Forum diskusi penyelesaian kasus uji efektivitas produk penelitian pengembangan

Diskusi kelompok 3

Diskusi kelompok 3

by Agus Suyatna -
Number of replies: 25

Kasus:

Seorang guru IPA melakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis inkuiri. Ia ingin menguji efektivitas LKPD hasil produk pengembangannya. Diskusikan:

  1. Empat alternatif desain eksperimen untuk menguji efektivitas hasil penelitian pengembangan tersebut
  2. rumusan  hipotesis untuk masing-masing alternatif  solusi
  3. Empat macam analisis statistik untuk menguji masing-masing hipotesis menggunakan SPSS
  4. interpretasi dari masing-masing hasil analisis
  5. alternatif solusi yang paling tepat untuk menguji efektivitas produk penelitian pengembangan tersebut

In reply to Agus Suyatna

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Izin memulai diskusi prof. Terdapat beberapa bentuk desain eksperimen, yaitu :
  • Pre-experimental (nondesign), yang meliputi one-shot case studi, one group pretest-posttest, intec-group comparison;
  • True-experimental, meliputi posttest only control design, pretest-control group design;
  • Factorial experimental; 
  • Quasi experimental, meliputi time series design dan non-equivalent control group design.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Rumusan hipotesis untuk alternatif yang menggunakan desain eksperimen one-shot case study adalah sebagai berikut:
Judul: Pengaruh penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
Rumusan masalah: Apakah ada pengaruh LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa?
Hipotesis: 
H0 : Tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
H1 : ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Nanda Denny DPJ -
Izin menambahkan berikut gambaran dari desain one shot case studi
Attachment images (3).jpeg
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
One shot care study design ini menurut saya termasuk desain penelitian yang lemah karena hanya ada kelas eksperimen dan hanya ada tes di akhir pembelajaran saja sehingga kita sulit untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan hasil observasi (O) yang diakibatkan oleh perlakuan (X).
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Rumusan hipotesis untuk alternatif yang menggunakan desain Faktorial (Factorial Design)
Judul: Penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
H0:
  • tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
  • tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis inkuiri dengan kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional.
  • tidak ada pengaruh penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa.

H1: 
  • ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
  • ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan LKPD berbasis inkuiri dengan kelas kontrol yang menggunakan LKPD konvensional.
  • ada pengaruh penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
1. Posttest only non ekuivalen control group design
H0 = Tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yg menggunakan LKPD berbasis inkuiri dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD berbasis inkuiri
H1 = Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yg menggunakan LKPD berbasis inkuiri dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan
LKPD berbasis inkuiri

2. Pretest-posttest non ekuivalen control group design
H0= Tidak ada perbedaan rata-rata N-Gain kelas yang belajar menggunakan LKPD berbasis inkuiri secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan LKPD
konvensional
H1= Ada perbedaan rata-rata N-Gain kelas yang belajar menggunakan LKPD berbasis inkuiri secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan LKPD
konvensional

3. A Basic Time Series Design
H0 = Tidak ada perbedaan rata-rata N-Gain hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis inkuiri.
Hi = Terdapat perbedaan rata-rata N-Gain hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis inkuiri

4. Control Time Series Design
H0 = Tidak perbedaan rata-rata N-Gain hasil belajar yang signifikan antara kelas
eksperimen menggunakan LKPD berbasis inkuiri dengan kelas kontrol yang
menggunakan LKPD konvensional.
H1 = Terdapat perbedaan rata-rata N-Gain hasil belajar yang signifikan antara kelas
eksperimen menggunakan LKPD berbasis inkuiri dengan kelas kontrol yang
menggunakan LKPD konvensional.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
Izin berdiskusi teman-teman. Setelah mempelajari keempat alternatif desain eksperimen untuk menguji efektivitas hasil penelitian pengembangan, menurut teman-teman desain penelitain yang mana yang cocok untuk kasus tersebut?
In reply to MELI SAFITRI 2123025005

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Menurut saya, semua desain dapat digunakan. Desain yang digunakan harus disesuaikan dengan perlakuan yang dilakukan. Misalnya untuk desain one group pretest-posttest. Dalam desain ini terdapat dua grup yang dipilih secara random kemudian diberi pretest untuk mengetahui perbedaan keadaan awal antara group eksperimen dan group kontrol. Hasil pretest yang baik adalah jika nilai group eksperimen tidak berbeda secara signifikan.
In reply to MELI SAFITRI 2123025005

Re: Diskusi kelompok 3

by Nanda Denny DPJ -
saya sependapat mba. untuk menyelesaikan kasus tersebut dapat menggunakan semua desain. hanya saja, kita sebagai peneliti perlu menyesuaikan perlakuan, jumlah kelas dan rentang waktu ketika melakukan penelitian.
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Saya setuju dan pastinya desain yang digunakan adalah desain kuasi eskperimen. Quasi eksperimental design merupakan salah satu metode eksperimen yang mempunyai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Namun, kelompok kontrol ini tidak berfungsi banyak untuk mengontrol variabel- variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan penelitian. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Quasi eksperimental design, digunakan karena pada kenyataannya sulit mendapatkan kontrol yang digunakan untuk penelitian. Quasi eksperimental design dibagi ke dalam dua bentuk desain yaitu time-series design dan nonequivalent control group design
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Nanda Denny DPJ -
Untuk desain yang terdapat pada Quasi eksperimental design dapat dilihat pada bagan beikut
Attachment bagan desain eksperimen.png
In reply to Agus Suyatna

Re: Diskusi kelompok 3

by Nanda Denny DPJ -
Izin mengikuti diskusi prof.
Berdasarkan artikel yang saya baca, Sugiyono (2007:73) membagi macam-macam desain penelitian eksperimenal menjadi empat yaitu (a) Pre-experimental, (b) True Experimental,
(c) Quasi Experimental, dan (d) Factorial Experimental
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by Nanda Denny DPJ -
Rumusan hipotesis untuk alternatif yang menggunakan desain eksperimen quasi experimentasl dengan pretest posttest non ekuivalen adalah sebagai berikut:
H0 : Tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
H1 : ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
Mengapa hipotesis penelitian yang teman-teman buat berhubungan dengan ada atau tidaknya pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen? Bukankah ini adalah hipotesis untuk uji regresi? Mohon penjelasannya teman-teman, karena contoh artikel yang saya peroleh menyatakan hasil penelitian seperti berikut ini:
"media interaktif berorintasi konstruktivisme ini dapat membuat aktivitas pembelajaran menjadi efektif"

Betikut ini saya lampirkan artikel trsb.
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Rumuan hipotesis untuk alternatif yang menggunakan desain Time-Series Design adalah sebagai berikut:
HO: 
  • tidak ada perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebelum menggunakan LKPD berbasis inkuiri.
  • tidak ada perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen sesudah menggunakan LKPD berbasis inkuiri.

H1: -
  • ada perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen sebelum menggunakan LKPD berbasis inkuiri.
  •  ada perbedaan hasil belajar siswa di kelas eksperimen sesudah menggunakan LKPD berbasis inkuiri.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Pada design time series,peneliti melakukan pengukuran di depan selama tiga kali berturut, kemudian peneliti memberikan perlakuan pada obyek yang diteliti. Kemudian peneliti melakukan pengukuran selama tiga kali lagi setelah perlakuan dilakukan. Design ini merupakan pengembangan dari One Group Pretest-Posttest Design, jika pengukuran dilakukan secara berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Nanda Denny DPJ -
Dalam desain ini, sebelum diberi perlakuan, kelompok diberi pretest sampai tiga kali, dengan maksud untuk mengetahui kestabilan dan kejelasan keadaan kelompok sebelum diberi perlakuan. Bila hasil pretest selama tiga kali ternyata nilainya berbeda- beda, berarti kelompok tersebut keadaannya labil, tidak menentu, dan tidak konsisten. Setelah kestabilan keadaan kelompok dapat diketahui dengan jelas, maka baru diberi treatment.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
jdi time series desain merupakan pengembangan dri one group pretest-postest design yaaa maa, tetapi dlm time series ada rentang waktu pengukuran. Untuk banyaknya pengukuran ini apakah ada batasan minimalnya mba? atau harus sebanyak 3x atau 4x atau lebih?
In reply to MELI SAFITRI 2123025005

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Saya membaca dibuku Sugiyono mengenai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif bahwa time series ini dapat dilakukan sebanyak 4x. Penyidikan dimulai dengan pengamatan terhadap obyek penyidikan dan pemeriksaan pendahuluan terhadap obyek tersebut. Pengamatan ini dilakukan beberapa kali untuk mengecek kestabilan objek penelitian.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Design time series ini dibedakan menjadi basic time series dan control time series. Control time series design merupakan rancangan rangkaian waktu dengan menggunakan kelompok pembanding (kontrol). Keuntungan penggunaan desain ini lebih menjamin adanya validitas internal yang tinggi karena pada desain ini memungkinkan adanya kontrol terhadap validitas internal.
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
Iyaa pada uji efektivitas ini menurut saya lebih baik menggunakan pretest posttest non ekuivalen control group design. Keunggulannya karena terdapat tes sebelum dan sesudah perlakuan serta ada kelas eksperimen dan kontrol. Tapi apabila kita ingin melihat bagaimana variabel bebas mempengaruhi variabel terikat untuk jangka waktu tertentu maka kita bisa menggunakan time series pretest posttest non ekuivalen control group design.
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by Fatynia Ilmiyatni -
Selain pretest posttest non ekuivalen, terdapat juga desain postes only non ekuivalen grup.
Dalam desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Dalam desain ini baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dibandingkan. Kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan sedangkan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian eksperimen nonequivalent posttest-only control group design ialah memberi perlakuan pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan biasa. Kemudian, memberikan post-tes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen
Untuk memudahkan menyelesaikan kasus tersebut, dirumuskan hipotesis sebagai berikut.
Hipotesis

H0 = Tidak ada perbedaan signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
H1 = Ada perbedaan signifikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa
In reply to Fatynia Ilmiyatni

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
Menurut saya design posttest only non ekuivalen group design yg lemah dikarenakan kita tidak dapat membedakan antara sblm dan sesudah perlakuan
In reply to Nanda Denny DPJ

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
Contoh quasi eksperimen yaitu Posttest only non ekuivalen control group design, Pretest-posttest non ekuivalen control group design, basic time series design dan control time series design
In reply to Agus Suyatna

Re: Diskusi kelompok 3

by MELI SAFITRI 2123025005 -
Izin berdiskusi Prof.
Metode analisis data kuantitatif : Analisis deskriptif, Analisis regresi, Analisis faktor

Metode analisis data kualitatif : Analisis konten , Analisis naratif , Analisis wacana