.
  4. Pengembangan budaya membaca dab menulis. RPP harus dibuat dengan pembelajaran yang tetap membuat siswa itu membaca dan menulis.
  5. RPP berisi rancangan program pemberian umpan balik yang positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.
  6. Penekanan terhadap keterkaitan antara KD, MAteri, Kegiatan pembelajaran, Indikator, penilaian, sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Menerpakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif.

In reply to First post

Re: latihan

by TRY WAHYUNING UTAMI -
Nama : Try Wahyuning Utami
Npm : 2153053041

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan sebuah pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang disusun oleh pendidik sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan . RPP merinci semua langkah yang akan diambil dalam pembelajaran, termasuk tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, metode dan strategi pembelajaran, serta penilaian hasil belajar peserta didik. Dengan adanya RPP, akan lebih mempermudah pendidik dalam mengelola waktu dan materi pembelajaran, serta memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP adalah sebagai berikut:

1. Relevan: RPP harus relevan dengan kurikulum yang ada, kebutuhan siswa, dan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar.
2. Jelas: RPP harus jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran.
3. Terukur: RPP harus memiliki tujuan yang dapat diukur atau dihitung dan dipantau tingkat keberhasilan nya.
4. Fleksibel: RPP harus feksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan lingkungan sekitar peserta didik.
5. Interaktif, RPP harus memperhatikan interaksi antara pendidik dan peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang.
6. Menyenangkan: RPP harus menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi, tidak bosan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut, pendidik akan dapat membuat sebuah RPP yang efektif dan efisien dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. RPP yang tepat akan membantu pendidik dalam memenuhi kebutuhan dan kemampuan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
In reply to First post

Re: latihan

by Raissa Lestari -
Raissa Lestari
2113053237

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar ”.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus
fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien.

Prinsip Prinsip RPP :
1. Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan di dalam silabus;
2. menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi ya sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
3. menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
4. penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus

Prinsip Khusus ini berdasarkan pertimbangan penyederhanaan RPP sesuai SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Adapun penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus memiliki dan memerhatikan Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang utamanya, yaitu: efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
In reply to First post

Re: latihan

by HUDZAIFAH 2113053129 -
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan suatu rangkaian pembelajaran yang berisi identitas, Kompetensi Dasar, Kompetensi Inti, Tujuan Pembelajaran, Langkah pembelajaran, dan penilaian yang disusun oleh guru untuk mempermudah proses pembelajaran. Dalam menyusun RPP guru dapat menuangkan ide atau gagasan supaya pembelajaran yang terlaksana dapat efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Beberapa prinsip dalam pembuatan rpp yaitu :
1. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku, artinya dalam pembuatan RPP guru harus memperhatikan kesesuaian dengan kurikulum.
2. Berorientasi pada peserta didik, artinya dalam membuat rpp sebaik mungkin pembelajaran diorientasikan ke peserta didik supaya siswa dapat aktif, dan bisa membangun pembelajarannya.
3. Jelas, artinya dalam menyusun RPP semua data yang ada di dalamnya haruslah jelas supaya mudah diterapkan.
4. Fleksibel, artinya RPP harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik.
In reply to First post

Re: latihan

by Eka Septiana Putri -
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secaralengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by TITI ANISANTURI -
Nama : Titi Anisanturi
Npm : 2113053202

RPP adalah sebuah rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru untuk kegiatan pembelajaran satu pertemuan atau lebih. Dan dikembangkan dari suatu materi pokok atau tema yang mengacu pada silabus untuk membuat alur pembelajarannya dalam mencapa kompetensi dasar (KD). RPP berisikan identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, KI, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelaaran, media, alat, dan sumber pembelajaran, langkah-langkah kegiatannya, serta penilaian.

Prinsip-prinsip dalam membuat RPP yakni :
1. RPP yang disusun guru harus mengacu pada silabus.
2. RPP yang dikembangkan harus sesuai silabus dan kondisi sekolah.
3. RPP yang dibuat harus membuat siswa berpartisipasi aktif.
4. RPP harus sesuai dengan tujuan K13.
5. RPP harus mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.
6. RPP didalamnya harus terdapat umpan balik, penguatan, pengayaan, dan remidi.
7. RPP disusun dengan memperhatikan KI dan KD.
8. RPP disusun secara tematik yakni gabungan dari beberapa ilmu.
9. RPP disusun dengan mempertimbangkan teknologi.
In reply to First post

Re: latihan

by NOVITA SARI -
Nama : Novita Sari
NPM: 2113053084
Rencana pelaksanaan pembelajaran, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi pengaturan yang berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang akan dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kemungkinan pelaksaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan ataupun tidak karena proses pembelajaran bersifat situasional, apabila perencanaan disusun secara matang maka proses dan hasil pembelajaran tidak akan jauh dari perkiraan.

Berikut prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut.
1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.
2. Memperhatikan partisipasi aktif siswa. Dalam menyusun RPP, guru perlu memperhatikan bagaimana partisipasi aktif siswa.
3. Penyusunan RPP pada langka-langkah pembelajaran harus berpusat pada siswa. Supaya mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Penyusunan RPP perlu memasukan budaya literasi, terlebih adanya program Asesmen Kompetensi Umum (AKM) yang menjadi salah satu bagian dari Asesmen Nasional.
5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi. Dalam hal ini, penyusunan RPP memuat bagaimana asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar siswa.
6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. Maksudnya adalah penyusunan RPP harus sinkron dari satu bagian ke bagian lainnya dan saling berkaitan.
7. Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penyusunan RPP jenis ini biasanya ditemui dalam jenjang PAUD dan SD, yang menggunakan pendekatan tematik. Jika guru akan menggunakan tematik, guru harus dapat mengaitkan dan memadukan isi dari mata pelajaran lain dengan lainnya.
8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam penyusunan RPP memuat penggunaan teknologi, sederhananya seperti menampilkan video dari Youtube dan ppt.
In reply to First post

Re: latihan

by Dinda Rahmawati -
Nama : Dinda Rahmawati
Npm : 2113053138

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk satu pertemuan atau lebih dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

Prinsip-prinsip Pembuatan RPP :
1. RPP disusun sebagai penjabaran dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran.
2. RPP dikembangkan dengan menyesuaikan silabus dan kondisi di satuan pendidikan
3. RPP harus memotivasi partisipasi aktif siswa.
4. RPP harus sesuai dengan tujuan suatu kurikulum.
5. RPP harus mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung.
6. Proses pembelajaran dalam RPP harus dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca dan menulis.
7. RPP memuat rancangan umpan balik, seperti penguatan, pengayaan, dan remidi.
8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar dan lain sebagainya.
9. RPP disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik, pembelajaran interdisipliner untuk sikap dan keterampilan yang akan dicapai.
10. RPP disusun dengan mempertimbangkan IPTEK.
In reply to First post

Re: latihan

by AL ALAWIYAH NISSYA WATI -
Nama : Al Alawiyah Nissya Wati
NPM : 2113053019

Menurut saya Rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP adalah sebuah dokumen penting yang berisi gambaran bagaimana suatu pembelajaran akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih. RPP ini biasanya disiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran di sekolah. tau RPP adalah sebuah dokumen penting yang berisi gambaran bagaimana suatu pembelajaran akan dilakukan selama satu kali pertemuan, satu semester, atau lebih. RPP ini biasanya disiapkan oleh guru sebelum memulai kegiatan pembelajaran di sekolah yang beriskan startegi metode,dan langakah-langkah pembelajaran.

Prinsip pembuatan RPP
1. Mempertimbangkan perbedaan individual siswa, seperti kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, dan motivasi belajar.
2. RPP harus disusun dengan jelas dan sistematis agar mudah dipahami oleh guru dan siswa.
3. RPP harus mengacu pada kurikulum yang berlaku dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
4. RPP harus memuat tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik.
5. RPP harus memuat materi pembelajaran yang akan disampaikan dan metode pembelajaran yang akan digunakan.
6. RPP harus memuat penilaian hasil belajar siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
In reply to First post

Re: latihan

by CINDY DIAN LESTARI -
Nama : Cindy Dian Lestari
NPM : 2113053042

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merupakan salah satu dokumen yang berisi mengenai rancangan perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan oleh seorang guru di dalam kelas pada satuan materi perhari. RPP hrus disusun secara baik agar dalam penyampaian materi lebih terstruktur, sistematis, dan efektif.

Berikut prinsip-prinsip pembuatan RPP :
1. RPP dibuat harus sesuai dengan acuan kurikulum yang di gunakan oleh sekolah dan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Supaya pendidik mampu mengetahui sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

2. RPP diharuskannfokus pada tujuan pembelajaran
Dalam pembuatan RPP harus sesuai dengan fokus capaian tujuan pembelajaran, sehingga pendidik mampu mengevaluasi hasil belajar siswa dengan capaian materi tersebut.
3. RPP Berintegrasi pada berbagai aspek pembelajaran
Dalam integrasi rpp ini agar berkaitan dengan aspek pembelajaran seperti aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

4. RPP mampu Berorientasi pada peserta didik
RPP yang diharuskan agar mengacu atau berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik siswa. Sehingga guru bisa dengan mudah memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan memperhatikan keseimbangan antara pembelajaran dan pengembangan karakter siswa.

5. RPP sesuai dengan Sumber dan Media Pembelajaran
RPP yang dibuat jika menggunakan sumber serta Media pembelajaran yang tepat dengan kebutuhan siswa maka membantu meningkatkan motivasi siswa dalam memahami materi dengan lebih mudah dan menarik.

Terimakasih
In reply to First post

Re: latihan

by ICA FARDILA -
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047

Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan (RPP) merupakan persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum mengajar. RPP merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai apa yang harus dilakukan guru saat melakukan kegiatan pembelajaran. RPP menggambarkan prosedur dan mengoprasikan pembelajaran. manfaat dan tujuan dari penyusunan RPP yaitu untuk memberikan landasan bagi guru agar proses belajar dan mengajar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan RPP yang telah dibuat.

Prinsip Penyusunan RPP dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual pengajar antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan pengajar.
  2. Partisipasi aktif pengajar.
  3. Berpusat pada pengajar untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
In reply to First post

Re: latihan

by WINIA RIYANTI NINGRUM -
Nama : Winia Riyanti Ningrum
Npm : 2153053006
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dibuat berdasarkan silabus untuk menjadi pedoman dalam kegiatan pembelajaran supaya siswa mampu mencapai kompetensi dasar (KD) yang sudah ditetapkan. Guru pintar harus menyusun rencana pembelajaran ini secara lengkap dan sistematis.
Menurut Permendikbud tahun 2016 Nomor 22, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus setidaknya memiliki 13 komponen. Komponen yang harus tertera dalam sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran adalah Identitas sekolah, identitas mata pelajaran atau tema/subtema, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran , dan penilaian/evaluasi.
In reply to First post

Re: latihan

by Alfina Damayanti -
Nama : Alfina Damayanti
NPM : 2113053274

RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu atau beberapa kali tatap muka. RPP ini dikembangkan dari silabus dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar mengajar dalam upaya mencapai kompetensi dasar.

Adapun penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus memiliki dan memerhatikan Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP yang utamanya, yaitu: efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Pertama, penyusunan RPP harus efisien. Ini berarti penulisan RPP harus dilakukan dengan tepat dan tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga.
Kedua, penyususan RPP harus efektif. Maksudnya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Ketiga, penyusunan RPP harus berorientasi pada peserta didik, yang berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar pesertadidik di kelas, sehingga nantinya dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
In reply to First post

Re: latihan

by ARDIAN TRI FANANDI -
Nama : Ardian Tri Fanandi
NPM : 2113053296

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan suatu dokumen yang dibuat oleh guru untuk pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP.
1. RPP harus disusun berdasarkan Kurikulum yang berlaku dan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan.
2. RPP harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik, seperti kemampuan dan kebutuhan belajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
3. RPP harus memperhatikan prinsip pembelajaran yang efektif dan menarik, sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.
4. RPP harus memperhatikan perencanaan evaluasi pembelajaran yang komprehensif dan mencakup semua aspek pembelajaran yang telah disusun.
In reply to First post

Re: latihan

by MIFTA ULJANNAH WIJAYA -
Nama : Mifta uljannah wijaya
Npm : 2153053047
Jawaban :
RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang di buat oleh tenaga pendidik setiap harisnya. Hal ini di kembangkan dari silabus agar tujuan kegiatan belajar mengajar menjadi teratur dan tercapai tujuan utamanya.
Prinsip dalam pembuatan RPP adalah di setiap RPP tenaga pendidik harus ada KD dan KI-1 , sosial KD dan KI-2,pengetahuan KD dan KI-3 dan keterampilan KD dan KI-4. Satu RPP hanya dapat di laksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
In reply to First post

Re: latihan

by ALAN BUDI KUSUMA -
Nama : Alan Budi Kusuma
Npm : 2113053206

Rencana Pelaksana Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih.
RPP mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Prinsip-prinsip pembuatan RPP
1. RPP disusun oleh guru sebagai implementasi dari ide kurikulum dan mengacu pada silabus ke dalam bentuk rancangan pembelajaran.
2. RPP dikembangkan menyesuaikan silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan.
3. RPP mendorong keaktifan siswa.
4. RPP sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 untuk menghasilkan siswa sebagai manusia mandiri dan tak henti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang berpusat pada peserta didik.
5. RPP dapat mengembangkan budaya baca, tulis, dan berhitung
6. Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan siswa gemar membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam tulisan
7. Memuat rancangan program umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remidi, dan umpan balik
8. Penyusunan memperhatikan hubungan antara KI dan KD, materi pelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
9. RPP disusun dengan akomodasi pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan ketrampilan serta keragaman budaya
10. Penyusunan RPP mempertimbangkan penerapan teknologi informasi, komunikqsi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai situasi dan kondisi.