PENGERJAAN TUGAS

PENGERJAAN TUGAS

PENGERJAAN TUGAS

Number of replies: 62

1. TUGAS KELOMPOK: silahkan tuliskan summary pada kolom komentar di bawah.

2. TUGAS INDIVIDU: silahkan berikan tanggapan anda pada summary yang telah dituliskan oleh masing-masing kelompok dengan menekan 'reply'.

In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

ARIANI KRISHANTI གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin mengumpulkan tugas ibu

SUMMARY ARTIKEL
Judul : PERAN GURU DALAM MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI ERA DISRUPSI
Kelompok 3
Nama Anggota :
• Atika Nafisa Zahida: 2153053043
• Ariani Krishanti: 2113053070
• Dinda Sri Athiya Lilla: 2153053039
• Shaula Febrian Kartika Widowati: 2113053139
• Silfani: 2113053190
• Richy Afrindo: 2113053130
• Vira Nurlita: 2113053055

Pembagian analisis

Pendahuluan : Ariani Krishanti
Di dunia modern saat ini media dan sumber belajar merupakan bagian terpenting yang harus melekat pada pendidikan saat ini. Guru harus lah menguasai media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan mudah digunakan saat pembelajaran di kelas dimulai untuk membantu dalam penyampaian materi dengan baik agar siswa mampu menyerap materi dengan mudah. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan semakin berkembang pesat, ditambah lagi dengan adanya revolusi industri 4.0 yang mau tidak mau dunia pendidikan di seluruh penjuru dunia menguasai dan menciptakan teknologi yang ada. Guru harus menciptakan media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik agar tidak terkesan kuno dan kurang meningkatkan antusiasme peserta didik.

Metode : Richy Afrindo
Pada penulisan artikel ilmiah ini, penulis menggunakan metode kajian pustaka. Metode kajian pustaka menggunakan referensi seperti buku, jurnal, proseding, tesis, disertasi maupun skripsi sebagai referensi penulisan. Setiap sumber penulisan dirujuk dalam daftar pustaka sesuai dengan abjad nama penulis.

Hasil dan Pembahasan : Atika Nafisa Zahida dan Shaula Febrian
Media dan sumber belajar memegang peranan penting bagi guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. Guru harus memiliki kemampuan pedagogik dasar dengan menggunakan media dan sumber belajar yang ada untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Pengaruh disrupsi sebenarnya mempengaruhi dunia pendidikan, terutama dalam arti guru harus dapat menggunakan lingkungan belajar yang baik dan memperbaharui sumber belajar yang akan digunakan di masa depan, karena perkembangan teknologi tidak dapat dihindari saat ini. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa peran guru disini tidak tergantikan oleh teknologi atau robot, namun secanggih apapun guru berperan dalam menanamkan nilai dan moral ketika pembelajaran berlangsung di dalam kelas.

Kesimpulan: Dinda Sri Athiya Lilla dan Vira Nurlita
Era disrupsi membawa manusia ke arah dunia yang serba digitalisasi. Mau tidak mau proses penyesuaian harus dilakukan dalam segala bidang terutama bidang pendidikan. Meski semakin canggihnya teknologi yang ada dalam hal media belajar di sekolah hal itu tidak menyingkirkan peran penting guru dalam penanaman nilai-nilai sosial dan budaya di untuk menjadikan siswa yang bermoral dan terjauh dari pengaruh buruk disrupsi dalam lingkungan sosial dan pergaulan

Referensi Jurnal Lain: Silfani
Referensi Jurnal Lain : Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

NABILAH RAHMAH གིས-
Nama : Nabilah Rahmah
Npm : 2113053020
Kelompok : 2
Izin bertanya kepada kelompok 3,Kompetensi apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik dalam mengembangkan sumber belajar diera disrupsi?
In reply to NABILAH RAHMAH

Re: PENGERJAAN TUGAS

RICHY AFRINDO གིས-
Nama: Richy afrindo
Npm: 2113053130
Kelompok: 3

Izin menjawab untuk menghadapi era disrupsi adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, transformasi digital, dan tidak berhenti untuk berinovasi," kata Ravik disela-sela sambutannya. Era disrupsi merupakan masa terjadinya inovasi dan perubahan secara massif.
In reply to NABILAH RAHMAH

Re: PENGERJAAN TUGAS

ARIANI KRISHANTI གིས-
Nama : Ariani Krishanti
Npm : 2113053070
Izin menanggapi pertanyaan Nabilah Rahmah
Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam mengembangkan sumber belajar diera distrupsi antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi digital dan kompetensi sosial.
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

IKA NURRAHMAH 2113053250 གིས-
Nama: Ika Nurrahmah
NPM: 2113053250
Dari kelompok 2

Izin menanggapi hasil summary kelompok 3 dengan menambahkan penjelasan tentang kemampuan pedagogik dasar yang harus dimiliki guru untuk menggunakan media dan sumber belajar.

Kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diantaranya yaitu: kesesuaian media yang ditampilkan dengan tujuan pembelajaran, ketepatan media TIK yang digunakan dengan materi pelajaran, media yang digunakan disesuaikan dengan keadaan psikologis anak, media yang akan digunakan tersedia dan mudah didapatkan, biaya yang dikeluarkan dalam penggunaan media sesuai dengan manfaat yang didapatkan, kemampuan menggunakan fasilitas TIK yang tersedia sebagai media pembelajaran, dan ketepatan desain media yang digunakan.
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

LEHA PUTRI KURNIA SARI གིས-
Izin memperkenalkan diri
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok : 2


Izin menanggapi Kelompok 3, berdasarkan hasil summary kelompok 3 di era disrupsi ini guru harus mengembangkan potensi peserta didik dengan serba teknologi yang canggih dan benar dalam menggunakan teknologi tersbut.
Jika kalian menjadi seorang guru, bagaimanakah cara kalian mengajarkan kepada peserta didik yang gagap teknologi karena keterbatasan ekonominya?
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Della Anggaini གིས-
Nama: Della Anggraini
NPM: 2113053238
Kelompok: 2

izin bertanya kepada kelompok 3
Tanggapan kalian terhadap era disrupsi ini apakah semakin mempermudah atau tetap ada kesulitan dalam proses pembelajaran baik itu dari sisi pendidik maupun peserta didik?

terimakasih.
In reply to Della Anggaini

Re: PENGERJAAN TUGAS

Silfani 2113053190 གིས-
Nama : Silfani
Npm : 2113053190
Kelompok : 3

Izin menanggapi pertanyaan dari Della Anggraini,
Pengertian era disrupsi sendiri disini adalah masa terjadinya inovasi dan perubahan secara massif. Masifnya inovasi itulah yang bisa mengubah berbagai sistem dari pola lama ke baru.
Menurut pendapat saya,dengan adanya era disrupsi tentunya sangat mempermudah proses pembelajaran peserta didik dan juga pendidik dalam proses pembejelajaran berlangsung ,contohnya seperti adanya perubahan tren cara pembayaran menjadi digital.
diartikan sebagai suatu era, yang mana terjadi perubahan besar-besaran dan inovasi yang secara fundamental mengakibatkan perubahan pada semua tatanan, sistem, dan landskap yang ada, menjadi cara yang baru.
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

SITI NUR HALIMAH གིས-
Nama : Siti Nur Halimah
Npm 2113053279
Kelompok 2

Ijin bertanya kepada kelompok 3
Dijelaskan bahwa Pengaruh disrupsi sebenarnya mempengaruhi dunia pendidikan, terutama dalam arti guru harus dapat menggunakan lingkungan belajar yang baik dan memperbaharui sumber belajar yang akan digunakan di masa depan, karena perkembangan teknologi

Bagaimana upaya yang dapat dilakukan guru untuk dapat selalu meningkatkan kompetensi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi?
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Andhita Adelia Putri གིས-
Nama : Andhita Adelia Putri
Npm : 2113053270
Kelompok 2

Izin menanggapi kelompok 3
Di era disrupsi yang serba digital ini, guru juga penting menumbuhkan dan membentuk karakter siswa guna memanfaatkan teknologi dengan tepat. Sikap transfer of values atau keteladanan guru kepada siswa harus dilakukan dalam bentuk pengamalan sikap dan nilai-nilai luhur. Pepatah mengatakan "orang bukan melakukan apa yang anda katakan tetapi apa yang anda lakukan." Hal ini, guru masih memiliki peran penting di era disrupsi digital. Meskipun peran guru tergantikan oleh teknologi, namun
guru masih diperlukan untuk berdiri di dalam kelas demi keteladanan dan pembiasaan untuk menyongsong era revolusi industri 4.0. dan menyiapkan calon-calon pemimpin Indonesia di masa depan yang membawa bangsa ini menjadi maju dan berperadaban tinggi.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

FINCA MANDELA FITRI གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Izin mengumpulkan tugas summary artikel kelompok 5 bu.

Judul: PENGGUNAAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
DARI ALAM SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kelompok 5:
1. Anggun Qoniatul Amriah: (2113053050)
2. Finca Mandela Fitri: ( 2113053219)
3. Mela Pertiwi: (2113053078)
4. Puji Lestari: (2113053033)
5. M. Alfarobi Rahmat Dilah: (2113052334)
6. M. Faith Al-Faraby: (2113053262)

SUMMARY ARTIKEL:
Penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika memiliki keunggulan dan kekurangan. Guru menggunakan media belajar dari alam sekitar dengan memberikan contoh mendemonstrasikan tata cara penggunaan media aktivitas yang dilakukan selama proses pembelajaran hanya membimbing siswa dan memberikan bantuan jika terjadi kesulitan. Namun juga terdapat kendala apabila terdapat siswa yang bersikap lebih dengan aktivitas di luar proses pembelajan, seperti berlari-lari kesana kemari. Awal mula pembelajaran dengan mendemonstrasikan tata cara penggunaan media dari alam sekitar siswa masih terlihat kesulitan dan bingung dalam memahami pembelajaran. Namun siswa melakukan melakukan kegitan belajar dengan semangat dan antusias, meskipun ada beberapa siswa yang melakukan aktivitas di luar pembelajaran. Guru mengatasi hal tersebut dengan mengambil perhatian siswa tersebut dengan menunjukan sesuatu yang menarik. Agar pembelajaran menyenangkan guru harus bisa mengemas materi agar lebih mudah dipahami siswa, menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (Hamid A, 2020). Dengan menggunakan media dan sumber belajar dari alam sekitar, persiapan yang dilakukan guru membutuhkan waktu yang tidak singkat dengan melakukan berbagai pertimbangan. Kendala yang dihadapi oleh guru yaitu adanya keterbatasan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar yang terjangkau jaraknya. Namun hal itu dapat disiasati dengan manipulasi lingkungan. Dalam pembelajran menggunakan media dan sumber belajar dari alam sekitar membuat siswa lebih bersemangat dan antusias. Hal itu nampak dari aktivitas siswa dan sikap kooperatif siswa dalam belajar. Perbedaan pembelajaran di dalam kelas dengan pembelajaran siswa di luar kelas dengan media dan sumber belajar dari alam sekitar yaitu pada kondisi spikis siswa yang lebih antusias dan bersemangat dari pada pembelajaran di dalam kelas yang jenuh dan membosankan.Rata-rata hasil belajar matematika dari siswa dengan kegiatan pembelajaran di luar kelas lebih tinggi dibandingkan dengan rata–rata hasil belajar matematika dari siswa dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas (IndahsariSN, 2015). Siswa merasa senang karena mereka berinteraksi secara langsung dan mudah untuk memahami materi, namun sebagian siswa menghawatirkan cuaca yang tidak mendukung.
Jadi kesimpulan dari seluruh hasil observasi yang dilakukan terhadap guru dan siswa terdapat keunggulan dan kekurangan dari penerapan sumber dan media belajar dari alam sekitar. Guru dan siswa sama-sama merasakan efektifitas penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pemahaman isi materi yang diajarkan. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi guru, yaitu masih ada sebagian kecil siswa yang melakukan aktifitas di luar skenario pembelajaran. Masalah yang dihadapi tersebut dapat diatasi oleh guru dengan tritment yang disesuaikan dengan keadaan yang ada.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Tri Septiana Sari གིས-
Assalamualaikum warahmarullahi wabarakatuh
Nama :Tri Septiana Sari
NPM : 2113053155
Kelompok : 4

Izin bertanya,
Berdasarkan artikel yang telah di resume, diketahui bahwa penelitian tersebut menggunakan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pembelajaran matematika. Nah, nilai apa saja yang dapat diperoleh dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?
In reply to Tri Septiana Sari

Re: PENGERJAAN TUGAS

MELA PERTIWI གིས-
Nama : Mela Pertiwi
NPM : 2113053078
Kelompok 5

Izin menjawab pertanyaan Tri Septiana.
Nilai-nilai yang dapat diperoleh dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar antara lain:
1. Lingkungan menyediakan berbagai hal yang dapat dipelajari siswa kita, memperkaya wawasannya, tidak terbatas oleh empat dinding kelas dan kebenarannya lebih akurat.
2. Kegiatan belajar dimungkinkan akan lebih menarik, tidak membosankan, dan menumbuhkan antusiasme siswa untuk lebih giat belajar.
3. Belajar akan lebih bermakna meaningful learning, sebab siswa dihadapkan dengan keadaan sebenarnya.
4. Aktivitas siswa akan lebih meningkat dengan memungkinkannya menggunakan berbagai cara seperti proses mengamati, membuktikan sesuatu, menguji fakta, dan sebagainya.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Tantri Annisa གིས-
Sebelumnya izin memperkenalkan diri
Nama : Tantri Annisa
Npm : 2113053088
Dari kelompok 4
Izin menanggapi dengan memberikan pertanyaan terkait hasil rangkuman dari kelompok 5

Di dalam rangkuman di jelaskan kendala yang dihadapi oleh guru yaitu adanya keterbatasan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar yang terjangkau jaraknya. Namun hal itu dapat disiasati dengan manipulasi lingkungan, manipulasi lingkungan yang seperti apa yang sekiranya dapat menutupi kendala yang dihadapi oleh guru mengenai keterbatasan bahan yang tersedia di lapangan supaya kegiatan pembelajaran dapat kembali berjalan dengan baik?
In reply to Tantri Annisa

Re: PENGERJAAN TUGAS

Muhammad Faith Al faraby གིས-
Nama : M Faith Al Faraby
NPM : 2113053262
Kelompok 5

Izin menjawan pertanyaan tantri, jadi mengenai manipulasi lingkungan karena keterbatasan bahan yaitu dengan penggunaan media manipulatif. Media manipulatif adalah semua benda/model konkrit yang dapat disentuh, dilihat, dan dirasakan oleh anak serta berfungsi untuk membantu anak memahami suatu konsep. Contoh dalam pembelajaran ingin membahas salah satu alam sekitar yaitu hutan sedangkan sekolah tempat belajar ada di perkotaan yang dimana area hutan itu letaknya jauh maka untuk mensiasati hal tersebut guru bisa menggunakan miniatur lingkungan berupa hutan.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: PENGERJAAN TUGAS

ISMEY DINAENY གིས-
Sebelum nya izin memperkenalkan diri
Nama : Ismey Dinaeny
Npm : 2153053015
Kelompok : 4

Izin bertanya, di dalam artikel tersebut di sebutkan bahwa guru dan siswa terdapat keunggulan dan kekurangan dari penerapan sumber dan media belajar dari alam sekitar. apa saja keunggulan dan kekurangan tersebut?
In reply to ISMEY DINAENY

Re: PENGERJAAN TUGAS

PUJI LESTARI གིས-
Nama: Puji Lestari
NPM: 2113053033
Kelompok 5

Izin menjawab pertanyaan dari ismey dinaeny.
Penerapan media dan sumber belajar dari alam sekitar memiliki keunggulan dan kekurangan untuk guru dan siswa.
Keunggulan untuk guru dan siswa, guru dan siswa sama-sana merasakan efektivitas penggunaan media dan sumber belajar itu dengan baik. Dalam proses pembelajarannya guru hanya membimbing siswa dan memberikan bantuan kepada siswa jika terjadi kesulitan. Kemudian dengan proses pembelajaran melalui media dan sumber belajar dari alam sekitar untuk siswa menjadikan siswa lebih antusias dan semangat dalam pembelajaran sehingga siswa bisa lebih faham akan materinya. Siswa senang karena mereka bisa berinteraksi langsung dan mudah untuk memahami materi.
Kekurangan untuk guru yaitu guru menghadapi masalah berupa waktu yang tidak singkat dalam merancang media dan sumber belajar dari alam sekitar itu. Guru harus mencari lingkungan yang bisa menunjang proses pembelajaran tersebut. Kemudian kekurangan lain, guru dihadapi masalah siswa yang melakukan aktifitas lebih dari skenario pembelajaran yang tersedia.
Kekurangan untuk siswa yaitu mereka khawatir akan cuaca ketika sedang proses pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan media dan sumber belajar dari alam sekitar tersebut.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: PENGERJAAN TUGAS

NURUL.MASJIDAH.21 NURUL.MASJIDAH.21 གིས-
Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh
Nama : Nurul Masjida
NPM : 2113053089
Kelompok 4

Izin bertanya
Berdasarkan artikel yang telah di resume
Dengan adanya kelebihan dan kekurangan dalam Media dan sumber belajar dari alam sekitar apakah Media dan sumber belajar dari alam sekitar ini worth it untuk di terapkan pada anak sekolah dasar?
In reply to NURUL.MASJIDAH.21 NURUL.MASJIDAH.21

Re: PENGERJAAN TUGAS

FINCA MANDELA FITRI གིས-
waalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh
terimakasih nurul atas pertanyaannya.
izin menjawab
Nama : Finca Mandela Fitri
NPM : 2113053219
Kelompok : 5

berdasarkan hasil resume kami mengenai pembelajaran Media dan sumber belajar dari alam sekitar ini sangat cocok untuk di terapkan dalam pembelajaran disekolah dasar. mengepa demikian, karena seperti yang kita ketahui, usia sekolah dasar termasuk kedalam usia dalam tahap perkembangan yang sangat tinggi untuk mengeksplor imajinasi. dengan belajar di ruang yang terbuka, tentunya lebih bersemangat dan antusias. seperti yang sudah di jelaskan di atas, Hal itu nampak dari aktivitas siswa dan sikap kooperatif siswa dalam belajar. Siswa merasa senang karena mereka berinteraksi secara langsung dan mudah untuk memahami materi, . Dibandingkan dengan proses belajar mengajar di dalam kelas, kebanyakan para siswa mengalami kondisi yang cukup jenuh dan membosankan.
sekian, terima kasih.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Alifa Hana Almira གིས-
Nama : Alifa Hana Almira
Npm : 2113053216
Kelompok 4

Izin Bertanya, Dari penjelasan tersebut apakah penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pembelajaran matematika dapat membuat siswa lebih memahami materi yang diberikan? tolong berikan penjelasannya
In reply to Alifa Hana Almira

Re: PENGERJAAN TUGAS

ANGGUN QONIATUL AMRIYAH གིས-
Nama : Anggun Qoniatul Amriyah
NPM: 2113053150
Kelompok: 5

Izin menjawab pertanyaan Alifa, penggunaan media dan sumber belajar dari alam dalam pembelajaran matematika itu dapat membuat siswa lebih memahami materi yang diberikan. Hali ini dikarenakan siswa dapat belajar secara langsung, dan melihat serta merasakan secara kongkrit media yang digunakan. Seperti contoh pada pemanfaatan ruang kelas dalam materi menghitung volume bangun ruang. Selain itu, pembelajaran dengan media alam dapat meningkatkan semangat belajar siswa sehingga apa yang dipelajari akan lebih mudah ditangkap dan dipahami oleh siswa.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

Tri Septiana Sari གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Iizn mengumpulkan tugas

Nama Anggota Kelompok 4:
1. Alifa Hana Almira (2113053216)
2. Ismey Dinaeny (2153053015)
3. Nurul Masjida (2113053089)
4. Sabila Nurfajrina (2113053220)
5. Tantri Annisa (2113053088)
6. Tri Septiana (2113053155)


Hasil Summary Artikel : MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPS BAGI ANAK USIA SD/MI

Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran akan menambah semangat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembelajaran menuntut aktivitas siswa baik secara fisik maupun mental karena siswa merupakan subyek di dalam kegiatan pembelajaran (student centered). Esensi pembelajaran bukan menekankan pada aktivitas guru melainkan aktivitas siswa yang melibatkan semua komponen indra untuk mentransformasi pengetahuan dari berbagai sumber sehingga hasil belajar lebih optimal. Proses belajar mengajar pada dasarnya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut Media pembelajaran. Media merupakan bagian dari sumber belajar dimana merupakan kombinasi antara perangkat lunak (bahan belajar) dan perangkat keras;(alat belajar) Dengan media, peserta didik dapat memaksimalkan seluruh indera peserta didik dalam belajar dan menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan juga dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Adapun manfaat media sebagai alat dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Media sebagai perantara dalam proses belajar mengajar salah satunya mencakup media grafis, dan lain sebagainya
2. Dengan menggunakan alat penampil dalam proses belajar mengajar dapat mempertinggi tingkat efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran
3. Dengan media mempermudah informasi dan penyediaaan media pembelajaran agar siswa mendapatkan pengetahuan yang bermakna dalam proses pembelajaran

Jenis jenis media dan sumber belajar
a. Media visual
b. Media Audio.
c. Media Proyeksi
d. Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual
e. Multimedia
f. Benda.
Tiga jenis lingkungan sebagai sumber belajar
1) Lingkungan sosial
2) Lingkungan yang bersifat alamiah seperti keadaan geografis, iklim dan lain lain
3) Lingkungan buatan yakni lingkungan yang sengaja di buat untuk untuk tujuan tujuan tertentu seperti sekolah

Menurut Munif Chatib dalam Uswatun Hasanah, terdapat tiga tipe guru Indonesia :
1. Tipe Guru Robot, yakni guru hanya masuk kelas, mengajar, lalu pulang.
2. Tipe Guru Materialistis, yakni guru yang selalu melakukan perhitungan, mirip dengan aktivitas bisnis jual-beli
3. Tipe Gurunya Manusia, yakni guru yang punya keyakinan bahwa target pekerjaannya adalah membuat para siswa berhasil memahami materi materi yang diajarkan

Jean Piaget mengkasifikasikan perkembangan anak usia SD sebagai berikut:
a. Usia SD Kelas Rendah (Kelas I-III)
b. Usia SD Kelas Tinggi (Kelas IV-VI)

Agar komunikasi antara guru dan siswa berlangsung baik dan informasi yang disampaikan guru dapat diterima siswa, guru perlu menggunakan media pembelajaran. Fungsi media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar, yakni menunjang penggunaan metode mengajar yang digunakan guru. Oleh karena itu, media pembelajaran yang digunakan harus efektif dan selektif sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan.
In reply to Tri Septiana Sari

Re: PENGERJAAN TUGAS

Vira nurlita གིས-
Izin bertanya kepada kelompok 4
Nama : Vira nurlita
Npm : 2113053055
Apa saja faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan media yang sesuai dengan materi pembelajaran?
In reply to Vira nurlita

Re: PENGERJAAN TUGAS

Alifa Hana Almira གིས-
Nama : Alifa Hana Almira
Npm : 2113053216
Kelompok 4

Izin menjawab, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan media yang sesuai dengan materi pembelajaran antara lain adalah :
(1) kompetensi dasar yang ingin dicapai,
(2) karakteristik siswa,
(3) jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio atau visual), keadaan latar atau lingkungan, dan gerak atau diam,
(4) ketersediaan sumber di sekolah,
(5) tingkat kemudaan media digunakan,
(6) kepraktisan dan ketahanan media,
(7) kemampuan dan ketrampilan guru dalam menggunakan , dan
(8) efektifitas biaya dalam jangka waktu panjang.
In reply to Tri Septiana Sari

Re: PENGERJAAN TUGAS

ARIANI KRISHANTI གིས-
Nama : Ariani Krishanti
NPM : 2113053070
Izin bertanya kepada kelompok 4
Tipe guru seperti apa yang ideal harus kita contoh agar peserta didik antusias terhadap pembelajaran di kelas
In reply to ARIANI KRISHANTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

ATIKA NAFISA ZAHIDA གིས-
Nama : Atika Nafisa Zahida
NPM : 2153053044
Izin bertanya kepada kelompok 4
Mengapa bahan ajar dan media pembelajaran IPS perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran?
In reply to ATIKA NAFISA ZAHIDA

Re: PENGERJAAN TUGAS

ISMEY DINAENY གིས-
Nama : Ismey Dinaeny
Npm : 2153053015
Kelompok 4

Izin menjawab pertanyaan dari Atika Nafisa Zahida
Dengan tujuan yang diharapkan dari pengembangan bahan ajar IPS adalah meningkatkan keterampilan sosial siswa, kesadaran serta komitmen siswa terhadap perkembangan masyarakat, karena pada setiap permasalahan yang ada dalam pengembangan bahan ajar IPS di kaitkan dengan nilai keterampilan sosial yang diharapkan dapat tercapai.
In reply to Tri Septiana Sari

Re: PENGERJAAN TUGAS

Andhita Adelia Putri གིས-
Nama : Andhita Adelia Putri
Npm : 2113053270
Kelompok : 2
Izin bertanya
Di dalam ringkasan dijelaskan media pembelajaran yang digunakan harus efektif dan selektif sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan, lalu jenis media pembelajaran apa yang paling efektif untuk anak usia SD/MI?
In reply to Andhita Adelia Putri

Re: PENGERJAAN TUGAS

ISMEY DINAENY གིས-
Nama : Ismey Dinaeny
Npm : 2153053015
Kelompok 4

Izin menjawab pertanyaan dari Andhita Adelia Putri
Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa.
In reply to Tri Septiana Sari

Re: PENGERJAAN TUGAS

Shaula Febrian Kartika Widowati གིས-
Nama : Shaula Febrian
NPM : 2113053239
saya dari kelompok 3 izin bertanya kepada kelompok 4, dengan menggunakan alat penampil dalam proses belajar mengajar dapat mempertinggi tingkat efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. dari penjelasan tersebut apa implementasi alay penampil yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran sekolah dasar? terima kasih
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

Andhita Adelia Putri གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin mengumpulkan tugas ibu

KELOMPOK 2
Nama Anggota Kelompok :
1. Andhita Adelia Putri 2113053270
2. Chandra Fatmawati 2113053211
3. Della Anggraini 2113053238
4. Ika Nurrahmah 2113053250
5. Leha Putri Kurnia Sari 2113053188
6. Nabilah Rahmah 2113053020
7. Siti Nur Halimah 2113053279

Judul Jurnal : Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah
Volume : Volume 01 Nomor 01
Tahun : 2020
Penulis : Mujiyono Wiryotinoyo, Herman Budiyono, Akhyaruddin, Agus Setyonegoro, Priyanto

1. Latar Belakang
Tantangan yang dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, yang menawarkan berbagai kemudahan dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi berupa blog memungkinkan siswa untuk dapat berinteraksi dengan aktif baik dengan memahami materi yang disajikan guru di laman blog dan saling berdiskusi antara siswa maupun siswa dapat dengan aktif dan kreatif membuat laman blog nya sendiri. Namun, ketersediaan bahan materi untuk pengelolaan website atau blog dan SDM terbatas. Hal ini, menjadi landasan perlunya pengelolaan media website atau blog yang bisa digunakan sebagai sumber belajar sekaligus promosi sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka pengelolaan website atau blog yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dan mempromosikan sekolah menjadi perlu untuk dilakukan agar dapat meningkatkan wawasan, keterampilan dan rasa percaya diri bagi penggunanya

2. Tujuan Penelitian
Untuk membantu memaksimalkan pemanfaatan website yang sudah ada di sekolah bagi peserta didik dan pemilihan wordpress bagi sekolah yang belum ada serta memberikan pemahaman dalam pengoperasian website sebagai sarana publikasi dan sumber belajar peserta didik

3. Metode
Peserta dalam kegiatan ini adalah guru SMP dan SMA dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah untuk memberikan pemahaman dan penjelasan tentang memaksimalkan pengoperasian website, metode tanya jawab agar peserta dapat memperdalam materi yang diberikan.

4. Hasil
Sebagai seorang guru yang menjadi salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam pendidikan, mengharuskan guru mempunyai kemampuan dalam merancang pembelajaran yakni salah satunya dalam merancang media pembelajaran yang selaras dengan teknologi. Maka dalam era digital ini, keterampilan menggunakan teknologi menjadi kompetensi tambahan yang harus dimiliki dan dikuasai seorang guru (Purnasari & Sadewo, 2021:3090). Salah satu inovasi media pembelajaran di era digital adalah media pembelajaran berbasis web. Media pembelajaran berbasis web merupakan inovasi yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap transformasi perubahan proses pembelajaran (Januarisman & Ghufron, 2016:169). Hal ini juga memberikan pengalaman baru dalam belajar bagi peserta didik sehingga menjadikan proses pembelajaran dapat lebih bervariatif, interaktif, dan inovatif yang dapat meningkatkan prestasi peserta didik (Rahman et al., 2020:628).

Website atau blog memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai sumber belajar. Dalam pemanfaatannya website masih ditemukan berbagai kendala, oleh karena itu untuk mengatasi kesulitan tersebut guru harus mengadakan perencanaan pembuatan desain website. Kemudian guru menggunggah RPP, materi, tugas, serta media pembelajaran seperti dalam bentuk video. Pengoptimalan pemanfaatan website atau blog sebagai sumber belajar juga akan memberikan manfaat bagi guru. Guru dapat turut serta aktif dalam kegiatan menulis.pengembangan media pembelajaran berbasis blog sebagai media penyampain pesan dalam pembelajaran dapat dipelajari secara mandiri untuk mengatasi salah satu permasalahan mengajar. Website atau blog juga dapat dimanfaatkan sebagai literasi digital bagi guru dan peserta didik. Literasi digital dalam pembelajaran menulis merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memiliki dampak yang besar.

5. Simpulan
Pemanfaatan website sebagai sarana publikasi menjadi bagian yang penting bagi guru, siswa, dan sekolah. Selain sebagai media publikasi, website juga dapat
dimanfaatkan sebagai sumber belajar menulis, dan pemberdayaan ekstrakurikuler jurnalistik oleh siswa. Dalam mengakses internet dapat melalui gadget yang akan memudahkan siswa dan guru. Namun terdapat kendala dalam mengakses internet bagi siswa yang tinggal dipelosok jauh dari jangkauan internet, hal tersebut menjadi kesulitan dalam menggunakan website. Tetapi siswa dapat mengakses website apabila berada disekolah.

Referensi Lain:
Abdillah, R., Joyoatmojo, S., dan Noviani, L. (2017) Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 2(1): 1-20.
https://doi.org/10.20961/bise.v3i1.16814.

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 6088-6096.
In reply to Andhita Adelia Putri

Re: PENGERJAAN TUGAS

Mifta Regita Cantika གིས-
Nama:Mifta Regita Cantika
NPM:2153053019
Kelompok:1

Izin bertanya kepada kelompok 2 Mengapa media online sangat efektif digunakan untuk mempromosikan sekolah?
In reply to Mifta Regita Cantika

Re: PENGERJAAN TUGAS

NABILAH RAHMAH གིས-
Nama : Nabilah Rahmah
Npm : 2113053020
Kelompok : 2
Izin menjawab pertanyaan dari Mifta, Karena diera teknologi saat ini banyak orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi dari berbagai daerah maupun negara . Oleh karena itu sekolah memanfaatkan media tersebut untuk mempromosikan sekolahnya agar diketahui oleh masyarakat dari berbagai daerah maupun negara. Dengan memanfaatkan media online memudahkan sekolah untuk mempromosikan sekolahnya kepada masyarakat luas, karena informasi yang dibagikan akan lebih cepat tersebar luas dibandingkan dibagikan melalui brosur atau secara langsung dari orang ke orang.
In reply to Andhita Adelia Putri

Re: PENGERJAAN TUGAS

RICHY AFRINDO གིས-
Nama: Richy afrindo
Npm : 2113053130
Kelompok: 3

Menurut kelompok 2 apakah metode yang digunakan dalam jurnal tersebut sudah efisien dan tepat? jelaskan
In reply to RICHY AFRINDO

Re: PENGERJAAN TUGAS

Andhita Adelia Putri གིས-
Nama : Andhita Adelia Putri
Npm : 2113053270
Kelompok : 2

Metode yang digunakan sudah tepat, karena pelaksanaan kegiatan ini berupa sosialisasi sehingga melalui metode ceramah maka materi yang disampaikan dapat diterima langsung oleh pendengarnya dan juga melalui metode tanya jawab peserta dapat menanyakan lebih jelas terkait materi yang disampaikan yaitu penggunaan website sebagai media publikasi dan sumber belajar.
In reply to Andhita Adelia Putri

Re: PENGERJAAN TUGAS

Shafira Nurma Ramadhani གིས-
Nama : Shafira Nurma Ramadhani
NPM : 2113053166
Kelompok : 1

Izin bertanya kepada kelompok 2, bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru apabila guru tersebut tidak memiliki keterampilan dalam merancang media pembelajaran yang selaras dengan teknologi?
In reply to Shafira Nurma Ramadhani

Re: PENGERJAAN TUGAS

LEHA PUTRI KURNIA SARI གིས-
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok : 2

Izin menanggapi pertanyaan Shafira Nurma,
Guru yang tidak memliki keterampilan dalam merancang media pembelajaran bisa dilakukan dengan mempelajari video-video yang memotivasi guru dalam mengembangkan keterampilannya. Lalu mengaplikasikannya pada pembelajaran di sekolah dengan bahan ajar dan media pembelajaran kepada peserta didik sehingga bisa menumbuhkan keterampilan secara terus menerus.
In reply to Andhita Adelia Putri

Re: PENGERJAAN TUGAS

Made Julia Safitri གིས-
Nama : Made Julia Safitri
Npm : 2153053028
Kelompok : 1

Izin bertanya pada kelompok 2
Menurut kalian apakah ada hambatan -hambatan pada Pemanfaatan Website saat digunaksn untuk Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah bagi sekolah menengah tersebut jika ada apa saja dan jelaskan !
In reply to Made Julia Safitri

Re: PENGERJAAN TUGAS

LEHA PUTRI KURNIA SARI གིས-
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok : 2

Izin menanggapi pertanyaan Made Julia
Ada, hambatan pada saat menggunakan website yaitu pengguna server yang banyak sehingga sering mengalami eror dan lambat, hal ini memperlambat pekerjaan yang harusnya selesai tepat waktu; Database struktur kurang rapi dan kurang menarik sehingga tidak banyak dikunjungi.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

Mauly Damaysa Purba Nabura གིས-
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin mengumpulkan tugas ibu

SUMMARY ARTIKEL
Judul : PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

Kelompok 1:
1. Mauly Damaysa Purba Nabura (2113053278)
2.Mifta Regita Cantika (2153053019)
3. Made Julia Safitri (2153053028)
4.Naba Auliyah (2113053080)
5. Shafira Nurma Ramadhani (2113053166)
6.Alida pekei ( 2113053090)

Pengertian media pembelajaran
Wibawa (2010) media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dari seseorang ke orang lain yang tidak ada dihadapannya. Jadi media menunjukkan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat penerima pesan.
Wibawa (2010) media pembelajaran adalah alat penyalur pesan pembelajaran yang dapat menumbuhkan imajinasi seseorang, perbuatan dan mendorong siswa dalam proses pembelajaran untuk membantu pencapaian proses belajar.
Rahardi (2013) media pembelajaran adalah istilah sumber belajar. Sumber belajar mempunyai cakupan yang lebih luas, dalam arti luas sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung.

Klasifikasi media pembelajaran
Rahardi (2013) tujuan penggunaanperangkat media, media pendidikan terdiri atas: head fare yang berfungsi sebagai alat penampil, yaitu projektor slide. Sofe fare yaitu program yang ditampilkan, misal: slide, kaset, CD, dan plastik transparansi.
Dalam buku penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar (Depdikbud, 2011) dijelaskan bahwa sarana prasarana pendidikan ditinjau dari fungsinya dikelompokkan menjadi:
1) Perangkat fisik, berupa bangunan sekolah seperti ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, gudang,dan sebagainya; perabot sekolah seperti meja, kursi, papan tulis, almari, dan sebagainya, sarana tata usaha pendidikan seperti, buku induk siswa, buku rapor, peralatan kantor dan sebagainya.
2) Media pendidikan, yaitu perangkat keras, yaitru segala jenis alat penampilan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam belajar mengajar, seperti projektor, televisi, komputer, perangkat lunak seperti program yang ditampilkan atau segala jenis materi pengajaran yang disampaikan melalui alat penampil dalam kegiatan belajar mengajar.
3) Alat peraga dan praktik yaitu alat yang diperagakan atau dipertunjukkan dalam kegiatan belajar mengajar yang berfungsi sebagai sarana untuk memperjelas konsep, alat praktik bertujuan supaya memiliki keterampilan sebagai sarana penunjang dalam laboratorium.
4) Administrasi sekolah, meliputi segala masalah yang berhubungan dengan informasi baik internal maupun external yang berkaitan dengan lingkungan pendidikan di sekolahnya. Pengelompokkan media sebagaimana tersebut di atas bermacam-macam, pada dasarnya pengelompokkan yang telah dilakukan tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan para pengguna media dalam memanfaatkan media dan bagi para petugas.


Karakteristik Media
Sudjana (2012) beberapa jenis media yang lazim dipakai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya di sekolah dasar, diantaranya adalah:
1) Media grafis; gambar, diagram, peta dan globe.
2) Media audio; radio, alat perekam pita magnetik, laboratorium bahasa.
3) Media proyeksidiam; film bingkai, film rangkai, transparansi, mikrofis, film, permainan dan simulasi.

Konsep Pengelolaan
b. Proses Pengelolaan Media
Pembelajaran Sekolah Dasar. Mulyasa (2013) pengelolaan media pembelajaran merupakan bagian integral pengelolaan sekolah. Pengelolaan media pembelajaran di Sekolah Dasar menjadi tugas personil di Sekolah yang bersangkutan, baik kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, atau karyawan. Proses pengelolaan media pembelajaran tersebut secara garis besar meliputi :
1. perencanaan
2.pengorganisasian,
3.pelaksanaan pengelolaan, dan
4.evaluasi terhadap pengelolaan media pembelajaran.
In reply to Mauly Damaysa Purba Nabura

Re: PENGERJAAN TUGAS

ANGGUN QONIATUL AMRIYAH གིས-
Nama : Anggun Qoniatul Amriyah
NPM : 2113053150
Kelompok : 5 

Izin bertanya kepada kelompok 1,
Dari sekian banyak media yang dapat digunakan seorang tenaga pengajar sebagaimana telah disebutkan, lalu media mana yang dianggap sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SD dan mengapa demikian?

Terima kasih
In reply to ANGGUN QONIATUL AMRIYAH

Re: PENGERJAAN TUGAS

Made Julia Safitri གིས-
Nama : Made Julia Safitri
Npm :2153053028
Kelompok:1

Izin menjawab pertanyaan dari anggun kelompok 5
Jawab:
Media pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) tergantung pada tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan konteks pembelajaran. Namun, berdasarkan pengalaman dan penelitian, beberapa jenis media pembelajaran yang dianggap efektif dalam pembelajaran di SD antara lain:

Media audiovisual. Media audiovisual seperti film pendek, animasi, dan video pembelajaran dapat membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih mudah, karena siswa dapat memvisualisasikan konsep tersebut dengan lebih jelas.
Media interaktif. Media interaktif seperti permainan edukatif dan aplikasi pembelajaran dapat membantu siswa belajar secara interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Internet dan sumber belajar digital. Internet dan sumber belajar digital seperti e-book, video tutorial, dan platform pembelajaran online dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan memperoleh informasi dengan lebih mudah.
Namun kembali lagi untuk penggunaan media pembelajaran yang efektif bergantung pada peran guru dalam memilih, merancang, dan mengelola media pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, guru perlu memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam mengintegrasikan media pembelajaran ke dalam pembelajaran di SD.
In reply to Mauly Damaysa Purba Nabura

Re: PENGERJAAN TUGAS

MELA PERTIWI གིས-
Nama : Mela Pertiwi
NPM : 2113053078
Kelompok 5

Izin bertanya pada kelompok 1,
Apabila terdapat suatu keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara fisik, misalnya pandemi pada tahun lalu, menurut kelompok 1 apakah pembelajaran jarak jauh atau daring tersebut sudah efektif untuk di lakukan?
In reply to MELA PERTIWI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Shafira Nurma Ramadhani གིས-
Nama : Shafira Nurma Ramadhani
NPM : 2113053166
Kelompok : 1

Saya dari kelompok 1 izin menjawab pertanyaan dari kelompok 2
Penanya : Mela Pertiwi
Izin bertanya pada kelompok 1,
Apabila terdapat suatu keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara fisik, misalnya pandemi pada tahun lalu, menurut kelompok 1 apakah pembelajaran jarak jauh atau daring tersebut sudah efektif untuk di lakukan?

Jawab:
Menurut kelompok kami, pembelajaran jarak jauh atau daring sudah cukup efektif apabila digunakan selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan selama pandemi kita harus saling menjaga jarak dan mengurangi interaksi sedangkan kegiatan belajar mengajar harus tetap dilaksanakan, sehingga pembelajaran jarak jauh ini dapat menjadi solusinya. Dengan metode ini siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah dengan baik. Seperti halnya dengan mengerjakan tugas sambil memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah. Dengan menggunakan metode full daring seperti ini, sistem pembelajaran yang disampaikan akan tetap berlangsung dan seluruh pelajar tetap berada di rumah masing-masing dalam keadaan aman.
In reply to Mauly Damaysa Purba Nabura

Re: PENGERJAAN TUGAS

PUJI LESTARI གིས-
Nama: Puji Lestari
NPM: 2113053033
Kelompok 5

Izin menganggapi kelompok 1.
Telah dijelaskan mengenai media pembelajaran dan proses pengelolaan pembelajaran. Pertanyaan saya,
Apa saja aspek yang harus diperhatikan dalam proses pengelolaan media pembelajaran untuk sekolah dasar agar dapat terciptanya pembelajaran yang berkualitas dan sesuai tujuan pembelajaran?
In reply to PUJI LESTARI

Re: PENGERJAAN TUGAS

Naba Auliyah གིས-
Nama:Naba Auliyah
Npm:2113053080
Dari kelompok 1
Izin menanggapi pertanyaan puji lestari
Aspek aspek yang perlu diperhatikan dalam proses pengelolaan media pembelajaran yaitu:1.kesesuaian media dengan materi pembelajaran 2.keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran 3.ketepatan media dalam mendukung pembelajaran 4.ketepatan media terhadap pemahaman siswa
In reply to Mauly Damaysa Purba Nabura

Re: PENGERJAAN TUGAS

SITI NUR HALIMAH གིས-
Nama : Siti Nur Halimah
Npm : 2113053279
Kelompak 2
Ijin bertanya kepada kelompok 1

Apakah dengan menggunakan media pembelajaran dapat menjamin meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempercepat proses belajar siswa?
In reply to SITI NUR HALIMAH

Re: PENGERJAAN TUGAS

Made Julia Safitri གིས-
Nama : Made Julia Safitri
Npm : 2153053028

Dari kelompok 1 izin menjawab pertanyaan dari kelompok 2
Penanya : Halimah
Apakah dengan menggunakan media pembelajaran dapat menjamin meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempercepat proses belajar siswa?

Jawaban :
Pada dasarnya Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran sendiri dapat memiliki beberapa keuntungan, antara lain meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempercepat proses belajar siswa. Namun, keberhasilan penggunaan media pembelajaran juga bergantung pada seberapa efektif media tersebut digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta materi yang diajarkan.

Dalam penggunaan media pembelajaran, guru perlu memperhatikan beberapa hal seperti pemilihan media yang sesuai dengan konteks dan karakteristik siswa, mengintegrasikan media pembelajaran dengan metode pembelajaran yang lain, dan memperhatikan teknis penggunaan media. Dalam hal ini, guru juga perlu memiliki kemampuan untuk mengelola media pembelajaran sehingga dapat memberikan pengaruh yang positif bagi kualitas pembelajaran dan mempercepat proses belajar siswa.

Maka dari itu penggunaan media pembelajaran tidaklah cukup untuk menjamin meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempercepat proses belajar siswa secara otomatis. Kualitas pembelajaran dan keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti penggunaan metode pembelajaran yang tepat, penilaian yang baik, dukungan sosial, serta kondisi lingkungan belajar yang mendukung. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran sebaiknya diintegrasikan dengan strategi pembelajaran yang holistik dan terpadu, serta dilakukan dengan perencanaan dan pengelolaan yang matang.
In reply to Mauly Damaysa Purba Nabura

Re: PENGERJAAN TUGAS

FINCA MANDELA FITRI གིས-
Nama : Finca Mandela Fitri
NPM : 2113053219
Kelompok : 5


Izin bertanya kepada kelompok 1,
pada hasil summary yang telah kelompok 1 kerjakan, dijelakan bawasannya buku penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar (Depdikbud, 2011) dijelaskan bahwa sarana prasarana pendidikan ditinjau dari fungsinya yaitu media pendidikan, alat peraga dan administrasi sekolah. lalu bagaimanakan pendapat kalian mengenai proses belajar mengajar di suatu sekolah dasar pada suatu desa pelosok yang tidak memiliki berbagai macam sarana dan prasarana yang di sebutkan di atas, sehingga tidak efektif untuk di selenggarakan? dan apa harapan kalian kepada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut? terimakasih.