Weekly outline
General
Silahkan Join
Gmeet pertemuan 9 sampai 16
https://meet.google.com/mof-adwc-ucm
Maksimal kehadiran 15 menit dari jam perkuliahan
Pertemuan 1
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera,
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat dan dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
Selamat datang di mata kuliah Perencanaan Pembelajaran. Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang mengambil program S1 PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung. Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, KPD620108
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr Wb
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Pertemuan 2
- Pengertian; Kriteria; serta pendekatan system dan
model-model desain pembelajaran
- Pengertian; Kriteria; serta pendekatan system dan
model-model desain pembelajaran
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertemuan ke 3
- Pengertian perencanaan & perencanaan pembelajaran.
- Karakteristik dan Dimensi Perencanaan Pembelajaran;
- Muatan perencanaan pembelajaran;
- Tujuan & Manfaat perencanaan pembelajaran;
- Produk Perencanaan Pembelajaran
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertemuan ke 4
- Pengertian Analisis Kurikulum;
- Tujuan dan Fungsi Analisis Kurikulum;
- Ruang Lingkup Analisis Kurikulum;
- Pengembangan Kurikulum yang digunakan di Indonesia,
- Luaran Analisis Kurikulum
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertemuan ke 5
- Pengertian, prinsip pengembangan silabus, tahapan Pengembangan Silabus, Komponen dan Format Silabus, Contoh Silabus sesuai dengan kurikulum yang berlaku
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertemuan ke 6
- Pengertian, prinsip pengembangan RPP, tahapan Pengembangan
RPP, Komponen dan Format RPP, Contoh RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku
- Pengertian, prinsip pengembangan RPP, tahapan Pengembangan
RPP, Komponen dan Format RPP, Contoh RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertemuan ke 7
- Pengertian Bahan Ajar,
- Karakteristik Bahan Ajar,
- Macam-macam Bahan ajar dan contohnya,
- Kriteria Penyusunan Bahan Ajar,
- Prosedur Penyusun dan Pengembangan Bahan Ajar
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Mohon Isi Nama dan NPM
(maksimal 13.40)
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertemuan ke 8
Ulangan Tengah Semester (UTS)
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, rekan-rekan sekalian akan melaksanakan ulangan tengah semster (UTS). Diharapkan untuk mengerjakan secara individu dan dituliskan menggunakan bahasa sendiri, yang singkat, padat, dan jelas.
Selamat mengerjakan!! Semoga berhasil!
Berikut ini soal UTS pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran.
Ketentuan pelaksanaan UTS :
1. Pilihlah 4 soal yang ingin kamu pilih dari 6 soal yang disediakan.
2. Harap dikerjakan sesuai dengan kemampuan pribadi dan tidak meng-copy paste jawaban.
Selamat mengerjakan! Terima kasih.
Demikian ulangan tengah semester (UTS) yang telah rekan-rekan mahasiswa kerjakan, semoga mendapatkan hasil sesuai dengan kerja keras yang telah kalian berikan. Terima kasih!
Pertemuan ke 9
- Metode dan Teknik Pembelajaran; Startegi Penentuan
Pendekatan Metode, dan Teknik Pembelajaran
- Metode dan Teknik Pembelajaran; Startegi Penentuan
Pendekatan Metode, dan Teknik Pembelajaran
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Kepada rekan-rekan mahasiswa bagi yang bertugas silahkan share makalahnya dan bagi rekan-rekan lain yang ingin bertanya dan menjawab silahkan sampaikan di forum diskusi ini.
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Kerjakan sampai dengan 15 menit dari waktu perkuliahan dimulai
1. Dalam masa pandemi yg belum usai, bagaimanakah merencanakan pembelajaran yang efektif?
2. Agar pembelajaran daring berjalan maksimal dalam penyampaian materi, syarat dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi oleh siswa/pelajar?
Pertemuan ke 10
- Konsep Dasar Langkah Pembelajaran;
- Kriteria Langkah Pembelajaran;
- Tahapan dan Ruang Lingkup Tahapan Pembelajaran;
- Strategi Penyusunan Tahapan Pembelajaran
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Mohon tuliskan pertanyaa, sanggahan, dan jawaban disni
Mohon sampaikan pertanyaan, jawaban dan sanggahan disini.
Sampaiakan Pertanyaan, Jawaban dan sanggahan disni
Kumpulkan PPT disni
Pertemuan ke 11
- Pengertian Media dan Sumber Belajar;
- Jenis Media dan Sumber Belajar;
- Kriteria Pemilihan Media dan Sumber Belajar;
- Penentuan (Pembuatan) Media dan Sumber Belajar
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Sampaiakan Pertanyaan, Jawaban, dan Sanggahan disni
Sampaiakan Pertanyaan, Jawaban, dan Sanggahan disni
Sampaiakan Pertanyaan, Jawaban, dan Sanggahan disni
MAkalah dan PPT
Materi
FOTO PERKULIAHAN
Pertemuan ke 12 (QUIS)
- Pengertian Penilaian;
- Jenis, Bentuk, dan Ragam Penilaian;
- Instrumen Penilaian
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
TULIS TANGAN, MAKSIMAL 04-05-2022
1. Susunlah langkah-langkah pembelajaran SD Kelas rendah dalam masa pandemi?
2. Bagaimana cara mengajar dikelas jika terdapat 1 anak berkebutuhan khusus di dalam kelas?
3. faktor apa yang memungkinkan dapat menghambat ketuntasan pemebelajaran di kelas?
4. materi Pelajaran "Bangun Ruang"
tentukan KD, KI, alat dan bahan, langkah pembelajaran?
Pertemuan ke 13
- Mengembangkan Silabus dan RPP dengan komponen-komponen:
- Pengembangan kompetensi dasar; Pengembangan Pengalaman Belajar dan scenario pembelajaran;
- Pengembangan Indikator keberhasilan belajar; Pengembangan jenis penilaian;
- Penentuan alokasi waktu;
- Penetapan Materi Pembelajaran dan Sumber belajar;
- Pengembangan Media/alat pembelajaran;
- Pengembangan alat evaluasi
(kognitif, afektif, psikomotor)
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertanyaan
Pertanyaan
Pertemuan ke 14
- Mengembangkan Silabus dan RPP dengan komponen-komponen:
- Pengembangan kompetensi dasar; Pengembangan Pengalaman Belajar dan scenario pembelajaran;
- Pengembangan Indikator keberhasilan belajar; Pengembangan jenis penilaian;
- Penentuan alokasi waktu;
- Penetapan Materi Pembelajaran dan Sumber belajar;
- Pengembangan Media/alat pembelajaran;
- Pengembangan alat evaluasi (kognitif, afektif, psikomotor)
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertanyaan, jawaban, dan sanggahan
Pertanyaan, jawaban, dan sanggahan
Pertemuan ke 15
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi. Apakah kalian sudah siap? Mari belajar!!
Demikian tadi perkuliahan kita, semoga rekan-rekan mahasiswa semua dapat memahami materi yang disampaikan pada hari ini dengan baik.
Pertanyaan
Pertanyaan
Pertemuan ke 16
Ulangan Akhir Semester (UAS)
Assalamualaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, pada pertemuan ini, rekan-rekan sekalian akan melaksanakan ulangan akhir semster (UAS). Diharapkan untuk mengerjakan secara individu dan dituliskan menggunakan bahasa sendiri, yang singkat, padat, dan jelas.
Selamat mengerjakan!! Semoga berhasil!
Demikian ulangan akhir semester (UAS) yang telah rekan-rekan mahasiswa kerjakan, semoga mendapatkan hasil sesuai dengan kerja keras yang telah kalian berikan. Terima kasih!
1. Media Belajar apa dan sumber belajar apa yang tepat untuk anak SD kelas rendah? mengapa?
2. Jenis penilaian seperti apa yg tepat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa SD matapelajaran
a. matematika, jelaskan alasannya
b. seni lukis, jelaskan alasanya3. Susunlah garis besar langkah pembelajaran untuk matapelajaran MTK luas dan volume bangun ruang?
4. Haruskan setiap guru menyusun RPP dan Silabus? jelaskan
Tulis tangan, Foto/scan, maksimal 11 Juni 2022