Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-6 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!
FORUM DISKUSI 6
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Selama Pagi,
Alhamdulillah Puji syukur Kita ucapkan kepada Allah Yang Maha Esa karena pagi ini Kita masih diberi kesempatan untuk mengikuti perkuliahan online dengan keadaan sehat.
Yang terhormat,bapak Dr.Alben Ambarita, M.Pd dan Ibu Fadhillah Khairani S.Pd. , M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD, serta teman-teman yang saya banggakan.
Kami dari kelompok 6 yang beranggotakan :
- Devi Kusuma Wati (1913053099)
- Nabila Suryani (1913053005)
- Tizani Rivad Saefunawas (1913053106)
- Yunita Rahma Yanti (1913053119)
Saya selaku moderator dari kelompok 6 akan memimpin jalannya diskusi ini dengan materi kelompok kami yaitu tentang Klasifikasi dan Kriteria Media Pembelajaran Yang Relevan Di SD.
Dimana tata tertib diskusi kali ini adalah:
- Peserta diskusi dipersilahkan untuk membaca dan memahami materi selama 15 menit.
- Kemudian bisa bertanya.kami membuka 2 termin,dimana setiap termin terdiri dari 3 orang penanya.
- Peserta diskusi boleh menyanggah dan menambahkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi setelah pertanyaan sudah dijawab oleh kelompok yang presentasi.
Dimohon partisipasinya. Selamat Berdiskusi.
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabaraktuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalan warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumussalam
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
nama : ari puspita
kelas : semester 3 E
npm : 1913053109
absen : 5
izin bertanya, sebagai calon pendidik pada zaman millenial bagaimana cara kita menentukan media pembelajaran yang relevan diSD dan bagaimanakah cara kita untuk mengimplementasikan nya pada peserta didik?
Assalamualaikum warrohmatullahi wabbarokatu
Nama: Nabila Suryani
No. Absen: 22
NPM: 1913053005
Saya selaku pemateri ingin menjawab pertanyaan dari saudari Aripuspita
Mata kuliah Praktik Pembelajaran SD yang diampu oleh Dr. Ali Mustadi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar. Sekolah yang digunakan dalam kegiatan praktik pembelajaran adalah SDN Piyungan yang terletak di Dusun Tegal Piyungan, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Sekolah ini sudah menggunakan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Kegiatan Praktik Pembelajaran dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai dengan 31 Oktober 2015
Kegiatan praktik pembelajaran ini bertujuan untuk menambah ilmu dan pengalaman mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran dan sekaligus menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar yang nyata di kelas. Salah satu yang harus mendapatkan perhatian dalam kegiatan belajar mengajar adalah proses, karena “proses” inilah yang menentukan apakah tujuan pembelajaran akan tercapai atau tidak. Kesuksesan atau tercapai tidaknya tujuan pembelajaran ditandai dengan adanya perubahan, baik yang menyangkut perubahan dalam aspek pengetahuan (kognitif), aspek keterampilan (psikomotor) maupun yang terkait dengan aspek nilai dan sikap (afektif).Dalam kegiatan belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran. Dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Dengan media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas yang diinginkan, menentukan metode pembelajaran yang akan diterapkan dalam berbagai situasi yang berlainan dan menciptakan suasana belajar yang kondusif diantara siswa. Sesuatu yang tidak bisa dihadapkan atau dimunculkan di kelas, dengan adanya media pembelajaran maka semuanya itu bukan menjadi suatu permasalahan lagi, karena dengan media pembelajaran yang sesuai maka kesemuanya itu dapat di hadirkan di depan siswa secara jelas. Dengan demikian konsep-konsep atau gambaran yang masih bersifat tidak jelas akan menjadi lebih jelas, mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa.
Terkait dengan apa yang telah dijelaskan di atas, maka dalam pelaksanaan kegiatan praktik pembelajaran juga menerapkan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajarnya. Penggunaan media pembelajaran dalam sebuah kegiatan belajar mengajar tentu saja harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya yaitu materi pembelajaran, karakteristik siswa dan alokasi waktu yang tersedia. Dalam pelaksanaannya mahasiswa menggunakan berbagai media, diantaranya puzzle daur hidup tumbuhan, video animasi nyamuk demam berdarah, cerita bergambar, media lingkungan alam sekitar, dll. Respon siswa sangat luar biasa.
Dapat disimpulkan bahwa apabila guru mampu menerapkan media pembelajaran dengan tepat dalam proses belajar mengajar, maka siswa akan memiliki pemahaman yang baik tentang materi yang diajarkan. Apabila siswa memiliki pemahaman yang baik terkait materi pembelajaran yang diharapkan besar kemungkinan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu guru dituntut untuk terus berkembang dan menjadi guru yang mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan belajar mengajar.
Terimakasih
Wassalamualaikum warrohmatullahi wabbarokatu
terima kasih nabila
Nama : Shintia Sasmia
No Absen : 26
Npm : 1913053013
Kelompok : 2
Izin bertanya,
Terkait dengan Prinsip-Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran, ada sejumlah kriteria atau norma yang dipakai dalam proses pemilihan. Bagaimana cara mengembangkan kriteria atau norma yang sesuaikan dengan keterbatasan kondisi setempat?
Nama : Tizani Rivad Saefunawas
NPM : 1913053106
Izin menjawab pertanyaan dari shintia.
Dengan cara sejumlah kriteria atau norma yang dikembangkan harus
disesuaikan dengan keterbatasan kondisi setempat mulai dari tujuan
yang ingin dicapai, fasilitas, tenaga maupun dana, dampak kemudahan
yang diperolehnya serta efisiensi dan efektivitasnya.
Demikian yg dapat saya sampaikan. Jika ada yang ingin menambah saya persilahkan
Nama : Verawati
No. Absen: 30
Npm: 1913053128
Dalam faktor-faktor pengembangan Kriteria pemilihan Media pembelajaran terdapat aspek-aspek salah satunya keadaan latar atau lingkungan. Tolong jelaskan Maksud dari aspek tersebut jika ada contoh nya bisa disertakan. Terima kasih
Nama : Yunita Rahma Yanti
NPM : 1913053119
No. Absen : 33
Izin menjawab pertanyaan dari Verawati,
Media pembelajaran yang dipilih tidak harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan lingkungan dan sesuatu yang sederhana namun secara tepat guna akan lebih efektif dibandingkan media pembelajaran yang mahal dan rumit. Simpel dan mudah dalam penggunaan, harga terjangkau dan dapat bertahan lama serta dapat digunakan secara terus menerus patut menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih media pembelajaran.
Apapun media yang dipilih. guru harus mampu menggunakan media tersebut. Nilai dan manfaat media pembelajaran sangat ditentukan oleh bagaimana keterampilan guru menggunakan media pembelajaran tersebut. Keterampilan penggunaan media pembelajaran ini juga nantinya dapat diturunkan kepada siswa sehingga siswa juga mampu terampil menggunakan media pembelajaran yang dipilih.
Tiap produk yang dijadikan media pembelajaran tentu memiliki standar tertentu agar produk tersebut laik digunakan, jika produk tersebut belum memiliki standar khusus guru harus mampu menentukan standar untuk produk tersebut agar dapat digunakan untuk media pembelajaran.
Nama: Tiara Andini
NPM: 1913053082
Absen: 28
Izin bertanya,
Bagaimana dampak yang akan terjadi jika seorang guru menggunakan media pembelajaran diluar luar kelas terutama dalam melaksanakan pembelajaran kepada anak didik kelas rendah?
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama Devi Kusuma Wati
NPM 19 1305 3099
nomor absen 7
izin menjawab pertanyaan dari saudari Tiara Andini
Menurut kelompok kami metode pembelajaran diluar kelas adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas sekolah seperti Taman perkampungan kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan agar lebih akrab dengan lingkungan dan masyarakat .
metode pembelajaran diluar kelas merupakan upaya mengajak lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya yaitu alam dan masyarakat siswa diarahkan untuk melakukan aktivitas yang bisa membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar.
manfaatnya kegiatan pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, hakikat belajar akan lebih bermakna, bahan-bahan yang dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat, kegiatan pembelajaran lebih komprehensif dan lebih aktif serta dapat dilakukan dengan berbagai cara siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungan.
Jadi menurut kelompok kami pembelajaran menggunakan media yang berada di luar kelas itu sangat baik namun harus menyesuaikan dengan kondisi siswa dan materi bahan ajar nya
Terima Kasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Kartika Apriani
NPM: 1913053100
Absen: 17
Izin menambahkan
Saya setuju dengan saudari Devi bahwa pembelajaran di luar kelas dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan tidak membosankan bagi siswa serta proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Namun dalam hal ini, apabila kita menggunakan media pembelajaran di luar kelas apalagi untuk anak di kelas rendah, tentunya diperlukan pengawasan yang ekstra. Karena seperti yang kita ketahui anak di kelas rendah cenderung memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan rasa keinginan untuk bermain yang tinggi pula. Kita harus bisa menciptakan pembelajaran yang dapat terus menarik perhatian siswa agar siswa tetap fokus dalam pembelajaran, dan perhatiannya tidak teralihkan kepada hal lain disekitarnya yang mungkin apabila kurang waspada dapat membahayakan diri mereka.
Sekian tambahan dari saya, terimakasih
assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..
nama : ari puspita
kelas : semester 3 E
npm : 1913053109
absen : 5
izin bertanya, sebagai calon pendidik pada zaman millenial bagaimana cara kita menentukan media pembelajaran yang relevan diSD dan bagaimanakah cara kita untuk mengimplementasikan nya pada peserta didik?
Nama : verawati
Npm: 1913053128
Dalam faktor faktor pengembangan kriteria pemilihan media pembelajaran terdapat aspek-aspek salah satunya keadaan latar atau lingkungan. Tolong jelaskan aspek tersebut dan berikan contoh jika ada
Nama:Farisa Nur Aini
Absen: 12
Npm: 1913053024
Menurut kelompok kalian apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media pembelajaran didalam kelas dan diluar kelas dalam kegiatan proses belajar mengajar?
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama Devi Kusuma Wati
NPM 1913 05 3998
No Absen 7
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Farisa Nuraini
Manfaat pembelajaran di luar kelas yaitu Pikiran menjadi lebih jernih, sistem pelajaran terasa lebih menyenangkan koma, sistem pembelajaran menjadi lebih real dengan objek yang bisa secara langsung dilihat diluar, sistem pembelajaran menjadi lebih aktif, peserta didik Mampu mengenal dunia nyata secara lebih luas.
Kelemahan pembelajaran diluar kelas yaitu peserta didik menjadi kurang fokus pengelolaan kelas yang menjadi lebih sulit, waktu lebih banyak tersita, munculnya minat siswa yang semu, guru yang membimbing harus lebih intensif kalau mengajar, pembelajaran akan terpecah saat ada siswa lain atau kelompok lain di lingkungan tempat belajar.
Kelebihan belajar di dalam ruangan kelas yaitu dapat menjadi lebih fokus terhadap pembelajaran, minim gangguan-gangguan seperti kebisingan dan hal-hal lain yang dapat menyita perhatian pengelolaan kelas menjadi lebih mudah, dapat mengefisiensi waktu yang ada, pembelajaran tidak menjadi gaduh, dapat lebih fokus dan lebih tenang.
Kekurangan belajar di dalam kelas yaitu siswa dapat merasa bosan dengan pembelajaran yang ada, pembelajaran terasa kurang menyenangkan sistem pembelajaran terlihat kurang nyata jika tidak memiliki Ki objek yang sebenarnya, pada kelas kelas tertentu pembelajaran terlihat tidak aktif.
Begitulah jawaban hasil diskusi kelompok 6 kurang lebihnya saya mohon maaf
atas kesempatannya saya ucapkan terima kasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih pemateri atas jawabannya
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh
Nama:Amalya Nur Fadhilah
No. Absen/NPM : 3/1913053001
Coba berikan contoh dalam kriteria media pembelajaran dalam memilih pembelajaran dari keadaan latar dan lingkungan yang akan diterapkan kepada anak peserta didik dalam proses kegiatan mengajar dan materi pelajaran apa yang cocok pada media ini untuk diterapkannya?
Nama : Yunita Rahma Yanti
NPM : 1913053119
No. Absen : 33
Izin menjawab pertanyaan dari Amalya,
Yang dimaksud dengan kondisi setempat adalah segala sesuatu yang mengelilingi menyangkut keadaan potensi yang dimiliki oleh media itu sendiri dan keadaan dimana media itu dikelola dan dilaksanakan. Beberapa aspek dari faktor ini antara lain meliputi kualitas teknis media, waktu yang tersedia, pencahayaan, ketersediaan media di lembaga penyelenggara atau di pasaran, guru dalam menggunakannya, dan keadaan lainnya yang relevan yang semuanya perlu diperhitungkan sebagai kriteria dalam pemilihan media.
Contoh Pemilihan Media Pembelajaran
Dalam proses pemilihan media perlu dibedakan pada tingkat mana keputusan pemilihan dalam rangkaian sistem pendidikan. Pada tingkat kelas biasanya mempunyai pengaruh kecil terhadap keseluruhan sistem pendidikan meskipun mungkin menimbulkan perbedaan besar dalam suatu kelas tertentu. Keputusannya tidak melibatkan banyak orang, bahkan mungkin hanya dilakukan oleh seorang guru saja. Misalnya penggunaan gambar untuk mengajarkan tentang posisi anggota dan keseluruhan anggota badan yang baik (dalam keadaan tidur mata pelajaran IPA)
Nama : Gde Satya Yudhatama
NPM : 1913053129
Izin menambahkan jawaban kelompok 6 terkait pertanyaan dari saudari Amalya, menurut Saya contoh latar dan lingkungan untuk bahan mengajar bisa menggunakan tempat terbuka di sekitar sekolah serta lingkungan tersebut banyak Tumbuhan-tumbuhan yang subur.Dan media ini bisa diterapkan untuk pelajar yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam.Dengan media yang ada, diharapkan peserta didik bisa lebih banyak lagi dalam mengetahui materi pembelajaran secara bervariasi.
Jika ada kesalahan mohon dikoreksi, terimakasih.
Nama : Khofifa Dwi Nurmala
Npm : 1913053062
No Absen : 18
Izin bertanya mengenai prinsip - prinsip pemilihan media pembelajaran terdapat adanya familiritas media jelaskan dan berikan contoh pembelajaran yang menggunakan adanya familiritas media dalam pembelaharan di sekolah dasar?
Saya selaku moderator dan perwakilan kelompok 6 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD yang telah membimbing kami dalam perkuliahan online pada pagi hari ini serta teman-teman yang mengikuti diskusi dengan sangat baik. Mohon maaf jika ada perkataan maupun perbuatan yang kurang berkenan. Saya akhiri diskusi ini,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warrohmatullahi wabbarokatu