Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin mengumpulkan tugas ibu
SUMMARY ARTIKEL
Judul : PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Kelompok 1:
1. Mauly Damaysa Purba Nabura (2113053278)
2.Mifta Regita Cantika (2153053019)
3. Made Julia Safitri (2153053028)
4.Naba Auliyah (2113053080)
5. Shafira Nurma Ramadhani (2113053166)
6.Alida pekei ( 2113053090)
Pengertian media pembelajaran
Wibawa (2010) media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dari seseorang ke orang lain yang tidak ada dihadapannya. Jadi media menunjukkan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat penerima pesan.
Wibawa (2010) media pembelajaran adalah alat penyalur pesan pembelajaran yang dapat menumbuhkan imajinasi seseorang, perbuatan dan mendorong siswa dalam proses pembelajaran untuk membantu pencapaian proses belajar.
Rahardi (2013) media pembelajaran adalah istilah sumber belajar. Sumber belajar mempunyai cakupan yang lebih luas, dalam arti luas sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung.
Klasifikasi media pembelajaran
Rahardi (2013) tujuan penggunaanperangkat media, media pendidikan terdiri atas: head fare yang berfungsi sebagai alat penampil, yaitu projektor slide. Sofe fare yaitu program yang ditampilkan, misal: slide, kaset, CD, dan plastik transparansi.
Dalam buku penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar (Depdikbud, 2011) dijelaskan bahwa sarana prasarana pendidikan ditinjau dari fungsinya dikelompokkan menjadi:
1) Perangkat fisik, berupa bangunan sekolah seperti ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, gudang,dan sebagainya; perabot sekolah seperti meja, kursi, papan tulis, almari, dan sebagainya, sarana tata usaha pendidikan seperti, buku induk siswa, buku rapor, peralatan kantor dan sebagainya.
2) Media pendidikan, yaitu perangkat keras, yaitru segala jenis alat penampilan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam belajar mengajar, seperti projektor, televisi, komputer, perangkat lunak seperti program yang ditampilkan atau segala jenis
materi pengajaran yang disampaikan melalui alat penampil dalam kegiatan belajar mengajar.
3) Alat peraga dan praktik yaitu alat yang diperagakan atau dipertunjukkan dalam kegiatan belajar mengajar yang berfungsi sebagai sarana untuk memperjelas konsep, alat praktik bertujuan supaya memiliki keterampilan sebagai sarana penunjang dalam laboratorium.
4) Administrasi sekolah, meliputi segala masalah yang berhubungan dengan informasi baik internal maupun external yang berkaitan dengan lingkungan pendidikan di sekolahnya. Pengelompokkan media sebagaimana tersebut di atas bermacam-macam, pada dasarnya pengelompokkan yang telah dilakukan tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan para pengguna media dalam memanfaatkan media dan bagi para petugas.
Karakteristik Media
Sudjana (2012) beberapa jenis media yang lazim dipakai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya di sekolah dasar, diantaranya adalah:
1) Media grafis; gambar, diagram, peta dan globe.
2) Media audio; radio, alat perekam pita magnetik, laboratorium bahasa.
3) Media proyeksidiam; film bingkai, film rangkai, transparansi, mikrofis, film, permainan dan simulasi.
Konsep Pengelolaan
b. Proses Pengelolaan Media
Pembelajaran Sekolah Dasar. Mulyasa (2013) pengelolaan media pembelajaran merupakan bagian integral pengelolaan sekolah. Pengelolaan media pembelajaran di Sekolah Dasar menjadi tugas personil di Sekolah yang bersangkutan, baik kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, atau karyawan. Proses pengelolaan media pembelajaran tersebut secara garis besar meliputi :
1. perencanaan
2.pengorganisasian,
3.pelaksanaan pengelolaan, dan
4.evaluasi terhadap pengelolaan media pembelajaran.