Selamat datang saya ucapakan kepada Peserta Didik di Forum Diskusi Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar yang disediakan sebagai wadah (i) penyelesaian masalah; (ii) menambah pengetahuan dan wawasan, (iii) menghargai setiap pendapat yang berbeda; (iv) belajar beretika.
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah upload file word dan ppt hasil diskusi kelompok. Kemudian, anggota kelompok lain memberikan pertanyaan ataupun saran dan kritik pada form diskusi, namun terlebih dahulu tulis nama, npm dan kelompok sebelum menyampaikan pertanyaan, dll.
Selamat melakukan Diskusi Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Perlu diingat bahwa peserta didik harus menggunakan tulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan disampaikan secara singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami oleh peserta didik lainnya. Semoga bermanfaat dan permasalahan yang perlu dipecahkan dapat terselesaikan dalam forum Diskusi Topik Ke-5 Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jangan lupa tetap tetap semangat, bahagia, dan dahului berdoa agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah. Aamiin… Good Luck!!
FORUM DISKUSI
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selama Pagi,
Alhamdulillah Puji syukur Kita ucapkan kepada Allah/Tuhan Yang Maha Esa karena pagi ini Kita masih diberi kesempatan untuk mengikuti perkuliahan online dengan keadaan sehat.
Yang terhormat,bapak Dr.Alben Ambarita, M.Pd dan Ibu Fadhillah Khairani S.Pd. , M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD,serta teman-teman yang saya banggakan.
Kami dari kelompok 5 yang beranggotakan :
1.Amalya Nur Fadhilah (1914053001)
2.Ananda Dita Putri (1953053005)
3.Dyah Tri Sulistiani (1913053104)
4.Gde Satya Yudhatama (1913053129)
5.Masrofah (1913053019)
Saya selaku moderator dari kelompok 5 akan memimpin jalannya diskusi ini dengan materi kelompok kami yaitu tentang TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar,
Dimana tata tertib diskusi kali ini adalah
1.peserta diskusi dipersilahkan untuk membaca dan memahami materi selama 15 menit
2.kemudian bisa bertanya.kami membuka 2 termin,dimana setiap termin terdiri dari 3 orang penanya
3.peserta diskusi boleh menyanggah dan menambahkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi setelah pertanyaan sudah dijawab oleh kelompok yang presentasi.
Dimohon partisipasinya, Selamat Berdiskusi.
Pagi
Walaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh, pagi.
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi
Waalaikumsalambwr wb
Pagi
Pagi
Selamat pagi
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi
Waalaikumussalam
Walaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi
Nama : Shintia Sasmia
No Absen : 26
Npm : 1913053013
Kelompok : 2
Izin bertanya,
Bagaimana kaitan antara konsep TIK dalam Pembelajaran dengan Teknik Penggunaan TIK? dan berikan contoh pengimplementasiannya di SD!
Nama:Amalya Nur Fadhilah (1913053001)
No. Absen :03
Perwakilan kelompok 5
Izin menjawab pertanyaan dari saudari shintia,
Tik mencakup 2 aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi termasuk segala hal yang berkaitan dengan proses,penggunaan teknologi sebagai alat bantu,manipulasi, dan pengolahan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya. Oleh karena itu teknologi informasi dan teknologi komunikasi tidak bisa dilepaskan.
Adapun teknik penggunaan TIK dalam proses pembelajaran yaitu komunikasi dengan suatu proses yang sistematik bertukar informasi diantara pihak-pihak yang biasanya menggunakan simbol-simbol tertentu . Dam contoh TIK dalam proses pembelajaran berupa data/informasi seperyindalam sistem tulisan,suara,gambar,vidio, audio-visual dll. Dan implementasinya yang dilakukan bagi seorang pendidik dalam menggunakan TIK senagainsumber belajar sebisa kinhkin untuk dialkukan secara keretivitas dalam meyampaikan materi seperti menampilkan suatu vidio pembelajaran kepada peserta didik agar suasana belajar tidak membosankan dan ada rasa kesenangan anak dalam proses belajar yang diberikan oleh pendidik dalam kegiatan belajar dan mengajar
Baik saudari shintia apa bisa dipahami
Bisa dipahami. Terimakasih saudari dila atas jawabannya.
Sama-sama shintia,baiklah jika dari rekan-rekan ada yang menambahkan atau ingin menyanggah dipersilahkan dari pertanyaan shintia
Assalamualaikum wr wb
Nama: Verawati
No. Absen: 30
Npm: 1913053128
Izin bertanya bagaimana menurut kelompok kalian stratetegi dan peran bagi pendidik yang mengajar di sekolah yang masih belum memadai fasilitas TIK, sedangkan pengenalan TIK pada usia dini dalam pembelajaran juga banyak manfaatnya
Nama : Gde Satya Yudhatama
NPM : 1913053129
Dari kelompok 5 izin menjawab pertanyaan dari saudari Verawati,menurut Kelompok Kami,jika di suatu sekolah belum mempunyai peralatan TIK,solusi supaya peserta didik mempunyai pikiran sekaligus pemahaman yang baik dan selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini yaitu pendidik harus mempunyai keinginan serta selalu belajar terus menerus terhadap perkembangan teknologi yang ada dengan menggunakan teknologi yang ada disekitar seorang pendidik tersebut,seperti ponsel android,warnet,dll.Jadi seorang pendidik harus selalu menggali pengetahuan dan informasi terkait perkembangan teknologi,yang kemudian diinformasikan dan diajarkan ke peserta didik dengan menggunakan metode yang baik supaya peserta didik dapat memahaminya dengan baik dan setidaknya bisa memiliki pengetahuan tentang teknologi.
Lalu solusi lain yaitu dengan mendorong pemerintah,khususnya pemerintah dalam hal pendidikan untuk bisa memfasilitasi sekolah dengan TIK,jadi kepala sekolah bisa berkordinasi dengan kepala dinas atau semacamnya untuk menyampaikan permasalahan yang ada di sekolah tersebut.
Jika ada kesalahan mohon dikoreksi, terimakasih.
Nama : Khofifa Dwi Nurmala
Npm : 1913053062
No Absen : 18
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudara verawati menurut saya solusi untuk memiliki fasilitas TIK tenaga pendidika harus bisa sekereatif mungkin dalam melakukan pembelajaran, bisa dimulai dari memberikan pengenalan terhadap siswa macam - macam alat TIK dan memprakteknya ketika sekolah sudah mendapatkan bantuan fasilitas TIK setidaknya siswa tidak begitu awam dengan TIK.
Nama: Helvara Oktariyani
Npm: 1913053114
Absen: 14
Menurut Mayer (2001), Multimedia mempunyai tiga level yaitu:
a. Level teknis
b. Level semiotic
c. Level sensorik
Tolong jelaskan mksut dr ketiga level tersebut dan berikan cintohnya agar mudah dipahami, terima kasih
Nama:Amalya Nur Fadhilah (1913053001)
No. Absen:03
Perwakilan dari kelompok 5
Izin menjawab pertanyaan dari saudari helvara.
Jadi pengertian dari ketiga level tersebut suatu hal untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan multimedia dalam proses pembelajaran.adapun 3 level multimedia
1.level teknis: sebagai langkah awal salam pemilihan media belajar dengan menentukan apa yang akan dipakai dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang berlangsung,jadi level teknis ini sebuah alat yang menjadi wahana yang akan digunakan sebagai media seperti apakah menggunakan lcd,tv,komputer atau yang lainnya.
2.level semiotic:pada level ini seorang pendidik menentukan suatu model pembelajaran yang sesuai untuk ditampilkan dalam menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibahas mungkin dalam berupa teks,gambar,atau pencampuran hasil multimedia yang ada.
3.level sensoric: pada level ini pendidik bisa melihat suatu kondisi dan situasi siswa agar suatu materi yang disampaikan dapat mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik sehingga pendidik harus memiliki strategi dalam penyampaian suatu materi
Baik saudari helvara apa bisa dimengerti
Terima kasih atas jawabannya saudari dila
Nama: Aesti Meilandari
No Absen: 01
Izinbertanya dalam makalah kalian tentang manfaat tik nomor 2 bahwa teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa misalnya ilmu komputer. Pada jenjang sekolah dasar apakah tik tersebut harus dikuasi oleh peserta didik atau hanya guru saja? Mengapa demikian?
Nama : Dyah Tri Sulistiani
Npm : 1913053104
Selaku pemateri
Izin menjawab pertanyaan saudari aesti meilandari
Manfaat TIK sebagai ilmu pengetahuan tidak hanya berlaku untuk guru atau siswa saja namun untuk keduanya dimana ilmu pengetahuan sebagai disiplin ilmu yang juga harus dikuasai oleh siswa, misalnya teknologi komputer dipelajari di beberapa jurusan perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer, serta dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasai siswa sesuai kompetensi nya
Sedangkan untuk jenjang sekolah dasar tik perlu dikuasai karena Pengetahuan TIK ini sangat penting sebagai dasar siswa memperdalam pengetahuan TIK di jenjang pendidikan berikutnya ataupun memotivasi kreativitas siswa tersebut untuk guru sendiri tik juga dapat di jadikan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat membuat siswa lebih semangat belajar misalnya dalam pembelajaran IPA guru ingin menjelaskan tentang materi tata surya, guru bisa menampilkan video yang menarik dan semacamnya.
Terimakasih
Terimakasih atas jawabannya, jadi tik bagi guru SD bermanfaat dalam mendukung pembelajaran yaitu sebagai media pembelajaran. Namun saya masih kurang paham mengenai jawaban saudari tentang tik bagi siswa SD penting untuk menunjang kemampuan nya pada jenjang selanjutnya, sedangkan fasilitas komputer di SD sangat minim dan sepertinya tidak ada mata pelajaran tik pada tematik SD. Apakah dapat dijelaskan kembali mengenai tik pada siswa SD? Terimakasih.
Nama : Asvyatul Mukaromah
NPM: 1913053073
Absen: 6
izin menyanggah jawaban dari saudari Dyah Tri Sulistiyani atas pertanyaan saudari Aesti. seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi memiliki cakupan yang luas. tidak hanya sebatas sebagai suatu teknologi yang mampu membuat sebuah data tetapi juga memiliki fitur fitur atau dengan kata lain multimedia. sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa banyak moral moral anak bangsa rusak dikarenakan penggunaan internet tidak pada tempatnya. Sehingga menurut saya anak-anak di usia sekolah dasar jangan dituntut terlebih dahulu untuk dapat menguasai penggunaan tik, hal ini dikarenakan usia usia sekolah dasar belum mampu memfilter atau menyaring dampak negatif dari penggunaan tik, mereka belum mampu memilih mana yang baik dan mana yang benar untuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai akibat dari dampak negatif adanya internet. di jenjang Sekolah Dasar pengenalan teknologi informasi dan komunikasi bisa dilakukan melalui pendidikan atau guru yang sudah menguasai Tehnik untuk dapat diajarkan kepada peserta didik dengan cara yang sesuai agar para peserta didik tetap dalam batasannya untuk dapat mengenal teknologi informasi dan komunikasi serta ruang lingkupnya. Terima kasih
Terimakasih Asvy atas jawabannya
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama Devi kusmawati
NPM 19 1305 3099
nomor absen 7
izin bertanya
pada materi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara mengimplementasikannya pada siswa peserta didik kelas rendah dan pada sekolah yang minim dengan sarana prasarana yang kurang memadai untuk belajar
Terima kasih
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Masrofah
Npm;: 1913053019
No.absen: 20
Kelas: Semester 3E
Dari kelompok 5
izin menjawab pertanyaan dari Dewi Kusumawati cara mengimplementasikan pembelajaran tik sebagai media pembelajaran dan sumber belajar pada peserta didik kelas rendah kita selaku pendidik dalam proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas dapat menggunakan video pembelajaran yang kita tayangkan melalui LCD atau proyektor contohnya seperti video pembelajaran mengenai banjir, keanekaragaman hayati di Indonesia dan masih banyak lagi sesuai dengan materi yang sedang kita berikan kepada peserta didik.
Dan pada masa pandemi seperti saat ini kita selaku pendidik bisa mengajak peserta didik untuk melakukan kelas online dengan kita memberikan kode kelas online tersebut kepada orangtua siswa, kita juga bisa memberikan tugas kepada peserta didik untuk browsing di google mengenai materi pembelajaran.
kemudian untuk penerapan TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar pada sekolah yang minim dengan sarana dan prasarana kita selaku pendidik dan perangkat sekolah bisa membuat jadwal untuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di sekolah contohnya seperti lab komputer yang ada di sekolah, LCD atau proyektor.
Pengalaman saya sendiri pada waktu SMA di sekolah saya pada saat itu di lab komputer hanya mempunyai 100 buah komputer sedangkan siswa siswi yang ada di SMA saya berjumlah 500 orang dan untuk mensiasati hal tersebut untuk penggunaannya kita dibuatkan jadwal contohnya nya hari Senin untuk kelas X MIPA dan X1 IPS yang menggunakan Lab Komputer begitupun dengan selanjutnya, jadi walaupun masih mempunyai TIK (komputer) yang minim semua siswa masih dapat bisa menggunakannya
Terimakasih
Walaikumsalam,pagi
Pagi
Nama : Ananda Dita Putri
Npm : 1953053005
No.absen : 4
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Ari Puspita
Terkait soal infrastruktur, bukan hanya pihak sekolah yang wajib untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia memanfaatkan teknologi, tapi juga pemerintah daerah hingga pusat wajib untuk melakukan kolaborasi demi meningkatkan infrastruktur di berbagai daerah.
Untuk mewujudkan layanan pendidikan bermutu, mudah diakses, dan terjangkau bagi semua, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan bantuan berupa perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK) untuk 70 sekolah di daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T). Dalam pemberian koneksi internet di sekolah daerah 3T, Kemendikbud bekerja sama dengan Kemenkoinfo melalui program Universal Service Obligation (USO).
Penerapan teknologi di dunia pendidikan memang akan memakan waktu. Dari sisi pengajar dan siswa harus sama-sama paham cara menggunakan teknologi. Salah satu solusi mengatasi guru ‘gaptek’ teknologi adalah dengan mengenalkan metode pembelajaran online yang bisa diakses secara mudah. Apalagi penyedia konten belajar online sudah banyak beredar di pasaran. Salah satunya Quipper.
terima kasih atas jawabannya dita
Nama : Lulu Nafisa Sani
Absen : 19
Npm : 1913053035
Izin menambah Jawaban, saya setuju dengan pendapat pemateri. Bagaimana solusi pemerataan Tik sebagai media pembelajaran yaitu dengan cara, membangun infrastruktur layanan/jaringan komunikasi di daerah yang tertinggal dan membangun infrastruktur diberbagai sektor agar terciptanya suatu daerah yang maju. Selanjutnya, guru dan siswa harus bisa mengakses terhadap teknologi digital dan internet. Selanjutnya, sekolah harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai yang berkaitan dengan TIK seperti: komputer, jaringan internet, laboratorium komputer, dan peralatan multimedia.
Sekian jawaban dari saya semoga bermanfaat terimakasih.
terimakasih atas jawabannya lulu
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Baik Saya selaku moderator dan perwakilan kelompok 5 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu pengampu mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar SD yang telah membimbing Kami dalam perkuliahan online pada pagi hari ini serta teman-teman yang mengikuti diskusi dengan sangat baik.Mohon maaf jika ada perkataan maupun perbuatan yang kurang berkenan,Saya Akhiri diskusi ini,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat Pagi.
Walaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Wa'alaikum salam
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Pagi
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi