བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
PERTEMUAN 1
PERTEMUAN 2 - HAKIKAT DAN KONSEP DASAR PERSPEKTIF GLOBAL
Asalamualikum wr wb.
Dalam pembelajaran tentang materi Perspektif Global, menyajikan landasan konsep untuk mempelajari materi modul selanjutnya, karena dalam modul ini dipelajari tentang hakikat dan konsep perspektif global. Anda tentu sering mendengar istilah yang saat ini sangat populer dan sering disebut-sebut yaitu global dan globalisasi. Adakah kaitan antara kedua istilah tersebut dengan materi modul ini? Untuk memahami mata kuliah Perspektif Global, akan kita bahas bersama beberapa istilah yang erat kaitannya dengan mata kuliah ini, yaitu istilah ”global, globalisasi, dan Pendidikan Global”. Anda harus dapat memahami istilah-istilah tersebut. Silahkan dipahami dan disimak diskusi dari kelompok 1 dibawah ini.
selamat berdiskusi.
Silahkan mahasiswa 6C Absen dibawah ini, dengan cara reply di kolom komentar
Nama:
Npm:
Anggota kelompok 1
• Alga Rahmad Prasetyo (2013053174)
• Batrisya Aulia (2013053170)
• Nila Amalia Nabila (2013053107)
• Wahyu Rano Nugroho (2013053120)
• Yuliana Vira (2013053118)
Silahkan baca PPT dan makalah yg sudah disediakan. lalu diskusikan di kolom forum
Silahkan lanjutkan diskusi,
Setelah materi dibaca, beri 5 Pertanyaan,
Utk notulensi sebutkan Nama dan NPM,
buat berita acara siapa saja yang bertanya.
Pada umumnya kita tidak memahami bahwa sebenarnya hidup kita ini terbentuk karena adanya pengaruh dari peristiwa di dunia. Kita tidak dapat membayangkan bagaimana sulitnya aktivitas masyarakat suatu bangsa tanpa adanya hubungan global. Oleh karena itu, para ahli pendidikan bersepakat bahwa perspektif global harus diberikan di sekolah. 2. Perspektif global merupakan suatu pendekatan menyeluruh yang mencoba memahami keterkaitan guru dan siswa dalam memahami hubungan mereka dengan masyarakat dunia. 3. Perspektif global bertitik tolak dari kehidupan sehari-hari, dan peristiwa yang terjadi sehari-hari, misalnya pengangguran, kelaparan, pestisida, kepadatan penduduk, pengungsi dan sebagainya yang mempunyai dampak global.
Demikian perkuliahan saya tutup, mhn maaf apabila ada kesalahan dalam menyampaikan, smpai bertemu di minggu depan.
Walamaualikum wr wb
PERTEMUAN 4 - esenjangan antara Negara Maju dan Negara Berkembang dan Terbelakang
Asalamualaikum wr. wrb
Halo selamat pagi semuanya temamn-teman 6C hari ini kita belajar tentang perspektif terkait Kesenjangan antara Negara Maju dan Negara Berkembang dan Terbelakang. Masalah yang dihadapi negara-negara sedang berkembang atau negara dunia ketiga setelah memproklamirkan kemerdekaannya adalah masalah keterbelakangan (underdevelopment). Menurut Frank (1984) keterbelakangan merupakan hasil dari kontak yang diadakan oleh negara-negara berkembang dengan negara-negara maju. Kontak dengan negara-negara maju tidak menularkan nilai-nilai modern yang dibutuhkan pembangunan,tetapi sebaliknya dia membutuhkan suatu kolonialisme didalam negeri yang dilakukan oleh kaum elite dari negara-negara berkembang yang bekerja sama dengan kaum pemodal dari luar negeri dan mengeksploitir rakyat miskin dinegeri tersebut.Untuk melihat fenomen keterbelakangan yang dialami negara-negara berkembang paling tidak dapat dianalisis dengan menggunakan dua teori pembangunan,yaitu teori modernisasi dan teori ketergantungan (dependensi).
Dalam pembahasan hari ini, silahkan lanjut diskusi kelompok 3 terimakasih...
Silahkan tulis nama npm dibawah ini
Anggota kelompok 3 yakni:
1. Aisyah Mutiara Sani (2013053102)
2. Miftahul Khoiriyah (2013053169)
3. Nanda Nur Romadhanita (2013053111)
4. Tika Rahmawati (2013053090)
5. Yenny Nafisah (2013053143)
Silahkan baca dan berikan pertanyan kepada anggota kelompok terkait materi hari ini
Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat dari tahun ketahun. Pertumbuhan ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang menyebabkan kenaikan pendapatan riil perkapita penduduk di suatu wilayah dalam jangka panjang. dimana pertumbuhan ekonomi dapat di ukur melalui Produk Nasional Bruto (PNB) yang dapat mencerminkan tingkat kesejahteraan masyarakat. didalam proses pertumbuhan ekonomi itu sendiri masih memiliki berbagai masalah yang dihadapi, salah satunya ketimpangan pembangunan antar wilayah.
Ketimpangan itu sendiri terjadi karena faktor dari pihak pemerintah dalam melakukan pembangunan di suatu wilayah perkotaan atau di daerah hanya beberapa yang tersentuh. Jadi dengan adanya perbedaan pembangunan dan infrastruktur juga berdampak terhadap pendapatan masyarakat baik yang ada dikota maupun didaerah. Oleh karena itu pemerintah harus meningkatkan pembangunan dalam suatu daerah itu secara merata sehingga diwilayah tersebut dapat di optimalkan pertumbuhan ekonominya. Ketimpangan pada dasarnya disebabkan adanya perbedaan kandungan sumber daya alam dan perbedaaan kondisi demografi yang terdapat pada masing masing wilayah.
PWERTEMUAN 6 - DAMPAK-DAMPAK GLOBALISASI
Aslamualikum wr wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam memahami Dampak-Dampak Globalisasi.
Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Silahkan tulis nama dan npm
Anggota kelompok 5
Annisa Hasbid
Besti Nopita Sari
Nurul Aulia Azharie
Safitri Wahyuningtias
Telah memaoarkan hasil diskusinya dengan ouput makalah dampak globalisasi. Sudah diterima dengan baik.
Utk para peserta diskusi harap dibaca dan dipahami makalah dan PPT, jika ada yg bertanya silahkan di forum diskusi ini.
Terimaksih..
Untuk mempertanyakn hasil diskusi dari kelompok 5, silahkan para peserta diskusi bertanya dengan menyebutkan Nama dan Npm dengan jelas lalu pertanyaan terkait permasalahn dampak Globalisasi.
Penutup dan Kesimpulan
Globalisasi merupakan sebuah perubahan sosial, berupa bertambahnya keterkaitan di antara masyarakat dan elemen-elemennya yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi dibidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi pertukaran budaya dan ekonomi internasional. Dalam dunia globalisasi kita harus mengetahui beberapa hal yaitu mulai darikarakteristik globalisasi, faktor pendukung globalisasi, pengaruh globalisasi dan dampak dari globalisasi. Karena dalam dunia globalisasi banyak sekali pengaruh positif dan negatif dari bidang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi dan pengaruh yang masuk dari berbagai negara di dunia.
Terimakasih semuanya atas kehadiran di pertemuan 6 ini. Semoga apa yg kita kerjakan mendapat berkah dan kebaikan di dunia maupun akhirat, sampai bertemu di minggi depan saya akhiri
wasalamualikum wr wb.
PERTEMUAN 7 - KESENJANGAN DAN ISU SOSIAL
Aslamualikum wr wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam memahami Kesenjangan Isu Sosial
Harapan kami sebagai pengajar semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Silahkan tulis nama, nim, kelas
Kesenjangan sosial merupakan suatu kondisi dimana ada hal yang tidak seimbang di dalam kehidupan masyarakat. Entah itu secara personal maupun kelompok. Dimana ada ketimpangan sosial yang terbentuk dari sebuah ketidakadilan distribusi banyak hal yang dianggap penting oleh masyarakat.
Kesenjangan tersebut seringkali dikaitkan dengan adanya suatu bentuk perbedaan yang sangat nyata serta dapat dilihat dalam segi keuangan masyarakat, seperti kekayaan harta. Terlebih untuk hal kesenjangan dalam bidang ekonomi. Sekarang ini sangat mudah dilihat dari adanya potensi serta peluang yang tidak sama dalam posisi sosial di masyarakat.
Selain hal di atas, kesenjangan juga dapat dilihat dari adanya ketidaksetaraan antara barang, jasa, hukum, dan kesempatan yang didapatkan oleh setiap individu.
Silahkan mulai diskusi dengan menyebutkan nama dan npm
Demikian, itulah beberapa penjelasan mengenai kesenjangan sosial serta faktor yang mempengaruhinya. Sebagai generasi modern, tentu kita perlu memperhatikan hal tersebut. Supaya nantinya, kesenjangan sosial akan lebih mudah dikurangi. Terlebih sekarang ini, globalisasi sudah mendunia. Sehingga kita harus siap menghadapi persaingan dalam skala internasional.
PERTEMUAN 8 - UJIAN TENGAN SEMESTER

Asalamualaikum wr wb
Selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa pada matakuliah PPKn semoga hari ini kita diberikan semangat untuk dapat menyelesaikan Ujian Tengah Semester dengan baik dan hasil yang sesuai dengan harapan. Berikut adalah petunjuk pelaksanaan UTS Mata Kuliah PPKn
1. Waktu pelaksanaan UTS berlangsung pada saat jadwal perkuliahan PPKN dilaksanakan Silahkan anda mengerjakan sesuai waktu yang telah ditentukan
2. Sebelum memulai mengerjakan silahkan berdoa terlebih dahulu, kerjakan dengan jujur dan penuh tanggung jawab saya tidak melihat proses mu mengerjakan tetapi TUHAN melihat semua yang anda lakukan belajariah jujur sebagai manusia yang beriman dan jangan pernah curang
SELAMAT MENGERJAKAN
Tulis nama nim dan kelas
Kepada seluruh mahasiswa terimakasih telah mengerjakan ujian akhir semester pada pertemuan ke delapan ini Semogo hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan kalian semua sampai bertemu lagi minggu depan untuk pertemuan ke sembilan dengan materi materi berikutnya. Terimakasih
PERTEMUAN 9 - MASALAH PENDIDIKAN DAN SOLUSINYA
Asalamualaikum wr wb
Selamat pagi semuanya, bertemu lagi di pertemuan 9 terkait materi masalah pendidikan dan solusinya. Membicarakan kualitas pendidikan di Indonesia sangatlah memprihatinkan dibuktikan dengan data UNESCO tahun 2000 tentang peringkat indeks pengembangan manusia atau lebih dikenal dengan Human Development index, yang berisi cakupan dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan perkepala atau perorangan.Perlu kita ketahui bahwa pendidikan di Indonesia sekarang sangat memprihatinkan, yang dimana kita melihat sendiri banyak sekali pengangguran yang kian bertambah setiap tahunnya.Masalah pengangguran mungkin sudah familiar di negara-negara yang berkembang salah satunya Indonesia, namun perlu kita ketahui bahwa negara tidak akan pernah maju ketika sumber daya manusia tidak meningkat, karena percuma suatu negara memiliki sumber daya alam yang melimpah namun sumber daya manusianya kurang.
Untuk lebih lanjut kita diskusikan dan beri solusi melalui forum diskusi. selamat berdiskusi..
Tulis nama dan NPM
Anggota kelompok 7
-Della Delista 2013053115
- Lintang Septianingrum 2013053100
- Rosyid Bayu Pamungkas 2013053144
- Uswatun Isna Lutfiani 2013053074
Silahkan diskusikan di forum ini
Alhamdulillah selesai sudah diskusi kita terkait permasalahn pendiidkan Masalah pendidikan di Indonesia sangat perlu diperhatikan, karena ketika pendidikan suatu negara sudah lemah maka tentu sumber daya manusia akan lemah pula, ketika sumber daya manusia lemah maka yang akan terjadi adalah kita akan mudah dibodohi oleh negara-negara lain dan bahkan beresiko untuk dijajah.Maka dari itu pendidikan membutuhkan perhatian besar dalam masalah ini, dengan melihat segala permasalahan pendidikan di Indonesia kita harus sadar dan bergerak bagaimana mengatasi permasalahan tersebut atau solusi dari permasalahan tersebut.
Saya akhiri wasalmualiakum wr.wb
GLOBALISASI DALAM BIDANG IPTEKS
Asalamualikum Wr.wb
Globalisasi IPTEK adalah proses perluasan dan penyebaran pengetahuan dan teknologi modern melalui media elektronik dan transportasi. Proses ini memungkinkan orang, perusahaan, dan negara dapat berinteraksi dan berkoordinasi dengan lebih mudah. Globalisasi IPTEK sendiri mencakup berbagai bidang seperti teknologi informasi, komunikasi, bioteknologi, dan ilmu pengetahuan lainnya.
Globalisasi IPTEK dapat membantu mengatasi batasan geografis dan kultur dalam penyebaran informasi dan teknologi, mempercepat perkembangan dan inovasi serta memfasilitasi transfer pengetahuan antar negara. Proses ini membantu negara-negara berkembang mengakses dan menggunakan teknologi terbaru, memperkuat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup.
Tulis nama dan NPM
Kelompok 8
Agung Kurniawan 2013053103
Nurul Hidayah 2013053124
Silvia Ananda 2013053077
Zihan Meidina Azzahra 2013053087
ASALAMUALAIKUM WR WB
Silahkan diskusikan kelo pok tentang perkembsngan iptek, tulis nama dn npm utk pertanyaan
Salah satu upaya menghadapi globalisasi bidang IPTEK adalah menyaring informasi yang baik dan bermanfaat. Selain itu, diperlukan juga pengawasan dari semua pihak agar informasi yang beredar tidak berdampak negatif terutama bagi kalangan muda. Masyarakat juga harus berusaha mengikuti perkembangan IPTEK agar tidak tertinggal dari negara lain, serta tidak mudah terpengaruh oleh informasi dari luar.
PENUGASAN PERSPEKTIF GLOBAL
Asalamualaikum wr. wb
Selamat iang semuanya untuk peserta kelas 6C Perspektif Global, silahkan isi rangkaian perkuliahan hari ini, absensi dan juga penugasan yang tertera di lama VCLASS..
Silahkan tulis nama, nim dan kelas
buat lah artikel / Jurnal yang bertajuk materi , dengan ketentuan:
1. pilihlah judul yang berkaitan dengan tajuk Materi apa saja terkait Perspektif Global.2. format: cover, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta daftar pustaka.
3. dikumpulkan dalam bentuk PDF Maksimal 20 MB.
4. Dateline 21 Mei 2023
CARA MENGERJAKAN JURNAL/ARTTIKEL, SESUAI TEMPLATE SEBAGAI BERIKUT:
dari 48 mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok pembuatan jurnal.
literasi/sumber yang jelas jurnal2 lainnya terkait.
10 May - 16 May