Topic outline
Pertemuan 1. Hari Jum'at 27 Agustus 2021
Mata kuliah ini mengkaji layanan dan bimbingan konseling untuk AUD yang meliputi konsep bimbingan konseling untuk perkembangan AUD, pendekatan dalam bimbingan perkembangan, program bimbingan dan konseling, bentuk bimbingan dan konseling, analisis bimbingan dan konseling, layanan dan evaluasi tindak lanjut serta pelaporan bimbingan dan konseling untuk AUD.
Pertemuan 2. Hari Jum'at 3 September 2021
Membahas tentang sejarah, latar belakang, pengertian, tujuan, fungsi atau manfaat, prinsip serta ruang lingkup dari bimbingan dan konseling.
Pertemuan 3. Hari Jum'at 10 September 2021
Membahas tentang Karakteristik perkembangan AUD, Ciri perkembangan AUD, Prinsip perkembangan AUD, Aspek-aspek perkembangan AUD serta Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan.
Pertemuan 4. Hari Jum'at 17 September 2021
Membahas tentang berbagai teori perkembangan dari para ahli antara lain Perspektif Biologis – Temperamen Perspektif Psikoanalisis - Teori psikoseksual dari Freud - Teori psikososial dari Erikson Perspektif Pembelajaran Teori Skinner, Watson dan Bandura Perspektif Kognitif - Teori Piaget and Vigotsky Perspektif Kontekstual - Teori ekologi Bronfrenbrenner Perspektif Evolusionari/ Sosio-biologik -Teori attachment dari Bowlby dan Ainsworth Perspektif Moral – Teori Kohlberg
Hari ini kita akan membahas tentang Perspektif teori perkembangan menurut berbagai ahli, seperti Piaget, Vygotsky, Freud, Erikson, dan Bronfenbrenner. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu materi yang ada. Kemudian kalian diskusikan teori tersebut keterkaitannya bagi perkembangan anak.
Pertemuan 5. Hari Jum'at 24 September 2021
Assalamualaikum, wr.wb… Selamat Pagi…Salam Sejahtera buat kita semua. Tabik pun…
Bagaimana kabar hari ini? mudah-mudahan kita semua dalam kondisi sehat. Aamiin…
Minggu ini kita akan membahas tentang :
ü Tugas perkembangan anak usia dini
ü Permasalahan dalam perkembangan anak usia dini
Baca dan Pelajarilah materi tersebut. Trimakasih.
Pertemuan 6. Hari Jum'at 1Oktober 2021
Pertemuan ke-6. Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling
Assalamualaikum, wr.wb… Selamat Pagi…Salam Sejahtera buat kita semua. Tabik pun…
Bagaimana kabar hari ini? mudah-mudahan kita semua dalam kondisi sehat. Aamiin…
Minggu ini kita akan membahas tentang Pendekatan perkembangan dalam bimbingan konseling di PAUD Yaitu:
ü Pendekatan-pendekatan perkembangan dalam bimbingan konseling di PAUD
ü Teknik–teknik dalam pelaksanaan berbagai pendekatan
ü Prinsip-prinsip bimbingan perkembangan
ü Unsur-unsur lingkungan perkembangan
Baca dan Pelajarilah materi tersebut. Trimakasih.
Silahan kalian diskusikan materi iniPendekatan perkembangan dalam bimbingan konseling di PAUD Yaitu:
ü Pendekatan-pendekatan perkembangan dalam bimbingan konseling di PAUD
ü Teknik–teknik dalam pelaksanaan berbagai pendekatan
ü Prinsip-prinsip bimbingan perkembangan
ü Unsur-unsur lingkungan perkembangan
Baca dan Pelajarilah materi tersebut. Trimakasih.
Pertemuan 7. Hari Jum'at 8 Oktober 2021
Assalamualaikum, wr.wb… Selamat siang ... Salam Sejahtera buat kita semua. Tabik pun…
Bagaimana kabar hari ini? mudah-mudahan kita semua dalam kondisi sehat. Aamiin…
Minggu ini kita akan membahas tentang …
ü Struktur program bimbingan konseling
ü Evaluasi bimbingan perkembangan
Baca dan Pelajarilah materi tersebut. Trimakasih.
Silahkan masuk ke dalam link Gmeet ini.
Pertemuan 8. Hari Jum'at 15 Oktober 2021
Assalamualaikum, wr.wb… Selamat Pagi…Salam Sejahtera buat kita semua. Tabik pun…
Bagaimana kabar hari ini? mudah-mudahan kita semua dalam kondisi sehat. Aamiin…
Minggu ini kita akan Melaksankan Ujian Tengah Semester (UTS). Soal terdiri dari Materi yang ada di pertemuan 2 sampai pertemuan 7. Silahkan dikerjakan soalnya. Waktu pengerjaan 1 jam 30 menit.
Selamat Bekerja. Trimakasih.
PROGRAM BIMBINGAN KONSELING UNTUK PAUD
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini...
Pertemuan ke-9 ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan program bimbingan konseling, mengenai: ciri, ruang lingkup layanan, dan syarat-syarat program layanan bimbingan konseling.PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI LEMBAGA PAUD
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini...
Pertemuan ke-10 ini diharapkan mahasiswa mampu:- Menyusun program bimbingan konseling di lembaga PAUD
- Melaksanakan program bimbingan konseling di PAUD
- Memecahkan permasalahan terkini tentang penyusunan dan pelaksanaan program bimbingan konseling di PAUD berdasarkan hasil penelitian
- Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
Setelah dijelaskan materi pertemuan 9 dan 10, silahkan:
1. Bagi kelas menjadi 10 kelompok (@kelompok 2-3 mahasiswa)
2. Setiap kelompok ditugaskan untuk menyusun rencana dan pelaksanaan program bimbingan konseling sesuai dengan permasalahan di 5 aspek perkembangan, yaitu: kognitif, Bahasa, social emosional, fisik motoric, dan moral agama.
3. Berikut ini untuk format laporan rencana dan rencana pelaksanaan program bimbingan konseling untuk anak usia dini (Lembaga PAUD)
Dikumpulkan sampai tgl 5-11-2021, pukul 13.00 WIB dalam bentuk PDF. berikut ibu lampirkan untuk format laporannya.
MACAM-MACAM LAYANAN PENGUMPULAN DATA
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini...
Pertemuan ke-11 ini diharapkan mahasiswa mampu:- Menguraikan berbagai macam layanan pengumpulan data dalam pelaksanaan Bimbingan konseling di lembaga PAUD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam menggunakan jenis layanan yang sesuai dengan permasalahan/kondisi subjek
- Melaksanakan macam-macam layanan pengumpulan data dalam bimbingan konseling di PAUD
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-11 mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-11, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 13.35 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya...
LAYANAN INFORMASI, PENEMPATAN, DAN KONSELING
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,,
semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini...
Pertemuan ke-12 ini diharapkan mahasiswa mampu:- Menguraikan berbagai layanan bimbingan konseling di lembaga PAUD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam menggunakan jenis layanan yang sesuai dengan permasalahan/kondisi subjeK
- Melaksanakan macam-macam layanan dalam bimbingan konseling di PAUD
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-12 mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-12, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 13.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya...
Topic 13
PERAN GURU/PENDAMPING SEBAGAI PEMBIMBING ANAK USIA DINI
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,, semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... Pertemuan ke-14 ini diharapkan mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan peran guru/pendamping dalam penyelenggaraan PAUD
2. Menjelaskan peran guru/pendamping sebagai pembimbing anak usia dini dan keterbatasannya
3. Menghasilkan solusi, gagasan,dan berfikir kritis dalam melakukan perannya sebagai guru/pendamping pada pelaksanaan bimbingan konseling di PAUDSebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-14 mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-14, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi mulai pukul 13.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya...
Setelah teman-teman mahasiswa mendownload dan mendengarkan penjelasan ibu terkait materi hari ini, silahkan analisis lebih dalam lagi terkait:
1. Apa saja yang menjadi keterbatasan guru PAUD dalam membimbing anak usia dini?
2. Bagaimana upaya seorang guru agar perannya dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk anak usia dini lebih optimal??
Diskusi ini akan berlangsung mulai tgl 26 November 2021, Pukul 13.30WIB sampai dengan tgl 3 Desember 2021 pukul 13.00 WIB....
Aturan Main: silahkan teman-teman bisa sependapat atau tidak sependapat dengan comment temannya,,, namun tetap memberikan alasan penguat, kenapa sependapat maupun kenapa tidak sependapat,,,
nah untuk forum ini, terbuka untuk teman-teman diskusi,,,,
ibu akan menilai dari keaktifan kalian melalui forum diskusi ini, dan tentu pula terkait isi/pendapat kalian dalam menyampaikan pendapat...
terimakasih,,,,
Selamat Berdiskusi,,,,
tetap semanggatttt
PENGELOLAAN PROGRAM BIMBINGAN KONSELING UNTUK ANAK USIA DINI
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat siang dan salam Sejahtera untuk kita semua,,,, semoga kita selalu diberi kesehatan, sehingga dapat mudah memahami topik hari ini... Pertemuan ke-15 ini diharapkan mahasiswa mampu:
- Menjelaskan program dan ketenagaan bimbingan konseling untuk AUD
- Menyusun prosedur dalam bimbingan konseling di lembaga PAUD
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-15 mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-15, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi pada tgl 17 Desember 2021 mulai pukul 13.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya...
Pada pertemuan ke 15 ini, silahkan diskusi dengan kelompok kalian terkait dengan:
- Bagaimana program bimbingan konseling yang baik untuk anak usia dini?
- Mengapa dalam menyusun program bimbingan konseling anak usia dini harus mempertimbangkan kebutuhan anak? coba Jelaskan!
- Bagaimana prosedur/teknik pelaksanaan program bimbingan konseling anak usia dini?
- Bagaimana kerjasama antara lembaga PAUD dengan orang tua atau ahli dalam pelayanan bimbingan konseling anak usia dini??
- Bagaimana Lingkungan bisa mendukung terlaksananya layanan bimbingan konseling untuk anak usia dini?
Silahkan Didiskusikan dengan kelompoknya. Hasil diskusi dikumpulkan paling lambat tgl 8 Desember Pukul 23.00 dalam bentuk PDF dengan format (Kelas_TugasPertemuanKe15)
UAS
Sebelum memulai perkuliahan pada pertemuan ke-16 mata kuliah Bimbingan Konseling di Sekolah, mahasiswa diharapkan untuk mengisi daftar hadir pertemuan ke-16, dengan memilih option yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Daftar kehadiran hanya dapat diisi pada tgl 3 Desember 2021 mulai pukul 13.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB, pastikan tidak terlambat mengisi ya...