Hasil uji korelasi menunjukkan ada hubungan positif antara HOTS dengan sikap ilmiah. Apakah dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah atau sebaliknya?
Assalamualaikum
Izin berdiskusi Prof dan teman-teman
Arti positif adalah hubungan HOTS dan sikap ilmiah searah, maksud searah di sini adalah semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula sikap ilmiah siswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah HOTS, maka semakin kecil pula sikap ilmiah siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah.
Izin berdiskusi Prof dan teman-teman
Arti positif adalah hubungan HOTS dan sikap ilmiah searah, maksud searah di sini adalah semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula sikap ilmiah siswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah HOTS, maka semakin kecil pula sikap ilmiah siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah.
In reply to Nanda Wiguna Putri Kusuma 2123025001
Re: DISKUSI UJI KORELASI
Saya sependapat Prof dengan teman-teman, arti positif adalah hubungan HOTS dan sikap ilmiah searah, maksud searah di sini adalah semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula sikap ilmiah siswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah HOTS, maka semakin kecil pula sikap ilmiah siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah.
Izin berdiskusi prof, Arti positif adalah hubungan HOTS dan Sikap Ilmiah peserta didik searah, maksud searah yaitu semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula Sikap Ilmiah peserta didik. Dan sebaliknya, semakin rendah Sikap Ilmiah yang dimiliki siswa, maka semakin kecil pula HOTS peserta didik.
Izin berdiskusi prof, Arti positif adalah hubungan HOTS dan Sikap Ilmiah peserta didik searah, maksud searah yaitu semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula Sikap Ilmiah peserta didik. Dan sebaliknya, semakin rendah Sikap Ilmiah yang dimiliki siswa, maka semakin kecil pula HOTS peserta didik. Namun, Hasil dari analisis korelasi tidak dapat menjelaskan hubungan sebab akibat melainkan hanya dapat mengukur hubungan antar variabel. Artinya, hasil korelasi tidak dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah atau sebaliknya.
Arti positif adalah hubungan HOTS dan Sikap Ilmiah peserta didik searah, maksud searah yaitu semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula Sikap Ilmiah peserta didik. Dan sebaliknya, semakin rendah Sikap Ilmiah yang dimiliki siswa, maka semakin kecil pula HOTS peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah peserta didik.
Izin mengikuti diskusi prof. Terdapat hubungan positif antara HOTS dengan sikap ilmiah. Ada pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah, dimana semakin baik kemampuan HOTS siswa akan semakin meningkat pula sikap ilmiah siswa.
Izin mengikuti diskusi prof, korelasi positif terjadi apabila nilai variabel X mengalami kenaikan dan diikuti kenaikan variabel Y. Korelasi negatif terjadi apabila nilai variabel X mengalami kenaikan maka nilai Y mengalami penurunan. Sehingga apabila terdapat hubungan positif antara HOTS dengan sikap ilmiah, maka semakin besar HOTS, maka semakin meningkat pula sikap ilmiah siswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah HOTS, maka semakin kecil pula sikap ilmiah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh HOTS terhadap sikap ilmiah.